12 Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui

Kartu kredit memang memberikan kemudahan bagi Anda untuk bertransaksi, baik pembayaran secara langsung atau melalui media online. Selain itu, seringkali kartu kredit juga memberikan penawaran yang sangat menarik, mulai dari diskon produk yang besar hingga bonus-bonus yang menguntungkan.

Akan tetapi, tidak jarang kartu kredit menimbulkan pertanyaan di benak Anda. Tagihan apa saja yang ada pada kartu kredit? Karena seringkali, meskipun Anda membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, kadangkala masih saja ada biaya tambahan. Oleh karena, berikut ini beberapa referensi bentuk tagihan yang ada pada kartu kredit.

 

1. Biaya Tahunan

Biaya tahunan via dealer-communications.com

 

Biaya tahunan dibebankan ke dalam tagihan pertama saat Anda menggunakan kartu kredit. Kemudian, dibayar ketika Anda telah menggunakan kartu kredit selama 1 tahun. Biaya ini berbeda untuk setiap jenis kartu, seperti classic, gold, platinum, dan seterusnya. Besaran biaya tahunan yang dikenakan pun berbeda-beda tergantung bank yang menerbitkannya.

 

2. Biaya Materai

Biaya materai via res.cloudinary.com

 

Saat batas tertentu pemakaian kartu kredit, Anda akan dikenai biaya materai. Nilainya sekitar Rp3.000,00 atau Rp6.000,00, tergantung jumlah pembayaran tagihan yang diminta bank. Terlihat sepele, namun ada baiknya untuk disiapkan ya!

 

3. Biaya Keterlambatan

Biaya keterlambatan via res.cloudinary.com

 

Biaya keterlambatan dikenakan jika Anda terlambat melakukan pembayaran sesuai batas waktu yang telah ditetapkan. Biasanya, sekitar 3% dari total tagihan. Namun, beberapa penerbit kartu kredit ada yang menetapkannya dengan batas maksimum.

 

4. Biaya Bunga

Biaya bunga via images.wisegeek.com

 

Saat Anda membeli sebuah barang dengan sistem kredit, biasanya bank akan mengenakan sistem bunga. Batasan biaya bunga kartu kredit ini diatur oleh Bank Indonesia dengan jumlah yang bisa berubah mengikuti kebijakan yang dikeluarkan. Besaran bunga maksimum pada Desember 2014 adalah 2,95% per bulan atau 35,40% per tahun.

 

5. Biaya Kelebihan Pemakaian (over limit)

Over limit via blog.creditkarma.com

 

Apabila pemakaian kartu kredit yang Anda miliki melebihi batas limit yang sudah diberikan, Anda biasanya akan didenda dengan biaya tambahan.

 

6. Biaya Tarik Tunai

Biaya tarik tunai via 2fm9xz2drvqemrbu.zippykid.netdna-cdn.com

 

Jika menarik uang tunai dengan kartu kredit, biasanya Anda akan dikenakan bunga antara 3-6% dari jumlah uang yang ditarik. Besar kecilnya bunga tergantung dari bank yang memberikan. Jika sering menggunakan fasilitas ini, sebaiknya Anda memilih bank dengan bunga tarik tunai yang lebih rendah.

 

7. Biaya Konversi Mata Uang Asing

Biaya konversi mata uang asing via in-spirelsmagazine.co.uk

 

Jika Anda memiliki hobi jalan-jalan atau urusan bisnis ke luar negeri, pengunaan kartu kredit sering menarik biaya untuk konversi mata uang asing. Hal yang sama pun berlaku jika Anda melakukan belanja online di situs luar negeri.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Kadangkala, kartu kredit juga menyediakan kemudahan untuk bertransaksi di luar negeri. Bisa jadi kartu kredit Anda menawarkan nilai tukar mata uang dengan nilai yang bersaing. Sehingga, Anda tidak mengalami kerugian. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu promosi yang berhubungan dengan biaya ini.

 

8. Biaya Keterlambatan Membayar Tagihan

Biaya keterlambatan bayar tagihan via lowcards.com

 

Jika Anda terlambat membayar tagihan, Anda akan dikenakan denda sebanyak 3% dari jumlah total tagihan. Jadi, pastikan untuk tidak telat dalam bayar tagihan.

 

9. Biaya untuk Salinan Tagihan

Biaya salinan tagihan via google.com

 

Salinan tagihan pun menjadi beban yang perlu Anda bayar. Besarannya sekitar Rp5.000,00-Rp35.000,00. Itu pun tergantung jenis kartu kredit Anda. Untuk menyiasatinya, Anda dapat meminta salinan tagihan melalui surel (email).

Baca juga: 4 Alasan Untuk Menyetujui Penawaran Kartu Kredit

 

10. Biaya Penggantian Kartu

Biaya penggantian kartu via cdnimages.abs-cbnnews.com

 

Jika kartu Anda hilang atau rusak, anda harus membayar biaya pergantian kartu baru. Tentunya, harganya tergantung kebijakan masing-masing bank.

 Baca Juga: Surcharge Kartu Kredit, Legal atau Tidak?

11. Biaya Pembatalan Cicilan

Biaya pembatalan cicilan via google.com

 

Biaya ini dikenakan bila Anda melakukan pelunasan awal transaksi cicilan sebelum jangka waktu cicilan berakhir. Besar biaya ini juga berbeda untuk masing-masing penerbit kartu. Berkisar antara Rp200.000,00-Rp250.000,00.

12. Biaya Pengembalian Cek/Giro

Biaya pengembalian cek/giro via res.cloudinary.com

 

Biaya ini dikenakan pada Anda jika Anda membayar tagihan kartu kredit dengan cek/giro yang harus diproses melalui kliring. Biasanya, biaya kurang lebih Rp25.000,00.

Setelah mengetahui apa saja biaya yang dikenakan pada kartu kredit, selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan ulang untuk memiliki atau memperpanjangnya. Hitung biaya-biaya tagihan kartu kredit tersebut apakah sebanding dengan keuntungan yang Anda dapatkan.

Baca juga: Mengenal dan Memanfaatkan Kredit Cicilan 0%

Ketahui Biaya-Biayanya Agar Tidak Menyulitkan

Dalam menggunakan kartu kredit, kita tidak cuma dibebankan biaya iuran bulanan saja. Tetapi juga sejumlah biaya lain yang sudah disebutkan di atas. Karena itu, ketahui semuanya, agar tidak menyulitkan kita ketika suatu waktu kita harus membayarnya. Jadi, telitilah dalam menggunakan Kartu Kredit ya!

Baca juga: Kartu Debit vs Kartu Kredit, Mana Pilihan Anda?