Mau Beli HP Baru, Baiknya Pilih Kredit atau Cash?

Smartphone kesayangan sudah mulai lemot dan kerap error? Nah, mungkin ini saatnya untuk mengganti ponsel dengan yang baru! 

Tapi, setelah sibuk memilih-milih ponsel baru yang akan dibeli, baru sadar sesuatu. Sebaiknya beli ponsel baru secara kredit atau cash, ya?

Apalagi selama ini memang sudah menabung cukup lama untuk beli ponsel impian secara cash, bukan kredit. Akan tetapi, ada kalanya hati terasa bimbang saat ingin membayar ponsel yang harganya lumayan. Bahkan, mungkin terbersit pemikiran "rugi gak sih beli ponsel secara cash"?

Sedangkan jika harus beli kredit, kamu pun merasa rugi karena bunga pinjamannya yang tingginya "ngeri". Bukan cuma itu, beli ponsel secara kredit pun bikin masalah baru. Dimana, tiap bulan harus bayar cicilannya.

Jika begini, lantas opsi mana yang harus dipilih? Beli ponsel secara kredit atau justru beli cash saja? Daripada pusing sendiri, yuk simak ulasan berikut ini biar makin mudah menentukan pilihan.

Bingung cari pinjaman yang tepat? Cermati solusinya!

Bandingkan Pinjaman Kilat Terbaik Sekarang!  

Beli Ponsel Kredit atau Cash dan Pertimbangannya

loader

Sebelum memutuskan pilihan, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu jika ingin membeli ponsel. Karena pilihan pembayaran secara cash maupun kredit tentunya memiliki konsekuensinya masing-masing. Berikut ulasannya.

Beli Ponsel Baru Secara Kredit

Membeli ponsel yang diimpikan secara kredit sebetulnya bisa memberikan manfaat dan keuntungan tersendiri. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika beli hp baru secara kredit: 

1. Tidak Mengganggu Kondisi Finansial

Bagi mereka yang memang sudah mengalokasikan dana untuk membeli ponsel baru mungkin tak akan ada masalah. 

Karena tak sedikit orang yang mulai aware dan mulai mencadangkan dananya untuk dialokasikan untuk dana darurat. Nah, membeli ponsel baru bisa jadi salah satu kebutuhan darurat yang tiba-tiba harus dipenuhi.

Tapi, coba bayangkan jika kamu sama sekali tidak punya tabungan sedikit pun untuk pegangan hidup. Kebahagiaan setelah bisa beli HP baru secara cash bisa-bisa jadi petaka mengerikan.

Misalnya saja, bulan Februari kamu jadi beli ponsel mahal secara cash dan bikin saldo di rekening lumayan terkuras. Tapi tiba-tiba, ternyata di bulan Maret harus mengeluarkan banyak dana karena motor yang digunakan untuk bekerja tiba-tiba harus turun mesin. 

Lantas, bagaimana bisa bawa motor ke bengkel jika saldo tabungan sudah dihabiskan semuanya untuk beli ponsel baru? Jika kamu memiliki sifat 'sedia payung sebelum hujan', maka beli ponsel baru secara kredit bisa cukup berguna. 

Lantaran, anggaran untuk beli ponsel baru bisa disebar untuk beberapa bulan selanjutnya sesuai tenor cicilan kredit yang diambil. Artinya, saldo rekening masih cukup jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak terduga.

2. Skor Kredit Meningkat

Bukan hanya itu, membeli ponsel baru secara kredit ternyata juga bisa membantu meningkatkan skor kredit, lho. Memangnya apa itu skor kredit dan dimana pentingnya?

Perlu diketahui, skor kredit merupakan sistem yang dipakai oleh lembaga keuangan untuk menentukan layak tidaknya seseorang untuk memperoleh pinjaman. Skor tersebut dilihat dari tepat tidaknya waktu pembayaran tagihan yang ada saat ini. 

Jadi, jika skor kredit ternyata mumpuni, artinya pihak bank juga akan lebih mudah memberikan persetujuan pinjaman atau kredit di masa mendatang.

3. Gunakan untuk Beli Aset Produktif 

Beli hp baru secara kredit, kedengarannya memang sesuatu yang lebih baik. Tapi tunggu dulu, beli HP baru secara kredit juga ada rambu-rambu yang harus diperhatikan. 

Berbagai financial planner menyebutkan, jika seseorang boleh mengajukan kredit ketika aset yang akan dibeli terbilang produktif. Ini bertujuan, agar tak membebani diri sendiri secara finansial saat akan membayar cicilannya. Sebab beban kreditnya bisa dibayar dengan hasil produktivitas dari aset tersebut.

Dengan begitu, maka kamu harus bisa bayar cicilan kredit ponsel baru dengan cuan yang diperoleh lewat ponselmu. Tapi, bagaimana caranya? 

Tenang, ada banyak cara mendapatkan cuman hanya berbekal hp saja, lho. Mulai dari jadi konten kreator video pendek, penulis lepas atau jadi reseller. Semuanya bisa dilakukan dari hp baru tersebut.

Untuk itu pastikan untuk beli ponsel yang memang mumpuni. Agar bisa mendukung berbagai aktivitas untuk menghasilkan cuman dari ponsel.

Baca Juga: Kamu Wajib Lakukan Ini untuk Melacak HP yang Hilang

Beli Ponsel Baru Secara Cash

Jika uang tabungan yang ada sangat mepet, beli ponsel baru secara kredit mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Tapi jika ada cukup dana di tabungan, maka beli ponsel baru secara tunai akan jauh lebih disarankan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Bebas Beban Bulanan

Mungkin dengan beli ponsel baru secara cash, tampaknya bisa bikin bangkrut seketika. Anggap saja saat baru beli Samsung Flip terbaru seharga Rp12 jutaan. Tentu berkurangnya saldo di rekening bikin kamu nyesek.

Namun sisi baiknya, kamu jadi tak punya beban setiap bulannya untuk melunasi cicilan hp baru tersebut. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus menggunakan gaji bulanan untuk mendapatkan goal finansial yang selanjutnya.

2. Bantu Bikin Anggaran Sesuai Rencana

Selain bebas beban bulanan, dengan beli ponsel baru secara tunai bisa bantu pengeluaran lebih bisa dikontrol. Dimana, kamu akan mendapatkan dorongan untuk membelanjakan uang sesuai budget yang sudah dicanangkan. 

3. Kreatif Menemukan Sumber Penghasilan Lainnya

Sehabis beli sesuatu dalam jumlah besar secara cash, siapapun pasti merasa bokek alias kantong kering. Apalagi, uang untuk beli HP termasuk dalam jumpa yang cukup besar. 

Hal ini bisa membuat seseorang tergerak untuk mendapatkan sumber pemasukan baru lainnya. Supaya bisa menutupi pengeluaran besar yang sudah dilakukan, misalnya saja dengan imbal hasil dari investasi.

4. Bentuk Apresiasi untuk Diri Sendiri

Tak perlu khawatir bakal jatuh miskin lantaran beli apapun secara cash. Pasalnya, ini artinya kamu telah berhasil mencapai tujuan finansial dari kegiatan menabung dan berhemat yang dilakukan.

Dengan menabung sesuai rencana, lalu membelanjakannya. Ini sama saja dengan memberi apresiasi pada diri sendiri atas pengorbanan yang dilakukan saat berhasil menabung. Sehingga, apa yang diinginkan bisa dibeli tanpa perlu berhutang.

Baca Juga: 6 Penyebab yang Bikin Hp Lola, ini Tips Praktis untuk Mengatasinya

Sesuaikan Kondisi, Agar Tak Jadi Beban 

Sebetulnya, beli hp baru secara kredit atau cash sama-sama punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tergantung dari sudut pandang mana kamu melihatnya. Jika punya uang yang cukup untuk beli ponsel secara tunai, maka kredit kurang efektif.

Lain halnya jika memang kebutuhan beli ponsel baru sangat mendesak tapi uangnya belum cukup. Tentu pilihan untuk beli kredit adalah opsi yang tepat. Pastinya, setiap pilihan ada konsekuensi yang harus dipahami agar tidak menjadi beban di kemudian hari.

Nah, jadi kamu tim yang mana? Tim beli ponsel baru secara kredit atau cash

Baca Juga:  5 Tanda HP Perlu Diganti dan Tips Membeli HP