Mengapa Kartu Kredit Lebih Aman dari Kartu Debit? Ini Jawabannya

kartu kredit

Kartu kredit dan kartu debit merupakan alat pembayaran cashless yang banyak digunakan orang. Namun tahukah Anda perbedaan kedua jenis kartu tersebut? Pembayaran menggunakan kartu debit, uang langsung ditransfer dari rekening bank pemegang kartu debit; yang merupakan uang nasabah sendiri.

Sedangkan pembayaran kartu kredit menggunakan dana yang dipinjamkan oleh bank. Oleh sebab itu, pemegang kartu kredit harus membayar denda jika terlambat melakukan pembayaran.

Namun tahukah Anda keamanan dari kedua jenis produk keuangan tersebut? Ada yang bilang kartu kredit lebih aman dibandingkan kartu debit. Kenapa? Simak ulasan berikut ini:

1. Lebih Dilindungi oleh Hukum

Kesulitan untuk membayar tagihan kredit biasanya lebih banyak membuat nasabah untuk menggunakan kartu debit. Namun bukan berarti kartu debit lebih menguntungkan. Terutama jika hal tersebut menyangkut keamanan transaksi. Pasalnya, hanya kartu kredit yang dapat membatalkan pembelian sah akibat kesalahan penjual.

Selain itu, nasabah juga dapat menunda pembayaran yang salah ketika retailer menolak untuk membatalkan transaksi. Tidak seperti kartu debit yang hanya dapat membatalkan pembelian tidak sah. Jadi sudah jelas di poin pertama ini bahwa transaksi kartu kredit lebih dilindungi hukum dibandingkan transaksi debit.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

2. Terdapat Jaminan Keamanan dalam Transaksi Online

Walaupun kartu debit juga bisa untuk digunakan pada transaksi secara online seperti kartu kredit, kartu debit tidak dapat menandingi kesaktian kartu kredit dalam jaminan keamanan transaksi online.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan fakta bahwa nasabah kartu kredit dapat melakukan pembatalan transaksi jika tidak puas dengan keadaan barang yang dibelinya, misalnya terdapat cacat atau kerusakan. Bahkan jika penjual tidak mau mempertanggung jawabkannya. Tentu nasabah kartu debit tidak mendapatkan jaminan keamanan sehebat ini.

Selain itu, pemegang kredit juga dapat mengajukan perbandingan kepada pihak bank apabila terdapat kasus di mana penjual memasukkan jumlah transaksi yang lebih banyak dari seharusnya. Sehingga, Anda tidak perlu membayar tagihan sampai masalah yang ada pada transaksi tersebut terselesaikan.

3. Penyalahgunaan Kartu Kredit dapat Diatasi dengan Mudah

Penyalahgunaan kartu kredit merupakan kasus yang masih sering dijumpai akhir-akhir ini. Meskipun begitu, penyalahgunaan hanya dapat terjadi jika kartu hilang atau dicuri. Tidak seperti kartu debit yang saldonya terhubung dengan tabungan sehingga lebih mudah dicuri. Terlebih jika nasabah tidak menyinkronkannya dengan sms banking. Nasabah bahkan tidak akan mengetahui jika tabungannya dicuri.

Berbeda dengan kartu kredit, nasabah tidak perlu membayar tagihan yang terbukti tidak dilakukan. Apalagi jika menyimpan bukti fisik seperti catatan pembelian terkait pembelian yang sudah dilakukan namun belum dibayar. Yang dibutuhkan dalam menggunakan hanyalah kartu kredit adalah ketelitian.

Baca Juga: 'Traveller' Wajib Punya Kartu Kredit ini, Kenapa?

4. Melindungi Transaksi yang Dilakukan

Kartu kredit dapat melindungi Anda dari transaksi sah yang dilakukan oknum jahat dengan melaporkannya ke pihak bank ketika menerima tagihan. Sehingga, kartu kredit dapat segera dilakukan sebelum limit maksimal kartu kredit tercapai. Jika pengguna transaksi tersebut terbukti bukan Anda, pembayaran tagihan tidak perlu dilakukan.

Selain itu, kartu kredit juga mampu memperpanjang garansi produk. Caranya, ambil tawaran yang mengatakan bahwa penjual menerima perpanjangan garansi apabila melakukan pembayaran dengan kartu kredit tertentu. Dengan begitu, bila terjadi kerusakan setelah masa garansi habis, Anda masih dapat melakukan servis gratis di toko resmi.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Pengajuan Kartu Kredit Supaya Disetujui

Rasakan Sendiri Keamanan Kartu Kredit

Dari berbagai keuntungan yang telah dideskripsikan, telah terbukti bahwa penggunaan kartu kredit lebih aman ketimbang kartu debit. Oleh karena itu, nasabah disarankan untuk mempertimbangkan dengan baik keputusannya dalam menggunakan kartu debit.

Sebab, selain memiliki lebih banyak lebih dapat diandalkan, transaksi kredit juga terbukti lebih aman dibandingkan transaksi kartu debit yang limitnya terbatas pada saldo tabungan Anda. Tapi jangan lupa juga untuk menggunakan kartu kredit secara bijak agar tidak terlilit utang kredit. Hal tersebut sangat berbahaya bagi kestabilan finansial Anda.

Baca Juga: Ini Cara Agar Kita Lepas Dari Kartu Kredit