Kucing Anggora, Ketahui Ciri Fisik dan Tips Memelihara Binatang Imut yang Disukai Cat Lovers Ini

Saat mendengar kata kucing, sebagian dari Anda tentu langsung membayangkan hewan menggemaskan yang sering dijadikan sebagai peliharaan di rumah. Kucing memang telah lama menjadi hewan dambaan manusia karena perangainya yang lucu serta sifatnya yang usil dan mudah penasaran. 

Karena sifatnya pula yang doyan diajak bermain dan aktif, kucing seringkali menjadi penghibur yang efektif bagi majikannya. Alhasil, kucing dapat dengan sekejap menghilangkan stres serta beban pikiran dari pemiliknya.

Salah satu jenis kucing yang populer di Indonesia dan banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah kucing Anggora. Tak dapat dipungkiri jika kucing jenis ini banyak dikagumi karena ciri fisiknya yang anggun serta sifatnya yang mudah bergaul dan suka bermain. Jadi, ikatan antara kucing Anggora dengan majikannya dapat lebih cepat terbentuk.

Namun, tahukah Anda jika merawat kucing itu gampang-gampang sulit? Terlebih kucing dengan ras seperti kucing Anggora ini. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli kucing ras cantik ini, kenali dulu ciri fisik dan cara perawatannya berikut ini.  

Tampilan Fisik Kucing Anggora pada Umumnya

Kucing Anggora

Membedakan ciri fisik kucing Anggora dengan jenis kucing lainnya sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Namun, jika tidak diteliti dengan benar, bukan tidak mungkin jenis kucing Anggora yang diamati merupakan hasil budidaya campuran dengan jenis kucing lain. Untuk itu, penting bagi yang ingin membeli kucing ini untuk tahu betul mengenai tampilan fisiknya. 

1. Berat dan Masa Hidupnya

Secara umum, tampilan fisik kucing Anggora asli cukup mudah untuk dibedakan dengan jenis kucing lainnya. Untuk berat badan anggora berkelamin jantan, normalnya adalah 5 kg dan sedikit lebih ringan untuk yang berkelamin betina. Masa hidup dari kucing jenis ini juga cukup lama, yakni 9 hingga 14 tahun.

2. Warna Mata

Kucing ini juga memiliki warna mata yang indah, seperti biru, kuning emas, hijau, hingga beberapa warna lain yang tidak terduga. Bahkan, tak jarang ditemui kucing Anggora yang memiliki warna berbeda antara satu mata dengan mata lainnya. Tentunya, warna mata yang berbeda ini membuat kucing memiliki keunikannya tersendiri dan memiliki harga jual yang lebih tinggi. 

3. Bulu yang Tidak Terlalu Panjang dan Lebat

Selain itu, kucing ini juga dapat dikenali dengan bulunya yang tidak terlalu panjang. Namun, tetap lebat dan dapat beradaptasi dengan cuaca. 

Warna dasar dari bulu kucing Anggora juga cukup beragam. Mulai dari, putih, cream, merah, hitam, biru, dan banyak lagi lainnya. Pattern pada bulu kucing jenis ini pun bervariasi, seperti solid color, bicolor, calico, smoke, dan juga tabby. 

4. Bentuk Kepala dan Tubuh yang Unik

Selanjutnya, meski mirip dengan ciri kucing asli Indonesia, bentuk kepala kucing ini masih dapat dibedakan. Cara termudah membedakannya adalah kucing ini mempunyai bentuk kepala seperti segitiga terbalik yang mana bagian atas kepala terlihat lebar dan terus mengerucut hingga ke dagu. Hidung dari kucing ras ini juga tampak lebih mancung serta lubang hidung yang terlihat.

Lanjut ke bagian tubuh, kucing Anggora memiliki bentuk fisik yang langsung dan panjang. Tubuh bagian belakang kucing ini juga relatif lebih tinggi dibanding bagian depannya dan ditopang dengan kaki yang terlihat panjang.  Oleh karena itu, bisa dibilang ukuran tubuh dari kucing ini tidaklah terlalu besar dan berat.

5. Berekor Panjang dan Tebal

Ciri fisik dari kucing Anggora yang terakhir dapat terlihat dari bentuk ekornya. Selaras dengan bulu dan ukuran tubuhnya, bentuk ekor dari kucing ini adalah panjang dengan bulu yang tebal dan juga lebat. Jika dirawat dengan baik, kucing Anggora akan memiliki ekor yang terlihat mengembang bak kemoceng yang biasa ada dirumah. 

Jika ingin lebih meyakinkan, Anda dapat mengamati tingkah laku dari jenis kucing Anggora. Umumnya, kucing ini memiliki perilaku yang anggun dan jarang ditemui pada kucing jenis lainnya. 

Baca Juga: Karakter Seseorang Bisa Dilihat dari Hewan Peliharaannya. Yuk, Cek Disini!

Tips Memelihara Kucing Anggora Asli

Meski sering dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, tidak semua orang bisa merawat kucing Anggora. Karena sifat dasar kucing ini yang manja serta butuh banyak perhatian, membuat orang yang memiliki aktivitas sibuk dan sering keluar rumah disarankan untuk tidak memelihara kucing jenis ini. 

Jika dipaksakan, kucing Anggora yang kesepian akan merasa depresi dan lebih rentan terganggu kesehatannya. Jadi, saat Anda memutuskan untuk memelihara kucing Anggora, pastikan untuk memahami betul cara perawatannya agar hewan tersebut dapat hidup dengan semestinya. 

1. Berikan Banyak Ruang dan Waktu

Tips pertama dalam memelihara kucing Anggora adalah berikan banyak ruang bagi si kucing untuk bisa tetap aktif bergerak. Tak hanya itu, usahakan pula untuk senantiasa meluangkan waktu bermain bersama peliharaan dan tunjukkan bahwa kucing Anggora mendapatkan kasih sayang yang dibutuhkan. Dengan begitu, kesehatan mental hewan peliharaan akan selalu dalam keadaan sehat.

2. Selalu Sediakan Minuman dan Makanan Kucing Anggora yang Terbaik

Sama halnya dengan memelihara hewan jenis apapun, asupan gizinya tentu harus bisa dijaga, terlebih kucing ini dikenal sebagai hewan yang jarang minum. Sebenarnya, di toko hewan gampang ditemui jenis makanan kucing yang beragam. Namun, tidak semua kucing cocok dengan jenis makanan yang sama. 

Untuk itu, sebagai pemilik kucing Anggora, Anda harus bisa mengetahui apakah pakan kucing yang diberikan cocok atau tidak. Pastikan juga kucing mendapatkan porsi makan yang semestinya agar postur kucing tidak terlalu kurus ataupun obesitas. Jika asupan makanan yang diberikan terjaga, kucing Anggora akan memiliki bulu yang indah dan tidak mudah rontok. 

3. Jaga Kebersihan Tubuh Si Kucing

Tips selanjutnya mungkin menjadi salah satu alasan orang tidak mau memelihara kucing, yakni menjaga kebersihan tubuh si kucing. Kucing memang identik sebagai hewan yang membenci air. Oleh karena itu, urusan memandikan kucing agar kebersihannya terjaga menjadi momok tersendiri bagi pemiliknya.   

Idealnya, kucing Anggora harus dimandikan setidaknya sekali dalam satu bulan. Sampo yang diberikan pun harus khusus agar bulunya nampak mekar dan mampu membunuh parasit yang ada di tubuhnya. Bersihkan pula bagian telinga kucing Anggora dua minggu sekali dengan menggunakan cotton bud secara hati-hati.

4. Jangan Lupa untuk Menyisir Bulu-Bulunya

Pemilik kucing Anggora juga harus bisa menyisihkan waktu untuk menyisir bulu kucing secara rutin dan memotong kukunya agar tidak membahayakan. Bila perlu, agar kebersihan kucing Anggora terjamin, ajak hewan peliharaan tersebut ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan rutin dan mendapatkan perawatan lanjutan jika diperlukan. 

5. Tidak Boleh Melupakan Pemberian Vaksin

Tips terakhir dalam memelihara kucing Anggora ini merupakan tips yang terpenting untuk dilakukan. Saat akan membeli anak kucing Anggora maupun yang sudah dewasa, pastikan untuk menanyakan perihal pemberian vaksin kepada pembudidayanya. Pasalnya, kucing Anggora yang tidak diberi vaksin akan menjadi lebih gampang sakit dan memiliki risiko kematian yang cukup tinggi.

Vaksinasi merupakan salah satu cara perawatan penting bagi kucing Anggora agar terhindar dari penyakit dan infeksi parasit ataupun cacing di tubuhnya. Terdapat tiga fase pemberian vaksin pada kucing Anggora yang masing-masing memiliki fungsinya tersendiri.

  1. Pemberian vaksin pertama sebaiknya diberikan saat kucing Anggora baru berusia 8 sampai 10 minggu untuk mencegah terjangkit virus serta jamur. 
  2. Kemudian, saat berumur 12 sampai 14 minggu, pemberian vaksin kedua sebagai booster dari vaksinasi pertama hendaknya dilakukan. 
  3. Ketiga, vaksinasi rabies dan pemeriksaan kesehatan kucing harus dilakukan saat usia 16 minggu. 

Setelah semua vaksinasi awal tersebut dilakukan, pemilik kucing hanya perlu melakukan pemeriksaan dan vaksinasi ulang tiap tahunnya agar kesehatan kucing Anggora dapat terkontrol.  

Baca Juga: Perawatan Kucing Mahal, Ini Cara Hemat yang Bisa Dilakukan

Harga Kucing Anggora Asli di Pasar Indonesia

Kucing Anggora

Sebagai jenis kucing yang banyak menjadi incaran para cat lovers, harga kucing Anggora terbilang cukup tinggi. Bahkan, kucing Anggora yang telah menjuarai kontes kucing dibanderol dengan harga mencapai puluhan juta Rupiah.

Nah, dalam mengetahui harga jualnya, Anda harus terlebih dahulu memahami tipe kucing Anggora yang dijual oleh pembudidayanya. Pada dasarnya, terdapat tiga tipe kucing Anggora yang bisa Anda beli, yakni tipe non-breed, breed, dan top show. 

1. Non-Breed

Tipe non-breed ini merupakan kucing Anggora asli yang tidak memiliki keturunan kucing jawara. Harga jual dari tipe ini biasanya 1 juta sampai 2.5 juta per ekornya. 

2. Breed

Sedangkan untuk jenis breed, kucing Anggora terlahir dari kucing yang pernah memenangkan kompetisi kucing dan memiliki harga sekitar 6 juta sampai 8 juta Rupiah. 

3. Top Show

Terakhir, untuk tipe top show adalah kucing Anggora yang telah memenangkan kejuaraan kompetisi kucing. Pastinya, harga kucing Anggora jawara ini sangat mahal, yakni di kisaran 15 juta hingga 20 juta per ekor. 

Jika mencari kucing Anggora dengan harga yang lebih terjangkau, Anda dapat membeli yang masih berusia belia. Kucing Anggora yang baru berumur 1 sampai 3 bulan biasanya hanya dijual dengan harga 700 ribu sampai 1 jutaan saja. 

Namun, perlu diingat meski harganya lebih rendah, kucing Anggora yang masih kecil masih perlu diberikan vaksinasi awal. Jadi, pemilik kucing juga harus rela mengeluarkan biaya ekstra dalam merawat anakan kucing ini.

Baca Juga: 10 Ras Kucing Termahal di Dunia ini Ada yang Mencapai Angka Miliaran Rupiah

Cenderung Mahal dan Ribet, Perawatan Kucing Anggora Setara dengan Pengalaman yang Didapat

Merawat kucing ras memang membutuhkan biaya serta tenaga ekstra agar kesehatannya terjaga. Akan tetapi, dengan pengalaman serta kebahagian yang bisa didapatkan, memelihara kucing ini tentu tidak akan terasa sulit. 

Jadi, pastikan pada diri terlebih dahulu untuk bisa merawat kucing Anggora dengan baik sebelum memutuskan untuk memeliharanya.