Geger Virus Corona, Sederet Agenda Olahraga ini Ditunda dan Terancam Batal

Indonesia telah dikonfirmasi positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Penyebaran Covid-19 di Indonesia ditandai dengan dua warga negara Indonesia yang terinfeksi virus ini akibat pasien berinteraksi dengan warga negara Jepang yang sebelumnya sudah tertular virus corona.

Semakin luas, menurut kompas.com data per 10 Maret 2020 orang yang telah tertular Covid-19 di Indonesia pun semakin bertambah menjadi 27 orang.

Dengan bertambahnya korban virus corona yang semakin banyak. Tidak hanya di Indonesia tapi juga di berbagai negara yang telah terjangkit, coronavirus pun menjadi alasan utama terancam batalnya berbagai event besar diberbagai negara.

Salah satu jenis event yang terancam batal karena dampak virus corona adalah event-event olahraga besar baik skala nasional ataupun internasional. Terancam batalnya event-event olahraga ini menandakan betapa besarnya ketakutan yang ditimbulkan akibat virus baru ini.

Berikut beberapa event olahraga besar yang terancam batal karena virus corona:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. MotoGP Thailand

motogp thailand

Setelah kabar pagelaran seri pembukaan MotoGP di Qatar pada 8 Maret 2020, seri gelaran seri pembukaan di Thailand yang harusnya akan diselenggarakan pada 20-22 Maret ini pun diputuskan untuk dibatalkan juga.

Keputusan pembatalan gelaran seri MotoGP ini disampaikan oleh Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand, Anutin Chanvirakul pada 2 Maret 2020 waktu setempat. Dia juga mengatakan, acara MotoGP di Thailand akan ditunda sampai virus corona mereda atau dalam waktu yang tidak ditentukan.

2. Indonesia Open 2020

indonesia open

Ajang bergengsi Indonesia Open yang akan diadakan dari 16 hingga 21 Juni 2020 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan terancam akan dibatalkan karena peningkatan kasus terjangkit virus corona di Indonesia.

Meskipun masih ada harapan Indonesia Open tetap bisa berjalan sesuai tanggal yang ditentukan, Sekjen PP PBS, Achmad Budiharto mengatakan bahwa menjaga keselamatan dan kesehatan dari pemain serta kru adalah hal yang paling diprioritaskan.

Terlepas dari adanya acaman ditunda atau dibatalkan, persiapan untuk menyambut tanggal penyelenggaraan Indonesia Open 2020 masih berjalan sesuai apa yang sudah diagendakan.

3. Vietnam International Challenge 2020

vietnam open

BWF atau Badminton World Federation mengumumkan pada website resminya mengenai penundaan ajang olahraga bulutangkis bergengsi lainnya yaitu Vietnam International Challenge 2020 yang harusnya berlangsung pada 24 – 29 Maret 2020 ke tanggal 23 Juni 2020. Dampak virus corona yang sudah menyebar sampai Vietnam merupakan salah satu alasan utama dari penundaan event ini.

Baca Juga:  RS Covid-19 di Pulau Galang, Fakta Rumah Sakit Khusus Corona di Indonesia

4. MotoGP Austin 2020

motogp

Seri ketiga Moto GP 2020 di Circuit of the Americas (COTA), Texas yang seharusnya diadakan sebagai salah satu rangkaian dari seri pembukaan MotoGP 2020 yang akan diadakan pada tanggal 3-5 April 2020 juga  terancam dibatalkan.

Rencana pembatalan Grand Prix yang paling ditunggu-tunggi ini disusul dengan pernyataan dari otoritas setempat yang ingin meningkatkan kewaspadaan mengenai virus baru Covid-19 ini.

Salah satu tindakan yang diambil untuk mendukung isu pembatalan ini adalah pemerintah negara bagian Texas yang sudah menurunkan larangan keras untuk melaksanakan kegiatan yang bisa dihadiri lebih dari 2500 orang.

Tapi, menganggapi rencana pencabutan izin penyelenggaraan ini, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta yang merupakan operator kompetisi mengatakan, Grand Prix Amerika Serikat masih memiliki kemungkinan tinggi untuk tetap dilaksanakan mengingat belum ada kasus Covid-19 ditemukan di Amerika.

Baca Juga: Indonesia Bikin Aturan Ketat buat Pelancong dari 4 Negara ini

5. Olimpiade Tokyo 2020

olimpiade tokyo 2020

Disampaikan langsung oleh anggota senior Komite Olimpiade Internasiona (IOC), Dick Pound mengatakan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 memiliki potensi untuk ditunda akibat kasus coronavirus di Jepang jika virus masih ada sampai bulan Mei.

Namun, Menteri Olimpiade Jepang, Seiko Hashimoto berkata sebaliknya. Dia mengatakan bahwa Olimpiade akan tetap berjalan sesuai rencana. Hingga sekarang, para Atlit peserta Olimpiade tetap diperintahkan untuk berlatih, dan kru Olimpiade tetap diwajibkan melanjutkan proses persiapan ajang Olimpiade yang akan dilaksanakan pada 24 Juli sampai 9 Agustus 2020.

6. Kejuaraan Dunia Renang Indah 2020

Kejuaraan Dunia Renang Indah

Kejuaraan Dunia Renang Indah 2020 direncanakan akan berlangsung di Suzhou pada tanggal 23-25 April 2020 di Suzhou yang merupakan salah satu provinsi di Tiongkok terancam akan dibatalkan.

Mengingat Tiongkok sebagai negara pertama yang terjangkit Covid-19 dan sejauh ini memiliki paling banyak kasus terjangkit membuat FINA atau Federasi Renang Internasional juga mempertanyakan kelangsungan kejuaraan skala internasional ini.

Sejauh ini, keputusan yang masih dijadikan pilihan alternatif adalah penundaan dan pemindahan lokasi ke negara lain.

7. Kejuaraan Dunia Atletik Indoor 2020

atletik indoor

Dijadwalkan diselenggarakan pada tanggal 13-15 Maret 2020, Kejuaraan Dunia Atletik Indoor 2020 akan di laksanakan di Nanjin, Tiongkok ini akan ditunda hingga tahun depan mengingat penyebaran virus corona yang semakin ganas di Tiongkok.

8. World Rugby Sevens

rugby

Event bergengsi cabang olahraga Rugby pun yaitu World Rugby Sevens pun antara Singapura dan Hong Kong  yang seharusnya di selenggarakan pada bulan April 2020 ini pun mengalami penundaan hingga Oktober 2020.

9. Formula E 2020 Jakarta

formula E

Event olahraga otomotif yang akan menjadikan Monas sebagai salah satu jalur sirkuitnya ini juga turut menjadi salah satu rangkaian acara olahraga di Indonesia yang harus ikut ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan karena dampak virus corona di Indonesia.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan memastikan penundaan Formula E 2020 di Jakarta ini setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak. 

Bertanding tanpa Penonton

Selain menunda dan membatalkan, beberapa agenda olahraga lain pun demi mencegah penyebaran virus corona ada yang tetap melaksanakan acara meski tanpa penonton. Contohnya, berbagai liga sepakbola di Italia yang terpaksa harus tetap menjalankan pertandingan meski tanpa penonton semenjak corona virus menjangkit Eropa.

Ada juga pertandingan tenis untuk Kualifikasi Piala Davis antara Italia dan Korea Selatan yang dilaksanakan di Caliagri Italia juga terpaksa dilaksanakan tanpa penonton.

Larangan melakukan kegiatan berkumpul di tempat umum dengan jumlah yang banyak sejak wabah coronavirus semakin cepat menyebar menjadi alasan utama beberapa event olahraga harus rela dibatalkan atau berjalan meski tanpa penonton.

Baca Juga: ‘Surat Cinta’ Dirjen Pajak Bukan Hoaks, Jangan Cuek Kalau Gak Mau Kena Denda