Butuh Modal untuk Biaya Nikah? Ini Tips Nabung Bareng Pacar agar Target Tercapai

Bagi yang masih berstatus lajang, pertanyaan basa-basi, seperti “kapan nikah?”, selalu menjadi momok tersendiri yang mampu menghantui pikiran sepanjang hari. Padahal, pernikahan bukanlah hal yang bisa dengan mudah dilakukan tanpa persiapan matang. Khususnya terkait masalah biaya dan kemampuan finansial yang harus dikumpulkan dari jauh-jauh hari.

Sebelum mencapai ke tahap rumah tangga, para pasangan perlu memikirkan pula tentang biaya menyelenggarakan resepsi pernikahan. Tidak tanggung-tanggung, biaya resepsi pernikahan sendiri bisa mencapai nominal belasan juta, atau bahkan ratusan juta tergantung kebutuhan dan keinginan. Jika tidak dipersiapkan dari sejak lama, sudah pasti rencana menjalin janji suci tersebut hanya akan menjadi janji manis belaka yang tak kunjung terwujud.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut, kamu bersama pasangan perlu berkomitmen untuk menabung bersama demi mengumpulkan modal nikah. Walaupun begitu, cari tahu dulu tips nabung bareng pacar agar komitmen untuk mengumpulkan modal nikah atau tujuan finansial berjalan lancar hingga akhir. Apa saja?

Baca juga: Tabungan Nikah Terkumpul dalam 1 Tahun, Begini Caranya!

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Tips Nabung Bareng Pacar agar Lancar

loader

Tips Menabung Bareng Pacar

Secara umum, tips nabung bareng pacar bertujuan agar target yang telah ditentukan mampu tercapai tepat waktu dan sesuai rencana. Sebab, jika dijalani tanpa rencana yang jelas, kemungkinan besar aktivitas menabung bersama pasangan tersebut akan berakhir kacau dan berantakan. Agar hal tersebut tak terjadi, simak 7 tips menabung bareng pacar berikut ini.

  1. Diskusikan Dulu Bersama

    Sebelum mulai menabung bersama pasangan, pastikan untuk mendiskusikan perihal tersebut terlebih dulu. Pasalnya, keputusan untuk lanjut menabung bersama ditentukan dari hasil obrolanmu dengan pasangan.

    Melalui diskusi tersebut, kamu bersama pasangan nantinya akan bisa mencari titik temu yang paling ideal dan optimal bagi kedua belah pihak terkait keputusan menabung bersama.

    Kamu dan pasangan juga harus sama-sama terbuka tentang penghasilan dan kebutuhan masing-masing. Ingat, menabung merupakan tindakan menyisihkan uang setelah seluruh keperluan terpenuhi.

    Jadi, kamu dan pasangan harus terbuka tentang kewajiban pengeluaran setiap bulannya, apa saja yang harus dibayarkan, dan tanggungan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Setelah itu, proses menabung akan lebih mudah dan tidak memberatkan satu atau kedua belah pihak.

  2. Hitung Nominal Tabungan yang Harus Terkumpul

    Setelah kedua belah pihak setuju untuk menabung bersama, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghitung nominal dana yang harus terkumpul. Tentunya, hal ini hanya bisa dilakukan setelah kalian berdua berdiskusi terkait rencana resepsi pernikahan.

    Ketika nominalnya telah diketahui, hal lain yang harus ditentukan adalah metode menabung, apakah tiap hari, tiap minggu, atau bulanan, beserta nominal dana yang harus ditabung secara rutin. Tergantung dari kondisi keuangan masing-masing pihak, tak ada salahnya jumlah setoran antara pihak pria dan wanita berbeda. Agar lebih akurat menghitungnya, jangan ragu membuat simulasi menabung untuk bisa mengetahui nominal dana yang harus disisihkan dalam jangka waktu tertentu.

  3. Buat Rekening Khusus

    Tips selanjutnya, agar aktivitas menabung bisa dilakukan dengan lebih disiplin dan tak rawan tercampur dengan keuangan pribadi, buat rekening khusus untuk tabungan tersebut. Tentunya, kedua belah pihak wajib memiliki akses terhadap rekening tabungan tersebut agar lebih mudah memantau dan mengisinya sesuai kesepakatan. Agar lebih ideal, manfaatkan produk tabungan khusus modal nikah yang banyak ditawarkan perbankan saat ini karena menawarkan beragam keuntungan dan keunggulan yang memudahkanmu dalam menabung.

  4. Perketat Pengeluaran

    Setelah mengetahui nominal dana yang harus disisihkan untuk tabungan bersama pasangan, kamu pasti menyadari jika penghasilan sudah pasti akan terkikis. Karena itu, agar rencana menabung bareng pacar tersebut bisa berjalan lancar, mulailah untuk memperketat pengeluaran.

    Coba untuk menghilangkan pengeluaran yang sifatnya konsumtif, seperti belanja barang tak penting, terlalu sering makan di luar, dan sebagainya. Tujuannya tidak lain agar dana untuk menabung bareng pacar selalu tersedia. Bila perlu, sisihkan dana untuk menabung tersebut di awal agar tak berisiko digunakan pada hal lain yang kurang penting.

  5. Tambah Pemasukan Bersama

    Selain memangkas pengeluaran, tips nabung bareng pacar lain yang bisa kamu lakukan adalah menambah pemasukan. Karena berkomitmen untuk meraih tujuan finansial bersama, meningkatkan pendapatan ini bisa dilakukan dengan cara membuka bisnis bareng pasangan atau semacamnya.

    Tentunya, keuntungan dari bisnis bareng pacar tersebut dialokasikan sepenuhnya pada tabungan untuk modal nikah. Dengan begitu, rencana menggelar acara pernikahan lebih mungkin terwujud tepat waktu. Di lain sisi, jika ternyata bisnis tersebut sukses besar, kamu bersama pasangan bisa menjadikannya bekal untuk menguatkan keuangan keluarga pasca berumah tangga nanti.

  6. Manfaatkan Investasi

    Tips menabung bareng pacar selanjutnya adalah memanfaatkan investasi. Seperti yang kamu tahu, investasi merupakan salah satu cara untuk bisa mengembangkan dana tabungan dengan lebih optimal seiring berjalannya waktu. Tergantung kebutuhan dan jangka waktunya, sesuaikan jenis instrumen investasi yang akan dipilih.

    Sebagai contoh, jika rencana menikah akan dilakukan tahun depan, pilih instrumen investasi berisiko rendah seperti tabungan berjangka, deposito, atau reksa dana pasar uang yang harganya cenderung stabil. Namun, jika rencana menikah baru dilakukan 3 sampai 5 tahun mendatang, instrumen investasi berisiko lebih tinggi seperti obligasi atau bahkan saham mungkin lebih pas untuk dipilih karena peluang imbal hasilnya lebih menjanjikan.

  7. Disiplin

    Entah menabung sendiri atau berdua, kedisiplinan sangat penting dalam menabung. Kamu akan terbiasa menyisihkan uang untuk ditabung dengan nominal yang telah ditentukan. Secara tidak langsung, kamu dan pasangan akan lebih tertib dalam menggunakan uang.

Keuntungan Nabung Bareng Pacar

Pada dasarnya, ada beragam keuntungan yang bisa didapatkan dari keputusan untuk menabung bareng pacar. Salah satunya adalah lebih lekas meraih tujuan finansial yang ingin dicapai bersama, seperti dana menikah atau membeli rumah. Kemampuan mengatur finansial serta tanggung jawab juga bisa terpupuk melalui aktivitas menabung tersebut.

Tidak hanya itu, melalui komitmen dan kesepakatan bersama, nabung bareng pasangan juga bisa menjadi fondasi untuk saling menjalin kepercayaan sebelum melalui kehidupan berumah tangga. Pasalnya, ketika berurusan dengan uang, tabiat dan sifat asli seseorang biasanya akan lebih mudah terlihat. Nah, aktivitas nabung bersama ini bisa memberi bukti apakah pacarmu sekarang memang cocok untuk dijadikan sebagai pasangan sehidup semati atau tidak.

Baca juga: Biaya Resepsi Pernikahan, Siapa yang Harus Menanggung?

Kekurangan Nabung Pacar

Meski mampu memberi beragam keuntungan di atas, menabung bareng pacar nyatanya juga memiliki beragam kekurangan yang perlu dipahami. Misalnya, kerugian mendasar dari keputusan nabung bareng pacar adalah saat hubungan harus kandas di tengah jalan. Mau tidak mau kamu perlu berkomunikasi dengan mantan terkait dana tabungan yang telah terkumpul tersebut dan membaginya sesuai kontribusi yang diberikan.

Tidak jarang hal ini kerap menyebabkan permasalahan tambahan dalam hubungan. Karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, buat perjanjian di awal dan bila perlu dalam bentuk tertulis mengenai pembagian tabungan apabila hubungan berakhir. Dengan begitu, risiko mengalami sengketa karenanya bisa dihindari dan masalah dapat segera diatasi tanpa merugikan salah satu pihak.

Contoh Perhitungan Nabung Bareng Pacar

Agar lebih mudah memahami tips nabung bareng pacar, simak contoh perhitungannya berikut ini.

Kamu bersama pasangan berencana untuk menggelar acara pernikahan tahun depan dengan biaya 100 juta. Untuk mewujudkan rencana tersebut, kamu dan pasangan sepakat untuk nabung bersama.

Mengenai kondisi finansial saat ini, kamu memiliki penghasilan sebesar 16 juta, sementara pasanganmu 12 juta. Untuk mencapai target tabungan 100 juta tahun depan, kalian berdua memutuskan untuk menabung dengan rasio 30 persen dari gaji. Maka, berdasarkan informasi tersebut, perhitungan menabung bareng pacar akan menjadi sebagai berikut.

Gaji per Bulan

Alokasi 30 Persen Gaji

Jangka Waktu

Jumlah Tabungan

16 juta

4,8 juta

12 bulan

57,6 juta

12 juta

3,6 juta

12 bulan

43,2 juta

Total Tabungan

100,8 juta

Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut, rencana menabung bersama pasangan dengan target dana 100 juta selama setahun bisa dicapai dengan alokasi tabungan tiap bulan 30 persen dari gaji. Tentunya, perhitungan tersebut hanyalah contoh yang perlu disesuaikan dengan penghasilan dan target dana tabungan yang harus terkumpul dalam jangka waktu tertentu. Dalam kata lain, kamu perlu melakukan perhitungan sendiri terkait dana tabungan bareng pacar sesuai dengan rencana atau target finansial yang ingin dicapai bersama.

Baca juga: Catat Ya! Ini 5 Tips Jitu Atur Keuangan untuk Modal Nikah

Pemborosan saat Pacaran, Mana yang Tidak Perlu?

loader

Pemborosan Saat Pacaran

Melakukan quality time dengan pasangan memang penting. Namun, kebiasaan ini tidak harus dilakukan setiap weekend.
Sebab, tanpa disadari ada beberapa kebiasaan yang membuat nge-date dengan pasangan menjadi pemborosan, di antaranya:

  1. Makan di Mal atau Restoran

    Kebiasaan makan di mal atau restoran dapat dilakukan sesekali, tidak setiap nge-date dengan pasangan. 

    Karena dalam sekali makan, kamu akan menghabiskan paling tidak Rp50.000 hingga Rp100.000. Belum lagi godaan membeli dessert atau camilan selagi mengelilingi mal. Sudah pasti besaran dana yang dikeluarkan akan semakin besar.

  2. Nongkrong di Kafe

    Selain makan, nongkrong di kafe juga akan menjadi sebuah pemborosan. Karena biasanya harga hidangan di kafe akan lebih mahal dibanding tempat makan biasa.

  3. Selalu Beli Hadiah

    Kamu tidak selalu harus memberikan hadiah untuk pasangan pada saat anniversarySebagai penggantinya, kamu bisa mengirimkan surat, membuat kue sendiri, atau piknik bersama. Dalam merayakan anniversary, yang penting adalah melakukan hal yang memorable.

  4. Nonton di Bioskop

    Menyaksikan film terbaru di bioskop memang seru. Namun, bukan berarti harus setiap film baru ditonton. Sebaiknya, pilih film yang benar-benar ingin dilihat, bukan karena cuma FOMO.

Itulah kebiasaan-kebiasaan boros saat pacaran. Kamu bisa mulai mengurangi salah satu atau lebih aktivitas yang dapat dilakukan dengan pasangan. Bicarakan dengan pasangan secara baik-baik agar tidak ada kesalahpahaman, ya!

Lakukan Komitmen dan Perjanjian di Awal agar Rencana Nabung Bareng Pacar Berjalan Lancar

Itulah tips nabung bareng pacar, keuntungan, kekurangan, contoh perhitungan, dan kebiasaan boros saat pacaran yang harus ditinggalkan. Intinya, sebelum menjalankan rencana menabung bersama pasangan, tumbuhkan komitmen dan perjanjian di awal dengan jelas serta atas persetujuan kedua pihak terlebih dulu. Barulah dengan begitu aktivitas nabung bareng pacar bisa berjalan dengan lebih lancar hingga target keuangan yang ingin diraih berhasil dicapai.