Kurs Jual: Pengertian, Cara Hitung dan Aturan Transaksi Mata Uang Asing di Indonesia

Bagi yang hobi atau sering bepergian keluar negeri baik untuk liburan sampai urusan pekerjaan pasti familiar dengan istilah kurs, baik itu kurs jual dan kurs beli.

Mengetahui konsep dari kurs tidak hanya berguna ketika kita sering pulang-pergi luar negeri, tapi juga untuk kebutuhan menabung, investasi sampai berbisnis.

Tapi apa yang dimaksud dengan kurs?

Pengertian kurs sendiri secara umum adalah nilai atau harga mata uang sebuah negara yang diukur menggunakan mata uang negara lain.

Kurs erat kaitannya dengan tukar-menukar uang asing yang ada di bank atau yang ada di tempat penukaran uang (money changer). Agar lebih mudah dipahami, kurs jual dan kurs beli selalu diartikan melalui sudut pandang bank atau money changer. Bukan dari sudut pandang kita sebagai orang yang menukarkan.

Menurut ahli ekonomi Fabozzi dan Franco, pengertian kurs adalah jumlah satu mata uang yang bisa ditukar per unit mata uang lain, atau harga satu mata uang dalam mata uang lain. Sedangkan menurut Ekananda, pengertian kurs adalah harga mata uang suatu negara relatif terhadap mata uang negara lain.

Nah, untuk kali ini kita akan membahas secara lengkap apa itu kurs jual dan definisinya secara lengkap serta cara menghitungnya.

Baca Juga: Kurs Tengah BI: Pengertian, Fungsi dan Perbedaannya dengan JISDOR

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian Kurs Jual

loader

Kurs erat kaitannya dengan tukar-menukar uang asing yang ada di bank atau yang ada di tempat penukaran uang (money changer). Agar lebih mudah dipahami, kurs jual dan kurs beli selalu diartikan melalui sudut pandang bank atau money changer. Bukan dari sudut pandang kita sebagai orang yang menukarkan.

Kurs jual (ask price) adalah harga jual suatu mata uang yang ditetapkan atau ditawarkan bank, ketika ingin menjual mata uang tersebut kepada pembeli.

Ada 5 (lima) hal yang mempengaruhi nilai kurs, baik itu kurs jual, beli dan tengah yaitu:

  • Tingkat inflasi dan deflasi
  • Kebijakan pemerintah
  • Perbedaan tingkat suku bunga
  • Aktivitas neraca pembayaran
  • Ekspetasi

Dengan penjelasan sebagai berikut:

Jenis Faktor yang

Mempengaruhi Kurs

Keterangan

Tingkat inflasi

Inflasi berarti naiknya harga barang atau jasa atau bisa juga kamu artikan sebagai turunnya mata uang lokal. Dasar utama yang mempengaruhi hal tersebut adalah perdagangan internasional.

Seperti yang sudah kita ketahui, dasar utama yang terdapat di dalam pasar valuta asing adalah perdagangan internasional antara suatu barang ataupun jasa.

Hal ini membuat adanya perubahan pada harga mata uang lokal dan harga mata uang asing. Kondisi ini mampu menyebabkan pergerakan pada kurs valuta asing.

Kebijakan pemerintah

Kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah juga akan turut memengaruhi keseimbangan nilai tukar mata uang. Kebijakan bersifat mengawasi yaitu mengawasi nilai tukar valuta asing.

Berbagai contoh dari kebijakan tersebut adalah upaya pemerintah dalam menghindari masalah niai tukar valuta asing dan juga perdagangan internasional, serta mengintervensi pasar uang.

Perbedaan tingkat suku bunga

Tingkat bunga adalah suatu harga dari uang yang dimanfaatkan untuk jangka waktu tertentu. Perubahan tingkat suku bunga yang tinggi pada suatu negara akan turut memengaruhi arus modal internasional.

Apabila suku bunga suatu negara mengalami perubahan, hal tersebut akan mempengaruhi arus modal internasional. Jika suku bunga suatu negara mengalami kenaikan maka modal asing yang masuk juga akan semakin meningkat sehingga nilai tukar mata uang lokal meningkat.

Aktivitas neraca pembayaran

Jika neraca pembayaran bersifat aktif, maka hal tersebut dapat meningkatkan permintaan debitur asing sehingga hal tersebut membuat nilai mata uang lokal meningkat.

Sebaliknya, jika neraca pembayaran pasif, tentu saja akan membuat debitur dalam negeri menjual seluruh asetnya dengan mata uang asing yang akan berakibat turunnya nilai mata uang lokal.

Tingkat keterbukaan ekonomi juga akan turut menentukan ukuran dan dampak dari neraca pembayaran dalam nilai tukar mata uang. Seperti, efek perubahan tarif, kuota perdagangan, subsidi ekspor, pembatasan impor barang, dll.

 

Ekpetasi

Ekspektasi nilai tukar mata uang di masa yang akan datang juga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kurs. Hal tersebut bisa terjadi karena pasar valuta asing akan bertindak dengan sangat cepat ketika mendengar informasi yang berdampak di masa depan.

Sebagai contoh, berita tentang meningkatnya inflasi Amerika Serikat yang bisa menyebabkan pedagang valuta asing menjual mata uang dolarnya, karena nilai mata uang dolar bisa menjadi menurun di masa depan. Sehingga, hal tersebut akan menekan nilai tukar mata uang dolar di dalam pasar valuta asing secara otomatis

 

Kapan kurs jual digunakan?

Kurs jual merupakan kurs yang dipakai apabila bank/money changer ingin menjual uang asing (valuta asing/valas) kepada kita atau jika ingin menukarkan rupiah dengan uang asing.  Atau bisa diartikan kurs jual merupakan harga jual mata uang/valas oleh bank/money changer.

Sebagai contoh, jika kamu menukarkan uang Rupiah yang kamu punya dengan uang Dollar Amerika ($), maka kamu akan menggunakan kurs jual.

Baca Juga:  Apa Itu Kurs Beli, Faktor yang Mempengaruhi dan Cara Hitung

Cara Hitung Kurs Jual

loader

Setelah mengetahui apa itu kurs dan kurs jual secara umum. Berikutnya adalah bagaimana cara menghitung kurs jual. Dengan mengetahui cara menghitung kurs jual, kamu bisa dengan lebih tepat dalam menentukan tabungan valuta asing (valas) apa yang bagus, investasinya atau mempersiapkan biaya untuk liburan keluar negeri.

Berikut ilustrasi cara hitung kurs jual:

Kamu berencana akan liburan ke Amerika. Agar bisa berbelanja dengan uang cash di Amerika Serikat artinya kamu harus menukarkan sejumlah uang mu mata uang Amerika Serikat yaitu USD atau $ sebagaimana mata uang yang berlaku disana.

Untuk bisa menukarkan uang mu akhirnya kamu pergi ke money changer terdekat untuk menukarkan sejumlah rupiah yang akan digunakan dengan USD ($).

Pada saat menukarkan uang, kurs jual dari USD adalah $1 = Rp 15.043,84. Sementara kurs beli USD adalah $1 = Rp14.894,16. Nah, karena kamu ingin menukarkan Rupiah ke USD (Dollar Amerika Serikat) artinya kamu menggunakan kurs jual sebagai acuan penghitungannya.

Jadi jika kamu ingin menukarkan Rp35 juta ke USD cara menghitungnya adalah:

= 35.000.000 / 15.043,84 (kurs jual Dollar)

= 2.326

Jadi, Rp35 juta rupiah jika ditukarkan ke Dollar Amerika Serikat dengan acuan kurs beli, kamu mendapatkan $2.326.

Peraturan Transaksi Menggunakan Uang Asing di Indonesia

Secara umum transaksi di wilayah Indonesia wajib menggunakan rupiah. Hal ini telah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 17/3/PBI/2015 khususnya Bab II Pasal 2 tentang Kewajiban Penggunaan Rupiah. Pihak yang melakukan perdagangan barang ataupun jasa di dalam negeri tidak boleh menolak transaksi dengan mata uang rupiah.

Meskipun demikian, ada beberapa pengecualian dalam peraturan tersebut dan beberapa hal berikut masih bisa menggunakan mata uang asing:

  • Pembayaran utang luar negeri Pemerintah.
  • Belanja barang dan modal Pemerintah.
  • Jual beli surat utang atau obligasi.
  • Penerimaan pajak dan nonpajak.
  • Penerimaan hibah dari luar negeri.
  • Transaksi terkait ekspor dan impor.
  • Transaksi online lintas negara.
  • Konsumsi WNI di luar negeri.
  • Simpanan dalam bentuk valas di bank.
  • Transaksi pembiayaan dari kreditur internasional.
  • Transfer valas ke luar negeri.
  • Kredit valas untuk kegiatan ekspor.
  • Pasar uang antarbank (PUAB) dalam bentuk valas.
  • Obligasi valas.
  • Visa on arrival.
  • Proyek infrastruktur strategis Pemerintah dengan syarat tertentu.

Keluarnya aturan tersebut tak lepas dari meningkatnya transaksi yang menggunakan valas, terutama dolar. Jelas hal tersebut sama sekali tidak menguntungkan bagi Indonesia.

Sebab membuat rupiah makin melemah di hadapan dolar. Situasi tersebut jika dibiarkan akan merembet ke perekonomian Indonesia. Dan tak menutup kemungkinan terjadi krisis seperti tahun 1998 yang mana rupiah betul-betul anjlok nilainya terhadap Dollar.

Pahami dengan Baik

Karena nilai kurs setiap minggunya berubah seiring perubahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, ketahui nilai kurs baik jual dan beli terbaru saat ingin melakukan perjalanan ke luar negeri baik untuk urusan liburan, pekerjaan atau bisnis.

Karena biasanya karena kurangnya info yang didapat mengenai kurs jual dan beli, tidak sedikit yang keliru dalam memahami kedua istilah kurs tersebut. Dengan memahami penjelasan di atas, mudah-mudahan kekeliruan dalam membedakan kurs jual dengan kurs beli bisa terhindari.

Baca Juga:  Kurs Pajak: Definisi, Penetapan dan Fungsi untuk Perusahaan