Fitur yang Memudahkan Aktivitas Investasi, Ini Pengertian Good This Week dan Cara Kerjanya

Siapa yang tidak menginginkan layanan, fitur, atau fasilitas yang mampu memudahkan aktivitas dan menjadikannya jauh lebih praktis? Semua orang tentu ingin dan tidak akan ragu untuk mulai memanfaatkan layanan atau fitur yang mampu membuat aktivitas hariannya terasa lebih simpel dan mudah. Hal ini berlaku pula pada aktivitas investasi yang saat ini mulai banyak dilakukan oleh masyarakat dari hampir semua kalangan. 

Untungnya, berkat kemajuan teknologi dan inovasi, saat ini ada banyak hal yang menjadikan aktivitas investasi bisa dilakukan dengan praktis. Selain kehadiran layanan atau platform investasi online, di dalam aplikasi tersebut juga banyak disematkan berbagai fitur menarik yang mampu memanjakan investor ketika menanam modal. 

Salah satu contohnya adalah fitur yang dikenal dengan sebutan Good This Week atau biasa disingkat GTW. Dengan fitur tersebut, investor bisa memasang pesanan yang akan terus aktif hingga berganti minggu sesuai keinginannya. 

Lalu, seperti apa sih sebenarnya fitur GTW ini dan bagaimana cara kerjanya? Nah, jika ingin tahu lebih lanjut tentang fitur tersebut dan contoh penggunaannya dalam aktivitas investasi di platform digital, simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Apa Itu Fitur Good This Week?

loader

Fitur Good This Week atau yang bisa juga disingkat sebagai GTW adalah sebuah jenis pesanan atau order pada platform investasi digital yang akan terus aktif hingga penghujung minggu di mana fitur ini diaktifkan. Apabila pesanan ini tidak dieksekusi hingga akhir minggu, fitur GTW ini akan secara otomatis dibatalkan oleh sistem aplikasi investasi digital. 

Pengertian lain dari fitur ini adalah jenis order atau pesanan yang harus dieksekusi hingga batas sampai akhir pekan. Jika pesanan tak dilaksanakan, fitur tersebut akan dibatalkan atau dihentikan otomatis. Umumnya, fitur Good This Week ini ditawarkan oleh layanan aplikasi online atau layanan broker pada klien yang memiliki modal besar sehingga tak ditemukan di broker diskon.

Kontingensi dari fitur ini biasanya ditambahkan pada limit ataupun stop order. Order Good This Week mungkin hanya tersedia di platform broker atau investasi online. Di sisi lain, fitur ini umumnya disediakan oleh broker dengan layanan yang lengkap dan memungkinkan proses penyesuaian lebih besar terhadap transaksi dari klien mereka. 

Kehadiran fitur ini menyediakan jalan tengah terkait pesanan yang sedang berlangsung untuk waktu perdagangan atau transaksi saat ini dengan yang berlangsung tanpa batasan waktu. Akan tetapi, investor yang ingin menggunakan fitur GTW ini juga tetap harus hati-hati dan menggunakan fitur ini dengan bijak serta cara yang tepat. 

Misalnya, ketika menggunakan order Good This Week, investor perlu memastikan jika pesanan yang dilakukannya tidak sinkron atau berhubungan dengan peristiwa maupun situasi penting yang mampu mempengaruhi nilai sekuritas yang ingin ditransaksikannya. Pasalnya, ketika hal tersebut terjadi, kemungkinan besar investor akan salah mengambil langkah investasinya. 

Sebagai contoh, ketika ingin melakukan transaksi di hari Rabu, kamu percaya jika perilisan berita di hari Senin bakal menimbulkan nilai saham tertentu meningkat. Apabila kamu ingin melakukan pembelian saham sebelum informasi atau berita tersebut diberitahukan pada publik, kamu bisa melakukan pesanan GTW ini. 

Melalui perintah pesanan tersebut, order transaksi akan terus berlaku hingga penghujung minggu atau biasanya di hari Jumat sebagai akhir hari kerja bursa. Tapi, pesanan atau order tersebut menjadi tak valid apabila tak dilaksanakan sebelum penghujung dari hari itu. 

Apabila investor gagal untuk menyadari jika pesanan tak dieksekusi atau dilakukan, mereka berisiko kehilangan peluang keuntungan yang telah di antisipasinya bakal terjadi di minggu berikutnya. Karena itulah kehadiran fitur ini amat membantu investor dalam menjalankan aktivitas investasinya. 

Kendati demikian, tidak sedikit investor atau trader yang mungkin masih tak menyadari keberadaan fitur ini sehingga belum sama sekali menggunakannya. Selain itu, bisa jadi platform investasi atau layanan broker yang digunakan memang belum menyediakan fitur ini pada para penggunanya. Oleh karena itu, coba cek apakah fitur GTW ini memang telah tersedia di platform investasi yang kamu gunakan atau tidak, dan jangan ragu untuk mengaplikasikannya sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Cara Beli Saham Luar Negeri dan Sekuritas Pilihan

Tentang Cara Kerja Fitur Good This Week

Berdasarkan penjelasan di atas, fitur Good This Week menjalankan pesanan yang akan secara otomatis dihentikan di penghujung minggu. Fitur ini bisa dibilang langka karena tak disediakan oleh semua platform broker, berbeda dengan pembatasan pesanan dan GTC atau Good Till Cancel yang lebih umum ditawarkan layanan investasi digital. 

Kegunaan dari fitur ini pada dasarnya ditambahkan untuk memberi batasan dan kemampuan stop order bagi investor. Pesanan GTW biasanya disediakan oleh platform broker full service yang memungkinkan pengaturan yang lebih lengkap sesuai dengan aktivitas transaksi para kliennya. 

Fitur ini menyediakan kemampuan untuk menjalankan aktivitas pesanan yang tetap aktif di hari berjalan dengan fitur yang bisa terus berlangsung tanpa batas. Akan tetapi, investor yang menggunakan jenis pesanan ini perlu bersikap bijak guna memastikan jika order yang dilakukannya tetap sesuai dengan peristiwa penting yang mungkin mampu mempengaruhi harga sekuritas yang ditransaksikannya. 

Sebagai contoh, seorang investor pada hari kamis meyakini jika pada hari Senin berikutnya akan muncul berita yang mampu menjadikan harga sebuah saham incarannya meningkat. Jika investor ingin membeli saham tersebut sebelum berita yang bersangkutan dipublikasikan, mereka mungkin akan memasang pesanan GTW ini. 

Sehingga, pesanan tersebut akan terus aktif hingga penghujung hari Jumat, tapi akan berhenti apabila tidak dieksekusi hingga akhir hari tersebut. Jika investor gagal untuk menyadari jika pesanan tersebut belum dieksekusi, mereka mungkin akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan peluang keuntungan yang telah di antisipasinya di minggu selanjutnya.

Baca Juga:  Breakout Saham: Pengertian, Jenis dan Cara Trading Saham saat Breakout

Perbedaan Fitur GTW dengan GTC

loader

Di mayoritas platform broker, fitur Good This Week ini memang masih jarang disediakan. Fitur serupa yang biasanya tersedia di platform broker biasanya adalah market order, limit order, dan GTC atau Good Till Cancel Order. Lalu, apa perbedaan GTW dengan ketiga jenis pesanan tersebut?

Jika dibandingkan dengan GTW, fitur GTC akan terus aktif dan valid tanpa mengenal waktu. Fitur GTC ini hanya akan berhenti ketika dibatalkan oleh pengguna secara manual melalui sistem platform. Hal ini tentu saja berbeda dengan fitur GTW yang bisa secara otomatis dibatalkan ketika berganti minggu.

Sedangkan untuk market order, jenis pesanan ini dimaksudkan untuk dilakukan atau dieksekusi di harga pasar atau harga terbaiknya yang tersedia secepat mungkin. Sebaliknya, limit order merupakan arahan dari investor untuk membeli atau menjual aset di harga tertentu atau di atasnya. Jadi, pada limit order ini, investor akan menetapkan harga minimal atau maksimal yang ingin dibeli maupun dijualnya agar pesanan tersebut bisa secara otomatis dilakukan. 

Contoh Penggunaan Fitur Good This Week

Anggap saja kamu adalah investor saham yang membeli sekuritas dengan menggunakan akun broker full service. Sebagai klien broker tersebut, kamu memiliki akses terhadap beragam jenis pesanan, termasuk GTW, GTC, limit order, dan market order. 

Ketika menganalisis saham perusahaan Z, kamu melihat adanya peluang jika nilainya akan meningkat dalam waktu dekat berdasarkan dari pengumuman produk baru yang ditawarkannya. Menanggapi hal tersebut, kamu memutuskan untuk membeli saham perusahaan tersebut, tapi belum yakin tentang cara terbaik untuk melakukannya. 

Alhasil, kamu mempertimbangkan untuk menggunakan fitur pesanan GTW dan GTC. Mengingat jika peluang kenaikan harga saham tersebut terjadi di waktu dekat, kamu memutuskan untuk menggunakan fitur GTW ini karena pesanan akan terus aktif hingga penghujung minggu saja. 

Di sisi lain, jika menggunakan fitur GTC, pesanan tersebut kemungkinan akan terus aktif lebih lama karena tak ada pembatasan waktu. Sehingga, keputusan menggunakan fitur GTW lebih rasional untuk diambil. Walaupun begitu, usahakan untuk tetap membuat catatan dalam kalender guna memastikan jika pesanan transaksi tersebut telah dieksekusi di hari Jumat. 

Gunakan Fitur GTW agar Bisa Lebih Praktis Berinvestasi Sesuai Rencana

Intinya, fitur Good This Week atau GTW membantu investor untuk bisa menjalankan pesanan yang akan terus aktif hingga akhir minggu. Meskipun mungkin masih jarang disediakan di platform broker, tapi fitur ini terbukti mampu memudahkan aktivitas investasi investor. Yang terpenting, tetap lakukan pengecekan dua kali terhadap pesanan transaksi investasi guna memastikan jika order tersebut telah dieksekusi dan tak dibatalkan di penghujung minggu. 

Baca Juga: Cara Membuat Trading Plan Saham yang Mudah