Kenali Berbagai Fitur Kartu Kredit yang dapat Membantumu

Kartu kredit memang terkenal dengan berbagai promo yang diberikan serta kemudahannya. Namun, masih ada orang yang belum mengetahui fitur kartu kredit yang memudahkan transaksi, seperti point reward, air miles, dan sebagainya. Ada pula fitur yang memberikan keamanan saat bertransaksi.

Untuk mengetahui fitur apa saja yang ada pada kartu kredit, simak penjelasan berikut.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

12 Fitur Kartu Kredit agar Penggunaannya Makin Maksimal

loader

Fitur dalam Kartu Kredit

  1. Promo yang Berlimpah

    Memang tidak bisa dipungkiri, salah satu hal yang paling menarik dari penggunaan kartu kredit adalah berbagai promonya. Setiap penerbit kartu kredit berlomba-lomba untuk memberikan promo yang paling menarik. Promo yang sering diberikan penerbit kartu kredit umumnya berupa diskon, cashback, serta cicilan 0%.

    Biasanya, promo ini berlaku pada saat kamu melakukan transaksi di mesin EDC atau aplikasi belanjamu. Namun, promo ini juga terkadang diberikan setelah kamu melakukan transaksi. Artinya, pihak bank penerbit kartu kredit memberikan kesempatan untuk nasabah untuk mengubah tagihan menjadi cicilan setelah transaksi masuk yang bisa dilakukan di aplikasi m-banking bank bersangkutan.

  2. Point Reward

    Salah satu fitur andalan yang sering diincar pada kartu kredit adalah point reward. Fitur ini bisa didapatkan ketika nasabah sudah menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi. Artinya, makin sering kamu bertransaksi menggunakan kartu kredit, makin banyak point reward yang didapatkan.

    Point reward ini dapat mengurangi nominal transaksi atau bahkan menjadikan transaksi gratis. Maka, tidak heran jika terdapat banyak orang yang gemar menggunakan kartu kredit untuk mengumpulkan point reward.

  3. Air Miles

    Semua traveller pasti mengetahui bahwa bepergian membutuhkan biaya yang sangat besar, terutama biaya transportasi dan akomodasi. Hobi traveling memang terlihat sebagai gaya hidup yang sangat tinggi. Tapi, nyatanya bepergian tidak melulu mengeluarkan kocek yang besar.

    Caranya adalah dengan menggunakan air miles. Fitur ini akan sangat berguna bagi kamu yang gemar bepergian atau travelling, khususnya menggunakan pesawat. Setiap kali membeli tiket pesawat menggunakan kartu kredit, kamu akan mendapatkan air miles. Nah, sama dengan point reward, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan keringanan nominal transaksi atau bahkan bisa gratis. Dengan air miles, kamu juga bisa upgrade kelas penerbangan, seperti dari kelas ekonomi menjadi kelas bisnis.

  4. Autopay

    Tagihan di kartu kredit tidak selalu datang dari transaksi pembelian, tetapi bisa juga dari tagihan yang bersifat rutin, seperti pembayaran asuransi, listrik, air, internet, telepon, dan sebagainya. Nah, kamu bisa menggunakan fitur autopay ini agar tidak selalu pusing membayar tagihannya setiap bulan. Selain itu, kamu juga lebih bisa mengetahui secara pasti jumlah tagihan bulananmu.

  5. Contactless Payment

    Transaksi menggunakan kartu kredit secara offline biasanya menggunakan mesin EDC dengan cara digesek atau dimasukkan. Sekarang ini, beberapa kartu kredit sudah mengeluarkan fitur contactless payment, yaitu hanya dengan melakukan tap atau didekatkan pada mesin EDC. Kamu pun juga tidak perlu memasukkan PIN atau bahkan melakukan tanda tangan.

  6. Aplikasi Mobile

    Saat penggunaan kartu kredit, tentunya kamu ingin mengetahui berapa limit yang sudah terpakai, transaksi apa saja yang sudah tertagih, dan sebagainya. Jika menunggu hingga tanggal cetak, kamu akan menunggu waktu yang lama.

    Nah, kamu sudah tidak perlu lagi menunggu lama. Hampir semua penyedia kartu kredit sudah memiliki aplikasi mobile. Di dalamnya, terdapat informasi limit, transaksi yang tertagih secara real time, bahkan mengubah tagihan menjadi cicilan.

  7. QRIS Payment

    Salah satu fitur yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi adalah QRIS Payment. Beberapa kartu kredit sudah menyediakan layanan ini yang tersedia pada aplikasi mobile.

    Untuk bertransaksi, kamu tidak perlu lagi membuka dompet dan mengeluarkan kartu. Sebab, fitur ini sangat mudah untuk digunakan. Kamu hanya perlu membuka aplikasi mobile penyedia kartu kredit dan membuka fitur QRIS Payment. Scan QRIS yang disediakan dan kamu tinggal pilih sumber dana yang diinginkan.

  8. Tarik Tunai

    Tarik tunai atau cash advance ini merupakan fitur yang membantumu mendapatkan uang tunai atau cash. Layaknya kartu debit, kartu kredit pun dapat digunakan di ATM untuk menarik uang.

    Namun, fitur ini lebih baik digunakan dalam keadaan darurat saja. Sebab, penarikan uang ini akan masuk ke dalam tagihan kartu kredit. Selain itu, terdapat biaya tarik tunai yang tidak kecil.

  9. Pinjaman dari Kartu Kredit

    Nah, selain tarik tunai, kamu juga bisa mendapatkan uang tunai dari kartu kredit dengan fitur pinjaman. Ada beberapa penyedia kartu kredit yang menawarkan pinjaman pada nasabahnya. Biasanya, pinjaman dari kartu kredit ini bersifat undangan. Artinya, pihak penyedia kartu kredit yang akan menawarkan langsung ke nasabah, bukan nasabah yang mengajukan.

    Karena sifatnya undangan, tentunya fitur ini hanya akan ditawarkan pada nasabah yang sudah menggunakan kartu kredit secara rutin. Selain itu, biasanya nasabah yang ditawarkan umumnya yang memiliki riwayat pembayaran kartu kredit lancar.

  10. Balance Transfer

    Fitur balance transfer ini merupakan pemindahan saldo atau sisa tagihan yang ada di satu kartu kredit ke kartu kredit lainnya. Jadi, dengan melakukan balance transfer, kamu bisa membayar sisa tagihan di kartu kredit yang baru.

    Biasanya, fitur ini digunakan jika kamu melakukan penutupan kartu kredit dan mengganti kartunya di penyedia kartu kredit yang sama. Misalnya, kartu kreditmu dibobol dan kamu meminta penggantian kartu. Maka, pihak penyedia kartu kredit pun akan mengganti kartumu dan melakukan pemindahan sisa tagihan dari kartu lama ke kartu baru.

    Namun, terkait hal ini kamu perlu memastikan terlebih dahulu ke pihak penyedia kartu kredit, ya. Pastikan terlebih dahulu apakah fitur ini bisa digunakan pada kartu kreditmu.

  11. Cicilan

    Setiap transaksi yang masuk ke tagihan kartu kredit dapat diubah menjadi cicilan. Fitur ini membuat tagihanmu menjadi lebih ringan di bulan berikutnya.

    Kamu pun harus memastikan kembali pada pihak penyedia kartu kredit bagaimana sistem cicilan ini. Sebab, banyak penyedia kartu kredit menetapkan nominal minimum yang bisa dicicil.

  12. Asuransi Kartu Kredit

    Seperti asuransi pada umumnya, asuransi kartu kredit memberikan proteksi pada nasabah pengguna kartu kredit. Proteksi yang diberikan berupa pelepasan tanggung jawab untuk melunasi tagihan apabila nasabah tersebut terkena musibah, seperti ketidakmampuan fisik akibat sakit atau kecelakaan serta meninggal dunia. Jadi, asuransi tidak hanya digunakan untuk memproteksi diri atau barang, tetapi cicilan pun bisa diproteksi.

Maksimalkan Fitur-Fitur Kartu Kredit agar Penggunaan Makin Nyaman

Beragam fitur pada kartu kredit bertujuan agar nasabah mendapatkan experience yang maksimal ketika bertransaksi. Ada fitur yang meringankan beban tagihan, seperti cicilan dan promo. Ada juga fitur yang memberikan kemudahan dalam transaksi, seperti contactless payment dan QRIS payment. Bahkan, ada yang memproteksi tagihanmu ketika kamu mendapatkan musibah yang menyebabkan ketidakmampuan.

Setelah mengetahui berbagai fitur kartu kredit ini, tentunya kamu akan memaksimalkannya, kan? Meskipun fiturnya banyak dan membuatmu nyaman dalam bertransaksi, kamu tetap harus menjaga diri agar tidak menjadi konsumtif, ya. Sesuaikan dengan kemampuan finansialmu untuk membayar tagihan setiap bulannya.