Beragam Manfaat Lidah Buaya, Salah Satunya Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh!

Anda pasti pernah menyadari bahwa aloe vera atau lidah buaya banyak dijadikan komposisi pada beragam produk kecantikan yang dijual di pasaran. Ya, kandungan lidah buaya seakan menjadi suatu daya tarik tertentu yang digunakan para produsen produk kecantikan dalam menggaet minat beli konsumen. 

Hal ini tentu dilakukan dengan bukan alasan. Lidah buaya telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang banyak memberikan manfaat oleh masyarakat, khususnya dalam hal kecantikan. Pasalnya, tak sedikit orang, terutama kaum hawa, yang mengaplikasikan bagian lendir dari lidah buaya untuk menjaga kesehatan kulit dan juga rambut.

Mengetahui hal tersebut, khasiat lidah buaya tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Lantas, apakah manfaat lidah buaya hanya untuk menjaga kecantikan dan memaksimalkan penampilan saja? Tentu saja tidak.

Mayoritas orang tidak menyadari bahwa manfaat yang dimiliki oleh lidah buaya lebih banyak dari itu sebab tidak tahu bahwa tanaman herbal tersebut juga bisa dikonsumsi. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat lidah buaya apa saja yang jarang diketahui orang, berikut adalah ulasan singkatnya.

Baca Juga: 5 Tips Sehat dan Puasa Lancar Buat Penderita Maag 

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

loader

  1. Mampu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

    Siapa yang menyangka jika lidah buaya berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini disebabkan karena lidah buaya mampu membantu tubuh dalam melakukan proses penyerapan vitamin dan juga mineral. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan lebih maksimal dalam mengatasi virus dan bakteri yang menginfeksi tubuh.

    Tidak hanya itu, rutin mengonsumsi lidah buaya juga mampu mendorong tubuh dalam melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Secara spesifik, proses detoksifikasi tubuh dapat berjalan dengan lebih cepat karena kandungan yang dimilikinya.

    Nah, bagi yang bingung tentang bagaimana cara mengonsumsinya, tidak perlu risau. Agar bisa dikonsumsi, lidah buaya seringkali diolah menjadi jus dengan mencampur buah ataupun sayuran lainnya. Lidah buaya juga tersedia dalam bentuk suplemen bagi Anda yang tidak mau ribet untuk bisa mendapatkan manfaat yang dimiliki oleh tanaman herbal tersebut. 

  2. Mengontrol Kadar Asam dalam Tubuh

    Memiliki sifat alkali, lidah buaya berkhasiat mengontrol kadar asam dalam tubuh agar senantiasa dalam kondisi yang seimbang. Khasiat ini penting untuk bisa didapatkan oleh tubuh karena kadar asam memegang pengaruh penting dalam tingkat kesehatan tubuh. Dengan begitu, risiko tubuh terserang penyakit menjadi lebih kecil.  

  3. Jaga Berat Badan dan Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung 

    Selaras dengan manfaatnya dalam membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi, mengonsumsi lidah buaya juga berkhasiat dalam menjaga berat badan agar tetap ideal. Sebab, tanaman herbal tersebut mendorong proses metabolisme tubuh. 

    Seperti yang sudah banyak dipahami, timbunan lemak di dalam tubuh akan ikut terbakar seiring dengan proses metabolisme tubuh berjalan. Hal ini juga langsung memberikan manfaat beruntun pada sistem pencernaan untuk menjadi lebih sehat.

    Belum berhenti sampai di situ, semakin terjaga kandungan lemak dalam tubuh, risiko munculnya penyakit jantung atau kardiovaskular juga akan turut menurun. Pasalnya, aliran darah dalam pembuluh darah menjadi semakin lancar karena tidak terjepit oleh tumpukan lemak maupun kolesterol. Jadi, dengan mengonsumsi lidah buaya, Anda bisa mendapatkan khasiat kesehatan yang beruntun ini.  

  4. Memberikan Beragam Manfaat untuk Rambut

    Lidah buaya memang sudah banyak dijadikan sebagai sumber nutrisi untuk rambut. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh tanaman herbal tersebut pada rambut? 

    Tentunya, sebagai orang Indonesia yang identik memiliki rambut berwarna hitam, tanaman herbal dengan nama latin aloe vera tersebut mampu membuat rambut tidak kusam. Warna hitam pada rambut akan menjadi lebih pekat dan berkilau saat mendapatkan nutrisi dari tanaman ini.

    Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok juga dapat diatasi dengan lidah buaya. Pasalnya, lidah buaya juga mampu memperkuat akar rambut serta menghilangkan ketombe. Dengan begitu, rambut akan mendapatkan lebih banyak nutrisi untuk bisa menjadikannya lebih sehat. 

  5. Difungsikan Sebagai Masker, Lidah Buaya Dapat Mengatasi Banyak Masalah Wajah

    Selesai membahas khasiat lidah buaya untuk rambut, sekarang lanjut ke kulit wajah. Saat menjadikan lidah buaya sebagai masker, ada beragam manfaat yang bisa didapatkan oleh kulit wajah Anda, seperti membasmi jerawat, menghilangkan noda bekas jerawat, serta mengecilkan pori wajah. 

    Tidak hanya itu, masker lidah buaya juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan menjadi lebih halus. Dengan begitu, kulit wajah akan tampak lebih awet muda. 

  6. Memberikan Vitamin serta Mineral yang Dibutuhkan Tubuh

    Kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut saja. Namun, ada beragam vitamin serta mineral dalam tanaman herbal tersebut yang bermanfaat untuk tubuh, misal vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, dan juga fosfor. Tidak diragukan lagi jika semua nutrisi dalam lidah buaya tersebut dibutuhkan oleh tubuh.

    Selain itu, lidah buaya yang dijadikan sebagai minuman jus memiliki kandungan asam amino yang tidak secara otomatis diproduksi oleh tubuh. Jadi, selain memberikan kandungan gizi penting pada tubuh, lidah buaya juga dapat menjadi sumber asam amino.

  7. Atasi Masalah Kulit dengan Mengaplikasikan Aloe Vera 

    Pernahkah terpikir untuk mengaplikasikan lidah buaya pada kulit secara umum dan bukan hanya untuk wajah saja? Jika tidak, maka Anda sebenarnya telah melewatkan beragam manfaat penting dari tanaman herbal tersebut. Bagi yang belum tahu, aloe vera juga bisa menjadi tabir surya alami untuk kulit.

    Bahkan, saat kulit sudah terasa perih akibat sengatan sinar matahari, Anda dapat meredakannya dengan mengoleskan lendir lidah buaya. Selaras dengan manfaatnya untuk wajah, lidah buaya juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan lembap. Bekas luka pada kulit pun dapat disamarkan dengan mengaplikasikan lidah buaya.  

  8. Lidah Buaya Juga Bermanfaat untuk Bibir

    Meski tidak terlalu signifikan, bibir juga menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga penampilan. Saat bibir terlihat kasar atau bahkan pecah-pecah, bukan tidak mungkin akan membuat rasa percaya diri pada penampilan menjadi menurun drastis. 

    Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memanfaatkan lidah buaya. Pasalnya, lidah buaya mampu membuat bibir menjadi lebih halus, memiliki warna merah alami, dan memberi efek melembapkan. Dengan begitu, kulit bibir tidak akan terlihat kering dan pecah-pecah, yang juga dapat menimbulkan sariawan ataupun masalah kesehatan mulut lainnya.  

  9. Mengatasi Plak Gigi

    Bukan hanya untuk bibir, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah plak gigi yang seringkali sulit untuk diatasi. Bahkan, efek membersihkan plak gigi dari lidah buaya ini bisa disetarakan dengan chlorhexidine atau antibiotik dari golongan antimikroba, lho!

    Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menjadikan lidah buaya sebagai obat kumur. Dengan rutin melakukan hal tersebut, tidak membutuhkan waktu lama plak gigi akan teratasi dengan mudah. 

  10. Membuat Luka Bakar dan Iritasi Lebih Cepat Sembuh

    Salah satu kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya atau aloe vera adalah zat antiinflamasi. Zat tersebut dapat diaplikasikan untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Tidak hanya itu, lidah buaya juga memiliki sifat anti bakteri yang membuat luka tidak mengalami infeksi sehingga pemulihan luka menjadi lebih efektif.

    Masalah kesehatan kulit lain yang muncul tanpa sebab, seperti iritasi ataupun radang, dapat terjadi. Beberapa penyakit peradangan kulit yang kadang muncul adalah eksim, rosacea, dan psoriasis. 

    Memang sebaiknya proses penyembuhan penyakit tersebut dilakukan dengan menggunakan obat yang dianjurkan oleh dokter. Namun, sebagai alternatif alami, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Jadi, tidak ada ruginya mencoba cara pengobatan alternatif tersebut sebagai upaya untuk menyembuhkan iritasi atau radang pada kulit.

Baca Juga:  Bantu Pemerintah Deteksi Penyebaran Corona, Begini Cara Lakukan Penilaian Mandiri di Aplikasi InaRisk

Masih Beranggapan Lidah Buaya Hanya Berkhasiat untuk Menjaga Kecantikan Saja?

Lidah buaya memang selama ini identik sebagai tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut saja. Padahal, di samping itu ada beragam khasiat yang bisa diberikan oleh tanaman herbal tersebut. Jadi, anggapan bahwa aloe vera hanya bermanfaat untuk menjaga kecantikan saja sudah tidak berlaku lagi. 

Baca Juga: Dear Orangtua, Ketahui Jenis-Jenis Imunisasi ini Agar Anak Sehat