Jangan Sampai Rugi, Cek 4 Hal Ini Sebelum Ambil Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit

Mau pinjam uang atau membeli barang secara kredit sekarang ini semakin mudah. Salah satunya berkat kehadiran perusahaan fintech di Tanah Air.

Bukan hanya sebagai agregator, ada fintech yang menyediakan layanan pinjaman tanpa kartu kredit, termasuk kredit handphone (HP).

Proses pengajuannya sangat cepat, hanya dalam hitungan menit atau jam. Asal memenuhi syarat, HP terbaru yang kamu inginkan sudah ada dalam genggaman dalam waktu 2-3 hari kerja.

Kredit pula. Bisa dicicil per bulan dengan tenor beragam. Biasanya sampai 6 bulan, walaupun ada juga yang sampai 12 bulan. Besaran cicilan sesuai dengan harga dan tipe HP yang kamu beli.

Selain itu, ada limit kreditnya pula. Tetapi dibatasi. Ada yang hingga Rp 8 juta, ada yang sampai Rp 20 juta, bahkan ada yang memberi limit hingga Rp 30 juta.

Pun dengan bunga yang dikenakan. Mulai dari kisaran lebih dari 1% per bulan sampai hampir 3% per bulan. Bunga ini lebih tinggi dari yang biasa ditawarkan bank

Pastinya syarat pengajuan cicilan HP tanpa kartu kredit di aplikasi fintech tidak perlu harus punya kartu kredit bank. Pun tanpa DP atau uang muka. Umumnya syarat cukup fotokopi KTP dan slip gaji. Pokoknya gak ribet dan mudah.

Kalau kamu mau beli HP baru lewat aplikasi cicilan HP tanpa kartu kredit, kamu harus cermat sebelum mengajukannya. Ini tipsnya:

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bandingkan harga HP di setiap aplikasi

Ponsel Pintar
Bandingkan harga HP di setiap aplikasi

Supaya gak kecele harga, sebaiknya kamu membandingkan harga HP yang ingin dibeli pada setiap aplikasi cicilan HP tanpa kartu kredit.

Ada banyak aplikasi cicilan tanpa kartu kredit yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satunya Indodana.

Cek harga terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan HP idaman dengan harga murah, sehingga dapat mengurangi besaran cicilanmu.

Sebab biasanya semua aplikasi menawarkan harga HP lebih murah. Itu klaim mereka. Namun untuk memastikan, tak ada salahnya jika kamu membandingkan harganya.

Bandingkan juga promonya. Biasanya sering ada promo kerja sama dengan toko yang memberi diskon atau potongan harga. Diskonnya lebih besar ketimbang yang ditawarkan bank lewat kartu kredit.

2. Bandingkan suku bunganya

Bunga
Bandingkan suku bunga pinjamannya

Seperti yang sudah ditulis di atas, bahwa suku bunga yang dikenakan aplikasi cicilan tanpa kartu kredit beragam. Mulai dari kisaran 1% sampai lebih dari 2% per bulan.

Pilih aplikasi yang mengenakan tingkat bunga paling rendah supaya cicilanmu semakin ringan. Dengan begitu, kewajibanmu mengangsur kredit HP, tidak terlalu menjadi beban keuangan.

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya

3. Cek biaya lain yang dikenakan

Uang

Kalau mau ambil cicilan HP tanpa kartu kredit di aplikasi tersebut, perhatikan pula biaya lain yang menjadi tanggungan pembeli. Misalnya saja biaya ongkos kirim dari toko ke alamat rumahmu, biaya admin, atau biaya denda keterlambatan membayar cicilan.

Setiap aplikasi memiliki kebijakan masing-masing. Biaya-biaya tak terduga ini yang harus kamu cek atau tanyakan sebelum mengajukan kredit. Jangan sampai terjebak nantinya karena ketidaktahuanmu.

4. Baca aturan atau kontrak perjanjian pinjaman

utang

Dalam setiap layanan pinjaman online, pasti ada aturan mainnya atau kontrak perjanjian. Semacam syarat dan ketentuan.

Baca dan pahami setiap klausulnya dengan detail. Kalau kurang jelas, kamu bisa menanyakannya pada pihak customer service atau call center perusahaan penyedia aplikasi tersebut.

Ini penting agar kamu tak terkesan ditipu. Menghindari masalah di kemudian hari yang dapat merugikan dirimu sendiri.

Kamu menyalahkan pihak perusahaan aplikasi, padahal itu kesalahan kamu sendiri tidak membaca aturan atau kontrak pinjaman sebelum pengajuan.

Beli HP yang Sesuai Kondisi Finansialmu

Sama seperti kartu kredit, membeli HP harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Jangan nafsu beli HP mahal, tetapi gak kuat bayar cicilannya meski tingkat bunga yang kamu pilih sudah rendah.

Daripada gagal bayar, jadi kredit macet, kamu kena denda, lebih baik cari aman. Ajukan cicilan HP tanpa kartu kredit yang harganya sesuai kemampuan saja.

Selanjutnya disiplin membayar cicilannya setiap bulan, agar tak terlilit utang dan menjadi masalah keuanganmu di masa depan.  

Baca Juga: Kredit HP Oppo: 10 Handphone Oppo dengan Harga Kurang dari 3,5 Jutaan Terbaik