Manfaat dan Tips Aman Memilih Produk Tabungan Online

Sekarang, di era yang serba online ini, kegiatan menabung di bank sangat dimudahkan dengan hadirnya tabungan online.

Tabungan online merupakan salah satu inovasi dari sektor perbankan yang menawarkan nasabahnya untuk melakukan berbagai proses membuka rekening tabungan, menabung hingga transfer uang dari rekening tabungan secara online, tanpa harus datang ke kantor bank. Dengan kata lain, tabungan online adalah cara modern menabung.

Terobosan ini mampu memberikan berbagai macam manfaat dan keunggulan dan fitur terbaru yang tidak ditemukan pada bank konvensional.

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat dari tabungan online? dan siapa saja bank yang memiliki layanan buka rekening tabungan online? Bagaimana cara membuatnya? Penasaran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Bank yang Melayani Pembukaan Rekening Secara Online Tahun 2021

Layanan pembukaan rekening tabungan secara online (daring) kian populer seiring dengan berkembangnya teknologi perbankan. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak bank yang melayani pembukaan rekening secara online. Siapa saja banknya?

Berikut daftar bank yang memiliki fitur pembukaan rekening online di tahun 2021:

BCA, Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank DBS Indonesia, Bank Permata, Bank CIMB Niaga, Bank Sinarmas, Jenius BTPN, Bank Maybank Indonesia, Bank UOB, Bank Danamon. 

Cara Membuat Rekening Tabungan Online

tabungan online
Ilustrasi membuat tabungan online 

Tidak perlu repot dalam mempersiapkan segala berkas untuk membuka rekening tabungan online karena caranya sangat simpel. Anda hanya membutuhkan laptop atau ponsel pintar (smartphone) dengan koneksi internet untuk membuka rekening baru.

  1. Langkah pertama ialah tentukan bank pilihan yang menyediakan fasilitas tabungan online.
  2. Buka situs resmi bank tersebut dan pilih menu buka tabungan.
  3. Lalu, Anda akan dihadapkan dengan pilihan seperti petunjuk untuk mengunduh atau download aplikasi bank tersebut guna proses pembukaan rekening online atau mengisi form pembukaan rekening online.
  4. Langkah selanjutnya tinggal mengikuti prosedur lanjutan yang diminta. Umumnya, syarat yang diperlukan ialah mengunggah KTP, NPWP, foto diri serta tanda tangan di atas kertas.

Ingat, Anda tetap harus waspada penipuan online. Pastikan website/situs bank yang memiliki fitur rekening online merupakan website resmi agar tidak terjebak penipuan dan pencurian data pribadi. 

Baca Juga:  Cara Lengkap Buat Rekening Online BCA, Digibank, PermataMe, Bank Sinarmas 

Manfaat Tabungan Online

Tabungan online memiliki banyak manfaat yang bisa langsung dirasakan oleh nasabahnya. Manfaat tersebut antara lain:

1. Tidak Membutuhkan Waktu Lama dalam Membuka Rekening

Dalam membuat rekening tabungan online baru, tidak dibutuhkan waktu yang lama. Dalam hitungan menit rekening baru Anda pun sudah jadi. Hal ini karena proses registrasi dilakukan secara online.

Selain itu, Anda juga tidak perlu mengantre di bank untuk ke customer service. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan dalam membuka rekening baru pun semakin cepat. Proses cepat ini sangat menguntungkan Anda yang dalam kesehariannya sibuk akan pekerjaan di kantor.

2. Dapat Diakses Kapan Saja dan Di Mana Saja

efisensi waktu efisiensi waktu 

Kemudahan yang sudah pasti didapatkan dengan menggunakan tabungan online adalah keefesiensinya. Anda dapat mengakses dana yang dimiliki di mana saja dan kapan saja via online.

Tidak perlu mencari ATM atau datang ke bank untuk melakukan transaksi apapun. Semuanya dapat diakses melalui telepon pintar Anda yang sudah tersinkronisasi dengan rekening tabungan online. Hal ini tentu saja sangat memudahkan, andai kata Anda berada di perkampungan atau tempat yang jauh dari ATM atau bank.

3. Bebas Biaya Administrasi

Berbagai macam produk tabungan online memberikan penawaran bebas biaya administrasi. Oleh karena itu tidak perlu lagi ada pemotongan saldo sebagai biaya admin untuk transaksi yang membutuhkan biaya administrasi.

4. Terdapat Fitur Tambahan yang Tidak Tersedia pada Tabungan Konvensional

fitur tabungan online fitur pendukung tabungan online 

Salah satu keunggulan sekaligus manfaat tabungan online yang tidak tersedia pada tabungan konvensional adalah disematkannya berbagai macam fitur tambahan. Tentunya, fitur ini juga memudahkan nasabah dalam bertransaksi.

Fitur tambahan ini berbeda pada setiap jenis produk tabungan online. Misalnya pada salah satu produk tabungan online terdapat fitur mengatur nomer rekening sesuai dengan keinginan, membagi tagihan dengan rekening lain, kalender pengingat dan lain sebagainya.

Tips Aman Memilih Tabungan Online

Bagi Anda yang tertarik untuk mulai memiliki tabungan online, simak tips berikut agar aman dan tenang.

1. Pilih Bank yang Kredibel

Maraknya bank yang mengeluarkan fasilitas tabungan online membuat Anda bingung untuk memilih bank yang pas. Ada baiknya lakukan survey dulu terhadap nama dan rekam jejak kandidat bank yang akan dipilih melalui internet. Pilihlah bank yang sudah mempunyai nama dan reputasi bagus di masyarakat.

Jika ternyata pilihan bank dengan reputasi bagus ada banyak, selanjutnya adalah melakukan perbandingan terhadap keuntungan yang mereka tawarkan pada nasabah. Anda bisa memilih bank dengan penawaran paling menguntungkan dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Beda Fungsi Antara Lembaga Keuangan Bank dan Non-Bank

2. Pastikan Handphone Kompatibel

handphone terbaru
handphone yang kompatibel via shutterstock.com

Sebelum memiliki rekening tabungan online pastikan terlebih dahulu jika ponsel yang Anda miliki kompatibel untuk aplikasi tabungan online. Hal ini dilakukan mengingat ponsel merupakan instrumen utama dalam tabungan online. Semua kendali terletak pada aplikasi yang dipasang pada ponsel.

Jika ternyata ponsel yang dimiliki tidak kompatibel untuk aplikasi terkait, ada baiknya untuk mengganti handphone terlebih dahulu. Atau, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu pada pihak bank apakah ponsel yang dimiliki bisa digunakan untuk aplikasi tabungan online atau tidak. Bisanya ponsel pintar keluaran terbaru sudah pasti bisa.

3. Jangan Lupa Logout

Jangan lupa untuk mengeluarkan akun tabungan online pada aplikasi ponsel jika sudah tidak lagi digunakan. Hal ini dilakukan agar menghindari orang lain menggunakan akun Anda untuk hal-hal yang tidak diinginkan.Bahkan, demi meningkatkan keamanan tidak ada salahnya untuk logout akun setiap kali melakukan transaksi.

4. Jangan Install Aplikasi di Handphone yang Sudah Diretas

root android handphone yang diretas via shutterstock.com

Cek terlebih dahulu ponsel yang dimiliki apakah sudah diretas atau belum. Maksudnya, apakah Anda sebagai pemilik ponsel sudah mengambil alih hak akses ke sistem ponsel. Hal ini biasa dikenal dengan istilah root pada android dan jailbreak pada iOS.

Celah keamanan pada ponsel yang sudah dimanipulasi sistemnya seperti ini akan menjadi semakin besar. Oleh sebab itu, ada kemungkinan data yang berisikan info pribadi tentang akun tabungan online Anda bisa didapatkan dengan mudah oleh hacker.

Baca Juga: Waspada Tindakan Phishing yang Mengincar Uang di Rekening Anda

Akses Perbankan Ada di Tangan Anda

Dengan hadirnya tabungan online ditengah-tengah kemajuan zaman memang memberikan keuntungan lebih bagi Anda untuk menabung. Sifatnya yang mudah, praktis dan simpel, membuat akses ke rekening bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja (realtime). Singkatnya, akses perbankan ada dalam genggaman Anda.

Selain itu menabung di tabungan online memiliki banyak manfaat, salah satunya yang menarik adalah uang yang disimpan bisa digunakan sebagai deposito. Beberapa contoh produk tabungan online yang bisa menjadi pilihan adalah Jenius, Ipotpay dan Digibank. Silakan dipilih sesuai dengan layanan dan fitur yang dibutuhkan.