Jadi Bentuk Apresiasi Perusahaan, Kenali Apa Itu ESOP, Jenis, dan Manfaatnya untuk Karyawan

Agar bisa menjalankan bisnisnya dengan optimal, perusahaan membutuhkan jasa dan keahlian dari para karyawannya. Pun sebaliknya, guna mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, karyawan tidak bisa lepas dari peran perusahaan atau pemberi kerja. Karenanya, hubungan antara kedua pihak tersebut akan selalu beriringan dan tak bisa dipisahkan serta perlu senantiasa dijaga. 

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjaga hubungan antara perusahaan dengan para karyawannya adalah dengan memberlakukan program ESOP. Merupakan singkatan dari Employee Stock Ownership Program, ESOP adalah program yang mampu menjadi daya tarik bagi karyawan untuk meningkatkan loyalitas, sekaligus memajukan produktivitas dan bisnis. 

Tentunya, terkait pemberian program loyalitas pada karyawan tersebut, ada banyak hal penting yang harus dipahami, tidak hanya oleh pihak perusahaan, tapi juga karyawan yang mendapatkannya. Lalu, bagaimana sih sebenarnya pemberlakuan program ESOP ini oleh perusahaan, jenis, dan juga manfaat yang didapatkan perusahaan maupun karyawan dari adanya program tersebut?

Untuk mengetahui lebih jelas terkait program tersebut, simak ulasan program ESOP dan segala hal penting seputarnya berikut ini.

Apa Itu ESOP?

loader

Secara umum, program ESOP bisa dipahami dengan 2 kepanjangan berbeda. Yang pertama adalah ESOP sebagai Employee Stock Ownership Program, dan yang kedua adalah ESOP sebagai Employee Stock Options Plan. Di antara keduanya sendiri pada dasarnya tak memiliki perbedaan yang signifikan, bahkan bisa diartikan sebagai program loyalitas yang sama dari pihak perusahaan.

ESOP bisa dipahami sebagai suatu skema kepemilikan dari saham perusahaan oleh para pegawai atau karyawan yang biasanya digunakan untuk menjadi bentuk apresiasi atas kinerjanya. Pada program tersebut, harga saham yang ditawarkan pada pihak karyawan atau pegawai saat merealisasikan program kepemilikan saham

ini bisa lebih rendah dibanding membelinya pada penawaran umum. Sehingga, potensi untuk mendapatkan imbal hasil akan menjadi lebih optimal dan menguntungkan. 

Pengertian ESOP yang lainnya adalah suatu program kepemilikan saham bagi karyawan dari perusahaan tempatnya bekerja. Program ini termasuk sebagai kebijakan yang diberikan pihak perusahaan guna memberi hak kepada karyawannya dengan bentuk program atau opsi kepemilikan saham. 

Terkait konsep ESOP sendiri di Indonesia sudah diatur pada UU No.40 Thn.2007 mengenai Perseroan Terbatas, tepatnya di Pasal 43 ayat tiga. Meski begitu, terkait pengaturan lengkap dan kebijakan yang berlaku, termasuk tata cara pelaksanaannya, setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri mengenai pemberian program ESOP. 

Ketika perusahaan tempatnya bekerja menawarkan program ini, karyawan dapat memperoleh saham sesuai dengan harga yang telah ditentukan selama kurun waktu tertentu. Dalam kurun waktu panjang, ESOP bisa memberi beragam manfaat, tidak hanya bagi karyawan, tapi juga perusahaan sekaligus.

Apabila telah memenuhi persyaratan jangka waktu bekerja minimal yang ditentukan, karyawan memiliki hak untuk mendapat surat penawaran pembelian saham perusahaan. Jenis-jenisnya pun beragam dan penting untuk dipahami oleh karyawan sebelum membelinya. 

Baca Juga:  Mengenal Penny Stock, Jenis Saham dengan Harga Receh dan Terjangkau bagi Investor

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Jenis Program ESOP yang Biasa Diberikan Perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, istilah ESOP memiliki 2 arti atau kepanjangan yang berbeda, yaitu, Employee Stocks Option Plan dan Employee Stocks Ownership Plan. Keduanya merupakan jenis program ESOP yang kerap ditawarkan oleh perusahaan kepada para karyawannya. 

Berikut adalah penjelasan mengenai 2 jenis program ESOP tersebut.

Employee Stocks Option Plan Employee Stock Ownership Plan

Untuk jenis ESOP yang pertama ini memungkinkan karyawan dalam menjual saham serta mendapatkan keuntungan atau imbal hasil dari saham yang sudah dibelinya. Pada jenis program opsi saham karyawan ini, perusahaan memberi kesempatan pada karyawan untuk mempunyai saham perusahaannya, tapi tak memiliki wewenang untuk menjualnya. 

Sedangkan untuk jenis ESOP yang kedua ini memberi kesempatan pada karyawan untuk melakukan pembelian saham perusahaan sebelum melakukan IPO alias Initial Public Offering. Ketika ditawarkan program kepemilikan saham jenis ini, karyawan bisa memperoleh harga penawaran saham perusahaan yang lebih rendah dan meningkatkan peluang untuk mendapat keuntungan atau imbal hasil melalui capital gain saat menjualnya lagi nanti. 

Manfaat Program ESOP bagi Karyawan

Dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang, program loyalitas berupa kepemilikan saham oleh perusahaan pada para karyawannya ini bisa dibilang kian populer. Hal ini terjadi khususnya pada perusahaan start up atau rintisan. 

Bagi karyawan, berikut adalah beragam manfaat yang bisa didapatkannya dari program ESOP.

1. Menjadi Pemicu Produktivitas saat Bekerja

Dengan adanya program saham ESOP, hal tersebut bisa menjadi bentuk penghargaan atau reward yang diberikan perusahaan pada karyawannya. Hal tersebut juga dapat diberikan sebagai apresiasi perusahaan di mana sekaligus mampu mendorong produktivitas para pegawainya. 

Karena bisa mendapatkan reward tersebut, karyawan dapat lebih fokus pada tanggung jawabnya sekaligus meningkatkan produktivitasnya. Dengan kinerja yang lebih bagus, sudah pasti perusahaan turut mendapatkan berbagai manfaat berupa perkembangan bisnis yang lebih optimal. Apabila dilakukan dengan konsisten, bisa dipastikan jika motivasi karyawan untuk bekerja dengan maksimal akan selalu terjaga. 

2. Mendorong Employee Engagement 

Keterlibatan karyawan, atau bisa juga disebut sebagai employment engagement merupakan hal yang penting bagi perusahaan agar bisnisnya dapat berjalan dengan optimal. Cara untuk memicu employee engagement pun dapat dilakukan dengan sejumlah metode, salah satunya menawarkan program kepemilikan saham perusahaan ini pada karyawan. 

Karena juga menjadi pemilik saham perusahaan tempatnya bekerja, karyawan akan turut merasa terdorong untuk memberi kontribusi demi proses perkembangan dan pertumbuhan perusahaan. Toh saat nilai saham perusahaan meningkat, karyawan yang juga memiliki sahamnya tersebut bisa mendapat peluang imbal hasil. Jadi, kalau memang ingin dijual lagi, karyawan bisa meraih keuntungan yang tak kalah menjanjikan.

3. Tak Ada Beban Pajak saat Karyawan Beli Saham Perusahaan

Manfaat lain dari program ESOP yang didapatkan karyawan adalah mengenai persoalan pajak. Karyawan yang mempunyai saham perusahaan tak akan dikenai dengan pajak saham miliknya ketika mendapatkannya melalui program ini. Meski begitu, ketika saham tersebut telah dijual atau memberi keuntungan ketika dicairkan, karyawan tetap harus membayarkan beban pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Baca Juga:  Mengenal Dividend Trap, Begini Cara Menghindarinya

Manfaat Program ESOP bagi Perusahaan

Tak hanya bagi karyawan, pemberlakuan program ESOP juga mampu memberi segudang keuntungan dan manfaat bagi perusahaan. Apa saja?

1. Menyiasati Risiko Turnover Karyawan

Turnover karyawan adalah kondisi yang mengacu pada pergantian karyawan karena resign atau keluar. Tingkat turnover yang tinggi bisa memicu beragam masalah dan risiko buruk bagi perusahaan ataupun pihak karyawan itu sendiri. Ketika karyawan memutuskan untuk keluar atau resign, perusahaan perlu mencari penggantinya dengan segera. 

Selain memakan biaya pada proses recruitment, perusahaan masih harus melakukan proses training karyawan selama beberapa waktu. Nah, risiko tersebut bisa diantisipasi dan disiasati dengan memberlakukan program loyalitas karyawan ini. Dengan begitu, tingkat turnover bisa ditekan dengan menawarkan saham pada karyawan. 

2. Meningkatkan Profitabilitas 

Implementasi ESOP juga terbukti mampu memberi manfaat strategis untuk perusahaan. Pasalnya, karena loyalitasnya terjaga, perusahaan dapat mempertahankan karyawannya yang kompeten dan berharga bagi kelangsungan bisnis. Sehingga, strategi pengembangan perusahaan akan terjaga, termasuk peningkatan cash flow, penurunan risiko konflik kepentingan antara pemilik saham, serta mengantisipasi risiko penggantian kepemilikan. 

3. Mendapatkan Banyak Dividen

Terakhir, melalui pemberlakuan program loyalitas karyawan ini, perusahaan juga bisa mendapatkan lebih banyak manfaat keuntungan investasi maupun dividen. Apabila nilai dividen kian tinggi, artinya keuntungan bagi perusahaan sudah pasti ikut meningkat pula. Oleh karena itu, demi mendapatkan sederet manfaat dan keuntungan tersebut, tidak sedikit perusahaan yang mulai mempertimbangkan pemberian program kepemilikan saham bagi para karyawannya.

Keberadaan Program ESOP Bisa Menjadi Salah Satu Pertimbangan Karyawan Melamar Kerja

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu ESOP, jenis, serta beragam manfaatnya bagi karyawan maupun perusahaan. Intinya, program ini biasanya diberlakukan oleh perusahaan untuk menjadi penghargaan atau reward sebagai bentuk apresiasinya kepada karyawan yang memiliki kinerja positif.

Di samping itu, karena mampu memberikan segudang manfaat dan keuntungan, tidak sedikit perusahaan yang menawarkan program ESOP ini memiliki daya tarik tersendiri di mata para pencari kerja atau individu kompeten agar bisa terus tergabung di lingkungan kerjanya tersebut. 

Baca Juga: Saham Syariah, Keuntungan dan Risikonya