Ide Bisnis Gorengan Kekinian dan Tips Suksesnya

Gorengan kekinian merupakan salah satu camilan favorit kebanyakan orang Indonesia. Bagaimana tidak, panganan yang renyah dan hadir dalam berbagai rasa ini selalu cocok untuk dinikmati kapan saja, sehingga gerobak gorengan kekinian ini tak pernah sepi pembeli. 

Jika melihat kenyataan di atas, maka wajar saja jika usaha gorengan kekinian juga menjadi salah satu yang paling diminati. Peluang bisnis aneka gorengan kekinian ini begitu cerah, sehingga potensi keuntungannya juga cukup menjanjikan. 

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pilih Gorengan Kekinian dengan Prospek Menjanjikan 

Pada dasarnya, ada banyak aneka gorengan kekinian untuk jualan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Namun jangan memilih dengan sembarangan, sebab kita tetap harus mempertimbangkan prospek penjualan dan keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis yang satu ini. 

Ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum memilih salah satu dari aneka gorengan kekinian ini, seperti: potensi penjualan, konsumen yang disasar, bahan baku yang digunakan, proses pembuatan, dan yang lainnya. Jika sudah mempertimbangkan semua hal tersebut, maka pilih ide usaha gorengan kekinian yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa pilihan ide bisnis gerobak gorengan kekinian yang bisa dijadikan pilihan: 

1. Tahu Crispy 

loader

Tahu selalu menjadi salah satu bahan makanan yang disukai oleh banyak orang. Berbagai olahan tahu biasanya terasa lezat dan mengenyangkan, sehingga sangat layak untuk dijadikan sebagai ide jualan. Tahu krispi bisa menjadi salah satu aneka gorengan kekinian untuk jualan. 

Camilan renyah ini terbilang mudah untuk dibuat, bahkan dalam jumlah banyak sekalipun. Bahan baku yang digunakan juga mudah didapatkan, seperti: tahu, tepung terigu dan maizena, penyedap rasa, baking powder, dan yang lainnya. Agar lebih lengkap, tambahkan bumbu dan juga cabe rawit sebagai pendampingnya.

Modal bisnis yang dibutuhkan: Rp 100-150 ribu. 

2. Jamur Krispy 

loader

Gorengan kekinian yang bertekstur krispi memang selalu disukai, termasuk jamur krispi ini. Rasanya yang gurih dan khas akan membuat camilan yang satu ini laris manis sepanjang waktu, apalagi jika dijual dalam kondisi yang benar-benar renyah.

Racikan bumbu yang lezat sebagai adonan gorengan ini, sehingga rasanya menjadi lebih mantap. Jangan lupa untuk menyediakan aneka bumbu bubuk sebagai pelengkap, sehingga camilan ini semakin enak dan mudah untuk disukai oleh banyak orang.

Modal yang dibutuhkan: Rp 150 ribuan. 

3. Cireng Salju

loader

Meski sudah populer sejak lama, cireng tetap memiliki banyak peminat dan cocok dijadikan sebagai bisnis gerobak gorengan kekinian. Agar lebih unik, buatlah cireng salju yang teksturnya lebih renyah di bagian luar, namun tetap lembut di bagian dalamnya. 

Biasanya gorengan yang satu ini disajikan dengan bumbu bubuk balado yang pedas atau sambal bumbu rujak. Cara membuatnya begitu mudah dan simpel, bahkan modal yang dibutuhkan untuk membuat camilan ini juga terbilang kecil.

Modal yang dibutuhkan: Rp 100 ribuan. 

Baca Juga: 14 Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula

4. Tahu Bulat 

loader

Tahu bulat juga bisa jadi ide usaha gorengan kekinian yang bisa dijadikan pilihan. Camilan yang satu ini sangat populer dan selalu banyak peminatnya, bahkan dari semua usia akan sangat menyukainya. 

Jika biasanya tahu bulat dijajakan dengan cara berkeliling, maka menjadikannya sebagai jajanan gerobak gorengan kekinian di satu tempat tentu akan lebih menarik. Pilih lokasi yang strategis untuk menjalankan bisnis gorengan ini, agar mudah mendapatkan pelanggan dan laris manis. 

Modal yang dibutuhkan: Rp 150 ribuan. 

5. Kentang Bumbu 

loader

Jika menginginkan ide bisnis aneka gorengan kekinian untuk jualan yang tidak biasa, maka kentang bumbu bisa dijadikan pilihan. Kentang bisa dipotong menjadi stik panjang dan digoreng renyah, lalu dibumbui dengan bubuk balado atau yang lainnya. 

Selain itu, menjadikannya gorengan dalam bentuk lain juga bisa membuat camilan ini jadi lebih lezat. Cukup kupas dan kukus kentang hingga matang, lalu haluskan dan campur dengan maizena, parutan keju dan juga bumbu penyedap, kemudian digoreng renyah dan sajikan dengan bumbu bubuk. 

Modal yang dibutuhkan: Rp 150-200 ribuan.

6. Tempe Mendoan 

loader

Banyak orang yang menyukai tempe, apalagi jika diolah menjadi mendoan yang lezat. Selain jadi camilan, panganan yang satu ini juga kerap dinikmati sebagai tambahan lauk ketika makan. Buat adonan tepung yang berbumbu gurih dan tambahkan daun bawang yang banyak, sehingga rasa tempe gorengan kekinian ini menjadi lebih lezat. 

Tambahkan cabai rawit utuh atau kecap manis yang diberi irisan cabai rawit sebagai pelengkapnya. Dijamin, bisnis ini akan laris manis, apalagi jika digoreng dadakan saat pembeli memesan. 

Modal yang dibutuhkan: Rp 120 ribuan. 

7. Bakwan Aneka Topping 

loader

Bakwan juga bisa menjadi ide aneka gorengan kekinian untuk jualan lainnya. Agar panganan ini menjadi kekinian, buatlah bakwan dengan aneka topping yang menarik dan lezat, sehingga banyak peminatnya. 

Gunakan cetakan khusus untuk membuat bentuk bakwan ini menjadi lebih bagus dan menarik. Ada banyak pilihan topping yang bisa disajikan, seperti: udang, jamur, ikan teri, dan yang lainnya. 

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Makanan kreatif dan Kisaran Modalnya

8. Singkong Keju 

loader

Usaha gorengan kekinian yang berbahan dasar singkong biasanya selalu banyak disukai, apalagi jika disajikan dengan menarik. Agar hasil singkong goreng ini renyah, maka kukus terlebih dahulu singkong yang telah dikupas dan diiris-iris tersebut selama 15 menit.

Lalu gorenglah singkong dengan minyak panas hingga renyah. Sajikan aneka gorengan kekinian ini dengan bumbu bubuk aneka rasa, atau bahkan dengan saos pedas yang akan menambah selera untuk menyantapnya. 

Modal yang dibutuhkan: Rp 100 ribuan. 

9. Tahu Walik 

loader

Tahu walik menjadi aneka gorengan kekinian lainnya yang sangat layak untuk dicoba. Gorengan yang satu ini biasanya diberi isian tepung tapioka yang dicampur dengan ikan atau daging giling, sehingga rasanya begitu gurih setelah digoreng hingga garing. 

Selain disajikan dengan bumbu bubuk aneka rasa, tahu walik juga sering disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu rujak. Rasanya yang gurih pedas akan membuat camilan yang satu ini selalu ramai pembeli, sehingga cocok jadi ide bisnis gerobak gorengan kekinian. 

Modal yang dibutuhkan: Rp 120 ribuan. 

10. Piscok Aneka Rasa

loader

Jika ingin menjual aneka gorengan kekinian dengan rasa manis, maka yang satu ini bisa jadi pilihan. Piscok merupakan singkatan dari pisang coklat, ini adalah gorengan yang dibuat dengan cara menggulung potongan pisang yang dicampur coklat dengan menggunakan kulit lumpia. 

Variasikan isian piscok ini dengan berbagai topping lainnya, seperti: keju, selai strawberry, selai coklat, dan yang lainnya. Varian rasa yang unik dan berbeda seperti ini akan membuat pembeli senang dan leluasa untuk memilih varian yang paling mereka suka. 

Modal yang dibutuhkan: Rp 100 ribuan saja.

Tips Memulai Bisnis Gorengan Kekinian dengan Sukses

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai bisnis aneka gorengan kekinian untuk jualan: 

  • Pilihlah jenis gorengan kekinian yang tepat dan memiliki prospek yang menjanjikan. 
  • Tidak ada salahnya untuk menjual dua jenis atau lebih gorengan kekinian sekaligus, selama semua pekerjaan bisa dihandle dengan baik. 
  • Pilih lokasi bisnis yang strategis, agar bisnis ini bisa berkembang, seperti: lokasi sekitar pasar, kawasan kampus, kawasan sekitar perumahan, dan yang lainnya.
  • Buat resep gorengan terbaik, agar bisnis gorengan ini bisa berjalan dengan lancar dan selalu ramai pembeli. 
  • Gunakan kemasan yang unik dan bersih, agar lebih menarik bagi pembeli.  
  • Lakukan promosi usaha gorengan kekinian ini melalui media sosial atau cara manual yang lainnya, seperti membagikan brosur. 
  • Jagalah kebersihan makanan, peralatan yang digunakan untuk proses produksi, dan juga tempat berjualan dengan baik.
  • Selalu berikan pelayanan terbaik kepada seluruh pembeli, sehingga mereka selalu datang dan kembali membeli. 
  • Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi dalam bisnis ini, agar bisnis tersebut bisa terus berkembang dan semakin sukses kedepannya. 

Mulai Bisnis Gorengan Kekinian dengan Rencana Tepat 

Gorengan kekinian masih menjadi salah satu pilihan bisnis yang memiliki prospek menjanjikan hingga saat ini. Selain mudah untuk dijalankan, bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal yang kecil sekalipun. Merencanakan dan memulai bisnis ini dengan cara yang tepat, agar kedepannya bisa berkembang dan mendatangkan banyak keuntungan.

Baca Juga: Hanya dengan Modal Mulai dari Rp100.000 Bisnis Makanan Ini Bisa Menghasilkan Omzet Jutaan