Daftar Film Ernest Prakasa yang Asyik untuk Ditonton

Ernest Prakasa dikenal sebagai sutradara, aktor, produser, penulis, dan komika/standup comedian. Pria kelahiran Jakarta, 29 Januari 1982 dan almamater Universitas Padjajaran, Bandung jurusan Hubungan Internasional ini telah berkiprah di panggung hiburan sejak tahun 2001.

Ernest Prakasa film terdiri dari berbagai genre, termasuk komedi, drama/family, horor, hingga romansa. Menariknya lagi, Ernest yang keturunan Tionghoa kerap menjadikan latar belakang etnisnya sebagai materi leluconnya sendiri. Malahan, hal itu menjadi ciri khasnya dan mendatangkan banyak hoki. 

Film by Ernest Prakasa memang selalu menarik untuk disimak. Tak hanya mengundang gelak tawa, film-filmnya mengandung tema sosial yang sarat akan pembelajaran hidup. 

Bagi kamu yang gemar menonton, kumpulan film Ernest Prakasa bisa dijadikan salah satu alternatif pilihan. Berikut rekomendasi dan ulasan singkat dari Ernest Prakasa movies, baik sebagai sutradara, penulis naskah, maupun aktor.

Baca Juga: Rekomendasi Film Korea Terbaru yang Seru untuk Ditonton

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Daftar Film Ernest Prakasa

1. Cek Toko Sebelah 2 (2022)

loader

Sumber: www.detik.com

Merupakan sekuel dari film pertamanya di tahun 2016, Cek Toko Sebelah 2 rilis di akhir 2022 lalu. Film ini mengisahkan keluarga Koh Afuk bersama kedua putranya, Yohan dan Erwin. Erwin ingin melamar Natalie, namun tak semudah itu mendapat restu orang tua kekasihnya.

Sedangkan Yohan yang sudah berkeluarga didesak oleh ayahnya agar segera punya momongan. Padahal, Yohan dan istri belum siap lahir batin untuk mempunyai keturunan. Saksikan film ini di Netflix.

2. Teka Teki Tika (2021)

loader

Sumber: tasikmalaya.pikiran-rakyat.com

Film ini disutradarai oleh Ernest Prakasa dan tayang sejak 2021 lalu. Film ini dibintangi oleh Dion Wiyoko, Sheila Dara, Morgan Oey, Ferry Salim, dan masih banyak lagi dengan alur cerita yang tak mudah untuk ditebak.

Teka Teki Tika bercerita tentang kehidupan rumah tangga Budiman dan Sherly. Pasangan suami istri tersebut tengah merayakan ulang tahun pernikahan mereka. Kejutan hadir dalam bentuk datangnya Tika, seorang gadis yang mengaku sebagai putri kandung Budiman dari wanita lain.

Tak pelak, kedatangan Tika yang misterius memicu konflik dan perpecahan di antara anggota keluarga Budiman. Banyak pihak yang menilai Teka Teki Tika yang sarat akan unsur mystery, comedy, dan thriller psikologi ini mempunyai kemiripan dengan film Knives Out. Tonton film ini di Disney+ Hotstar.

3. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019)

loader

Sumber: www.viu.com

Ada pesan positif yang terkandung di dalam film yang rilis tahun 2019 ini, yaitu: “Tidak perlu jadi sempurna untuk berbahagia”. Film Imperfect yang disutradarai oleh dan co-written by Ernest ini banyak dilirik movie lovers. Tema yang diangkat adalah topik dalam kehidupan sehari-hari, mencakup karier, percintaan, dan ciri fisik seseorang.

Alkisah, Rara ialah manajer wanita yang bekerja di perusahaan kosmetik. Namun tubuhnya gemuk dan kulitnya gelap. Meski sering didiskriminasi dan mendapat body shaming di tempat kerja, namun Rara memiliki Dika—kekasihnya yang selalu suportif. 

Tak disangka, Rara mendapat peluang untuk naik jabatan. Tapi dengan catatan, ia harus merombak penampilannya terlebih dahulu agar jadi lebih menarik dan cantik menurut standar orang lain. Film ini bisa ditonton melalui Vidio, VIU, Netflix, hingga Disney+ Hotstar.

4. Ghost Writer (2019)

loader

Sumber: movieden.net

Bukan berarti penulis bayangan (ghostwriter), film Ghost Writer yang satu ini betul-betul berkisah tentang seorang penulis yang bercerita tentang hantu. Disutradarai oleh Bene Dionysius, film ini dibintangi Tatjana Saphira yang berperan sebagai Naya.

Naya yang kehabisan ide dalam menulis, lantas mengangkat kisah berdasarkan buku harian seorang laki-laki. Masalahnya, pria itu kini menjadi hantu karena meninggal akibat bunuh diri di kamarnya. Belakangan, hantu itu tak mau kisahnya dijadikan novel.

Naya pun berusaha membujuk sang hantu demi mendapat izin penerbitan dan berjanji tak akan mengubah kisah itu sedikit pun. Namun ternyata, pihak penerbit malah mengubahnya habis-habisan tanpa konfirmasi lebih dulu. Tonton selengkapnya di VIU, bilibili, Vidio, atau iFlix.

5. Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta dan Rangga (2018)

loader

Sumber: www.grid.id

Dua tokoh iconic dalam film populer Ada Apa Dengan Cinta dikisahkan dalam film yang satu ini. Dikemas dalam genre romantic comedy, film ini mengisahkan Milly dan Mamet yang sudah berumah tangga. 

Setelah menikah, Milly hengkang dari pekerjaannya yang seorang bankir agar dapat fokus mengurus anak. Adapun Mamet berprofesi sebagai chef. Konflik terjadi setelah Mamet bertemu lagi dengan sahabat lamanya, Alexandra. 

Alexandra lantas menawarkan Mamet untuk kembali membangun mimpinya. Saksikan film ini di WeTV, Vidio, bilibili, Catchplay, dan Disney+ Hotstar.

6. Stip dan Pensil (2017)

loader

Sumber: www.youtube.com

Dalam film ini, Ernest menjadi co-writer sekaligus aktor pemeran. Digarap oleh sutradara Ardy Octaviand, Stip dan Pensil bercerita mengenai Toni, pelajar SMA yang congkak dan sok jago. Suatu waktu, seorang guru meminta Toni dan teman-temannya membuat esai menyangkut problematika sosial.

Toni cs lantas bertindak secara nyata dan membentuk sekolah gratis yang digelar di bawah jembatan. Sayangnya, aksi tersebut malah ditentang banyak pihak, termasuk oleh penduduk setempat. Tonton film ini di Disney+ Hotstar, Catchplay, dan iFlix. 

7. Susah Sinyal (2017)

loader

Sumber: www.youtube.com

Dalam film Susah Sinyal ini, Ernest menjadi sutradaranya. Film ini menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga yang orang tuanya sibuk bekerja hingga hubungan dengan anaknya jadi terbengkalai. 

Ellen adalah seorang single mom sekaligus pengacara. Namun di balik kesuksesan kariernya, hubungannya dengan anaknya, Kiara, menjadi renggang. 

Kiara sendiri lebih dekat dengan neneknya. Terhadap ibunya, ia malah sering memberontak. Hingga kemudian sang nenek meninggal dunia dan Kiara pun terpukul. 

Demi melipur lara anaknya, Ellen membawa Kiara liburan ke Pulau Sumba, NTT, sekalian mempererat kembali hubungan mereka. Tapi, Ellen selalu dihantui urusan pekerjaannya yang seakan tiada habisnya. Film komedi keluarga ini bisa disaksikan di Vidio dan Disney+ Hotstar.

8. Cek Toko Sebelah (2016)

loader

Sumber: www.kompas.com

Cek Toko Sebelah dibintangi dan disutradarai sendiri oleh Ernest Prakasa. Film komedi keluarga ini sukses masuk dalam deretan film paling laris di Indonesia (ditonton lebih dari 2,6 juta kali).

Film ini bercerita mengenai kehidupan keluarga berdarah Tionghoa yang kerap mengutamakan pendidikan tinggi bagi anaknya, tapi ujung-ujungnya selalu meneruskan usaha dan toko orang tuanya. 

Hal ini dialami oleh Erwin dan kakaknya, Yohan. Sekelumit masalah bermunculan, termasuk persaingan dengan toko sebelah. Situasi menjadi semakin runyam ketika sang ayah mulai sakit-sakitan. Tonton serunya Cek Toko Sebelah di Netflix, Disney+ Hotstar, Catchplay, Maxstream, hingga Genflix.

9. Ngenest (2015)

loader

Sumber: www.youtube.com

Film Ernest Prakasa yang tak kalah seru lainnya ialah Ngenest. Dibintangi dan disutradarai olehnya sendiri, Ngenest bercerita tentang seorang laki-laki berdarah Tionghoa yang kerap didiskriminasi ras dalam keseharian hidupnya.

Menjadi korban bully itu rasanya pahit luar biasa. Oleh sebab itulah ia ingin memutus mata rantai tersebut agar kelak anaknya tak perlu mengalami hal serupa seperti nasibnya. 

Untuk itu, ia pun mencari jodoh perempuan pribumi. Ia berhasil bertemu dengan Meira, seorang gadis Jawa yang seiman dengannya. Ngenest bisa ditonton melalui Catchplay, Vidio, dan Netflix.

10. Comic 8: Casino Kings Part 1 (2014)

loader

Sumber: www.hotstar.com

Comic 8 ini disutradarai oleh Anggy Umbara dan rilis di tahun 2014 lalu. Film ini memang bukan film layar lebar perdana Ernest. Meski begitu, popularitas Ernest kian melejit karena membintangi film komedi ini.

Dikisahkan, ada delapan orang pemuda yang sedang merencanakan perampokan bank. Namun, mereka mempunyai berbagai motif yang berbeda.

Mereka semua kemudian dibagi ke dalam tiga tim yang berbeda berdasarkan keterampilan dan jam terbangnya masing-masing. Saksikan film ini di Disney+ Hotstar, bilibili, atau platform streaming legal lainnya.

Baca Juga: Daftar 10 Film Animasi Terbaru 2023, Ada yang Sekuel Lanjutannya Lebih dari 20 Tahun!

Lahirkan Karya Berkualitas dengan Segudang Penghargaan

Demikianlah kumpulan judul film Ernest Prakasa. Suami dari Meira Anastasia ini memang punya segudang talenta yang patut diacungi jempol. Sehingga tak heran jika karya-karyanya yang berkualitas menerima anugerah penghargaan di berbagai ajang.

Di sepanjang kiprahnya, Ernest telah menyabet sejumlah nominasi dan penghargaan bergengsi. Terbaru, ia meraih Penulis Skenario Adaptasi Terbaik (bersama istrinya, Meira Anastasia) dari Festival Film Indonesia untuk Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2020).

Adapun film Susah Sinyal (2018) memenangkan Penulis Skenario Terbaik dari Indonesian Box Office Movie Awards. Sementara itu, Cek Toko Sebelah (2017) mengantongi setidaknya empat penghargaan. 

Di antaranya ialah Penulis Skenario Asli Terpilih dari Piala Maya dan Best Director – JAFF Indonesian Screen Awards dalam Jogja-NETPAC Asian Film Festival. Karena film itu, Ernest juga meraih Penulis Skenario Terpuji Film Bioskop dari Festival Film Bandung dan Penulis Skenario Terbaik Festival Film Indonesia.

Untuk film Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan (2016), Ernest mengantongi Penulis Skenario Terbaik dari Indonesia Box Office Movie Awards. Film itu juga memenangkan Penulis Skenario Adaptasi Terpilih dan Sutradara Muda Berbakat dalam Piala Maya. Selain itu, Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan menerima penghargaan dari Festival Film Bandung untuk Penulis Skenario Terpuji.

Kabar terbarunya, ayah dari Sky Tierra Solana dan Snow Auror Arashi ini akan bermain sebagai salah satu tokoh dalam film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film (belum rilis, to be announced). 

Baca Juga: Rekomendasi Film dan Series Netflix yang Cocok untuk Menemani Keseharian