Jadi Idol dan Aktor Papan Atas, Kai EXO Beberkan Rahasia Kesuksesannya

Nama Kai alias Kim Jong In telah dikenal luas sebagai salah satu member boyband lawas EXO dari Korea Selatan. Bersama EXO, Kai telah malang melintang di dunia entertainment sejak tahun 2011. Selain itu, pria yang tinggi badannya mencapai 182 cm ini juga merupakan bagian dari SM Town (2011) dan SuperM (2019).

Namun kesuksesan sang idol nan tampan ini tak hanya diraihnya bersama EXO saja. Pria kelahiran 14 Januari 1994 tersebut juga telah menuai keberhasilan sebagai aktor, penyanyi, dancer, hingga model.

EXO yang dibentuk oleh SM Entertainment telah membawa namanya menjadi salah satu idola yang digandrungi kawula muda secara internasional. Namanya semakin diperhatikan publik. Pasalnya, ia kini dikenal sebagai orang Korea Selatan pertama yang berhasil menjadi brand ambassador Gucci untuk promosi secara global.

Ia juga sukses melebarkan sayapnya sebagai aktor. Sejumlah drama seperti To The Beautiful You, Choco Bank, First Seven Kisses, hingga The Miracle We Met telah dibintanginya dengan ciamik. Yuk cermati dulu perjalanan karier Kai EXO yang menarik dan seru untuk disimak.

Baca Juga: 10 Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Jika Mengaku EXO-L

Ingin Menjadi Ballerina

loader

Salah Satu Foto Kim Jong In (Sumber: filmdaily.co)

Sudah bukan rahasia lagi jika kemampuan Kai EXO sebagai main dancer telah mengundang teriakan para fans wanitanya. Tak hanya koreografinya saja yang kerap terlihat sensual. Ia juga kerap bermain-main dengan ekspresi wajahnya.

Seperti diketahui, dalam EXO, Kai Hyeong memegang andil besar sebagai main dancer, visual, sub-rapper, dan sub-vocalist. Namun tak banyak yang tahu jika awalnya, Kai Oppa bercita-cita menjadi ballerina.

Awalnya, tak pernah terpikir baginya untuk menjadi seorang idol. Namun ia memang sudah jatuh hati dengan seni tari sejak masih kecil. Bahkan, ia bercita-cita untuk menjadi ballerina jika sudah besar nanti.

Belakangan atas saran ayahnya, ia pun mengikuti audisi yang diselenggarakan oleh SM Entertainment. Menurut Kai, almarhum ayahnya sempat mengiming-imingi dirinya dengan hadiah Nintendo jika ia bersedia mengikuti audisi.

Berkat mengikuti saran mendiang ayah tercinta, ia pun berhasil meraih keberhasilannya yang masif di dunia entertainment. Itulah sebabnya sang ayah menjadi tokoh penting dalam karier Kai.

Menapaki Sukses Bersama EXO

Pria yang pernah menempuh pendidikan di School of Performing Arts Seoul dan Yangdong Middle School ini lantas mengecap sukses bersama EXO setelah ia menjuarai Youth Best Contest di tahun 2007.

EXO dibentuk dengan formasi 12 member pada awalnya. Tiga orang member berasal dari Negeri Tiongkok, yaitu Tao, Kris, dan Luhan yang ketiganya telah hengkang. Sedangkan kesembilan member lainnya yakni Kai, Suho, D.O., Lay, Xiumin, Chen, Chanyeol, dan Baekhyun berasal dari Korea Selatan. 

Dari seluruh personil tersebut, Kai menjadi satu-satunya personil yang lolos audisi. Sedangkan para member lainnya masuk bergabung menjadi trainee setelah melalui casting. Sementara itu, Kai telah memulai masa training selama lima tahun sejak berumur 13 tahun.

Ia telah berlatih dengan Timoteo Hotshot serta Taemin Shinee yang kini dikenal sebagai sahabat kentalnya. Sejak awal pembentukan, EXO terbagi dalam dua unit yakni Korea dan Tiongkok. 

Merilis karya dalam tiga bahasa Mandarin, Korea dan Jepang, nama EXO masuk dalam daftar lima besar seleb yang pengaruhnya paling besar menurut Forbes Korea Power Celebrity berturut-turut sejak tahun 2014-2018.

Raih Beraneka Ragam Penghargaan

Kesuksesannya yang spektakuler tersebut membuat EXO disebut sebagai Kings of K-Pop serta “boyband paling besar di dunia” oleh media massa. Sebagai visual utama, Kai menjadi member pertama yang diperkenalkan kepada publik dan merupakan ‘wajah’ dari EXO.

Sejak debut awal dengan single Mama hingga kini, EXO masih betah eksis dan menabur rangkaian karya apik. Berbagai penghargaan serta apresiasi telah diboyong oleh mereka. Pasalnya, karya mereka selalu merajai chart list lagu di Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, hingga skala internasional.

Selain itu, EXO tercatat pernah menjadi boyband dengan penjualan album fisik yang angkanya paling tinggi di Negeri Ginseng (XOXO rilis tahun 2013). Padahal waktu itu, kondisi market sedang lesu.

Bakat Akting yang Luar Biasa

loader

Kai yang Multitalenta (Sumber: somagnews.com)

Selain jago bernyanyi dengan talenta menari yang istimewa, Kai EXO juga piawai dalam berakting. Terbukti, Kai Oppa didapuk untuk memerankan tokoh utama dalam berbagai drama yang ia bintangi. 

Mulai dari peran sebagai fotografer, pengangguran, malaikat pencabut nyawa, sampai perantau pernah dijajalnya. Kiprahnya sebagai aktor dimulai di tahun 2012 ketika ia membintangi To The Beautiful You yang kemudian disusul dengan EXO Next Door di tahun 2015.

Pada tahun 2016, Kai Oppa kembali melakoni Choco Bank dan First Seven Kisses. Sedangkan di tahun 2017, ia membintangi Andante. Adapun di tahun 2018, Kim Jong In kembali bermain dalam Spring Has Come serta The Miracle We Met.

Dengan kemampuannya yang multitalenta, tidak heran jika penggemar Kai EXO semakin membanjir dari waktu ke waktu. 

Baca Juga: Tak Hanya Tampan dan Cerdas, Suho EXO Beberkan Rahasianya Mencapai Kesuksesan

Jadi Model Gucci Korea yang Pertama

Beberapa member EXO telah dipercaya menjadi duta untuk sejumlah brand kenamaan dunia. Salah satunya seperti Valentino, Prada, Burberry, Bvlgari, hingga Gucci. Kim Jong In sendiri telah ditunjuk menjadi model untuk Gucci Eyewear dan Gucci. 

Sering disebut sebagai fashion icon, terhitung sudah dua tahun lamanya ia menjalin kontrak kerjasama dengan brand besar tersebut. Kai merupakan orang Korea pertama yang terpilih menjadi global ambassador dari brand asal Italia itu.

Usut punya usut, Gucci memilihnya lantaran sang idol memancarkan aura sexy dengan taste busananya yang unik. Image Kai dinilai cocok dengan representasi Gucci yang menyiratkan kesan playful, challenging, serta eklektik.

Alhasil, netizen dan para penggemar pun kian meradang saat melihat wajah tampan idolanya terpampang di seluruh outlet Gucci sedunia.

Tetap Berkarya Meski Sudah Kaya Raya

Pada Juli lalu, pihak SM Entertainment menginformasikan bahwa Kai akan segera merilis album solonya. Disebutkan, mantan kekasih Jennie Blackpink dan Krystal Jung fx ini masih menyiapkan materi untuk debut tersebut.

Ia tercatat sebagai personil kelima yang akan meluncurkan karya sebagai solois, menyusul Baekhyun, Chen, serta Lay dan Suho. Dengan sepak terjangnya sebagai aktor, penyanyi dan juga model, Kai digadang-gadang mempunyai total kekayaan mencapai Rp101 Miliar (7 juta Dollar AS).

Pernah Ditinggal Para Penggemar

Menjadi idol besar tak membuat Kai kebal dari kecaman para haters. Dirinya pernah dibenci para penggemarnya sendiri lantaran ia diketahui telah berkencan. Bahkan, para haters malah menudingnya hanya berpura-pura saat mengalami cedera sebanyak dua kali ketika konser promo salah satu single EXO.

Hal itu tentu membuatnya merasa tak nyaman. Meski begitu, ia pantang menyerah. Senantiasa menampilkan yang terbaik, ia pun kembali tekun berlatih seperti sewaktu dirinya masih menjadi seorang trainee. 

Dalam sehari, ia mengambil waktu lima jam untuk berlatih dance. Sedangkan untuk melatih olah vokalnya, ia menghabiskan waktu selama tiga jam. Tak cuma itu, ia juga menyisihkan waktu selama tiga jam lagi untuk maintaining kemampuannya dalam berakting. 

Berkat kerendahan hati, ketekunan serta sikap ramahnya, Kai berhasil merebut kembali perhatian dan hati para penggemarnya.

Rahasia Sukses Kai EXO

Sewaktu ditanya mengenai kiat khusus untuk meraih sukses, Kai membeberkan rahasianya. Untuk menjadi artis papan atas, ia tak segan melatih diri lebih keras lagi dan lagi. iA bahkan rela menjadi member yang datang paling awal dan pulang paling akhir demi tekun dan giat berlatih.

Kebiasaan berlatih ini masih terus dilakukannya bahkan setelah dirinya berhasil menjadi bintang sekalipun. Meski latihan seorang diri, ia dengan disiplin terus menjaga kualitas penampilannya. 

Ia percaya bahwa 10 ribu jam latihan di suatu bidang merupakan modal awal untuk menjadi bintang di ranah tersebut. Terbukti, Kai telah berhasil meraih impiannya. 

Yuk coba ikuti kiat sukses Kai, dengan memperbanyak jam terbang dan pengalaman hingga mencapai 10 ribu jam. Jika semakin sering diasah, niscaya kemampuan kita pun akan bertambah tajam. Dengan begitu, impian pun akan makin cepat terwujud menjadi kenyataan.

Baca Juga: Sukses Jadi Idol dan Fashion Icon Begini Perjalanan Karir Si Tampan Sehun EXO