10 Keuntungan Utama Memiliki Kartu Kredit

Dewasa ini, selain uang tunai, kartu kredit juga sudah menjadi salah satu penghuni tetap di dalam dompet hampir semua orang, termasuk kamu.

Ada masa di mana kepemilikan kartu kredit merupakan bagian dari gaya hidup kelas atas yang berpendapatan tinggi. Tetapi dengan berbagai keuntungan yang menggiurkan serta persyaratan pengajuan aplikasi kartu kredit yang semakin ringan, kartu plastik yang berfungsi sebagai alat pembayaran ini sekarang lebih mudah dimiliki oleh berbagai kalangan dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masa kini. 

Nah, jika kamu belum mengetahui apa saja keuntungan utama dari kartu kredit, simak sepuluh keuntungan utamanya berikut ini.

Baca Juga: Fitur Kartu Kredit yang Menguntungkan Wanita Milenial

Keuntungan-keuntungan Memiliki Kartu Kredit

loader

Kartu Kredit

  1. Praktis dan Nyaman 

    Kartu kredit memberikan sejumlah kepraktisan dan kemudahan kepada para pemegangnya. Pertama, kamu, sebagai pemegangnya tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak di dalam dompet atau tas saat bepergian. Selain itu, kamu pun tidak harus repot-repot mencari mesin ATM untuk menarik uang tunai dengan menggunakan kartu ATM atau kartu debit ketika uang yang dibawa tidak cukup untuk melakukan transaksi pembelian yang diinginkan. Jadi selain bisa menghemat waktu dan tenaga, kamu juga mendapatkan keuntungan lain yaitu pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan nyaman.

  2. Menawarkan Berbagai Manfaat Tambahan

    Perusahaan atau bank penerbit kartu kredit kerap kali menawarkan program-program menarik. Misalnya, bagi kamu yang sering bepergian dengan menggunakan pesawat dan selalu atau sering membeli tiketnya dengan kartu kredit, biasanya pihak penerbit kartu kredit menawarkan poin khusus atau sering dikenal dengan istilah frequent flyer miles atau travel points yang nantinya dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan tiket pesawat terbang gratis.

    Selain itu, kartu kredit juga menawarkan bentuk manfaat tambahan lainnya seperti uang tunai atau cashback, diskon pembelian berbagai kebutuhan, gratis iuran tahunan, poin khusus, dan banyak lainnya. Program insentif yang ditawarkan penerbit kartu kredit ini didasarkan pada jumlah pembelian yang kamu lakukan. Semakin banyak pembelian maka semakin banyak pula manfaat yang bisa kamu dapatkan.

    Banyak perusahaan penerbit kartu kredit juga menawarkan bunga yang rendah untuk kartu kredit yang baru diajukan dan disetujui dalam periode tertentu, misalnya satu tahun pertama. Penawaran ini memungkinkanmu untuk memindahkan saldo tagihan kartu kredit lama ke kartu kredit yang bunganya lebih rendah tersebut, atau biasa dikenal dengan transfer balance.

  3. Relatif Lebih Aman

    Tidak seperti uang tunai yang apabila dicuri atau hilang dapat langsung digunakan oleh siapapun, alat pembayaran kartu kredit pada dasarnya relatif lebih aman. Karena, jika kartu kredit dicuri atau hilang, kamu bisa segera melaporkan kehilangan tersebut ke pihak terkait. Sehingga, kartu kredit yang hilang bisa langsung diblokir dan siapapun tidak akan pernah bisa menggunakan kartu kredit yang hilang itu. Jadi, kamu pun akan terlindung dari risiko penyalahgunaan kartu kredit tersebut.

  4. Memberi Perlindungan Tambahan atas Pembelian

    Sebagian besar perusahaan atau bank penerbit kartu kredit biasanya bersedia membantumu jika terjadi masalah atau perselisihan di seputar pembelian suatu produk. Apabila pihak penjual tidak bersedia mengambil kembali produk yang cacat atau tidak memuaskan, kamu bisa langsung menghubungi pihak penerbit kartu kredit. Dengan catatan perusahaan kartu kredit tersebut memang menawarkan fasilitas perlindungan yang dimaksud. Hal seperti inilah yang tidak mungkin didapatkan jika kamu membeli barang secara tunai.

    Ada juga kartu kredit yang menyediakan garansi atau asuransi tambahan untuk barang-barang yang dibeli, melebihi masa garansi yang diberikan penjual. Semakin menguntungkan bukan?

  5. Membantu dalam Keadaan Darurat 

    Siapapun pasti tidak ingin mengalami musibah atau keadaan darurat yang merugikan atau tidak menyenangkan. Namun kadang keadaan darurat seperti ini tidak dapat dihindari. Kartu kredit bisa menjadi alat yang membantumu dalam melakukan pembayaran untuk berbagai macam kondisi darurat apabila kebetulan uang tunai sulit diperoleh dengan cepat atau tidak tersedia.

    Agar kartu kreditmu dapat memberikan keuntungan seperti ini, tentu saja kamu harus memastikan bahwa limit kartu kredit yang tersedia selalu mencukupi sehingga dapat dipergunakan dalam segala situasi darurat.

  6. Mempermudah Mengatur Anggaran Keuangan

    Kartu kredit menawarkan cara pembayaran tagihan secara penuh atau dengan cara mencicil. Fasilitas ini bisa mempermudahmu dalam merencanakan anggaran keuangan pribadi maupun keluarga. Terutama jika kamu berencana melakukan pembelian dalam jumlah besar.

    Selain itu, kartu kredit juga menawarkan fasilitas pembayaran berbagai macam tagihan melalui satu pintu, seperti telepon, air, listrik, internet, dan televisi kabel. Dengan menggunakan fasilitas ini, kamu dapat terhindar dari kelupaan atau keterlambatan membayar karena akan ditagihkan bersamaan dengan tagihan kartu kreditmu setiap bulan. Anggaran keuangan per bulan pun jadi lebih jelas.

  7. Menawarkan Fleksibilitas dalam Melakukan Pembelian

    Berbagai toko yang menjual barang maupun jasa dan juga pusat perbelanjaan sering kali mengadakan program penawaran, promo khusus, memberikan diskon dalam waktu yang terbatas. Kartu kredit pun akan memberimu lebih banyak fleksibilitas dalam melakukan pembelanjaan apabila saat itu kamu kebetulan tidak memegang uang sementara kamu benar-benar membutuhkan barang atau jasa yang ditawarkan tersebut. Sehingga, kamu pun tetap bisa memanfaatkan penawaran khusus atau diskon yang diberikan tersebut melalui pembayaran dengan kartu kredit. Tentunya dengan terlebih dahulu memperhitungkan kemampuan dalam membayar tagihannya di kemudian hari ya!

    Selain itu ada penerbit kartu kredit yang bekerja sama dengan peritel atau merek besar tertentu untuk memberikan poin atau potongan harga, yang tentunya juga dapat kamu manfaatkan apabila memang benar-benar membutuhkannya.

  8. Pengeluaran Lebih Terlacak

    Sebagai pengguna kartu kredit, kamu selalu mendapatkan catatan transaksi dalam lembar tagihan setiap bulannya. Dengan demikian, pengeluaranmu setiap bulan lebih bisa dilacak karena sudah tercatat dalam lembar tagihan yang rutin kamu terima.

  9. Mempermudah Transaksi Online

    Saat ini berbelanja secara online sudah menjadi hal yang lazim dilakukan serta toko-toko online pun sudah begitu banyak dan mudah dijumpai. Dalam melakukan pembayaran transaksi online ini, selain transfer tunai, kartu kredit juga dapat digunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses berbelanja secara daring sebab hampir semua situs belanja online saat ini sudah menerima kartu kredit sebagai alat pembayaran. Tentunya pastikan terlebih dahulu bahwa situs tersebut memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya.

  10. Dapat Digunakan di Seluruh Dunia

    Sebagian besar kartu kredit diterima dan dapat digunakan di berbagai toko atau penjual di seluruh dunia yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Daripada membawa uang tunai dalam jumlah besar dengan risiko hilang atau dicuri, lebih baik membawa kartu kredit sebagai salah satu alternatif alat bertransaksi di luar negeri. Kamu pun tidak perlu repot menukar uang dalam jumlah besar. Jadi, bagi kamu yang memiliki pekerjaan yang menuntutmu untuk sering bepergian ke luar negeri atau hobi berwisata keliling dunia, maka kartu kredit bisa menjadi benda penting yang cukup menguntungkan.

Baca Juga: 15 Biaya Kartu Kredit yang Wajib Diketahui

Bijak dan Cermat Menggunakan Kartu Kredit, Petik Keuntungannya

Jika kamu merupakan pembelanja bijak yang senantiasa cermat dalam mengendalikan pembelanjaan, kamu dapat memetik berbagai keuntungan yang ditawarkan kartu kredit untuk sebagian besar transaksimu, seperti yang telah disebutkan dalam poin-poin di atas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan kartu kredit yang tepat dan keuntungan spesifik apa saja yang ditawarkan, kamu dapat berkonsultasi dengan pihak terkait.

Baca Juga: Untung dan Ruginya Apply Kartu Kredit Online atau Offline