Serunya Metode Kakeibo, Seni Menabung Ala Jepang yang Tak Boleh Dilewatkan

Bagi sebagian orang, menabung menjadi hal yang sangat sederhana untuk dilakukan. Padahal, kenyataannya tidaklah seperti itu. Diperlukan kemauan dan konsistensi agar menabung bisa menjadi lifestyle yang membawa banyak keuntungan. 

Itulah mengapa untuk menumbuhkan kegemaran menabung, masing-masing orang memiliki metode tersendiri. Metode menabung ini dapat membantu menjaga konsistensi dan tercapainya target. Ada yang menggunakan cara modern seperti menabung secara online, atau dengan cara sederhana seperti di celengan atau mencatatnya secara manual. 

Inilah yang juga diterapkan oleh sebagian masyarakat Jepang yang masih menggunakan metode menabung yang disebut Kakeibo. Metode bertajuk jurnal penganggaran ini sudah ada sejak awal tahun 1900-an. Karena caranya yang sederhana dan mudah, membuat metode ini masih sangat digemari bahkan diadaptasi oleh banyak negara lainnya. 

Lalu, seperti apa sih metode Kakeibo itu? Bagaimana pula cara untuk menerapkannya? Yuk, simak 5 langkah penting yang perlu dilakukan sebelum menabung dengan metode Kakeibo.

Baca Juga: 11 Tabungan Pilihan Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Trend Menabung Ala Jepang dengan Metode Kakeibo

loader

Menabung

Pada dasarnya, konsep menabung dengan metode Kakeibo ini tak jauh berbeda dengan metode lain. Hanya saja, sejak awal kemunculannya, metode ini lebih mengedepankan untuk mencatat dan merencanakan setiap transaksi keuangan di kertas atau jurnal. Metode ini secara khusus digunakan untuk membantu para perempuan Jepang dalam mengelola keuangan keluarga.

Jadi, dalam metode ini diharuskan membuat perencanaan mendetail mengenai cash flow keuangan. Mulai dari anggaran untuk belanja, menabung, bahkan kebutuhan tak terduga. Selanjutnya, segala transaksi yang terjadi harus sesuai dengan anggaran yang ditetapkan dan tak boleh dilebihkan. 

Jika di akhir bulan terdapat selisih atau ketidaksesuaian anggaran, maka di bulan selanjutnya diperlukan evaluasi dan mengatur ulang anggaran agar tak sampai melebihi target. Lalu, jika ada sisa uang di masing-masing pos anggaran, maka bisa langsung dimasukkan pada pos tabungan. Mudah, bukan?

Metode ini dianggap sangat efisien. Pasalnya, pengelolaan akan lebih terorganisir karena adanya anggaran yang telah ditentukan sebelumnya. Selain itu, dengan menerapkan metode ini akan terhindar dari kegiatan impulsif membelanjakan uang untuk sesuatu yang kurang penting. 

Baca Juga: Inilah Perbedaan antara Giro dan Tabungan

Lima Langkah Penting Menerapkan Kakeibo

loader

Catat Pengeluaranmu Tiap Bulan Agar Menabung Lebih Efektif

Nah, jika kamu tertarik menerapkan metode menabung Kakeibo ini, ada 5 langkah penting yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Fokus pada pengeluaran

    Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah fokuskan anggaran pada pengeluaran. Bagi pengeluaran tersebut ke dalam beberapa pos, seperti kebutuhan rumah tangga, uang makan, bayar listrik, dan lain sebagainya. 

    Jika pos-pos kebutuhan sudah ditentukan, selanjutnya kamu hanya perlu menganggarkan seberapa besar uang yang diperlukan. Ingat, buatlah anggaran dengan budget yang paling sesuai, tidak kurang atau lebih. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk membelanjakannya. 

  2. Catat setiap pengeluaran

    Selanjutnya, jika masing masing pos anggaran sudah ditentukan maka kamu perlu mencatat semua transaksi pengeluaran. Tak peduli kecil atau besar nilainya, biasakan untuk mencatatnya. Ini penting sebagai bahan evaluasi anggaran di bulan berikutnya. 

    Mencatat pengeluaran di ponsel memang tidak dilarang, tapi akan lebih dianjurkan untuk mencatatnya di jurnal atau buku khusus yang telah disiapkan sebelumnya. Pasalnya, proses menulis ini dipercaya lebih efisien karena kamu bisa memiliki ruang yang lebih untuk memantau pengeluaran secara mendetail. Dengan mencatat pun kamu jadi tahu sejauh mana kesesuaian antara pengeluaran dan anggaran yang sudah ditetapkan. 

  3. Jujur terhadap kebutuhan

    Satu hal yang membuat pengeluaran membengkak adalah saat tidak bisa membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan. Keduanya memang hal yang penting, tapi tentu tak mudah untuk memenuhi keduanya di saat bersamaan. Pasti diperlukan budget ekstra yang mana semakin menambah nominal pengeluaran. 

    Saat menerapkan metode Kakeibo, kamu akan dipaksa jujur terhadap apa yang menjadi kebutuhan yang mana jika tidak dipenuhi, maka akan memberikan dampak yang siginifikan. Segala keinginan yang kurang penting harus dikesampingkan agar tak melewati anggaran. Dengan begitu, pengeluaran bisa ditekan dan alokasi tabungan bisa lebih dimaksimalkan.

    Seperti contoh pada pos anggaran makanan, kamu bisa lebih bijak menentukan perlu atau tidaknya membeli makanan di luar saat bisa memasaknya sendiri. Apakah akan lebih hemat atau justru boros? Dengan begitu, kamu bisa menentukan langkah apa yang paling tepat dan sesuai anggaran. 

  4. Hindari penggunaan kartu kredit

    Penggunaan kartu kredit memang sudah menjadi trend yang cukup berkembang di masyarakat. Banyak yang tergiur menggunakan kartu kredit karena berbagai kemudahan yag ditawarkan. Tapi, sadarkah jika penggunaan kartu kredit justru berdampak pada pengeluaran yang semakin membengkak?

    Dalam metode Kakeibo, penggunaan kartu kredit justru sangat tidak disarankan. Lebih dianjurkan untuk menarik uang cash dan membaginya ke dalam amplop atau kantong sesuai pos kebutuhan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengatur pengeluaran agar sesuai dengan anggaran. 

  5. Evaluasi setiap bulan

    Terakhir, lakukan evaluasi anggaran setiap akhir bulan. Dari situ kamu bisa mengetahui apakah anggaran yang telah dirancang bisa berjalan secara efisien. Kamu pun juga tahu pos mana yang perlu ditambah atau dikurangi anggarannya agar pengelolaan di bulan berikutnya bisa lebih maksimal. 

    Evaluasi ini penting untuk membantu sejauh mana keberhasilan pengelolaan keuangan. Dengan evaluasi ini, kamu bisa mengetahui pula seberapa banyak kamu bisa berhemat dan seberapa besar nilai tabungan bisa ditambah. Menarik, kan?

Metode yang Menarik Bisa Tingkatkan Semangat Menabung

Untuk menumbuhkan sikap gemar menabung, ternyata diperlukan metode yang menarik. Pasalnya, variasi metode ini bisa menumbuhkan rasa penasaran dan semangat saat menjalaninya. Akibatnya, kegiatan menabung tak lagi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, sebaliknya menjadi seru dan menyenangkan. 

Untuk itu, perlu rasanya mencari tahu sebanyak mungkin metode menabung seperti contohnya Kakeibo ini. Dengan mencoba satu per satu, maka akan didapatkan metode mana yang paling cocok untuk diterapkan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Menghitung Biaya Sekolah Anak dan Pilih Tabungan Pendidikan yang Tepat