Makin Jago Raup Cuan, Ini Film tentang Investasi yang Wajib Ditonton

Tren investasi mulai digandrungi milenial di berbagai negara. Terlebih oleh generasi Z atau gen Z yang mulai melek digital dan ekonomi sehingga merasa investasi penting. Untuk menambah pengetahuan, kamu bisa mengasah kemampuan berinvestasi melalui berbagai hal, termasuk film tentang investasi.

Sebagai informasi, investasi merupakan salah satu cara penanaman modal berupa uang atau aset ke dalam suatu benda maupun lembaga dengan harapan keuntungan di masa mendatang. Beberapa contoh investasi, di antaranya emas serta saham.

Nah, saat ini banyak gen Z yang mulai belajar mengenal dan bermain saham, mulai dari jumlah minimal yang disebut reksadana. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengelolaan ekonomi agar lebih baik di masa depan.

Meski demikian, masih banyak masyarakat yang bingung terkait cara mempelajari investasi. Jika kamu merupakan di antaranya, film tentang investasi menjadi rujukan awal yang bisa kamu pelajari dan pahami dengan mudah, lho!

Pasalnya, lewat film kamu akan lebih mudah memahami karena gambar bergerak, naskah, serta alur kisah diceritakan secara detail. Selain itu, media belajar menggunakan film juga terasa lebih menyenangkan dan menghibur.

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Rekomendasi Film tentang Investasi

Untuk mengetahui serta mempelajari cara berinvestasi, kamu mungkin sangat bosan jika harus membaca buku atau mengikuti seminar berjam-jam. Namun, tanpa sadar, durasi film yang juga beberapa jam sangat menarik untuk ditonton.

Oleh karena itu, jika kamu tertarik mendalami pengetahuan terkait investasi. Cobalah menonton beberapa rekomendasi film tentang investasi berikut.

1. The Big Short

loader
The Big Short via timeout.com

The Big Short merupakan film tentang investasi yang dirilis pada tahun 2015 lalu. Film yang diadaptasi dari buku Michael Lewis berjudul ‘The Big Short: Inside The Doomsday Machine’ ini mendapatkan penghargaan ‘Best Adapted Screenplay’ di ajang piala Oscar 2016.

Film investasi itu bercerita tentang krisis finansial di tahun 2007-2008 dengan pengemasan yang menarik. Hingga kemudian, seorang hedge fund manager bernama Michael Burry memprediksi krisis ekonomi yang akan melanda Amerika Serikat, terutama pada lini bisnis aset dan perumahan. 

Ia kemudian merancang adanya credit default swap agar bisa meraup keuntungan. Di sisi lain, langkah Burry tersebut diikuti oleh pialang obligasi di perusahaan FrontPoint, Jared Vennet. 

Kisah seru keuangan dan investasi pun mewarnai film ini dengan berbagai tokoh di dalamnya. Untuk kamu yang sedang belajar berinvestasi, wajib menonton film motivasi investasi ini.

2. The Wolf of Wall Street

loader
The Wolf of Wall Street via facts.net

Rilis pada 2013, film The Wolf of Wall Street diperankan oleh Leonardo DiCaprio sebagai tokoh utama bernama Jordan Belfort. Film ini menceritakan pengalaman Jordan Belfort sebagai mantan broker.

Belfort dan temannya Donny Azoff (Johan Hill) melakukan aksi tersebut melalui perusahaan pialang bernama Stratton Oakmont. Perusahaan ini berkembang pesat hingga mencapai puncak kesuksesan. 

Namun, siapa sangka bahwa dibalik kesuksesan itu keduanya kerap melakukan manipulasi jual beli saham dengan skema pump and dump. Hingga akhirnya Federal Bureau of Investigation (FBI) turun tangan menyelidiki kejahatan dan korupsi mereka. Dalam film investasi tersebut, kamu bisa mempelajari tentang jatuh dan bangun dunia investasi saham.

Oleh sebab itu, untuk memahami dan belajar dunia perinvestasian, kamu wajib menonton film investasi dalam alur cerita yang seru tersebut.

3. Boiler Room

loader
Boiler Room via imdb.com

Boiler Room adalah film tentang investasi yang rilis di tahun 2000. Film ini mengisahkan seorang mahasiswa putus kuliah bernama Seth Davis yang akhirnya merintis karier sebagai pialang saham di suatu perusahaan.

Ambisinya untuk menjadi orang yang mandiri dan sukses semakin terdorong dengan sosok Jay, seorang pialang senior. Namun, Jay menjalankan usahanya dengan cara yang tidak patut. Hal ini ditiru Seth hingga ia menjadi pialang yang kaya raya, tetapi serakah. Bahkan, ia mempertaruhkan moralitas untuk mendapat kekayaan.

Baca Juga:  Rekomendasi Film dan Series Netflix yang Cocok untuk Menemani Keseharian

4. Inside Job

loader
Inside Job via youtube.com

Film tentang investasi lainnya yang tak kalah menarik adalah Inside Job yang rilis pada 2010. Masih menceritakan tentang krisis keuangan yang terjadi pada 2008 lalu akibat terjadinya korupsi sistematis di Amerika Serikat.

Krisis tersebut membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan menjadi pengangguran. Oleh sebab itu, film investasi yang merupakan dokumenter tersebut layak untuk ditonton sehingga menjadi pengetahuan terkait aturan keuangan global.

5. Margin Call

loader
Margin Call auralcrave.com

Di tahun 2011, ada sebuah film tentang investasi yang diangkat dari kisah nyata. Film ini berjudul Margin Call yang disutradarai JC Chandor. Margin Call bercerita tentang hutang suatu perusahaan yang terlalu besar dan tidak bisa terbayar. 

Cerita pun semakin apik dengan pemeran-pemeran, seperti Zachary Quinto, Stanley Tucci, Kevin Spacey, dan Paul Bettany. Maka tak heran jika film tentang investasi satu ini banyak memberikan pelajaran terkait dunia investasi.

6. Chasing Madoff

loader
Chasing Madoff via amazon.com

Diadaptasi dari buku No One Would Listen karya Harry Marcopolos, terciptalah film investasi berjudul Chasing Madoff pada 2010. Film ini  mengisahkan seseorang bernama Madoff yang mengatasi permasalahan investasi. 

Ia mencoba mengatasi masalah komisi investasi yang tidak diterima dari sekuritas maupun bursa Amerika Serikat. Film tentang investasi ini bagus untuk kamu tonton sehingga memberikan pengetahuan seputar dunia saham.

7. The Ascent of Money

loader
The Ascent of Money via reelgood.com

The Ascent of Money adalah film tentang investasi yang menceritakan seseorang bernama Niall Ferguson. Ia sangat penasaran dan kerap bertanya-tanya tentang uang, mulai dari sejarah hingga asal muasal uang sebagai alat tukar.

Film ini sangat bagus untuk memotivasi kamu dalam mengelola keuangan, termasuk berinvestasi. Pasalnya, dalam film The Ascent of Money menggambarkan perspektif sekaligus tindakan masyarakat modern terhadap uang.

Baca Juga:  11 Rekomendasi Film Thriller Terbaik yang Seru dan Bikin Deg-degan

8. Money

loader
Money via dailymotion.com

Jika pada beberapa judul sebelumnya menceritakan film investasi barat. Kini ada film tentang investasi asal Korea Selatan berjudul Money. Film berdurasi 2 jam inj dibintangi oleh Ryu Jun Yeol, Tae Yoo Ji, dan Joo Woo Jin.

Disutradarai oleh Park Noo Ri, Money menceritakan tentang Il Hyun (Ryu Jun Yeol) yang merupakan makelar saham baru dan mencoba bertahan di bisnis tersebut. Berambisi mendapat profit tinggi dari sana, Hyun melakukan berbagai cara. Terlebih, posisinya rawan bangkrut karena tidak memiliki koneksi dengan orang-orang penting. 

Ia akhirnya membuat perjanjian dengan seorang anonim yang punya kemampuan mengontrol pasar saham secara tertutup. Bukan tanpa bahaya, perjanjian ini pun memiliki konsekuensi mengerikan. Film ini bisa jadi rujukan kamu mempelajari tentang dunia investasi saham. Terutama, bagi kamu yang suka film dan drama Korea, wajib nonton film ini.

9. Sang Pialang

loader
Sang Pialang via mrpujar.blogspot.com

Melengkapi daftar film tentang investasi, ada film Indonesia berjudul Sang Pialang. Di Indonesia sendiri, film tentang ekonomi dan investasi masih sangat sedikit. Kisah yang diangkat dalam film ini, antara lain terkait seluk beluk aktivitas pasar modal dan tantangan yang dialami para investor saham.

Film Sang Pialang dibintangi sederet aktris dan aktor kenamaan Tanah Air, seperti Abimana Aryasatya, Slamet Raharjo, dan Kamidia Radisti. Disutradarai Asad Amar dan Meisa Felaroze, film ini rilis pada 2013. Asad berharap, film Sang Pialang bisa menjadi edukasi bagi masyarakat terkait dunia pasar modal. Hebatnya, film ini meraih penghargaan Piala Citra 2013 dengan kategori 'Best Original Screenplay'.

Belajar Raup Cuan dari Film tentang Investasi

Itulah sebelas film tentang investasi yang memberikan berbagai pengetahuan dan pelajaran dunia keuangan. Jika kamu sedang mulai menjajaki dunia investasi. Ada baiknya, pelajari banyak ilmu dari berbagai media.

Sebab, investasi bukan hal yang bisa dilakukan tanpa ilmu atau hanya karena ikutan tren semata. Kamu perlu memahami berbagai metode. Kamu bisa mendapatkan beberapa ilmu dan metode dalam berinvestasi melalui sederet film di atas. Namun, sebelas film tersebut hanya sebagian dari berbagai judul film investasi yang bisa kamu tonton.

Adapun melalui film tentang investasi, kamu akan semakin mahir dan paham celah dalam berinvestasi yang bisa menguntungkan. Dengan begitu, kamu bisa meraup cuan lebih besar, lho!

Baca Juga: Penuh Laga, Berikut Kumpulan Rekomendasi 10 Film Korea Action Terbaik yang Menegangkan