Menilik Perjalanan Karier Irwansyah, Aktor dan Penyanyi yang Kini Sukses Berbisnis

Nama Irwansyah sudah cukup lama terkenal sebagai aktor juga penyanyi. Beberapa sinetron yang hits seperti Ku T'lah Jatuh Cinta dan Senandung Masa Puber telah dibintanginya.

Ia juga dikenal berkat aktingnya yang hebat dalam film My Heart yang booming tahun 2006 lalu. Saat itu, Irwansyah beradu akting dengan aktris cantik Acha Septriasa. Mereka yang saat itu tengah berpacaran juga sukses berduet mengisi soundtrack film drama romantis tersebut.

Layaknya di dunia akting, prestasi pria bertinggi tubuh mencapai 174 cm ini memang tak kalah menariknya di belantika musik. Sejumlah karya telah dirilisnya seperti album yang bertajuk Untuk Selamanya (2013), Soliter (2008), dan Best of Duta Gramedia (2007).

Berkat eksistensinya, Irwansyah meraih berbagai penghargaan bergengsi. Kini, tak hanya berhasil menjadi salah satu celebrity sukses tanah air, suami Zaskia Sungkar tersebut telah berkiprah di dunia politik dan juga bisnis. 

Baca Juga: Zaskia Sungkar, Dari Hijrah Hingga Sukses Jadi Pengusaha

Aktor Andal Berpengalaman

View this post on Instagram

A post shared by Irwansyah (@irwansyah_15)

Berdarah Minangkabau, putra pasangan Herlianah dan H. Umar Effendy ini lahir di Jakarta, pada 6 Maret 1985. Sering tampil di layar kaca, Irwansyah telah membintangi banyak sinetron, sinema pendek dan FTV.

Ia menjadi lakon untuk sinetron Andai Ku Tahu, Love, Ku T'lah Jatuh Cinta, Pacarku Superstar, Upik Abu dan Laura, serta Pengantin Untuk Anakku. Tak hanya itu, ia juga bermain dalam Tangisan Issabela, Namaku Bukan Safina, Istiqomah dan Seruni

Adapun dalam sinema pendek, Irwansyah terhitung telah membintangi Catatan Mas Boy, Jamu Tolak Cinta, Sapu Lidi I'm In Love, hingga Dikejar Selebritis. Kariernya yang meroket membuat Irwansyah tampil membintangi Emak Ijah Pengen ke Mekah, Aliya, Rindu Tanpa Cinta, serta drama yang tayang di Malaysia berjudul Dia (2017).

Punya Banyak Jam Terbang

Di ranah FTV, sudah tak terhitung judul film televisi yang ia bintangi. Berbagai plot seru dan menarik dalam Terekam CCTV, Tamu Misterius dari Amerika, Surat Petaka, Papi Mami Cari Menantu, serta Pencuri Rumah Angker sudah pernah ia lakoni.

Selain itu, ia juga bermain untuk Catatan Akhir Pemakan Riba, Kliwon Yang Terbuang, Kampung Jati Kramat, dan Jodoh Pilihan Tuhan. Sementara itu, berbagai FTV lainnya seperti Jodoh Di Tangan Satpam, Jamu Tolak Cinta, dan Timun Emas menjadi rekam jejak kepiawaiannya berakting.

Sederet FTV berjudul Mamiku Tukang Sate, Pak Lurah I Love You, Jelita Tak Sejinak Merpati, Keong Mas KW, Cintaku Full Mentok di Kamu, dan Raden Ayu Tomboy VS Tukang Susu juga pernah dijajalnya.

Sementara Dokter Cinta Bertindak, Pacarku Ketinggalan Di Angkot, Dari Montir Turun ke Hati, Sewangi Hati Tukang Sampah, telah menampilkan aktingnya yang menawan. Dengan akting yang menghibur dalam FTV Pesan Ghaib Pembuka Tabir, Cinta Bakul Gudeg, nama Irwansyah semakin menggalang banyak penggemar.

Alhasil kiprahnya pun kian diperhitungkan. Terutama dengan jam terbangnya yang panjang dengan disertai kemampuan aktingnya yang ciamik. Beragam FTV seperti Azab Wali Gadungan, Cermin Kehidupan: Dunia Punya Cerita, Pesan Ghaib Dari Kubur, Cinta Lewat Sepiring Nasi Uduk dan Aku Cinta Kamu Tapi Gengsi telah menghibur pemirsa televisi.

Bintangi Film Beragam Genre

View this post on Instagram

A post shared by Irwansyah (@irwansyah_15)

Di sepanjang kariernya, jam terbang Irwansyah sudah tak perlu diragukan lagi. Ia tak hanya kerap bermain dalam sinetron, sinema pendek dan FTV, tapi juga bersinar di film layar lebar.

Selain membintangi film Heart (2006), Irwansyah juga melakoni Love Is Cinta dan Lantai 13 di tahun 2007. Memasuki 2008, ia bermain dalam film Love hingga 40 Hari Bangkitnya Pocong. Kemudian di tahun 2011, ia melakoni film Mudik serta Love Story.

Melakoni film berbagai genre, Irwansyah juga melakoni Wanita Tetap Wanita (2013), Harim di Tanah Haram (2015), Tausiyah Cinta (2016) serta Roh Fasik (2019).

Jadi Anak Band Hingga Dirikan PH

Setelah terkenal sebagai pemain sinetron, FTV dan aktor layar lebar, Irwansyah pernah menjajal sebagai vokalis band. Pada tahun 2004, Irwansyah bersama sejumlah aktor lainnya pernah membentuk Radio Band

Selain Irwansyah, ada Raffi Ahmad, Aldiansyah Taher, Mende Oris, Naga Lyla, dan Oki Oris menjadi para personelnya. Dengan skill bernyanyi yang ia miliki, Irwansyah didapuk untuk menjadi front man dan vokalis dari band tersebut.

Kerjasamanya dengan Raffi Ahmad tak berhenti sampai di situ. Mereka juga mendirikan R1 Pictures, sebuah production house yang melahirkan berbagai film layar lebar berkualitas.

Baca Juga: Kisah Sukses Shireen Sungkar, dari Gagal di Ajang Model Hingga Jadi Queen of Sinetron

Aktor Sarat Prestasi

View this post on Instagram

A post shared by Irwansyah (@irwansyah_15)

Dengan kariernya yang moncer, Irwansyah telah berhasil menjadi salah satu aktor multitalenta yang sarat prestasi. Berbagai penghargaan bergengsi telah ia menangkan selama malang melintang di industri hiburan.

Di tahun 2006 lalu, mantan pacar Acha Septriasa ini meraih penghargaan The Most Favorite Male MTV dari MTV Indonesia. Di tahun berikutnya, ia menyabet Winner Favorite OST Album dari RCTI Indonesian Movie Award 2007.

Pada tahun itu, ia juga memboyong penghargaan Starvision as Leading Actor atas kontribusinya sebagai Singer and Composer dalam beberapa OST Album film Love is Cinta.

Di tahun yang sama, ia kembali membawa pulang trofi Best New Artist Nominee APM Music Award Singapore (SCTV Indonesia Music Award). Selain itu, ia juga memenangkan beragam penghargaan lainnya seperti Best New Duo Artist Most Famous Young Artist, Best New Male Artist, hingga Malaysia Minister Award for Most Famous Indonesia Young Artist.

Meraih Double Platinum

Soundtrack film Heart yang dinyanyikannya berhasil menembus angka penjualan 65 ribu kopi di tahun 2006. Warner Music Malaysia kemudian memberikan penghargaan Double Platinum Award di bulan Agustus 2006.

Pada Juni 2007, Irwansyah kembali meraih 5 platinum Multi Platinum Award dari penghargaan tersebut untuk soundtrack film Heart. Di Indonesia sendiri, ia memenangkan Double Platinum Award dari Warner Music Indonesia. Dengan penjualan meledak mencapai 450 ribu kopi, ia menjadi Singer yang makin diapresiasi.

Tak hanya itu saja, MTV Movie Award juga memberikan penghargaan Best Song In The Movie 2006 untuk lagu My Heart yang dinyanyikannya. Ajang ini juga memberikan penghargaan Best Favorite Movie untuk film tersebut. Adapun di tahun 2014, ia menyabet penghargaan Penampilan Terdahsyat di Dahsyat (dengan Zaskia Sungkar).

Bersinar Sebagai Penyanyi

View this post on Instagram

A post shared by Irwansyah (@irwansyah_15)

Di dunia musik, Irwansyah sempat menjajal potensinya bernyanyi dan merilis sejumlah album. Salah satunya ialah mini album bertajuk Hikayah Ramadhan yang dilakukan duet dengan Acha Septriasa (2007).

Kemudian pada tahun 2007, ia juga masih berkolaborasi dengan Acha Septriasa untuk album OST film Love is Cinta. Baik album dan film tersebut tak kalah hits dengan kerjasama sebelumnya dalam Heart.

Tak lupa, ada juga album solonya, Soliter yang rilis 2008 lalu. Berbagai single Irwansyah lantas menjadi populer di belantika musik Indonesia. Mulai dari Pecinta Wanita, Camelia, serta Kutunggu Jandamu.

Sedangkan di tahun 2013, ia kembali meluncurkan album bertajuk Untuk Selamanya. Beberapa single dari album tersebut berhasil diterima penggemar dengan baik. Dengan olah vokal yang kian matang, Irwansyah menyanyikan lagu Tentang Perasaanku, Beban Cinta, Seribu Kali Sayang, serta Selalu Untuk Selamanya bersama Zaskia Sungkar.

Sempat Terjun ke Ranah Politik

Ketertarikannya kepada dunia politik membuat Irwansyah ikut serta dalam Pemilu Legislatif 2009. Ia ikut mencalonkan diri sebagai caleg dengan Partai Indonesia Sejahtera, namun tak lolos.

Memasuki 2012, Irwansyah bersama Partai Gerindra kembali maju sebagai calon legislatif. Namun upaya tersebut tak berlanjut lantaran tak mendapat restu dari sang istri.

Aktif Berbisnis dengan Keluarga dan Rekan

View this post on Instagram

A post shared by Irwansyah (@irwansyah_15)

Bersama istrinya, Irwansyah mendirikan Jannah Corps (J Corps) yang menaungi bisnis kue dan oleh-oleh kekinian para artis. Di antaranya ialah Really Cake, Bandung Makuta, Gigieatcake, Jambi Jambe, Cirebon Sultana, dan masih banyak lagi.

Ia juga merilis panaya.id dengan Raffi Ahmad yakni platform khusus e-commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan seperti dekorasi rumah, aksesoris, dan busana.

Seperti Irwansyah yang menjajal banyak bidang, tak ada salahnya menekuni seluruh minat, bakat dan potensi yang dimiliki jika memungkinkan. Siapa tahu semuanya berhasil dan mengantarkan Anda meraih kesuksesan.

Baca Juga: Cerita Raffi Ahmad dari Sukses Meniti Karir Hingga Gurita Bisnisnya yang Bikin Tajir Melintir