Facebook Business Manager: Fungsi, Keunggulan, Cara Membuat dan Mengelolanya

Facebook business menjadi salah satu media sosial yang paling populer dan banyak digunakan oleh pebisnis dalam menjalankan usaha mereka. Tingginya pengguna Facebook tentu menjadi alasan di balik hal ini, sebab peluang perkembangan bisnis juga tentu akan semakin besar. 

Facebook for business sebenarnya bukan lagi hal yang baru, sebab media sosial ini sudah dikenal secara luas sejak belasan tahun silam. Namun pada kenyataannya, masih banyak pebisnis yang enggan menggunakan Facebook business manager untuk memaksimalkan berbagai urusan bisnis di dalam akun Facebook mereka. 

Sementara di lain sisi, business manager Facebook terbukti bisa membuat aktivitas pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah dan simpel. Berbagai tugas bisa diselesaikan dengan lebih mudah, sebab platform ini memiliki berbagai fitur yang bisa diandalkan untuk menyelesaikan berbagai urusan di dalam bisnis itu sendiri. 

Facebook business manager adalah satu dari sejumlah fitur yang terdapat pada Facebook, di mana fitur ini dapat membantu para pengguna Facebook untuk mengelola iklan dan aktivitas bisnis lainnya dengan lebih mudah dan simpel. 

Berdasarkan Hootsuite, business manager Facebook adalah sebuah perangkat yang bisa membantu para pelaku bisnis untuk mengelola akun iklan serta berbagai aplikasi Facebook mereka di saat bersamaan. Hal seperti ini tidak bisa dilakukan sebelumnya, sebab pengelolaan Facebook Ads serta Facebook Fanpage  itu sendiri dibuat terpisah. 

Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Fungsi Facebook Business Manager 

loader

Di dalam prakteknya, Facebook business manager merupakan tempat dimana berbagai aktivitas pemasaran serta periklanan business Facebook dijalankan. Selain itu, pebisnis juga dimungkinkan untuk mengontrol akses ke berbagai sumber daya lainnya yang digunakan dalam bisnis, seperti katalog produk, akun Instagram dan yang lainnya. 

Berikut ini adalah sejumlah fungsi Facebook business manager yang bisa dinikmati oleh penggunanya: 

  • Memisahkan berbagai aktivitas bisnis yang dijalankan dengan profil pribadi pengguna Facebook business itu sendiri. Hal ini tentu akan membuat aktivitas bisnis lebih profesional.
  • Menjadi tempat utama dimana berbagai aktivitas iklan bisa dilacak, sebab fitur ini memuat kinerja iklan secara lengkap.
  • Memungkinkan pengguna memberikan akses halaman iklan kepada pihak lain yang berkepentingan, seperti: mitra bisnis, agensi, vendor dan yang lainnya, tanpa perlu memberikan kepemilikan akun. 
  • Membatasi mitra kerja untuk mengakses berbagai informasi pribadi pengguna di Facebook, sebab yang bersangkutan hanya akan bisa melihat beberapa informasi yang berkaitan dengan bisnis saja, seperti: nama bisnis, alamat email, halaman dan juga akun iklan saja. 

Untuk bisa menikmati berbagai fungsi Facebook for business manager secara maksimal, pengguna tentu perlu memahami dengan baik semua hal yang berkaitan dengan fitur yang satu ini terlebih dahulu. 

Baca Juga: Dijamin Berhasil! Ini Kiat Sukses Membuat Facebook Ads

Keunggulan Facebook Business Manager

Berikut ini adalah beberapa keunggulan business manager Facebook yang bisa dinikmati oleh penggunanya: 

1. Membuat Akun Pribadi dan Akun Bisnis Terpisah 

Keunggulan pertama yang bisa dinikmati dari fitur ini adalah terpisahnya akun pribadi dengan akun bisnis yang dijalankan. Hal ini akan mempermudah pengelolaan akun bisnis menjadi lebih profesional. 

Di lain sisi, akun pribadi pengguna tidak perlu dikaitkan dengan urusan bisnis sama sekali. Hal ini akan memperkecil resiko keamanan terhadap data-data pribadi pengguna Facebook. Bukan hanya itu saja, kesalahan posting dan berbagai hal lainnya juga bisa diminimalisir.

2. Lebih Mudah Dikelola

Business Facebook manager akan membuat pengelolaan akun menjadi jauh lebih mudah. Pengguna dapat mengelola sejumlah akun Facebook Ads serta akun Fanpage dalam satu wadah di saat bersamaan. Artinya, pengguna bisa fokus pada dua hal secara bersamaan, yakni mengawasi kinerja iklan serta postingan bisnis yang dibuat di akun Facebook for business. 

3. Mendapatkan Dukungan yang Memadai 

Business Facebook menjadi lebih mudah dengan banyaknya jumlah fitur yang dapat dimanfaatkan dalam platform yang satu ini. Hal ini akan mendukung aktivitas bisnis yang lebih maksimal, apalagi ketika menggunakan Facebook business manager. 

Pengguna akan mendapatkan dukungan yang maksimal, jika sewaktu-waktu menemui kendala dalam akunnya. Pengguna bisa menyampaikan keluhan dan kendala yang ditemui, sehingga tim Facebook bisa segera mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat.

4. Mempermudah Penampilan Report Bisnis

Business manager Facebook juga akan memudahkan pengguna untuk menampilkan report bisnis yang dijalankan. Fitur ini dilengkapi dengan dashboard yang memungkinkan pengguna melakukan pengeditan data dengan mudah. Hal ini akan membuat laporan bisnis menjadi lebih simpel dan sesuai dengan kebutuhan.

5. Memberi Keamanan Ekstra 

Pergantian staf pemasaran dan lainnya merupakan hal yang lumrah terjadi di dalam bisnis, begitu juga ketika menggunakan Facebook for business. Penggunaan jasa agensi untuk beberapa proyek jangka pendek tentu menjadi hal yang sering dilakukan dan hal ini bisa saja beresiko pada keamanan akun ketika salah satu mantan staf masih memiliki akses ke akun tersebut. 

Namun pengguna Facebook business manager tidak perlu khawatir, sebab layanan ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang bisa mengaktifkan autentikasi dengan 2 langkah. Para mantan staf yang sudah tidak aktif bekerja, tidak akan dapat mengakses business Facebook manager tersebut. 

Baca Juga:  Mau Sukses Bisnis Buzzer Media Sosial, Lakukan Cara ini!

Cara Membuat dan Mengelola Facebook Business Manager 

loader

Berikut ini adalah beberapa cara membuat dan mengelola Facebook business manager

1. Buat Akun Facebook Business Manager

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Facebook for business terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan jika pebisnis sudah memiliki akun Facebook pribadi. Jika belum, maka yang harus membuat akun terlebih dahulu. 

  • Jika sudah memiliki akun pribadi, kunjungi halaman business.facebook.com 
  • Klik “Create Account” 
  • Isi semua data yang dibutuhkan untuk membuat akun business manager Facebook dengan lengkap.
  • Lakukan verifikasi akun untuk mengaktifkannya. 

2. Tambahkan Halaman Business Facebook

Jika langkah di atas sudah selesai, lanjutkan dengan meng-klik menu “Add Page” untuk menambahkan akun. Pengguna bisa menambahkan akun pribadi maupun akun milik orang lain yang berkaitan dengan bisnis tersebut (jika sedang menjadi manager Facebook bisnis tersebut).

3. Tambahkan Akun Facebook Ads

Tambahkan juga akun Facebook Ads ke akun Facebook bisnis tersebut. Jika belum memiliki akun Ads ini, maka segera buat akun tersebut terlebih dahulu dan tambahkan setelahnya. 

  • Klik: “Add Ad Account” 
  • Klik: “Create Account” 

Jika sudah memiliki akun Ads, maka cukup klik menu “Add Ad Account” dua kali, lanjutkan dengan mengetikkan ID akun Ads Manager dengan lengkap. 

4. Tambahkan Manager 

Untuk mempermudah sistem marketing di Facebook business, tidak ada salahnya menambahkan seseorang yang ahli di bidang tersebut untuk menangani pemasaran bisnis. Yang bersangkutan bisa mengelola halaman bisnis dan iklan dengan profesional, sehingga bisnis berjalan dengan lebih lancar. 

  • Klik: “Add People”
  • Isi data diri lengkap staf yang akan dipekerjakan menangani urusan ini. 

Pengguna Facebook tidak perlu khawatir, sebab bisa leluasa untuk mengatur pembagian tugas dan hal lainnya dengan mudah. Selain itu, Facebook business manager juga memungkinkan pengguna untuk mempekerjakan lebih dari satu orang di saat bersamaan.

5. Hubungkan dengan Klien Bisnis maupun Agensi Iklan  

Jika dianggap perlu, hubungkan akun dengan klien atau agensi iklan yang akan dipekerjakan. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

6. Tambahkan Akun Instagram

Jangan lupa untuk membuat akun Instagram dan menambahkannya ke akun Facebook bisnis. Hal ini akan membuka peluang potensi pengembangan bisnis yang lebih besar. 

7. Buat Akun Facebook Pixels

Facebook Pixels akan membantu iklan bisnis menjadi lebih maksimal. Selain itu, akun ini juga akan membantu melakukan berbagai hal penting lainnya untuk memaksimalkan iklan, seperti: melacak konversi yang didapatkan, mengoptimasi iklan dengan maksimal, dan yang lainnya. Buat dan hubungkan akun Pixels dengan  akun business Facebook

8. Memaksimalkan Keamanan Akun

Maksimalkan keamanan akun dengan mengelola “two-factor authentication” dengan benar. Ini akan melindungi peretasan akun oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

9. Lakukan Pemasangan Iklan

Setelah semua langkah di atas, maka proses pembuatan business manager Facebook sudah selesai dan akun ini sudah bisa digunakan untuk iklan. Lakukan hal ini dengan cara:

  •  Klik menu “Ads Manager” 
  • Klik “Create”

Isi semua kolom dan data yang diminta dengan lengkap, termasuk biaya iklan dan juga tipe iklan yang akan digunakan. 

10. Atur Kelompok Aset Bisnis

Fitur ini akan membantu mengatur pembuatan iklan dan yang lainnya secara teratur berdasarkan grup. Hal ini akan mempermudah pengaturan iklan dan bisnis dalam Facebook for business. Gunakan fitur ini dengan cara 

  • klik “Business Settings”. 
  • Klik “Business Asset Groups” untuk membuat grup yang diinginkan.

Manfaatkan Facebook Business Manager dengan Maksimal

Mengembangkan bisnis melalui Facebook bisnis tentu sudah menjadi hal yang cukup banyak dilakukan. Peluang bisnis melalui platform ini memang begitu besar dan menjanjikan. Manfaatkan layanan Facebook business manager untuk mempermudah pengelolaan bisnis, agar bisnis bisa berkembang secara maksimal.

Baca Juga: 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Konten di Media Sosial