Mengenal Kartu Kredit Cashback dan Manfaatnya

Menggunakan kartu kredit dalam bertransaksi sudah menjadi kebutuhan tersendiri untuk sebagian orang. Alat pembayaran yang satu ini membuat transaksi menjadi jauh lebih praktis dan nyaman. 

Akses pembayaran menjadi lebih mudah, baik itu untuk sistem pembayaran online maupun pembayaran offline. Selain itu, berbagai penawaran menarik yang diberikan kartu kredit tentu menjadi poin tersendiri yang kerap dijadikan pertimbangan.

Pada dasarnya bank akan menampilkan berbagai fitur di dalam kartu kredit yang mereka terbitkan. Hal ini tentu masuk akal, sebab selain kemudahan bertransaksi, para pengguna kartu kredit juga akan menginginkan keuntungan dari produk yang mereka gunakan. 

Masing-masing kartu kredit biasanya menawarkan keuntungan yang berbeda-beda, tergantung pada jenisnya. Di antara banyak jenis kartu kredit yang beredar, kartu kredit cashback menjadi salah satu yang paling menguntungkan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Apa itu Kartu Kredit Cashback?

kartu kredit cashback

Kartu kredit cashback bukanlah sesuatu yang baru lagi untuk sebagian besar pengguna kartu kredit di tanah air. Sejak kemunculannya belasan tahun yang lalu, kartu kredit yang satu ini memang langsung mencuri perhatian banyak orang. 

Kartu kredit cashback merupakan jenis kartu kredit yang akan memberikan Anda keuntungan melalui pengembalian dana dalam jumlah tertentu untuk berbagai transaksi yang Anda lakukan dengan kartu ini. 

Besaran cashback atau pengembalian dana yang diberikan bisa saja beragam, tergantung pada kerjasama bank penerbit kartu kredit itu sendiri dengan merchant tempat terjadinya transaksi. 

Misalnya: Saat melakukan transaksi pembelian barang elektronik senilai Rp 5 juta, Anda berhak mendapatkan cashback sebesar 2%. Maka jumlah cashback yang bisa Anda dapatkan: Rp 5.000.000,- x 2% = Rp 100.000,- 

Namun selain dengan sistem di atas, beberapa bank penerbit juga menyediakan cashback untuk setiap transaksi pembelanjaan yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit cashback. 

Jumlah cashback ini mungkin tidak begitu besar atau lebih kecil jika dibandingkan dengan cashback yang bisa Anda dapatkan dari merchant tertentu yang bekerja sama dengan bank penerbit. Berbeda dengan pembelanjaan, penarikan tunai yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit cashback tidak akan mendapatkan cashback sama sekali. 

Cashback yang Anda dapatkan dari setiap transaksi pembelanjaan Anda akan diakumulasikan oleh pihak bank. Semua cashback ini bisa Anda terima secara berkala, sekali dalam sebulan atau tahunan, tergantung pada kebijakan bank penerbit kartu kredit itu sendiri. 

Namun beberapa bank juga menerapkan cara pengembalian cashback yang lebih praktis, di mana Anda bisa langsung menerimanya sesaat setelah transaksi selesai dilakukan. 

Baca Juga: Apa yang Boleh dan Pantang Dilakukan setelah Punya Kartu Kredit Pertama? Cari Tahu Disini!

Pahami dan Dapatkan Manfaat Maksimal Kartu Kredit Cashback

keuntungan kartu kredit cashback

Penawaran kartu kredit cashback dari setiap bank cukup beragam, sehingga Anda harus jeli dalam memilih. Pada umumnya kartu kredit cashback ini banyak bekerjasama dengan berbagai merchant sekaligus, beberapa untuk supermarket dan tempat belanja lainnya. 

Hal ini akan menguntungkan bagi Anda, apalagi jika Anda termasuk orang yang memiliki kebutuhan rutin bulanan cukup banyak. Anda bisa mendapatkan banyak cashback saat memenuhi kebutuhan belanja bulanan tersebut. 

Selain pengembalian dana, beberapa kartu kredit cashback juga sudah dilengkapi dengan keuntungan point reward

Artinya, Anda bisa mendapatkan sejumlah cashback dan sekaligus sejumlah point reward ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit tersebut. Anda akan lebih diuntungkan dengan penggunaan kartu kredit cashback yang seperti ini, sebab poin rewards juga bisa Anda tukarkan dengan berbagai hadiah atau bahkan tiket penerbangan gratis ke berbagai tujuan. 

Agar Anda mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan kartu kredit cashback ini, maka biasakan untuk jeli melihat berbagai penawarannya. Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui situs resmi bank penerbit kartu kredit Anda, beberapa bank juga mengirimkan penawaran tersebut secara langsung melalui email. 

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan penawaran langsung melalui situs-situs terkait yang banyak memuat berbagai promosi tentang kartu kredit terkini. Beberapa merchant sangat mungkin memberikan penawaran cashback yang besar dan menguntungkan, dan Anda bisa memanfaatkan ini dengan baik. 

Namun jika ternyata Anda belum memiliki kartu kredit cashback ini, maka segera lakukan pengajuan di bank yang tepat. Lakukan perbandingan antara satu kartu kredit dengan kartu kredit lainnya, agar Anda bisa memilih salah satu kartu kredit cashback yang paling menguntungkan dan sesuai kebutuhan Anda. 

Pastikan Anda memahami secara detail fitur yang ditawarkan kartu kredit cashback terlebih dahulu, sebelum Anda menggunakannya. 

Baca Juga: 6 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Miliki Kartu Kredit Cashback dan Dapatkan Manfaatnya

Kartu kredit cashback merupakan salah satu yang paling menguntungkan dan bisa membuat pembelanjaan Anda menjadi jauh lebih hemat. Fitur unik di dalamnya memungkinkan Anda mendapatkan pengembalian dana atas setiap transaksi pembelian yang Anda lakukan. 

Ajukan kartu kredit cashback Anda ke bank yang tepat, agar Anda bisa segera menggunakannya dan mendapatkan manfaat dari alat pembayaran praktis ini.

Baca Juga: Mau Buat Kartu Kredit Selain di Kantor Cabang Bank? Di Sini Tempatnya