Lagi Pandemi, Ini 5 Tips Sukses Dapat Kerja Lewat Virtual Job Fair

Mencari pekerjaan memang sulit karena banyaknya pesaing. Apalagi di masa pandemi corona atau Covid-19 seperti sekarang ini, tak sedikit perusahaan yang terkena dampak. Alhasil perfoma perusahaan mengalami penurunan dan tidak membuka lowongan pekerjaan.

Bagi yang baru lulus sekolah, kuliah atau masih menganggur mencari pekerjaan di tengah pandemi tetap harus dilakukan guna membangun karir cemerlang di kemudian hari dan tentunya mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan.

Jika biasanya para pencari kerja akan berbondong-bondong datang ke suatu job fair atau bursa kerja untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan, tapi hampir satu tahun ini justru job fair tidak diselenggarakan guna menghindari penyebaran virus corona.

Namun, pihak penyelenggara job fair tidak diam begitu saja. Untuk memudahkan para perusahaan dan pencari kerja, kini sudah banyak pihak yang menyelenggarakan job fair secara virtual atau online.

Jadi, para pencari kerja tidak perlu mengeluarkan ongkos perjalanan, capek-capek antre panjang dan lain-lainnya karena bisa mencari dan melamar pekerjaan dari rumah saja.

Bagi yang belum tahu mengenai virtual job fair ini, berikut beberapa ulasan mengenai virtual job fair dan tipsnya agar cepat dapat kerja yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber. Simak ulasannya!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Virtual Job Fair

loader
Job fair

Virtual job fair adalah bursa kerja berbasis online. Mulai dari pendaftaran, mencari pekerjaan, melamar, bertemu dengan wakil perusahaan secara virtual.

Mesko mencari dan melamar pekerjaan secara virtual, pihak penyelenggara tetap memberikan layanan yang terbaik agar pelamar kerja mengetahui semua informasi tentang banyak perusahaan. Selain itu, di virtual job fair juga ada sesi wawancara antara HR perusahaan dengan para kandidat yang lolos dalam penyeleksian CV.

Alasan Virtual Job Fair Wajib Dicoba

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari pekerjaan, tak ada salahnya ikut virtual job fair ini. Tak perlu ragu, berikut ada beberapa alasan virtual job fair wajib dicoba, antara lain:

1. Kualifikasi yang Tepat

Setiap pelamar kerja pastinya akan melewati kualifikasi dari perusahaan sama halnya jika Anda mengikuti virtual job fair. Data pelamar akan di cek satu per satu dan di virtual job fair ini Anda tidak perlu khawatir lagi berdesakan dengan para pelamar lainnya.

2. Meminimalisir Rasa Gugup

Pada umumnya, pelamar pekerja akan merasa gugup ketika melamar pekerjaan di perusahaan apalagi jika sudah memasuki tahapan wawancara. Jika rasa gugup ini tidak terkontrol, maka sudah dipastikan akan mengacaukan pikiran yang membuat performa diri jadi berantakan. Alhasil, akan gagal diterima kerja.

Jika Anda mengikuti virtual job fair ini tentunya Anda tidak akan bertatapan langsung dengan wakil perusahaan dalam tahap penyeleksian atau wawancara. Anda dan pihak perusahaan akan berkomunikasi lewat video call, telepon biasa atau email. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol diri sehingga proses lamar kerja di virtual job fair akan berlangsung dengan lancar.

3. Menghemat kantong

Virtual job air ini bisa dibilang menghemat kantong Anda. Hal ini dikarenakan, Anda hanya perlu membayar pendaftaran di awal saja. Setelah itu, Anda bisa langsung mengikuti virtual job fair sesuai dengan waktu yang telah terjadwalkan di rumah.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos perjalanan, belum lagi jajan atau makan di restoran atau kafe dan lain-lainnya.

4. Jaringan Perusahaan Lebih Luas

Jika biasanya, job fair diadakan di Jakarta maka hanya perusahaan sekitar Jakarta saja yang membuka lowongan di job fair tersebut. Beda halnya dengan virtual job fair ini.

Berhubung berlangsung secara online, jadi perusahaan yang daftar di job fair lebih luas karena tidak ada batasan daerah. Alhasil, Anda bisa melamar pekerjaan di perusahaan yang berada di luar kota tempat Anda tinggal.

Baca Juga: 4 Lowongan Kerja yang Akan Selalu Ada di Setiap Perusahaan

Tips Sukses Dapat Kerja Lewat Virtual Job Fair

loader
Sukses dapat kerja lewat virtual job fair

Mendapatkan pekerjaan menjadi sebah harapan besar bagi setiap pelamar kerja. Bagi Anda yang ingin berhasil keterima kerja lewat virtual job fair, tak ada salahnya terapkan tips berikut ini, antara lain:

1. Pilih Platform Virtual Job Fair yang Tepat

Agar tidak menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan virtual job fair abal, Anda perlu hati-hati dalam memilih platform virtual job fair. Pilihlah platform yang memang sudah biasa menyelenggarakan job fair sebelumnya. Setelah mendapatkan platform yang tepat, Anda bisa segera mendaftarkan diri agar tidak kehabisan kuota peserta.

2. Persiapkan CV dan Dokumen dengan Baik

Curriculum Vitae (CV) menjadi hal terpenting dalam melamar pekerjaan di setiap perusahaan. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan CV dengan baik. Cek kembali CV dengan teliti, mulai apakah susunan CV sudah tepat, tidak ada yang typo, penggunaan kata benar dan sebagainya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk melengkapi dokumen penting lainnya dalam bentuk soft copy file dan scan, seperti ijazah kelulusan, daftar nilai, pas foto, KTP, sertifikat dan lainnya.

3. Ketahui Perusahaan yang Akan Hadir

Biasanya pihak penyelenggara job fair akan memberitahu perusahaan-perusahaan apa saja yang akan hadir di virtual job fair. Tugas Anda selanjutnya adalah mencari tahu profil setiap perusahaan yang Anda pilih. Dengan begitu, Anda akan lebih menguasai tanya jawab ketika Anda telah sampai di tahap wawancara.

4. Pastikan Perangkat Memadai

Demi kelancaran dalam mengikuti virtual job fair, sebelum mengikuti virtual job fair ini Anda perlu memastikan terlebih dahulu kalau perangkat yang Anda gunakan sangat memadai. Mulai dari gadget, hingga internet yang digunakan. Pastikan kuota internet atau Wi-Fi tersedia dengan koneksi yang lancar.

Baca Juga: Ciri-Ciri Lowongan Pekerjaaan yang Patut Diwaspadai

Daftar Penyelenggara Virtual Job Fair

Berikut beberapa deretan penyelenggara virtual job fair yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • vFairs
  • The National Virtual Career Fair
  • Job for Career
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  • Setiap Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Berdoa dan Tetap Semangat Dapat Kerja

Selagi berusaha mencari kerja, Anda jangan lupa iringi setiap usaha dengan doa yang sungguh-sungguh. Anda juga perlu tanamkan semangat dalam diri agar tidak mudah menyerah dalam mendapatkan pekerjaan yang terbaik. Pastikan pekerjaan yang Anda pilih juga sesuai dengan passion, agar Anda mudah membangun karir cemerlang.

Baca Juga: Lakukan 8 Hal Ini Setelah Interview Biar Cepat Dapat Kerja