Mengenal Jang Won-young, Dara Belia Ex IZ*ONE dan IVE yang Cantiknya Paripurna

Jang Won-young ialah penyanyi, rapper, penulis lagu, MC, dan model Korea Selatan yang berkarya di bawah naungan Starship Entertainment.

Won-young mendapat perhatian dunia setelah debut bersama IZ*ONE di tahun 2018. Ia kemudian debut kembali bersama IVE di tahun 2021. Sejak berkarier di industri hiburan, dara belia ini terus menjadi topik hangat sebagai salah satu rookie idol generasi keempat terpopuler. 

Wanita kelahiran Seoul, Korea Selatan, 31 Agustus 2004 ini memang masih muda belia, namun ia sarat akan talenta. Di IVE, Won-young yang menduduki peringkat ke-88 The 100 Most Beautiful Faces of 2018 TC Candler itu ditunjuk sebagai vocalist, center, visual, dan lead dancer

Per tahun 2022 kemarin, Idol Net Worth memperkirakan Won-young telah mengantongi total kekayaan sebesar 6 juta Dollar AS. Jumlah itu setara dengan Rp93,8 miliar atau 7,9 miliar Won Korea Selatan.

Baca Juga: Menilik Profil dan Pencapaian Tiffany SNSD yang Kini Sukses Bersolo Karier dan Jadi Host Kenamaan

Biodata Jang Won-young

Ayah Jang Won-young ialah seorang guru musik Korea, namun tumbuh besar di Taiwan. Sementara ibunya memiliki darah campuran Korea dan Taiwan. Won-young mempunyai seorang kakak perempuan yang usianya tiga tahun lebih tua darinya. 

Tak banyak yang tahu bahwa dara dengan zodiac Virgo ini juga memiliki nama Cina, Zhang Yuanying.

Semenjak menjadi idol, wanita yang tinggi badannya mencapai 171cm dengan berat badan 44kg ini kerap menerima pujian karena rasio tubuhnya yang ideal serta kakinya yang panjang dan indah.

Sebagai maknae, ia adalah member yang paling muda di IVE. Meski begitu, Won-young adalah member dengan badan yang paling tinggi.

Selain mahir berbahasa Inggris, gadis bergolongan darah O ini juga jago menari Hip Hop. Penyuka es krim choco mint, tart, beef, dan spicy food ini pun dijuluki Princess, Giant Baby, Giant Maknae, Good Girl, dan Born to be Center sebagai panggilan kesayangannya.

Jang Won-young Pendidikan

Won-young telah mengikuti berbagai les dan kursus sedari kecil. Selain mengambil les berenang dan Matematika, lulusan School of Performing Arts (SOPA) Seoul ini juga mengikuti kursus bahasa Inggris.

Di ranah musik, Won-young diketahui belajar memainkan sejumlah instrumen yang memperkuat musikalitasnya.Seperti, biola, piano, dan seruling. Dan kini, ia dikenal luas sebagai penyanyi, penari, dan juga pembawa acara yang dicintai oleh publik.

Mewakili Starship Entertainment di Produce48

Won-young telah menjadi trainee selama kurang lebih setahun dua bulan sebelum akhirnya debut. Ia adalah salah satu trainee paling muda di program acara Mnet, Produce48.

Starship Entertainment memberikan peluang casting kepadanya setelah Won-young menghadiri pesta kelulusan kakaknya. Setelah itu, Jang Won-young pun mulai berlatih sebagai trainee di perusahaan agensi itu. 

Hingga kemudian tibalah waktunya bagi Won-young untuk berpartisipasi dalam Produce48, sebuah ajang pencarian bakat yang populer di Korea Selatan. Won-young menjadi perwakilan Starship Entertainment di acara survival itu pada Juni-Agustus 2018 hingga keluar sebagai pemenang.

Sukses Debut Bersama IZ*ONE

Sebelum populer bersama IVE, Won-young dikenal sebagai personel dari IZ*ONE yang kini bubar. Di IZ*ONE, lulusan School of Performing Arts (SOPA) Seoul tersebut diposisikan menjadi sub-vocal, center, dan juga visual.

Sebelum debut dengan girlband tersebut, Won-young pun pernah didapuk menjadi model video musik Love It Live It bersama Park Sun dan YDPP. Video musik itu disponsori oleh Pepsi Korea (Pepsi x YDPP).

Memasuki Oktober 2018, Won-young sukses merilis mini album (EP) Color*IZ bersama IZ*ONE. Girlband yang beranggotakan 12 orang perempuan Jepang dan Korea yang cantik ini langsung meroket.

Karya mereka laris manis dan laku keras, ludes terjual hingga lebih dari 225 ribu unit. Lagu mereka pun sukses bertengger di peringkat dua Gaon Album Chart Korea Selatan. 

Karya Musik Meledak di Pasaran

Baik EP maupun La Vie en Rosesingle utamanya, berhasil menduduki tangga lagu World Digital Songs dan juga Billboard World Albums. Kesuksesan itu membuat mereka mengantongi piala New Artist of The Year di sejumlah ajang penghargaan, termasuk Seoul Music Awards dan Golden Disc Awards.

Suki to Iwasetai—single debut Jepang mereka, rilis di bulan Februari 2019 di bawah EMI Records UMG. Selain sukses menduduki peringkat dua di Oricon Singles Chart, lagu itu laku terjual lebih dari 250 ribu unit. Single itu pun mendapat sertifikasi Platinum dari Recording Industry Association of Japan (RIAJ).

Saat aktif, girlband ini telah merilis dua album studio (satu Korea dan satu Jepang). Mereka juga merilis tujuh extended plays (empat dalam bahasa Korea, tiga dalam bahasa Jepang).

Namun sayangnya, kontrak dengan IZ*ONE berakhir pada April 2021 dan mereka pun bubar. Jang Won-young pun lantas kembali menjadi trainee di Starship Entertainment.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Yoona SNSD Sebelum Sukses, Pernah Gagal Casting Lebih dari 100 Kali!

Debut Kedua Bersama IVE

Memasuki September 2021, Won-young terpilih sebagai master of ceremony (MC) di acara Music Bank (dengan Sunghoon ENHYPEN) di KBS. Mereka dipilih sebagai presenter baru untuk menggantikan Soobin dan Arin.

Setelahnya, ia dan Yujin dipilih menjadi member untuk IVE. Girlband yang beranggotakan enam orang perempuan cantik itu resmi diumumkan Starship Entertainment pada November 2021. IVE pun sukses melakukan debutnya pada 1 Desember 2021 dengan rilisan single mereka, Eleven.

Jang Won-young menjadi member IVE bersama Yujin, Rei, Gaeul, Liz, dan Leeseo. Debut IVE ditandai dengan penampilan perdana mereka dalam acara Music Bank KBS2 membawakan Eleven. 

Raih Kesuksesan Masif Kelas Dunia

Selang dua minggu setelahnya, lagu itu sukses menduduki berbagai peringkat di Billboard Charts, Billboard Global 200, Billboard Global Excl US Charts, dan juga World Digital Song Sales. Eleven juga berhasil masuk Billboard’s Hot Trending Songs chart, Top User Generated Songs chart di Billboard Jepang, Japan Hot 100 chart, hingga Billboard Artist 100.

IVE lantas mendapat penghargaan dari MBC’s Show Champion. Sementara itu, lagu Eleven menang di banyak acara musik, termasuk triple crown dari Music Bank KBS2, SBS Inkigayo, dan Music Core MBC. 

Eleven juga mencatatkan penjualan album paling banyak di minggu pertama perilisannya untuk album debut grup perempuan. Video musiknya melampaui 100 juta penayangan pada 8 Maret 2022.

Mencetak Prestasi dan Menjadi yang Terpopuler

Pada Januari 2022, IVE terpilih sebagai artis K-Pop yang paling ditunggu-tunggu oleh 31 experts agensi musik terpopuler dari berbagai perusahaan entertainment. Di awal April, IVE kembali merilis single kedua mereka, Love Dive, yang langsung viral dan mencapai 200 juta penayangan di TikTok.

Single ini juga telah diakses lebih dari 28 juta streaming di platform musik dan terjual hingga 2.800 unit di luar Amerika Serikat dalam kurun waktu seminggu. Lagi-lagi, single ini juga sukses bertengger di berbagai tangga lagu bergengsi dunia. Video musiknya bahkan melampaui 100 juta penayangan pada 15 Juni 2022 lalu.

Kesuksesan terus berpihak pada IVE dengan melambungnya lagu After Like sejak Agustus 2022. Perilisan single ketiga tersebut sekaligus menandai debut IVE di Negeri Sakura dan peluncuran Eleven versi Jepang pada Oktober 2022.

Pada 15 November 2022, lembaga pemasaran Shibuya109 Lab (Shibuya109 Entertainment), Jepang, melakukan survei terkait Next Generation K-Pop Idols. Survei dilakukan kepada perempuan usia 15-24 tahun. IVE menjadi juara dan mencuri hati para fans karena lagu, fashion, dan pose dalam berbagai foto mereka yang dinilai layak jadi panutan.

Memasuki 16 November 2022, IVE turut andil dalam Spotify Holiday Single tahunan yang terdiri dari beragam lagu proyek berbagai artis pilihan dalam rangka menyambut Natal dan tahun baru. 

Hal ini menjadikan IVE sebagai artis Korea pertama yang berpartisipasi dalam proyek tersebut. Adapun versi remix dari After Like terpilih untuk disertakan dalam proyek itu dan dirilis secara eksklusif di Spotify seluruh dunia.

Jadi Bintang Iklan Beragam Brand Kenamaan

Pesona dan kecantikan Jang Won-young memang tak bisa dipandang sebelah mata. Berkat visual dan kharismanya nan menawan, ia pun pernah didapuk untuk menjadi bintang iklan Miu Miu, Kirsh, dan Chaumet di tahun 2021. 

Pada tahun yang sama, Won-young yang kecantikannya memesona itu juga dipercaya membintangi iklan Innisfree, Laura Mercier, dan Pepsi Zero: Attitude.

Semakin Bersinar di Industri Hiburan Korea

Di tahun 2021, nama Jang Won-young dinominasikan dalam kategori Rookie Award in Show/Variety dalam KBS Entertainment Awards. Di tahun itu, ia juga mengantongi penghargaan Best Couple Award dari ajang tersebut dengan Park Sung-hoon.

Kini IVE sudah tak aktif dan IZ*ONE telah dibubarkan per tanggal 20 April 2021. Meski demikian, Jang Won-young masih terus berkarya dan meniti karier di panggung entertainment Korea Selatan. 

Pada Juli 2022, dara belia ini merilis video musik Blue & Black yang berkaitan dengan Pepsi. Dalam lagu itu, ia berkolaborasi dengan Leeseo, Hyojung, Serim, Arin, dan Jungmo.

Karya kolaborasi mereka sukses mendapat sambutan hangat. Bahkan para penikmat musik menyebut lagu itu sebagai kombinasi yang menyegarkan di ranah K-Pop.

Di usianya yang masih 18 tahun, Jang Won-young telah meraup kekayaan 6 juta Dollar AS. Jumlah ini setara dengan 7,9 miliar Won Korea Selatan (Rp93,8 miliar). Memulai kiprahnya sejak usia 14 tahun, kini ia sukses dikenal publik mancanegara dan masih terus menjajal kariernya sebagai entertainer dari Korea Selatan.

Baca Juga: Kupas Tuntas Girls’ Generation (SNSD), Grup Legendaris Korea Selatan yang Suksesnya Sensasional