Menderita Wasir? Ketahui Hal yang Pantang untuk Dilakukan dan Tips Mengobatinya Secara Alami

Ambeien atau wasir adalah salah satu masalah kesehatan yang dapat mengganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman untuk berkegiatan sehari-hari. Pasalnya, penderita penyakit tersebut akan selalu merasa kesulitan saat bergerak dan juga duduk, terlebih saat kondisinya sudah terlalu parah.

Memang, penyakit ini masih belum diketahui penyebab pastinya. Namun, kebanyakan kasus pasien penyakit ini terjadi akibat meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di area sekitar anus. Hal tersebut mengakibatkan pembuluh darah mengalami pembengkakan serta peradangan. 

Pada dasarnya, wasir bisa sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan obat saat gejalanya masih ringan. Akan tetapi, akibat gaya hidup serta kebiasaan yang dilakukan oleh penderitanya, bukan tidak mungkin penyakit ambeien akan menjadi semakin parah. Jika terus dibiarkan, penderita penyakit tersebut akan membutuhkan penanganan medis khusus agar bisa sembuh. 

Nah, agar tidak menjadi semakin parah, ada beberapa pantangan yang yang harus diketahui oleh para penderitanya. Dengan mengikuti anjuran untuk tidak melakukan hal yang dilarang tersebut, penyakit wasir akan bisa sembuh dengan lebih cepat. Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut adalah hal yang pantang dilakukan oleh penderita ambeien. 

Baca Juga: Ada Banyak Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Meningkatkan Imunitas!

Makanan yang Pantang untuk Dikonsumsi

loader

Berhubungan dengan sistem pencernaan, penyakit ambeien bisa menjadi lebih parah saat penderitanya memiliki pola makan tidak terjaga. Pasalnya, saat tidak menjaga asupan, tubuh akan menjadi lebih rentan terkena sembelit atau kesulitan untuk BAB. Hal tersebut menyebabkan penderita penyakit tersebut harus mengejan saat buang air besar. 

Agar sistem pencernaan menjadi lebih lancar, menjaga pola makan adalah yang cukup penting untuk dilakukan oleh penderita wasir. Tidak hanya pola makan, jenis makanan yang dikonsumsi juga memiliki peranan penting dalam menjaga kelancaran sistem pencernaan. Dengan begitu, wasir tidak akan menjadi semakin parah dan dapat disembuhkan dengan mudah.

Terdapat beberapa macam makanan yang pantang untuk dikonsumsi penderita wasir, misalnya:

  1. Roti.
  2. Daging.
  3. Makanan beku.
  4. Olahan susu.
  5. Fast food. 

Jika jenis makanan tersebut dikonsumsi, apalagi dalam jumlah yang cukup banyak, akan membuat proses BAB lebih sulit untuk dilakukan. 

Penderita juga perlu membatasi konsumsi makanan yang mengandung banyak sodium atau garam. Saat masuk ke dalam tubuh, air dalam tubuh akan diikat oleh garam dan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah. 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, penyakit ini diakibatkan oleh pembengkakan pembuluh darah di area rektum. Jadi, saat tekanan darah menjadi lebih tinggi, maka tingkat keparahan penyakit ini juga akan bertambah. 

Lalu, jenis makanan apa yang dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit ambeien? Tentunya jenis makanan yang didalamnya mengandung banyak serat, sebagai contoh:

  1. Apel.
  2. Pir.
  3. Pisang.
  4. Brokoli.
  5. Alpukat.
  6. Kacang.
  7. Gandum utuh.
  8. Oatmeal. 

Nah, jika tetap ingin mengonsumsi roti, usahakan untuk memilih roti gandum karena kandungan seratnya lebih banyak.  

Pantang Lakukan Ini Ketika Buang Air Besar

Sebagai penyakit yang menyerang rektum atau anus, ada beberapa hal yang pantang untuk dilakukan oleh penderita ambeien saat BAB. 

  1. Tidak menunda BAB karena dapat menyebabkan sembelit dan akhirnya memperparah sakit yang diderita. 
  2. Saat menggunakan toilet duduk, usahakan untuk mencari pijakan sehingga kaki menjadi lebih condong ke atas. Dengan melakukan ini, bagian rektum akan menjadi lebih lurus posisinya dan mempermudah proses pembuangan kotoran.
  3. Usahakan untuk tidak mengejan terlalu keras saat sedang BAB. Mengejan dapat memperparah penyakit ambeien karena kontraksi otot pada bagian pantat akan membuat pembuluh darah menjadi tertekan. Jika terlalu sering dilakukan, tingkat keparahan ambeien akan meningkat dan lebih lama disembuhkannya. 
  4. Hindari melakukan aktivitas yang dapat memperparah penyakit ambeien agar proses penyembuhannya menjadi lebih cepat. Hal tersebut harus dilakukan karena kontraksi di bagian pantat akibat mengangkat barang berat, batuk yang parah, serta kehamilan dapat memberikan tekanan ke pembuluh darah. 
  5. Jangan berlama-lama duduk, baik pada saat kegiatan biasa maupun saat sedang BAB. Sudah jelas jika duduk yang terlalu lama membuat pantat menerima tekanan yang terlalu banyak. Selain dapat menyebabkan sembelit dan pencernaan menjadi tidak lancar, peredaran darah di area tersebut juga menjadi lebih sulit.

Baca Juga: Beragam Manfaat Lidah Buaya, Salah Satunya Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh!

Obat Wasir Alami

loader

Wasir atau ambeien sebenarnya bisa disembuhkan dengan cara di atas saja jika kondisinya memang belum terlalu parah. Namun, ada beberapa obat wasir alami yang bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit tersebut. Bahkan, obat alami ini mampu menyembuhkan wasir saat gejalanya sudah mulai berat dan semakin parah. 

Pengobatan secara alami ini juga perlu untuk dilakukan jika wasir dirasa sudah terlalu menyakitkan dan membuat penderitanya kesulitan untuk beraktivitas. Oleh karena itu, simak obat ambeien alami berikut ini: 

  1. Lidah Buaya

    Siapa yang sangka jika tanaman herbal ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan ambeien? Lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan kecantikan, seperti menjaga kesehatan kulit dan juga rambut. Namun, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan wasir.

    Caranya cukup mudah, oleskan gel atau krim ekstrak lidah buaya secara lembut pada bagian anus yang membengkak. Lakukan hal ini secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali sehari atau sampai gejala ambeien sudah tidak dirasakan kembali.

    Meski aman dan tidak menimbulkan efek samping, pemakaian lidah buaya untuk menyembuhkan penyakit ini masih perlu dibuktikan secara klinis. Dengan begitu, dapat diketahui apakah penggunaan aloe vera ini benar-benar efektif menyembuhkan ambeien atau tidak.   

  2. Tanaman Witch Hazel

    Witch Hazel adalah salah satu tanaman herbal yang dikenal dapat meredakan rasa gatal, nyeri, dan perih akibat ambeien. Hal ini disebabkan karena tanaman herbal tersebut mengandung tanin serta minyak alami yang dipercaya mampu meredakan peradangan, pembengkakan, dan juga iritasi yang disebabkan oleh wasir. Obat alami ini biasa dijual dalam bentuk krim atau salep dan bisa langsung dioleskan ke bagian anus yang mengalami wasir.

  3. Essential Oil dan Minyak Mineral

    Selanjutnya adalah essential oil dan minyak mineral. Beberapa minyak dari jenis ini meliputi minyak kelapa, minyak dengan kandungan chamomile, minyak vitamin E, minyak ikan, dan lain sebagainya. Bagi yang belum tahu, jenis minyak tersebut berkhasiat untuk meredakan pembengkakan serta peradangan yang diakibatkan oleh wasir. 

    Di samping itu, kedua jenis minyak tersebut juga dapat berperan sebagai pelembap pada pada kulit anus sehingga rasa perih dan gatal karena ambeien dapat dikurangi. Jadi, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan minyak mineral atau essential oil sebagai obat menyembuhkan penyakit tersebut.  

  4. Berendam dengan Air Hangat

    Jika merasa cara di atas terlalu sulit untuk dilakukan, penderita wasir dapat berendam di air hangat agar mempercepat penyembuhannya. Pasalnya, air hangat dapat mengurangi gejala dari penyakit tersebut, seperti iritasi, gatal, dan juga rasa nyeri pada rektum. 

    Tidak butuh waktu lama, berendam menggunakan air hangat selama kurang lebih 20 menit sudah cukup untuk meredakan gejala ambeien. Tentunya, cara ini perlu dilakukan secara rutin agar hasilnya dapat benar-benar dirasakan. 

  5. Es Batu Sebagai Kompres

    Cara terakhir yaitu dengan mengompresnya menggunakan es batu. Sederhana, penderita hanya perlu menempelkan bungkusan es batu ke area anus yang sakit. Pastikan untuk tidak lebih dari 15 menit menempelkan es batu karena dapat menimbulkan efek mati rasa pada kulit.

Tidak Ada Salahnya Berkunjung ke Dokter Jika Wasir Sukar untuk Sembuh

Saat tidak kunjung sembuh dan semakin menyulitkan kegiatan sehari-hari, penderita wasir bisa meminta anjuran dari dokter. Meski masih cenderung belum terlalu parah, dokter biasanya akan memberikan resep obat yang bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit tersebut. 

Dengan begitu, wasir dapat sembuh dengan lebih cepat dan penderitanya dapat beraktivitas kembali seperti biasa tanpa harus menahan rasa sakit. 

Baca Juga: Beragam Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan