Banyak yang Tertarik, Apa Sih Hal yang Penting Diketahui terkait Kuliah di Jerman?

Meski bisa dibilang cukup bagus, tapi tidak bisa dipungkiri jika sistem dan kualitas pendidikan di dalam negeri dianggap tak sebaik negara tertentu. Apalagi jika dibandingkan dengan negara maju di Benua Biru, sistem pendidikan Indonesia memang bisa dibilang kurang. Sehingga, tidak sedikit orang yang tertarik untuk mengenyam pendidikan di negara lain, khususnya untuk jenjang kuliah.

Salah satu contohnya adalah dengan kuliah di Jerman yang tak terbantahkan memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia saat ini. Tak hanya itu, terkait jurusan kuliah di Jerman, beberapa di antaranya memiliki kualitas yang mumpuni dan menjadi tujuan dari tidak sedikit orang dari seluruh penjuru dunia. 

Tentunya, bagi kamu yang tertarik untuk mengenyam pendidikan di sana, biaya kuliah di Jerman tidak boleh disamakan dengan di Indonesia. Hal ini berlaku pula dengan syarat kuliah di Jerman yang umumnya lebih ketat dan mempunyai beragam ketentuan. 

Lalu, seperti apa sih biaya, syarat, dan opsi jurusan kuliah di Jerman yang penting untuk kamu ketahui? Nah, jika ingin tahu jawabannya, simak penjelasan yang telah terangkum di bawah ini. 

Alasan Banyak Orang Tertarik Kuliah di Jerman

loader

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Jerman merupakan salah satu negara yang kerap dijadikan tujuan oleh banyak orang di dunia untuk mengenyam pendidikan, termasuk di jenjang universitas. Tentunya, tiap orang memiliki latar belakang dan alasannya tersendiri kenapa menjadikan Negara Industri ini sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikan kuliah. 

Tapi, secara umum, berikut beberapa alasan mengapa banyak orang tertarik berkuliah di Jerman.

  • Memiliki latar belakang dunia keilmuan sangat kuat, dan dianggap terdepan pada dunia teknologi dan sains.
  • Tak hanya ilmuwan, Jerman banyak pula melahirkan filsuf atau pemikir, serta seniman ternama.
  • Memiliki sistem pendidikan inovatif berkualitas tinggi.
  • Menawarkan kesempatan kuliah gratis pada seluruh universitas pemerintah Jerman.
  • Menjadi negara yang memberi kesempatan tinggi untuk bisa bekerja bagi para lulusan pelajar internasional di sana. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Rincian Biaya Kuliah di Jerman

Meski sempat dicabut dari tahun 2006, pemerintah Jerman kembali memberlakukan aturan biaya kuliah gratis pada setiap universitas yang dimiliki oleh negara tersebut di tahun 2014. Pembebasan biaya kuliah di Jerman ini berlaku bagi pelajar asli Jerman, maupun asal Uni Eropa dan luar dari Uni Eropa. 

Walaupun begitu, ketika hendak mengenyam pendidikan kuliah di Jerman, tetap ada sejumlah biaya yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah biaya administrasi dengan nominal 250 sampai 290 euro, atau dalam rupiah setara 4,2 jutaan. 

Program kuliah gratis tersebut adalah strategi yang dilakukan pemerintah Jerman untuk mendukung kemajuan bangsanya melalui jalur pendidikan. Mereka percaya jika program tersebut mampu menunjukkan jika pendidikan bukan suatu produk komersial yang bisa diuangkan. Melainkan, pendidikan adalah kunci penting yang mampu menjadi jembatan bagi generasi baru untuk membuat negaranya kian maju dan cerdas.  

Meski begitu, jika kamu berencana untuk berkuliah di universitas swasta Jerman, pahami jika tetap ada beban biaya yang harus disiapkan. Tak perlu khawatir, kuliah di universitas swasta di Jerman memiliki biaya yang terbilang standar dan tak lebih mahal dibanding negara lain. 

Berikut adalah rincian biaya kuliah universitas swasta di Jerman.

  • Biaya administrasi per semester sekitar 270 sampai 300 euro, atau setara 4,5 jutaan rupiah. 
  • Untuk jenjang S1, biaya kuliah per tahun biasanya sekitar 3.100 sampai 5.100 euro, atau sekitar 51 juta sampai 85 juta rupiah. 
  • Untuk jenjang S2, biaya kuliah per tahun sekitar 2.600 sampai 5.200 euro, atau sekitar 43 juta sampai 86 juta rupiah. 
  • Untuk jenjang S3, biaya kuliahnya umumnya gratis, khusus jika jenjang S1 dan S2 diselesaikan di universitas Jerman. Jika di luar universitas Jerman, biaya program Master adalah sekitar 20 ribu sampai 30 ribu euro tiap tahun, atau setara 330 juta hingga 500 juta rupiah. 

Baca Juga:  Mau Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri? Ini Tipsnya

Kisaran Biaya Hidup di Jerman

Jika dirasa biaya kuliah di Jerman telah diatasi, hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah terkait biaya hidup di sana. Sebagai negara maju, biaya harian di Jerman tentu secara umum lebih mahal. Misalnya, untuk hidup di Munich, biaya yang harus digelontorkan untuk kebutuhan harian mencapai 13 ribu euro tiap tahun, atau dalam rupiah setara 210 juta. 

Mengacu pada data dari DAAD atau Deutscher Akademischer Austausch Dienst, berikut adalah perkiraan alokasi biaya hidup di Jerman tiap bulannya.

  • Uang makan sebanyak 175 euro
  • Biaya transportasi sebesar 99 euro
  • Biaya telepon dan internet sebesar 39 euro
  • Bahan kuliah atau pekerjaan sebesar 22 euro
  • Biaya hiburan sebesar 72 euro

Terkait Syarat Kuliah di Jerman

loader

Tidak kalah penting, agar bisa kuliah di Jerman, ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi. Untuk warga negara Indonesia yang ingin berkuliah di sana, kamu diharuskan untuk memiliki visa Schengen. Selain itu, kamu juga diharuskan untuk memiliki visa pelajar sejumlah 60 euro, sekitar 950 ribu rupiah. 

Agar bisa mendapat pengurangan biaya untuk pemilik visa Schengen, syarat yang harus dipenuhi adalah kepemilikan dana sejumlah 8.900 euro, atau sekitar 148 juta rupiah per tahun, yang jika dihitung per bulan adalah sebesar 745 euro atau 12,5 juta tiap bulan sebagai biaya hidup. 

Syarat yang terakhir, calon mahasiswa asal luar negeri di Jerman juga perlu mengajukan asuransi kesehatan guna menjadi prasyarat registrasi dan masuk ke universitas.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah, Biaya Tidak Lagi Jadi Masalah

5 Opsi Terbaik Jurusan Kuliah di Jerman

Universitas di Jerman dikenal memiliki beragam program studi terkemuka dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Hal tersebut mungkin kerap membuatmu bingung, jurusan kuliah di Jerman apa yang terbaik untuk dipilih. 

Tak usah khawatir, berikut adalah rekomendasi 5 jurusan kuliah di Jerman yang terbaik dan layak untuk kamu pertimbangkan. 

No Nama Jurusan Keterangan
1 Jurusan Kedokteran Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, kedokteran menjadi salah satu program studi atau jurusan kuliah yang cukup favorit dan kerap menjadi incaran. Hal serupa juga berlaku di Jerman, di mana jurusan ini kerap menjadi incaran banyak orang. Kuliah jurusan Kedokteran di Jerman sendiri memberi kesempatan mahasiswanya untuk meneliti, membuat penemuan, serta pengembangan dengan dukungan teknologi yang maju.
2 Jurusan Fisika Selain itu, tidak sedikit perguruan tinggi di Jerman dikenal sebagai universitas yang memiliki jurusan fisika terbaik dunia. Bahkan, negara ini telah menorehkan 31 penghargaan Nobel di bidang tersebut. Mencatatkan 21 universitasnya pada jajaran 100 perguruan tinggi terbaik dunia, hal tersebut menjadi bukti jika Jerman merupakan pilihan terbaik untuk mengambil jurusan fisika di perguruan tinggi di sana.
3 Jurusan Bahasa Opsi lainnya adalah jurusan Bahasa, khususnya bahasa Jerman karena di sana pasti memiliki banyak kesempatan untuk mempelajari bahasa tersebut dengan pembicara asli. Selain itu, karena menjadi negara tujuan mengenyam pendidikan bagi masyarakat dari banyak belahan dunia, kamu juga bisa memilih jurusan bahasa lain yang menarik untuk dipelajari, seperti Prancis, Inggris, Italia, dan Spanyol.
4 Jurusan Sastra Selain bahasa, jurusan sastra juga bisa dijadikan pilihan. Alasannya karena sejumlah perguruan tinggi di Jerman digadang-gadang mempunyai jurusan sastra dan seni yang terbaik. Tidak sedikit ahli sastra internasional merupakan lulusan dari universitas dari negara ini, dan berhasil mendapat karir yang cemerlang pada lingkup sastrawan Jerman.
5 Jurusan Sejarah Terakhir ada jurusan sejarah, yang memang identik dengan histori negara tersebut yang begitu panjang. Jika tertarik untuk mengambil jurusan ini, beberapa rekomendasi universitas untuk dipilih belajar ilmu sejarah adalah Humboldt University dan Freie University.

Mantapkan Biaya Kuliah di Jerman dengan Investasi

Banyak orang tertarik untuk kuliah di Jerman karena kualitas pendidikan di sana termasuk salah satu yang terbaik. Biaya kuliah di sana juga secara umum gratis sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi banyak orang untuk bisa berkuliah di Jerman.

Tapi, biaya hidup di Jerman juga tidak boleh disepelekan dan harus disiapkan dengan sebaik mungkin agar tak mengganggu aktivitas perkuliahan, salah satunya dengan berinvestasi dari sekarang dan mempersiapkan segala kebutuhannya dengan matang.

Baca Juga:  Dikenal Lebih Mahal, Apa Saja Sih Tanggungan Biaya Kuliah Universitas Swasta? Ini Ulasannya