IT Support: Pengertian, Tugas dan Skill yang Wajib Dikuasai

IT Support merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan selama beberapa waktu belakangan ini. Perkembangan dunia digital sudah berkembang dengan pesat dan membuat lowongan Kerja IT Support ini juga semakin terbuka dengan lebar. 

Di luar sana, ada banyak perusahaan yang membutuhkan layanan IT Support untuk mendukung bisnis mereka. Jumlah permintaan akan tenaga kerja di bidang yang satu ini bahkan terus meningkat setiap tahunnya, dan bahkan diprediksi masih akan meningkat di tahun-tahun yang akan datang. 

Baca Juga: Web Developer: Jenis, Tugas, Skill dan Tips Suksesnya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Apa Itu IT Support?

loader

IT Support

IT Support adalah seorang ahli yang memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh user. Namun di dalam praktiknya, tugas seorang IT Support ini tentu akan sangat tergantung pada jenis industri maupun produk/ layanan yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat yang bersangkutan bekerja. 

Jika user mengalami kendala tertentu, maka yang bersangkutan bisa segera menghubungi layanan IT Support untuk mendapatkan bantuan. Hal yang sama juga berlaku, jika sewaktu-waktu muncul pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan pada produk maupun layanan tertentu. 

Penanganan yang dilakukan IT Support memungkinkan setiap permasalahan user bisa diselesaikan dengan cepat. Banyaknya perusahaan yang membutuhkan bantuan seperti ini membuat peluang Karier IT Support di tanah air semakin menjanjikan saja. 

Sebagaimana yang telah dijabarkan di atas, cakupan tugas IT Support akan sangat tergantung pada jenis perusahaan/ industri tempatnya bekerja. Hal ini biasanya sudah dijabarkan dengan jelas pada setiap lowongan kerja IT Support yang dikeluarkan oleh perusahaan saat membuka lowongan. 

Berikut ini adalah beberapa kategori IT Support yang dibedakan berdasarkan cakupan pekerjaannya: 

  1. Computer network

    IT Support yang satu ini mencakup beberapa pekerjaan sekaligus, antara lain: menginstal, melakukan konfigurasi, dan melakukan pemeliharaan terhadap komputer-komputer di perusahaan.

  2. Desktop support

    Bidang yang satu ini akan memberikan bantuan secara langsung kepada para pengguna komputer itu sendiri. 

  3. Contract Hardware Maintenance

    Bidang yang satu ini melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap perangkat keras komputer. 

  4. Vertical Software Applications

    Bidang ini akan melakukan pemasokan aplikasi perangkat lunak dalam bidang bisnis tertentu, misalnya bidang ritel dan juga farmasi. 

  5. Managed Hosting Providers

    Bidang ini akan memastikan bahwa situs/ website serta aplikasi milik klien bisa berjalan dengan baik/ aktif, dan sekaligus memberikan dukungan teknis. 

    Baca Juga: Menjajal Profesi Data Analyst, Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari Saat Ini

Tugas-tugas IT Support

Meski peluang karier IT Support sangat menjanjikan, tentu penting untuk memahami dengan baik berbagai tugas profesi yang satu ini. Hal ini penting, mengingat IT Support sendiri memiliki cakupan pekerjaan yang sangat luas, di mana hal ini tentu akan tergantung pada perusahaan/ industri yang dimasuki. 

Pada dasarnya, cakupan pekerjaan yang luas seperti ini justru membuat peluang karier IT Support juga menjadi lebih menjanjikan. Ada banyak bidang yang bisa ditangani oleh profesi yang satu ini, sehingga akan ada banyak juga lowongan Kerja IT Support yang bisa ditemukan dengan mudah di luar sana. 

Berikut ini adalah beberapa tugas-tugas yang akan ditangani oleh seorang IT Support: 

  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada pengguna dengan tujuan untuk melakukan diagnosis terhadap permasalahan yang dihadapi oleh yang bersangkutan. 
  • Melakukan komunikasi dengan pengguna dengan menggunakan layanan live chat.
  • Memberikan tanggapan dan melakukan pemeriksaan terkait penyalahgunaan layanan, misalnya spam serta phishing
  • Memberikan rekomendasi solusi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pengguna. 
  • Melatih pengguna terkait kinerja produk maupun layanan yang dipakainya. 
  • Menginstal dan melakukan konfigurasi komponen jaringan.
  • Mengawasi dan melakukan pemeliharaan terhadap sistem serta jaringan komputer perusahaan. 
  • Mencari solusi untuk permasalahan yang terjadi pada sistem dan jaringan.
  • Memberikan dukungan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. 
  • Memasukkan pengguna ke dalam sistem dan sekaligus memastikan kredensial yang bersangkutan. 
  • Membangun hubungan kerja yang baik dengan pengguna.  

Skill yang Harus Dimiliki oleh IT Support

loader

Selain coding, seorang IT Support harus memiliki beberapa skill ini

Sebagaimana profesi lainnya, IT Support tentu harus dibekali dengan skill yang mumpuni. Berbagai skill inilah yang akan membantu untuk bisa lebih mudah menyelesaikan setiap tugas yang ditangani oleh seorang IT Support. 

Berikut ini adalah beberapa skill penting yang harus dikuasai oleh seorang IT Support: 

  1. Kemampuan Teknis

    Kemampuan teknis merupakan salah satu hard skill yang penting untuk dikuasai oleh IT Support. Biasanya kemampuan ini mencakup pengetahuan yang sangat dalam terkait tata cara pengoperasian komputer serta perangkat lunak, dan tata cara mengatasi berbagai permasalahan yang muncul. 

    Namun sebagaimana cakupannya yang luas, kemampuan teknis masing-masing IT Support tentu akan berbeda antara satu dengan yang lainnya, tergantung pada bidang yang ditekuninya sejak awal. 

    Berikut ini adalah beberapa contoh kemampuan teknis IT Support dalam sejumlah bidang yang berbeda: 

    • Bidang Jaringan Internet

      Memiliki pengetahuan tentang cara memasang dan mengoperasikan program komputer dan berbagai fungsi yang terdapat di dalamnya. 

    • Bidang Technical Support 

      Memiliki kemampuan untuk melakukan pemeliharaan, pengelolaan, dan juga perbaikan kesalahan-kesalahan di bidang IT. 

    • Bidang Desk Support 

      Memiliki kemampuan untuk melakukan analisis proses helpdesk pada perusahaan.

  2. Problem Solving

    Ini merupakan keterampilan dalam melakukan analisis dan perbaikan pada berbagai masalah. Seorang IT support harus mampu melakukan identifikasi masalah dan mencari solusi yang tepat dan cepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

    Skill yang satu ini akan membantu IT Support untuk menangani masalah-masalah yang dialami pengguna. Baik itu masalah yang berkaitan dengan perangkat lunak maupun masalah yang berkaitan dengan perangkat keras yang digunakan oleh yang bersangkutan. 

    Seorang IT Support juga harus mampu mengevaluasi berbagai informasi yang didapatkan dari pengguna. Hal ini akan memudahkannya untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan cara akurat. Pada umumnya, skill yang satu ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya pengalaman kerja yang bersangkutan. 

    Ada beberapa pertanyaan yang bisa diajukan untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh pengguna, antara lain: 

    • Apa sebenarnya permasalahan yang sedang terjadi? 
    • Kapan permasalahan tersebut terjadi?
    • Apakah permasalahan itu hanya terjadi sesekali atau berkelanjutan?
    • Apakah ada perubahan sesudah permasalahan tersebut muncul?
    • Apakah ada benchmarks dan logs?

    IT Support akan memerlukan jawaban akurat atas setiap pertanyaan-pertanyaan di atas, sehingga penting bagi mereka untuk meluangkan waktu dan memvalidasi masing-masing jawaban tersebut dengan baik. 

    Proses di atas penting, sebab jawaban yang salah/ tidak akurat akan memberi dampak pada munculnya solusi yang salah. Hal ini akan membuat tahap penyelesaian masalah menjadi jauh lebih lama, bahkan bisa saja permasalahan yang dihadapi justru semakin kompleks. 

  3. Komunikasi

    Keterampilan dalam berkomunikasi IT Support tentu tidak hanya untuk bertukar informasi saja. Namun mereka juga harus mampu memahami arti informasi tersebut dengan baik. Hal ini akan mempermudah mereka memberikan solusi yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

    Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bagi IT Support: 

    • Biasakan untuk selalu menjadi pendengar yang baik, sebab hal ini akan mempermudah untuk memahami masalah pengguna dengan cepat.
    • Bertanggung jawablah atas semua informasi yang diberikan kepada pengguna dan biasakan untuk selalu memberikan informasi yang valid. 
    • Pastikan bahwa pengguna benar-benar memahami setiap informasi yang disampaikan kepada mereka. 
    • Jangan abaikan isyarat non-verbal yang disampaikan oleh pengguna. 
    • Berikan informasi dengan jelas dan padat, sehingga komunikasi berjalan dengan efektif. 
  4. Manajemen Waktu

    Skill yang satu ini juga wajib dikuasai oleh IT Support dengan baik. Manajemen waktu yang baik akan membantu mempermudah penyelesaian masalah dan pekerjaan-pekerjaan lainnya dengan tepat waktu. Biasakan untuk selalu memiliki skala prioritas di dalam pekerjaan, sehingga penggunaan waktu bisa berjalan efektif. 

    Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membentuk keterampilan dalam manajemen waktu: 

    • Lakukan identifikasi terhadap masalah yang kerap dihadapi.
    • Ciptakan solusi bagi masalah tersebut. 
    • Kurangi interupsi dan distraksi.
    • Tetapkan perencanaan serta tujuan. 

Bangun Karier IT Support dengan Cara Tepat 

Peluang Karier IT Support memang semakin menjanjikan belakangan ini. Banyaknya perusahaan yang membutuhkan talent di bidang yang satu ini tentu membuat lowongan Kerja IT Support juga semakin mudah ditemukan. Bangun karier di bidang ini dengan cara yang tepat, mulailah bekali diri dengan skill yang mumpuni mulai sekarang.

Baca Juga: UI UX Designer: Pengertian, Perbedaan, Tugas dan Skillnya