Manfaat Menggunakan Asuransi KTA dan Cara Mendaftarnya

Asuransi Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan sebuah fitur opsional atau yang boleh dipilih bagi nasabah yang mengajukan KTA. Banyak manfaat dari fitur asuransi KTA yang akan dijelaskan secara gamblang dalam artikel ini.

Salah satu tujuan mengambil produk asuransi KTA adalah untuk menjamin pelunasan cicilan tanpa harus membebani siapapun juga ketika nasabah yang bersangkutan mengalami musibah atau risiko sehingga tidak bisa lagi untuk mendapatkan penghasilan dan melunasi cicilan.

Karena bank mempunyai prinsip, ketika seseorang mengajukan kredit tanpa agunan, maka seseorang tersebut wajib untuk membayar utang tersebut lunas dengan tidak mempedulikan apapun alasannya meskipun kematian.

Kemudian siapa yang bertanggung jawab ketika debitur tidak bisa lagi membayar cicilan akibat risiko yang tidak dia harapkan? Bagaimana kalau sampai terjadi kredit macet? Satu-satunya yang dilakukan pihak bank jika terjadi kredit macet adalah tetap menyita aset yang Anda miliki melalui prosedur hukum.

Bagaimana kalau tidak punya aset lagi? Tentunya yang bertanggung jawab adalah orang-orang terdekat Anda. Memang benar dalam hal ini, bank tersebut terdengar terlalu sadis. Akan tetapi bagaimanapun juga bank tidak mau dirugikan. Apakah ada solusi untuk itu? Pasti ada dan jawaban yang paling tepat adalah asuransi kredit.

Kalau kita berpikir bahwa biaya untuk mengajukan KTA itu terbatas pada bunga dan provisi atau yang dikenal dengan biaya administrasi ataupun biaya penalti, maka asuransi Kredit Tanpa Agunan juga mensyaratkan biaya tertentu ketika nasabah memilih fitur asuransi sebagai bagian dari pengajuan KTA. Untuk sebutan biaya asuransi sama halnya seperti asuransi yang lainnya yaitu yang kita kenal dengan istilah premi asuransi.

Untuk lebih memperjelas, apa yang dimaksud dengan asuransi KTA serta apa saja manfaatnya, marilah kita simak penjelasan pada poin-poin berikut ini.

Baca Juga: Cara Agar KTA Cepat Disetujui dan Cara Menghitung Cicilannya

Mengenal Asuransi Kredit Tanpa Agunan

Asuransi KTA

Asuransi KTA via myinvoicefinance.co.uk 

Sebagaimana halnya asuransi pada umumnya, asuransi KTA juga merupakan produk dari Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo). Biasanya ketika Anda mengajukan KTA dan disetujui, maka secara otomatis pihak bank akan menawarkan asuransi tanpa diminta.

Meskipun pada umumnya pihak bank akan membebankan biaya tersendiri untuk pembayaran premi asuransi, namun ada juga pihak bank yang tidak membebankan nasabahnya untuk membayar premi.

Tujuan dari pada asuransi kredit, menurut badan Otorisasi Jasa Keuangan (OJK), merupakan sarana untuk mempermudah dan memberikan perlindungan kepada nasabah demi menjamin kelancaran dalam cicilan. Pihak asuransi akan menjamin nasabahnya dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jika penerima kredit/debitur meninggal karena kecelakaan atau sakit alami.
  • Cacat tetap/seumur hidup karena kecelakaan sehingga penerima kredit tidak bisa lagi melanjutkan cicilan.
  • PHK. Khusus untuk poin ini terkadang juga dimasukkan sebagai salah satu poin risiko yang bisa ditanggung oleh asuransi jiwa kredit. Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi para karyawan yang bekerja di perusahaan dan biasanya rawan terhadap resiko Putus Hubungan Kerja. Karena perusahaan sifatnya juga dinamis (bisa untung dan bisa rugi) maka kemungkinan pemberhentian kerja juga sangat banyak. Oleh karena itu OJK memasukkan faktor PHK sebagai salah satu risiko sering terjadinya macet kredit.

Lebih lanjut lagi, dengan melihat dan menimbang poin-poin di atas, maka sangat disarankan Anda meneliti dan menanyakan terlebih dahulu tentang risiko apa saja yang bisa dijaminkan atas hal-hal yang mungkin terjadi selain dari 3 ketentuan umum yang biasa diterapkan oleh pihak asuransi.

Lain halnya jika pihak bank ternyata mewajibkan untuk mengikuti asuransi, maka Anda harus lebih berhati-hati lagi, karena memang sebenarnya asuransi kredit ini bersifat opsional. Jangan sampai Anda terjebak untuk membayar premi yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Kalau perlu jika terjadi kejanggalan Anda bisa mencari bank lain untuk mengajukan KTA.

Manfaat Asuransi KTA

Asuransi kredit pada dasarnya difungsikan untuk meraih win-win solution baik untuk pihak bank maupun debitur. Pihak bank sebenarnya tidak mau dirugikan atas apa yang dipinjamkan, apalagi ini untuk pinjaman yang bersifat tanpa agunan/jaminan karena debitur sama sekali tidak menjaminkan aset apapun kepada bank.

Perlu Anda ketahui juga bahwa untuk jenis kredit ini, debitur dibebankan sepenuhnya untuk membayar cicilan, sehingga apabila yang bersangkutan tidak bisa membayar cicilan dan tidak mengikuti asuransi, maka pihak keluarga-lah yang akan menanggung cicilan selanjutnya.

Dengan mengikuti asuransi kredit, maka Anda telah mengurangi berbagai resiko untuk diri Anda sendiri dan orang-orang terdekat Anda, karena asuransi tersebut bisa Anda andalkan sebagai wujud dari tanggung-jawab Anda sebagai debitur.

Demi mengurangi resiko apapun yang bisa terjadi kapan saja, maka dengan mengikuti asuransi Anda telah berusaha semaksimal mungkin dalam memenuhi kewajiban-kewajiban Anda sebagai orang yang menerima utang.

Namun demikian, kesempatan ini terkadang dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk sengaja tidak membayar cicilan dengan dalih bahwa orang tersebut sudah mengikuti asuransi dan apabila terjadi macet kredit maka pihak asuransi akan melunasi utang tersebut.

Di sini Anda jangan sampai salah menafsirkan asuransi, karena pihak asuransi hanya akan menanggung utang Anda dengan kondisi-kondisi tertentu yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga: Apa Saja Biaya KTA Selain Bunga? Ini Dia Rinciannya!

Mendaftar Asuransi KTA

Memanfaatkan Asuransi KTA

Memanfaatkan Asuransi KTA via wns.com 

Ada sebuah pertanyaan, bagaimana cara daftar asuransi kredit (KTA)? Untuk ikut dalam program asuransi kredit, Anda tidak perlu repot-repot ke sana-kemari untuk memenuhi persyaratan dan lain-lain. Karena asuransi ini biasanya sudah termasuk dalam perjanjian pengajuan KTA, maka yang harus Anda lakukan adalah cukup menyetujui untuk ikut asuransi.

Namun demikian, Anda masih harus membaca perjanjian tersebut dengan teliti tentang berapa besar premi yang harus Anda bayar setiap bulannya, apa saja yang bisa ter-cover dari kemungkinan risiko yang akan datang, dan berbagai hal lainnya  yang tertuang dalam perjanjian asuransi tersebut.

Jika ditemukan bahwa premi asuransi tersebut terlalu mahal atau ada kejanggalan maka tidak ada salahnya Anda membatalkan KTA dan mencari bank lain. Dengan demikian biaya yang harus Anda bayarkan untuk premi harus sebanding dengan manfaat yang akan Anda dapatkan nantinya.

Satu hal lagi yaitu tentang klaim asuransi. Setelah Anda setuju untuk mengikuti asuransi kredit, maka hal selanjutnya yang harus Anda tanyakan adalah tentang bagaimana cara klaim asuransi tersebut. Namun biasanya pihak bank akan menjelaskan secara detail tentang ketentuan, biaya premi dan lain sebagainya.

Dapatkan Manfaat Maksimal

Premi asuransi KTA sebenarnya tidaklah mahal. Apalagi jika dikaitkan dengan risiko yang bisa saja terjadi. Anda bisa bayangkan betapa susahnya jika masih punya tunggakan angsuran KTA kemudian terkena musibah sehingga angsuran macet, dan pihak bank menyita aset Anda. Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga. Untuk menghindari ini sebaiknya Anda ambil asuransi KTA dengan manfaat seperti uraian diatas.

Baca Juga: Panduan Mengajukan Aplikasi KTA Melalui Cermati.com