15 Manfaat Daun Binahong yang Menyehatkan dan Tak Boleh Dilewatkan

Semenjak ribuan tahun lalu, daun binahong dikenal menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki beragam kandungan senyawa alami yang telah dimanfaatkan dari generasi ke generasi sebagai pengobatan tradisional di Korea, Taiwan, dan juga Tiongkok.

Manfaat daun binahong ini juga tak perlu dipertanyakan lagi. Tanaman dengan nama ilmiah Anredera cordifolia tersebut adalah salah satu jenis herbal yang memiliki khasiat tinggi untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan kronis. Tak berhenti sampai di situ, hampir semua bagian dari tumbuhan binahong dapat dimanfaatkan sebagai media terapi herbal.

Secara umum, madeira vine atau daun binahong ini mempunyai khasiat sebagai antioksidan, anti nyeri, antibakteri, hingga antiinflamasi yang krusial untuk menjaga kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat daun binahong yang menyehatkan dan tak boleh dilewatkan? 

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Apa Itu Parsley dan Sederet Manfaat Kesehatannya bagi Tubuh

Apa Manfaat Daun Binahong?

loader

Apa Manfaat Daun Binahong?

  1. Mempercepat Penyembuhan pada Luka Bakar

    Khasiat daun binahong yang pertama untuk kesehatan adalah mempercepat proses penyembuhan luka, tak terkecuali pada luka bakar. Manfaat tersebut diyakini berasal dari tanin, saponin, dan flavonoid yang dikandungnya. 

    Saponin yang terkandung pada daun binahong berguna sebagai antiseptik yang mampu mencegah terjadinya infeksi bakteri yang bisa memperlambat proses penyembuhan luka. Di sisi lain, senyawa tersebut juga bisa mempercepat produksi kolagen. Sementara untuk flavonoid terbukti ampuh kurangi peradangan di luka, dan tanin mampu mengecilkan pori kulit yang terluka dan mencegah pendarahan ringan dan produksi nanah sehingga luka bisa tertutup dengan lebih cepat. 

  2. Menurunkan Risiko Diabetes

    Dengan merebus daun binahong, kamu bisa mendapatkan obat herbal untuk menurunkan risiko diabetes. Manfaat ini didukung dengan sejumlah penelitian yang menguak kemampuannya dalam menekan kadar gula darah pasca makan. 

    Senyawa kumarin, steroid, dan flavonoid pada daun binahong merupakan pemeran utama dari khasiat menurunkan risiko diabetes ini. Kombinasi dari ketiga senyawa alami tersebut mampu menghambat penyerapan dan pemecahan gula pada usus serta mendorong fungsi dan produksi hormon insulin. 

  3. Obati Hipertensi dan Cegah Penyakit Jantung

    Tidak hanya efektif menurunkan risiko diabetes, manfaat daun binahong lainnya adalah menjadi obat hipertensi dan juga mencegah serangan jantung. Kandungan pada ekstrak daun binahong pun mempunyai efek mengontrol detak jantung serta mendorong produksi urine. Kedua hal tersebut memberikan efek yang setara dengan mengonsumsi obat hipertensi diuretik dan penghambat beta.

    Dalam kata lain, ekstrak dari daun binahong diyakini mampu bermanfaat bagi penderita hipertensi. Ekstrak tanaman tersebut juga andal menurunkan tingkat kolesterol jahat serta lemak di dalam darah. Gabungan dari efek penurun kolesterol dan anti hipertensi tersebut amat penting guna mencegah serangan jantung maupun gagal jantung. 

  4. Tingkatkan Fungsi Ginjal

    Kamu juga bisa mendapatkan khasiat meningkatkan fungsi kerja pada organ ginjal. Terutama pada masalah gagal ginjal yang kronis. Manfaat daun binahong yang satu ini telah terbukti melalui sejumlah penelitian terkait adanya perbaikan pada sel ginjal yang dialami oleh pasien gagal ginjal pasca mengonsumsi ekstrak dari daun binahong. 

  5. Mengatasi Masalah Asam Urat

    Manfaat ini berasal dari flavonoid yang dipercaya mampu menghambat asam urat terbentuk dan bisa mencegah serta mengurangi risiko masalah asam urat. Jadi, bagi kamu yang memiliki keluhan masalah kesehatan ini, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daun binahong agar bisa mendapatkan manfaatnya tersebut. 

  6. Meredakan Sakit Maag yang Kambuh

    Maag adalah jenis penyakit yang bisa menyerang siapa pun tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Akibat gaya hidup dan pola konsumsi yang kurang tepat, siapa saja bisa menderita masalah kesehatan ini.

    Saat kambuh dan merasa gejala tidak nyaman dari sakit maag, kamu bisa mengobatinya dengan mengonsumsi daun binahong. Sebagai alternatif alami, gejala sakit maag bisa diredakan dengan merebus daun binahong sekitar 10 lembar menggunakan segelas air. Setelah itu, kamu tinggal meminum air rebusan tersebut 3 kali sehari agar bisa merasakan manfaat daun binahong. 

  7. Efektif Mengobati Penyakit Gagal Ginjal

    Cukup mudah, khasiat ini bisa didapatkan dengan cara merebus daun binahong sebanyak 10 sampai 15 gram hingga mendidih dengan satu gelas air. Lalu, konsumsi air rebusan tersebut sebelum makan sebanyak 3 kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

  8. Cegah Munculnya Sel Kanker

    Sebagai tanaman obat yang terkenal dengan kandungan antioksidan yang kaya, daun binahong mampu menurunkan risiko seseorang terkena sel kanker. Agar bisa mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu meminum air rebusan dari daun binahong yang sudah dikeringkan sebanyak sekali sehari dengan rutin. 

  9. Ampuh Tangani Sariawan Kronis

    Bagi kebanyakan orang, sariawan mungkin bukanlah masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Hanya saja, saat mengalami sariawan, penderitanya sering kali merasa tidak nyaman dan nyeri yang cukup mengganggu. Untuk mengatasinya, kamu bisa menjadikan daun binahong sebagai salah satu alternatif pengobatan dengan cara meminum air rebusannya yang telah didinginkan.

  10. Menjadi Obat Alami Masalah Darah Rendah

    Jika kamu termasuk sebagai pengidap penyakit darah rendah, daun binahong dapat menjadi obat herbal untuk menanganinya. Menurut beberapa sumber, daun binahong memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah tubuh sehingga efektif menangani masalah darah rendah agar gejala yang ditimbulkannya tidak sering kambuh. 

  11. Dapat Menumpas Jerawat

    Bagi kebanyakan orang, memiliki jerawat terasa seperti mimpi buruk. Umumnya terjadi pada wajah, kemunculan jerawat sering kali memengaruhi penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Karenanya, saat memiliki jerawat, tak sedikit orang langsung panik dan mencari cara untuk segera menyembuhkannya.

    Nah, jika kamu adalah salah satunya, daun binahong ini bisa menjadi alternatif alami yang ampuh untuk dipilih. Daun binahong dipercaya efektif untuk menjadi obat mengatasi masalah jerawat. Caranya cukup mudah, bubuhkan daun binahong yang telah dihaluskan pada permukaan wajah, serta meminum air rebusannya dengan ditambahkan sedikit madu. 

  12. Sembuhkan Batuk dan Sesak Napas

    Manfaat daun binahong lain yang tak kalah menariknya adalah menyembuhkan batuk dan sesak napas. Khasiat tersebut bisa menjadi solusi buat kamu yang merasa enggan untuk meminum obat berbahan kimia. Seperti kebanyakan manfaat daun binahong lainnya, kamu hanya perlu meminum air rebusan dari tanaman ini secara rutin untuk bisa merasakan khasiat yang satu ini.

  13. Menumpas Masalah Lemah Syahwat

    Khusus untuk kaum pria, lemah syahwat bisa menjadi masalah serius yang bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan membuat racikan herbal menggunakan daun binahong.

    Tidak sulit, kamu hanya perlu merebus sekitar 3 sampai 10 lembar daun tersebut dengan dua gelas air. Setelah mendidih dan hanya tersisa sekitar 1 gelas air rebusan, kamu bisa langsung meminum racikan tersebut selagi hangat dengan rutin agar masalah lemah syahwat bisa teratasi. 

  14. Lancarkan Haid

    Ada pula manfaat daun binahong untuk kaum hawa, yaitu melancarkan haid dan meredakan rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu meminum air rebusan dari daun binahong dengan rutin. 

  15. Tingkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

    Cuaca tidak menentu, gaya hidup yang tak terjaga, dan beban pikiran sering kali membuat stamina dan daya tahan tubuh menurun. Nah, agar kondisi tubuh kembali optimal, kamu mungkin perlu mendapatkan manfaat dari daun binahongc, yaitu dengan cara meminum air rebusannya secara rutin, paling tidak sehari sekali. 

Baca Juga: Kumis Kucing, Satu Tanaman Berjuta Manfaat

Konsultasikan Dulu dengan Dokter sebelum Mendapatkan Manfaat Daun Binahong

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang dimiliki oleh daun binahong, kini kamu mungkin tertarik untuk merasakannya. Namun, sebelum itu, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter agar mengetahui apakah mengonsumsi tanaman herbal tersebut aman bagi tubuhmu atau tidak. Alasan lain, beberapa khasiat daun binahong masih belum teruji secara klinis sehingga perlu persetujuan dari dokter apakah khasiat tersebut layak untuk didapatkan atau tidak. 

Baca Juga: Tahukah Kamu, Daun Salam Bisa Usir Ketombe sampai Cegah Kanker Payudara