Kenal Lebih Dekat dengan Kahiyang Ayu, Putri Presiden RI yang Selalu Membumi

Sosok Kahiyang Ayu dikenal sebagai wanita yang memiliki kepribadian membumi dan bersahaja. Anak kedua dari Presiden RI, Ir. Joko Widodo ini juga mengutamakan nilai kemandirian dengan gaya hidup sederhana, seperti yang diajarkan orang tuanya sejak kecil.

Hal ini tampak dari muatan konten media sosialnya. Meski berstatus sebagai putri dari orang nomor satu se-Indonesia, namun pembawaan Kahiyang justru terkesan tidak glamour dan merakyat, bahkan jauh dari kesan sosialita. Tak ada foto atau video yang diunggahnya demi untuk menonjolkan brand yang dikenakannya, misalnya Hermes, YSL, dan sebagainya.

Bagi yang belum tahu, yuk mengenal lebih dekat bagaimana sosok Kahiyang Ayu yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pendidikan Jadi Prioritas

View this post on Instagram

A post shared by Kahiyang Ayu (@ayanggkahiyang) on

Mengenyam pendidikan tinggi memang bukan jaminan mutlak hidup seseorang bisa sukses. Namun setidaknya, semua pasti setuju jika pendidikan bisa menambah luas wawasan, ilmu, pengetahuan dan keterampilan seseorang.

Selain untuk mengasah minat, bakat dan potensi individu, pendidikan juga dapat membuka pikiran agar lebih berfungsi dengan maksimal. Hal ini juga tampaknya diperhatikan oleh sosok Kahiyang Ayu. Memprioritaskan pendidikan, Kahiyang menimba ilmu hingga sampai magister.

Pada pendidikan S1, Adik dari Gibran Rakabuming Raka ini memilih Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan di Universitas Sebelas Maret. Empat tahun kemudian tepatnya tahun 2013, wanita yang sangat menyukai hewan ini berhasil lulus dengan IPK 3,12.

Pada 2015, ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S2nya di IPB dengan mengambil jurusan Manajemen dan Bisnis. Meski butuh waktu lebih lama dalam menyelesaikan pendidikan magisternya, tapi Kahiyang tetap membuat bangga keluarganya. Pada 25 September 2019, Kahiyang lulus magister dengan predikat sangat memuaskan (Cum Laude/ Dengan Pujian), yaitu dengan IPK 3,90. 

Baca Juga: Kisah Inspiratif Najwa Shihab Ini Bisa Membuatmu Makin Termotivasi

Tak Berhasil Seleksi CPNS

Kebanyakan orang cenderung berekspektasi terlalu tinggi kepada tokoh-tokoh masyarakat. Orang terkadang lupa, bahwa tokoh masyarakat pun bisa mengalami ketidakberhasilan. Dalam hidup, tak semua keinginan setiap orang bisa dituruti. 

Demikian juga dengan kisah Kahiyang. Di tahun 2014 lalu, wanita kelahiran Solo, 20 April 1991 pernah mengikuti seleksi CPNS Pemerintahan Kota Solo. Namun jalan hidup berkata lain, Kakak dari Kaesang Pangarep ini tak berhasil lulus dalam seleksi tersebut.

Sebagai putri pejabat pemerintahan, bisa saja Kahiyang meminta keistimewaan dari proses CPNS. Namun sebaliknya, ia tetap mengikuti peraturan sesuai prosedur dan menerima kegagalan dengan lapang dada.

Sikap penuh integritas ini patut dicontoh oleh generasi muda masa kini. Karena banyak orang yang menginginkan jalan pintas dan instan untuk mencapai kesuksesan dan menghalalkan kecurangan.

Bertemu Jodoh Saat Studi S2

Selama pendidikan S2 di IPB berjalan, tak disangka-sangka, di kampus tersebut Kahiyang dipertemukan dengan sosok yang menjadi pasangan hidupnya, Bobby Nasution.

Berawal dari kerap mengerjakan tugas kelompok bersama, tumbuh ketertarikan antara Kahiyang dan Bobby. Seperti ungkapan Jawa, witing tresno jalaran soko kulino, cinta bisa tumbuh karena telah terbiasa.

Saat diwawancara oleh Kaesang Pangarep dalam kanal YouTube pribadinya, Bobby memaparkan kisah cintanya dengan sang kakak. Seringnya belajar bersama membuat Kahiyang belakangan jadi cemburu saat melihat Bobby dekat dengan wanita lain.

Pernikahan dengan Bobby Nasution

View this post on Instagram

A post shared by Kahiyang Ayu (@ayanggkahiyang) on

Sejak kedekatan mereka, keduanya lantas menjalin hubungan kurang lebih setahun lamanya. Hingga akhirnya mereka resmi menikah pada 8 November 2017. Prosesi pesta secara adat Mandailing beserta resepsi lainnya dihelat dengan spektakuler.

Kahiyang kemudian mendapat nama keluarga Siregar yang sesuai dengan marga dari ibu kandung Bobby, Ade Hanifiah Siregar. Dan pada 1 Agustus 2018, Kahiyang melahirkan putri pertama mereka yang diberi nama Sedah Mirah Nasution.

Muhammad Bobby Afif Nasution, demikian nama lengkapnya, ialah putra dari almarhum Erwin Nasution, mantan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (Persero) IV. Selain berprestasi di bidang akademis, Bobby juga dikenal sebagai pengusaha properti dan kuliner. Bobby yang kelahiran Medan, 5 Juli 1991 ini mempunyai relasi dengan perusahaan Takke Group.

Tak Ingin Diistimewakan

Arief Daryanto selaku dosen pembimbing menuturkan kepada media. Kahiyang Ayu merupakan sosok yang berkomitmen tinggi. Tak hanya tepat waktu selama menyelesaikan tugas, hasilnya pun terbilang berkualitas.

Selain itu, menurut sang dosen pembimbing, Kahiyang juga mempunyai kreativitas dan disiplin diri yang tinggi. Ia juga dikenal sebagai pribadi yang mudah berbaur dengan banyak pihak. Karakternya yang supel membuat Kahiyang bersosialisasi dengan baik selama menimba ilmu. Terlebih, lanjut dosennya, Kahiyang orangnya membumi.

Walaupun berstatus sebagai putri Presiden RI, namun penggemar band EXO asal Korea Selatan ini tidak pernah mau diistimewakan. Sehingga posisinya selalu sama dengan teman-teman mahasiswa lainnya selama perkuliahan. Selain tampil bersahaja, dosennya mengatakan, Kahiyang jarang merepotkan selama proses bimbingan tesis.

Baca Juga: 5 Sosok Wanita Inspiratif di Balik Kesuksesan Perusahaan Teknologi Dunia

Sumber Kekayaan Kahiyang

View this post on Instagram

A post shared by Kahiyang Ayu (@ayanggkahiyang) on

Menjadi putri Presiden dan punya suami pengusaha tak lantas membuat Kahiyang hilang kemandirian. Terutama dalam hal finansial. Selain mempunyai rumah mewah, Kahiyang juga seperti adik dan kakaknya yang lebih senang berbisnis. 

Meskipun tak seserius bisnis pisang goreng dan martabak milik kedua saudaranya, namun Kahiyang kerap menerima jasa endorsement untuk sejumlah produk yang bekerja sama dengannya.

Berbagai produk dan jasa tersebut kemudian dipromosikan di media sosial Instagramnya. Berdasarkan pantauan dari akun Instagram @ayanggkahiyang, tampak sejumlah produk seperti snack, brownies dan dukungan kampanye untuk brand tertentu lewat penyertaan hash tag.

Kahiyang juga kerap muncul dalam vlog milik sang adik, Kaesang. Dan sejak 2018 lalu, Kahiyang bersama suami tercinta mulai merintis bisnis kuliner dengan kopi sebagai produk andalannya. Meski tak begitu diumbar ke publik, namun sebenarnya kedai kopi milik Bobby sudah dikelola sejak 2013 lalu. Barulah dalam ekspansinya, Kahiyang sang istri ikut bekerja sama.

Sukses Berkat Didikan Orang Tua

Ternyata kesuksesan Kahiyang pun tak lepas dari cara Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mendidiknya. Seperti dibagikan dalam kanal YouTube Baim Wong dan Paula, Presiden Jokowi menyebutkan ia dan Ibu Iriana menggunakan sejumlah cara hingga ketiga anaknya tumbuh menjadi pribadi sukses dan mandiri.

Kunci utamanya ialah membiarkan diri kita menjadi diri sendiri. Artinya, setiap orang punya kecerdasan, potensi serta minat bakat yang berbeda. Kembangkanlah semua itu sesuai keunggulan masing-masing. Setiap orang juga punya gambaran kesuksesan yang berbeda-beda. Jangan biarkan kesuksesan orang lain mendikte tolak ukur kesuksesanmu. Karena setiap orang itu cerdas di bidangnya masing-masing.

Baca Juga: Belajar Berwirausaha dari Presiden Jokowi, Apa Saja Kiat Suksesnya?