Memahami Modified Duration Dalam Investasi, Ini Pengertian, Rumus, dan Cara Menafsirkannya

Pada sebuah instrumen investasi, fluktuasi atau perubahan harga seiring waktu memang suatu hal yang wajar terjadi. Tergantung dari pergerakan harga tersebut, investor berpeluang mendapatkan imbal hasil di masa mendatang, atau malah mengalami kerugian saat nilainya menurun. Pada masing-masing jenis instrumen investasi, memahami perubahan harga ini bisa dilakukan dengan cara yang berbeda.

Misalnya, pada instrumen obligasi, di mana perubahan harganya terjadi karena suku bunganya berubah, dikenal sebuah metode pengukuran yang disebut modified duration. Secara umum, modified duration bisa dipahami sebagai pengukuran sensitivitas dari perubahan harga obligasi apabila terjadi perubahan pada suku bunga.

Terkait penggunaan metode pengukuran ini, terdapat rumus khusus yang perlu kamu ketahui, termasuk cara tepat menafsirkan hasilnya. Nah, jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu modified duration, dan memahami rumus, cara menafsirkan, hingga keuntungan dan kekurangannya, simak penjelasan berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Apa Itu Modified Duration di Dunia Investasi?

loader

Jadi, apa yang sebenarnya dimaksud dengan modified duration? Bisa disebut juga sebagai durasi yang dimodifikasi, modified duration adalah metode untuk mengetahui ukuran sensitivitas perubahan harga dari sebuah obligasi apabila suku bunga mengalami perubahan. Perhitungan dari modified duration dinyatakan pada satuan tahun.

Sebagai contoh, modified duration adalah sebesar 4,26 tahun. Informasi tersebut bisa diinterpretasikan jika kenaikan dari suku bunga pada pasar adalah sebesar 1 persen. Alhasil, hal ini bisa juga meningkatkan imbal hasil, pada konteks ini bisa berupa yield to maturity dan diharapkan oleh pihak investor memiliki besaran yang setara. Sehingga, nilai obligasi bakal menurun sejumlah 4,26 persen. 

Pun sebaliknya, apabila suku bunga melemah sebesar 1 persen, artinya harga obligasi bakal meningkat sejumlah 4,26 persen. Semakin tinggi angka modified duration dari sebuah obligasi, hal tersebut bisa mengindikasikan tentang semakin besarnya risiko yang terdapat pada produk obligasi yang bersangkutan.

Selain itu, modified duration juga bisa dipahami sebagai sebuah formula yang menunjukkan perubahan yang bisa diukur pada nilai suatu sekuritas sebagai dampak dari perubahan suku bunga. Perhitungan ini mengikuti konsep bahwa suku bunga dan harga obligasi bergerak berlawanan arah. Rumus modified duration digunakan untuk menentukan efek bahwa perubahan pada tingkat suku bunga sebesar 100 poin dasar atau 1 persen akan berpengaruh terhadap harga sebuah obligasi. 

Baca Juga: Instrumen Investasi – Jenis dan Tips Investasi

Tentang Macaulay Duration

Bagi yang belum tahu, modified duration adalah lanjutan dari konsep Macaulay duration. Untuk bisa menghitung menggunakan rumus modified duration, dibutuhkan perhitungan dari Macaulay duration terlebih dulu.

Yang dimaksud dengan Macaulay duration sendiri adalah metode perhitungan untuk mengetahui waktu rerata yang dibutuhkan sebelum pemilik obligasi bisa mendapatkan arus kas dari produk tersebut. Dalam bahasa awam, Macaulay duration menghitung, dalam satuan tahun, waktu yang dibutuhkan bagi investor untuk mendapatkan pembayaran kembali dari investasi awalnya pada sebuah produk obligasi. Sebuah obligasi dengan nilai Macaulay duration yang lebih tinggi akan lebih sensitif terhadap perubahan dari suku bunga. 

Rumus dari Macaulay duration sendiri adalah sebagai berikut.

Macaulay Duration = Ti * (PVi/V)

Di mana:

  • Ti adalah Periode Waktu
  • PVi adalah Nilai Arus Kas Tertimbang Waktu Sekarang 
  • V adalah Nilai Semua Arus Kas Sekarang

Agar mampu memahami lebih dalam tentang Macaulay duration pada sebuah produk obligasi, simak contohnya berikut ini. 

Anggap saja kamu memiliki produk obligasi dengan waktu jatuh tempo 5 tahun dan memiliki nilai dasar 1 juta. Lalu, untuk tingkat kupon tahunannya adalah sebesar 5 persen, dan besaran suku bunga saat ini sejumlah 7 persen. Dari informasi tersebut, berikut adalah cara menentukan Macaulay duration.  

Periode Waktu

Arus Kas

PV dari Arus Kas

PV dari Arus Kas Tertimbang Waktu

1 Tahun

Pembayaran Kupon = 50 ribu

50 ribu / (1+7 persen) = 46.730

46.730 x 1 = 46.730

2 Tahun

Pembayaran Kupon = 50 ribu

50 ribu / (1+7 persen)2 = 43.670

43.670 x 2 = 87,340

3 Tahun

Pembayaran Kupon = 50 ribu

50 ribu / (1+7 persen)3 = 40.810

40.810 x 3 = 122.440

4 Tahun

Pembayaran Kupon = 50 ribu

50 ribu / (1+7 persen)4 = 38.140

38.140 x 4 = 152.580

5 Tahun

Pembayaran Kupon + Modal Awal = 1.05 juta 

1.05 juta / (1+7 persen)5 = 748.640

748.640 x 5 = 3.743.180

Dari contoh tersebut, bisa diketahui jika jumlah keseluruhan PV dari arus kas sebesar 918.000, dan jumlah PV dari arus kas tertimbang waktu sebesar 4.152.270. Jadi, untuk perhitungan Macaulay duration pada obligasi 5 tahun tersebut adalah:

4.152.270 / 918.000 = 4,52 tahun

Rumus Menghitung Modified Duration

Setelah mengetahui tentang apa itu Macaulay duration, memahami menjadi lebih mudah. Pasalnya, rumus dari modified duration adalah:

Macaulay Duration / ((1 + (YTM/n))

Di mana:

  • YTM adalah yield to maturity, yaitu jumlah keuntungan yang bakal didapatkan oleh investor dari obligasi ketika dipegang sampai jatuh tempo.
  • n adalah jumlah periode kupon per tahun

Contoh Perhitungan Modified Duration

Agar lebih mudah memahami rumus modified duration, kamu bisa mencermati contoh perhitungannya berdasarkan hasil dari Macaulay duration sebelumnya. Dari contoh di atas, bisa diketahui jika nilai Macaulay duration adalah 4,52, dan tingkat suku bunga saat ini sebesar 7 persen. Sehingga, untuk perhitungan modified duration menjadi sebagai berikut.

Modified Duration = 4,52 / (1 + 7 persen / 1) 

      = 4,22

Jadi, berdasarkan informasi tersebut, bisa diketahui jika nilai modified duration adalah 4,22. 

Baca Juga: Dasar, Tujuan, dan Cara Pengambilan Keputusan Investasi

Cara Menafsirkan Modified Duration

Setelah mengetahui cara hitungnya, kamu harus bisa menafsirkan nilai dari modified duration. Sebagai metode yang menggambarkan efek dari perubahan basis poin 100 alias 1 persen pada suku bunga terhadap harga obligasi, cara menginterpretasi modified duration adalah sebagai berikut.

  • Jika suku bunga meningkat sebanyak 1 persen, harga dari obligasi dengan jangka waktu 5 tahun akan menurun sebesar 4,22 persen.
  • Sebaliknya, jika suku bunga menurun sebanyak 1 persen, harga dari obligasi dengan jangka waktu 5 tahun akan meningkat sebesar 4,22 persen. 

Perhitungan modified duration menawarkan pengukuran yang baik pada sensitivitas obligasi terhadap perubahan dari suku bunga. Semakin tinggi Macaulay duration dari sebuah obligasi, semakin tinggi pula dampak dari modified duration dan volatilitasnya terhadap perubahan suku bunga. 

Keuntungan dan Kekurangan Modified Duration

Sebagai metode untuk mengukur sensitivitas obligasi, tentu ada beragam keuntungan dan kekurangan dari modified duration, yaitu:

Keuntungan  Kekurangan

Investor bisa mengetahui durasi dari obligasi karena volatilitas dari harga obligasi secara langsung berkaitan dengan harganya. Semakin panjang durasi obligasi, semakin besar pula volatilitas harganya.

Perhitungannya terbilang kompleks karena membutuhkan hasil dari perhitungan Macaulay duration. Investor yang menggunakan perhitungan ini juga perlu memasukkan yield dan tenure untuk menganalisisnya. 

Durasi dari setiap instrumen investasi bisa membantu investor dalam memenuhi kebutuhan investasi di masa mendatang karena investor mampu lebih efektif merencanakan langkah atau rencana investasinya tepat waktu.

Mendapatkan hasil dan informasi yang akurat terbilang sulit karena fluktuasi harga berlangsung tiap menit. Hal ini membuat potensi perhitungan modified duration menjadi kurang tepat dan obsolet.

Metode ini juga berguna untuk mengukur risiko dari obligasi terhadap perubahan dan keuntungan dari harga obligasinya. 

Durasi juga bukan suatu pengukuran yang lengkap terhadap risiko harga obligasi dan durasinya. Investor tidak boleh menggunakan informasi durasi ini sebagai satu-satunya cara untuk mengukur risiko. 

Durasi rerata dari reksa dana juga penting karena mampu menunjukkan sensitivitasnya terhadap dampak dari perubahan suku bunga pada pasar. 

Macaulay duration membutuhkan rerata waktu tertimbang dari obligasi, di mana hal tersebut tidak selalu menjadi indikasi yang bagus untuk mengukur risiko obligasi. 

Meski Terbatas, Tapi Penggunaan Modified Duration Tetap Mampu Untungkan Investor

Itulah penjelasan tentang modified duration serta ulasan singkat tentang Macaulay duration. Walaupun keduanya memiliki fungsi yang terbatas, tapi keuntungan penggunaannya mampu membantu investor dalam mengukur volatilitas obligasi. Karenanya, konsep ini penting untuk dipahami agar mampu membangun portofolio investasi obligasi dan mengelola risiko yang berkaitan dengannya. 

Baca Juga: Money Management dalam Investasi Reksa Dana