Kisah Sukses RM BTS, Pernah Gagal Audisi Hingga Jadi Leader

Para penggemar K-Pop tentu sudah mengenal sosok tampan yang satu ini. Rap Monster (RM) merupakan salah satu member dari BangTan Boys (BTS) yang kariernya sedang naik daun di industri musik. 

Pemilik nama lengkap Kim Nam Joon ini tak hanya fasih sebagai rapper. Ia juga mahir menulis lagu selain bergelut sebagai produser rekaman. Mixtape garapannya yang bertajuk Mono telah menjadi album charting paling tinggi di tangga lagu Billboard 200 (#26).

Terlebih, Rap Monster bersama BTS pun telah meraih berbagai prestasi tak hanya membanggakan, tapi juga mencetak rekor sejarah. Per tahun 2020 ini, pria yang juga menjadi leader dari BTS mempunyai total kekayaan sebesar 20 juta Dolar AS (setara dengan Rp284 miliar). Yuk simak kisah perjalanan kariernya yang ternyata tak mudah.

Baca Juga: Keren! Dari Anak Petani Sederhana Sampai Bisa Jadi Idola, Begini Perjuangan V BTS Meraih Sukses

Pecinta Puisi dan Sastra

View this post on Instagram

A post shared by RAP MONSTAR (@btsnamjoon)

Para ARMY yang menjadi fans fanatiK dan setia mungkin sudah mengetahui fakta ini. Ternyata, Kim Nam Joon juga punya minat dan ketertarikan kuat pada bidang sastra dan puisi. Bahkan sebelum bercita-cita menjadi idol, pria kelahiran 12 September 1994 ini ingin sekali bekerja secara profesional di bidang sastra.

Sebelum menuai kesuksesan dan menjadi tenar, RM BTS kerap membagikan puisi dan berbagai ungkapan yang ditulisnya ke berbagai situs. Belakangan, ia menjadi terinspirasi setelah jatuh hati pada lagu Fly dari Epik High. Sejak itu, cita-citanya pun berubah.

Kini, setelah berhasil merintis karier sebagai idol, kemampuan ini tentu sangat berguna bagi RM yang kini kerap menciptakan lagu bagi berbagai proyek musiknya, termasuk dengan BTS.

Pernah Menjadi Underground Rapper

Jatuh cinta kepada musik dan lirik, Rap Monster sudah menjadi rapper bahkan sebelum dirinya resmi tergabung dalam BTS. Ia mulai mengasah skill dan potensinya dengan menjadi underground rapper. Saat itu Kim Nam Joon yang masih menggunakan nama Runch Randa bergabung dengan Daenamhyup—sebuah grup yang mengusung genre musik Hip Hop.

Ia baru mengganti Runch Randa dengan name stage Rap Mon alias Rap Monster setelah bersama BTS. Belakangan, sang bintang mengganti nama tersebut dengan RM di tahun 2017.

Gugur di Sebuah Audisi

View this post on Instagram

A post shared by RAP MONSTAR (@btsnamjoon)

RM menjadi personil yang pertama dilatih dan dipersiapkan untuk menjadi bagian dari BTS. Selain itu, ia juga menjadi member yang paling bertahan dari bongkar pasang line up pertama yang dipersiapkan untuk debut BTS. 

Namun tak banyak yang diketahui publik ialah fakta bahwa dirinya pernah gugur dalam sebuah audisi. Di tahun 2009 lalu, ia mengikuti sebuah audisi yang dihelat oleh Big Deals Records. Tak dapat mengingat penggalan lirik menjadi penyebab gugurnya RM dari audisi tersebut.

Mau Belajar dan Menerima Saran

Tak disangka, kegagalan tersebut berujung manis. Jalan kariernya mempertemukan RM dengan pimpinan dari Big Hit Entertainment. Ia menerima saran dari Untouchable’s Sleepy yang terkesan saat menyaksikan penampilannya dalam audisi Big Deals Records.

Bersedia diajar dan dengan rendah hati menerima masukan serta arahan dari yang sudah lebih berpengalaman, ia lantas mengikuti audisi berikutnya. Audisi yang berlangsung pada tahun 2010 tersebut lantas mengantarkannya menjadi trainee dari Big Hit Entertainment.

Perjuangannya tak lantas berakhir sampai di situ. Mempunyai potensi dan bakat yang hebat tak membuat RM boleh duduk santai. Ia pun harus rela diasah dan menjalani masa pelatihan selama tiga tahun sebelum akhirnya berhasil debut di tahun 2013.

Baca Juga: Jadi Member BTS Paling Tajir, Tak Banyak yang Tahu JHope Memulai Karir dari Musik Underground

Cetak Rekor dan Sejarah Dunia

View this post on Instagram

A post shared by RAP MONSTAR (@btsnamjoon)

RM bersama BTS yang terdiri dari Suga, J-Hope, Jin, Jungkook, Jimin, dan V ini rupanya telah ikut mengharumkan nama Korea Selatan di kancah musik mancanegara. Tak hanya kerap mengeluarkan beraneka karya menarik lagi berkualitas tinggi, BTS juga meraih banyak prestasi yang belum pernah dicapai sebelumnya oleh musisi Negeri Ginseng.

Mencetak sejarah baru, BTS merupakan grup musik K-pop pertama yang berhasil perform di sejumlah ajang penghargaan prestisius Amerika Serikat. Tahun 2017 lalu, BTS debut menyanyikan single DNA dan tampil di acara TV di sana. Tahun berikutnya, mereka kembali menampilkan Fake Love di acara yang sama.

Sering menjadi topik perbincangan paling seru di Twitter membuat BTS meraih rekor cuitan paling banyak dari Guinness World Record. Selain itu masih banyak lagi rangkaian prestasi membanggakan lainnya yang membuat penggemar semakin kagum dan terpesona.

Sukses Luncurkan Mixtape Solo

Sukses bersama BTS kemudian mengantarkan RM BTS pada proyek solonya. Jadi sorotan, RM telah menyanyikan salah satu lagu hasil karyanya dalam Dark & Wild. Kemudian, ia juga meluncurkan P.D.D. (Please Don’t Die)—single yang dibawakan collab bersama Warren G.

Berikutnya ia merilis self-titled mixtape solo perdananya yang memuat sebelas lagu pada tahun 2015. Mixtape tersebut tak hanya berhasil menarik perhatian publik tapi juga laris manis di pasaran. 

Kesuksesan serupa juga diraih mixtape kedua RM yang bertajuk Mono di tahun 2018. Meledak di pasaran dan laku keras, kini nama RM BTS yang juga menyanyikan soundtrack dari Fantastic Four ini kian diperhitungkan sebagai musisi dan penulis lagu berkualitas papan atas. Berdasarkan data yang didapatkan dari KOMCA, RM telah menulis sekitar 100 lagu dengan akreditasi namanya.

Punya Jiwa Pemimpin yang Andal

View this post on Instagram

A post shared by RAP MONSTAR (@btsnamjoon)

Semua orang senang menjadi bos, tapi belum tentu akan sanggup ketika diserahi tanggung jawab sebagai pemimpin. Pasalnya, pemimpin tak hanya harus bertanggung jawab, tapi juga matang dan dapat diandalkan setiap saat.

Untungnya, ia memiliki seluruh kualitas yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Mulai dari membangunkan tidur para member BTS lainnya hingga mengatur dan apa yang dilontarkan saat berkomentar di depan massa, (BTS) RM jagonya.

Berkat kualitas pribadi dan jiwa pemimpin yang tinggi, ia berhasil menggiring BTS untuk go international hingga meraih berbagai penghargaan bergengsi. Di antaranya seperti beragam penghargaan dari Billboard Music Awards.

Bertahan Sampai Akhir

Tak ada hentinya menuai prestasi, single yang berjudul Dynamite juga meledak di pasaran sejak rilis pada 21 Agustus 2020 lalu. Dynamite menjadi karya BTS pertama yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Tak hanya paling banyak ditonton di YouTube, lagu ini pun meraih streaming terbanyak di Spotify.

BTS terus berkarya dan menjadi inspirasi anak muda sebagai idola, termasuk menjadi bintang Korea Selatan pertama yang merajai puncak chart Billboard Artist 100. Bahkan yang mencengangkan, BTS juga telah dengan suksesnya menggeser posisi band legendaris The Beatles di peringkat pertama chart Billboard 200.

Semua itu tentu tak akan dicapai jika RM BTS selaku member dan leader tak mampu mengentaskan segala rintangan yang mengadang. Di umurnya yang masih belia, RM BTS semakin bersinar, naik daun dan terus memberikan teladan positif bagi para ARMY dan pecinta musik dari seluruh dunia.

Baca Juga: BTS Makin Tajir Jadi Boyband Termahal di Dunia, Intip 5 Sumber Kekayaannya