Berharga dari Ribuan Tahun Lalu, Ini 10 Fakta tentang Emas yang Menarik untuk Dibahas

Pamor emas sebagai salah satu jenis logam mulia dengan nilai tinggi memang tidak perlu diragukan lagi. Dari ribuan tahun lalu, emas dikenal sebagai barang yang memiliki banyak fungsi yang berharga di berbagai zaman dan peradaban. 

Semenjak awal ditemukan, emas telah dianggap sebagai barang langka dan dijadikan sebagai alat tukar ketika bertransaksi. Hingga saat ini, emas kerap dijadikan sebagai perhiasan, instrumen investasi, serta material berharga yang digunakan pada karya seni dan selalu dicari oleh banyak orang. 

10 Fakta Menarik Tentang Emas

loader

Tapi, tahukah kamu selain fungsinya yang beragam tersebut, ada banyak fakta tentang emas yang menarik untuk dibahas? Nah, agar bisa membuatmu semakin tertarik terhadap logam mulia ini, yuk bahas 10 fakta tentang emas berikut ini. 

1. Nama Kimianya Memiliki Arti Sinar Matahari

Pada tabel periodik, emas memiliki nama kimia Aurum atau biasa disingkat sebagai Au. Kata tersebut didapat dari Bahasa latin dengan arti glow of sunrise atau shining dawn. Di Bahasa Indonesia, istilah tersebut memiliki arti sebagai pancaran sinar matahari. 

Bukan tanpa alasan, pemilihan nama tersebut memang berasal tampilan emas yang menyerupai dengan lingkaran sinar di sekitar matahari. Karena itulah mengapa emas diberi nama Aurum ini yang berarti sinar matahari. 

2. Alasan Dianggap Logam Mulia

Saat ini, banyak orang menganggap emas sebagai logam mulia karena memang banyak dicari dan memiliki nilai yang tinggi. Tapi, tahukah kamu apa awal mula emas disebut sebagai logam mulia dan terus diminati sampai sekarang?

Alasan emas dianggap logam mulia karena memiliki ketahanan terhadap oksidasi ataupun korosi. Logam ini juga memiliki daya tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan sehingga cocok untuk dijadikan alat tukar dan ditransaksikan dengan harga tinggi di berbagai zaman dan peradaban. 

3. Emas Murni Sangat Mudah Dibentuk

Fakta tentang emas lainnya adalah logam mulia ini memiliki karakteristik yang terbilang lunak sehingga sangat mudah untuk dibentuk sesuai keinginan. Bahkan, sebagai perhiasan, emas kerap dibentuk dengan desain yang sederhana sampai rumit sekalipun. 

Hal tersebut menandakan jika emas pada dasarnya memiliki tekstur yang lentur serta lunak. Akan tetapi, jika dijadikan sebagai perhiasan, emas perlu dicampur dengan jenis logam lain agar menjadi lebih keras dan tidak mudah rusak karena pemakaian. 

4. Jadi Barang Berharga Sejak Ribuan Tahun Lalu

Hal menarik lain tentang emas adalah logam tersebut diperkirakan telah digunakan sejak 4 ribu tahun sebelum Masehi. Perkiraan ini didasarkan dari penemuan fosil yang mengenakan perhiasan emas dan diyakini hidup ribuan tahun lalu. Dari penemuan itulah emas ditandakan telah luas dikenal dan digunakan sebagai barang berharga sejak dahulu kala. 

5. Dapat Diolah Menjadi Obat

Mungkin banyak yang tidak menyangka jika emas dipercaya menjadi obat untuk mengatasi penyakit kanker, Logam mulia ini bisa diolah sebagai obat untuk menghancurkan sel kanker di tubuh manusia. 

Peneliti menemukan jika isotop radioaktif bernama Au-198 pada emas ternyata mempunyai peran penting untuk kesehatan. Walaupun begitu, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang manfaat emas sebagai obat ini agar bisa memastikan khasiatnya dan menjamin tak ada efek samping berbahaya bagi tubuh. 

6. Proses Penambangannya di Dunia

Dengan nilainya yang terus tinggi dan masih diminati hingga saat ini, emas masih aktif ditambang di sejumlah pertambangan di dunia. Menurut data, terdapat lebih dari 2 ribu ton emas yang ditambang setiap tahunnya. 

Walaupun begitu, tak semua emas yang berhasil ditambang ini diolah serta diperjualbelikan ke publik. Perusahaan yang terbanyak menghasilkan emas ialah BarrickGold Corporation. Perusahaan ini berpusat di Kanada serta mempunyai tambang emas di Amerika Utara, Australia, dan Afrika.

7. Diyakini dari Luar Angkasa

Tidak sedikit yang mengira jika emas adalah jenis logam mulia yang bermuara di dasar bumi. Padahal kebanyakan emas diyakini berasal dari meteorit yang menghujani bumi ratusan juta tahun lalu. 

Fakta tentang emas ini dilansir dari TED-ED melalui kanal Youtube-nya dan menyatakan jika sebuah bintang di luar angkasa meledak atau dalam istilahnya supernova. Pasca terjadi fenomena supernova tersebut, material penyusun dari emas masih berbentuk debu dan gas. Lalu, material tersebut memadat dan menjadi sebuah planet di mana bumi merupakan salah satunya. 

8. Populer Dijadikan Makanan Mewah

Jika membahas tentang dunia kuliner, inovasi jenis makanan yang dihidangkan seakan tak ada batasnya. Tapi, siapa yang menyangka jika dalam beberapa tahun belakangan menyajikan makanan mewah dengan emas tengah menjadi tren yang digandrungi oleh masyarakat kalangan tertentu.

Kenyataannya, emas memang kerap disajikan pada hidangan makanan mewah. Walaupun begitu, tidak sedikit pihak yang meragukan terkait keamanan mengonsumsi emas ini dalam makanan dan ketika logam tersebut masuk dalam tubuh. 

Namun, menurut sebuah penelitian, emas terbilang aman untuk dijadikan campuran makanan dan dikonsumsi. Yang penting, emas telah diolah menjadi bentuk glitter atau daun tipis sebelum dijadikan sebagai bahan makanan. Di samping itu, emas juga diyakini tidak beracun serta bisa langsung melewati saluran pencernaan saat dikonsumsi. 

9. Ada di Tubuh Manusia

Sebagai logam mulia yang langka dan banyak dicari, kamu tentu tidak akan mengira jika rerata manusia memiliki kandungan emas di dalam tubuhnya. Bahkan, menurut penelitian, setiap manusia yang memiliki berat sekitar 70 kg di dalam tubuhnya terdapat sekitar 0,2 mg emas murni. 

Kandungan emas tersebut di dalam tubuh menempati organ dan bagian yang berbeda. Beberapa contoh organ tubuh manusia yang memiliki kandungan emas ini, antara lain jantung, darah, persendian, dan juga otak. 

10. Bisa Tumbuh pada Dedaunan

Fakta tentang emas yang terakhir adalah logam mulia ini bisa tumbuh pada daun tanaman tertentu. Ilmuwan dari Australia menguak bahwa daun Eucalyptus memiliki kandungan emas di dalamnya. 

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan akar kayu putih bisa mencapai kedalaman 130 kaki dari permukaan tanah ketika mencari air. Karena emas mengendap dan bisa ditemukan di aliran air bawah tanah, pohon Eucalyptus ini mampu menyerap partikel emas dalam ukuran mikroskopis. Lalu, partikel emas yang terserap bersamaan dengan air tersebut terbawa ke bagian daun pohon ini agar bisa melakukan proses fotosintesis.

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Bukan Sekadar Aset Berharga, Ada Banyak Fakta tentang Emas yang Asyik untuk Dibahas

Itulah deretan 10 fakta tentang emas yang menarik untuk dibahas dan bisa menjelaskan tentang asal muasal logam mulia ini dianggap berharga dan banyak dicari. Telah ditambang dan dipergunakan dari ribuan tahun lalu, tak mengherankan jika emas bisa terus mempertahankan nilainya sampai sekarang. Nah, setelah memahami tentang 10 fakta tentang emas di atas, kamu jadi tak bertanya-tanya lagi tentang alasan logam mulia ini jadi aset berharga hingga saat ini, bukan?