4 Hal Penting Terkait Jasa Penutupan Kartu Kredit

Jika selama bertahun-tahun aktif menggunakan kartu kredit, bukan tidak mungkin saat ini kamu justru berniat untuk berhenti menggunakan produk keuangan tersebut. Hal ini tidak ada salahnya, selama dilakukan dengan cara yang tepat.

Menutup kartu kredit tidak selalu semudah yang dibayangkan, apalagi jika ternyata masih memiliki sejumlah tagihan yang cukup besar. Kondisi seperti inilah yang sering menjadi alasan untuk menggunakan jasa penutupan kartu kredit. 

Namun di dalam prakteknya, menggunakan layanan yang satu ini justru kerap berakhir dengan masalah. Di luar sana, ada banyak penyedia layanan penutupan kartu kredit yang tidak bekerja dengan profesional, jadi pastikan kamu cermat ketika memilih.

Berikut ini adalah beberapa hal penting terkait layanan penutupan kartu kredit yang wajib kamu cermati sejak awal:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Gencar Melakukan Promosi Melalui Media

loader

Meski sudah dikenal selama bertahun-tahun, penyedia layanan penutupan kartu kredit justru masih banyak yang bodong. Artinya, layanan ini tidak menyediakan jasa yang profesional dan sesuai dengan kebutuhan para pengguna kartu kredit yang Ingin menutup kartu mereka. 

Alih-alih menyelesaikan masalah penutupan kartu kredit dengan baik, penyedia layanan yang seperti ini justru bisa menjebak dan menipu pengguna kartu kredit itu sendiri dengan masalah keuangan yang lebih serius. 

Pada umumnya, penyedia jasa yang tidak profesional seperti ini begitu gencar melakukan kegiatan promosi. Tidak tanggung-tanggung, mereka bahkan bisa saja melakukan promosi melalui koran atau media-media lainnya yang terbilang cukup besar. 

Bukan hanya itu saja, mereka juga tak segan untuk menggunakan dan mengklaim diri sebagai layanan resmi dan profesional. Hal ini akan membuat banyak orang tergoda dan menggunakan layanan mereka untuk menyelesaikan penutupan kartu kredit. 

Baca Juga:  5 Cara Menutup Kartu Kredit

2. Memberikan Janji-Janji yang Tak Masuk Akal

loader

Saat melakukan aksinya, layanan penutupan kartu kredit juga begitu lihai untuk membuat janji-janji  yang manis terkait penyelesaian utang kartu kredit. Pada umumnya mereka akan menjanjikan pelunasan tanpa bunga dan biaya, bahkan termasuk pemutihan utang dalam waktu yang cepat. 

Hal ini seringkali membuat para pengguna kartu kredit tergoda, terutama mereka yang ingin segera menyelesaikan masalah tersebut secepatnya. 

Meski terdengar tidak masuk akal, berbagai janji manis yang dikeluarkan penyedia layanan penutupan kartu kredit tetap saja banyak memakan korban. Seringkali tanpa pikir panjang pemegang kartu kredit menyerahkan sejumlah uang untuk menyelesaikan tunggakan hutang kartu kredit yang dimilikinya. 

Bukannya menyelesaikan masalah dengan baik dan cepat, dalam hitungan beberapa hari saja penyedia layanan ini biasanya sudah tidak bisa dihubungi atau bahkan ditemukan di kantornya. Jika sudah begini, pemegang kartu kredit untuk tidak bisa berbuat apa-apa, bukan?

3. Layanan Penutupan Kartu Kredit Juga Ada yang Terpercaya

loader

Maski identik dengan penyedia jasa yang bodong, layanan penutupan kartu kredit juga ada yang bekerja dengan profesional. Penyedia layanan jasa yang profesional seperti ini biasanya bekerja dengan jujur dan tidak muluk-muluk. 

Mereka akan transparan dan menjabarkan dengan jelas apa dan bagaimana langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan penutupan kartu kredit tersebut. Penjelasan seperti ini akan mempermudah pemegang kartu kredit untuk memantau dan mengawasi penyelesaian penutupan kartu tersebut. 

Penyedia jasa seperti ini tidak akan memberikan janji yang luar biasa mudah atau bahkan cepat dalam menyelesaikan penutupan kartu kredit. 

Selain itu, penyedia layanan ini juga akan terbuka untuk kerja sama dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan urusan penutupan kartu kredit tersebut, termasuk pihak bank dan juga pengacara.  Hal ini akan mempermudah proses penyelesaian kartu kredit tersebut.

Baca Juga: Mau Menutup Kartu Kredit? Perhatikan Hal Ini Dulu

4. Penting untuk Selalu Mengecek Legalitas dan Kinerjanya

loader

Jika harus berurusan dengan penyedia jasa penutupan kartu kredit, hindari untuk memilih dengan terburu-buru. Luangkanlah waktu untuk mencari tahu informasi mereka dengan akurat terlebih dahulu, termasuk kinerja mereka dalam menyelesaikan sebagai pekerjaan yang mereka tangani. 

Ini penting dan akan meminimalisir resiko terjadinya tindakan penipuan dan juga kerugian di masa mendatang.

Cek kembali legalitas perusahaan tersebut secara detail, termasuk jika mereka mengklaim telah bekerjasama dengan OJK atau lembaga keuangan lainnya. Selain itu, lihat juga layanan seperti apa yang akan diberikan dan apa saja prosedur yang akan dilakukan untuk menyelesaikan penutupan kartu kredit tersebut. 

Cermat sejak awal tentu akan jauh lebih baik, daripada mengalami kerugian di kemudian hari.

Gunakan Layanan yang Profesional dan Terpercaya

Menggunakan layanan penutupan kartu kredit bisa menjadi pilihan bagi yang berniat segera menutup dan berhenti menggunakan kartu kredit. Seleksi penyedia layanan jasa ini dengan cermat untuk menghindari masalah dan risiko kerugian. Gunakan layanan yang tepat dan profesional sejak awal, agar urusan penutupan kartu kredit bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Cara Praktis untuk Berhenti Menggunakan Kartu Kredit