Pahami Surat Keterangan Bebas Narkoba yang Memiliki Peran Penting Bagi Pelamar Pekerjaan

Meski sudah banyak dijadikan sebagai syarat melamar pekerjaan, Surat Keterangan Bebas Narkoba atau biasa disingkat SKBN ternyata masih asing bagi masyarakat Indonesia. Namun, bagi pelamar kerja yang telah lama mondar-mandir melamar pekerjaan di banyak tempat, terutama instansi negara, tentu sudah tidak asing dengan surat keterangan tersebut.

Surat Keterangan Bebas Narkoba memang sudah banyak dijadikan sebagai syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja. Namun, belum meratanya perusahaan dan instansi yang memiliki kebijakan tersebut membuat tak banyak orang yang mengetahui tentang apa itu SKBN dan tata cara membuatnya.

Bahkan, beberapa perguruan tinggi telah mencanangkan syarat kepemilikan SKBN bagi calon mahasiswa yang mendaftar. Yang pasti, bagi yang berniat untuk mengabdi kepada negara dengan mendaftar menjadi pegawai negeri, Anda wajib mengantongi surat keterangan tersebut.

Nah, karena lambat laun memiliki fungsi yang jauh berbeda dengan surat keterangan kelakuan baik, masyarakat harus memahami tentang apa itu Surat Keterangan Bebas Narkoba. Untuk itu, agar proses lamaran kerja nantinya tidak terhambat, yuk kenali pengertian dan cara pembuatannya berikut ini.

Apa Itu Surat Keterangan Bebas Narkoba?

loader

Mungkin masih ada banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui tentang surat keterangan ini. Pasalnya, meski terdapat banyak instansi pemerintah dan perusahaan swasta yang mulai memberlakukan berkas tersebut sebagai syarat diterima kerja, tak sedikit pelamar kerja yang bingung dengan apa itu Surat Keterangan Bebas Narkoba.

Secara sederhana, yang dimaksud dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba adalah surat resmi yang menunjukkan bahwa seseorang bukanlah pecandu narkoba. Surat ini menjadi bukti bahwa seseorang tidak pernah mengonsumsi zat psikotropika, zat adiktif, dan narkotika, seperti, ganja, kokain, sabu, dan lain sebagainya. 

Tahapan untuk bisa mendapatkan surat keterangan ini juga tidak sembarangan. Hanya terdapat beberapa instansi resmi pemerintah dan rumah sakit tertentu yang bisa menerbitkan Surat Keterangan Bebas Narkoba bagi publik. Faktor penyebabnya adalah penerbitan SKBN memerlukan uji laboratorium pada darah atau urin milik pasien yang bersangkutan. 

Saat melakukan pemeriksaan pada sampel cairan milik pasien, pihak rumah sakit atau kepolisian akan menerbitkan hasilnya pada surat keterangan tersebut. Barulah dengan begitu, pemohon dapat membawa SKBN ke perusahaan yang ingin dilamar sebagai bukti resmi bahwa dirinya terbebas dari konsumsi obat-obatan terlarang. 

Baca Juga:  Kumpulan Contoh CV Kreatif Ini Bisa Dijadikan Panduan Melamar Kerja

Fungsi Memiliki Surat Keterangan Bebas Narkoba

Sempat disinggung sebelumnya jika SKBN telah menjadi syarat resmi seleksi kerja di beberapa perusahaan negara dan swasta. Pelamar kerja di beberapa perusahaan swasta dan seluruh instansi negara, seperti BUMN, CPNS, serta anggota TNI dan juga Polri wajib memiliki surat keterangan tersebut.

Mungkin akan muncul pertanyaan apakah adanya Surat Keterangan Bebas Narkoba ini begitu penting hingga wajib disematkan pada lamaran kerja. Jawabannya sudah tentu amat penting karena sesuai dengan peraturan Kementerian Tenaga Kerja, perusahaan harus bisa menjamin setiap karyawan terhindar dari penyalahgunaan serta peredaran narkoba dalam lingkungan kerja. 

Secara singkat, ditambahnya Surat Keterangan Bebas Narkoba adalah sebagai upaya mewujudkan aturan yang telah dibuat oleh Kemenaker tersebut. Jadi, setiap karyawan yang akan bekerja di sebuah perusahaan dapat menunjukkan bahwa dirinya bukanlah pengguna obat-obatan terlarang tersebut. Risiko terjadinya peredaran narkoba di area kerja pun juga menjadi semakin kecil.

Pembuatan aturan oleh Kemnaker tersebut juga bukan tanpa alasan. Sudah luas diketahui jika narkoba dapat memberikan dampak negatif pada kondisi tubuh penggunanya, terutama pada kesehatan mental. 

Jika menganut pada penjelasan di beberapa sumber terpercaya, narkoba bisa membuat penggunanya mengalami halusinasi, kebingungan, atau bahkan kehilangan kesadaran. Fungsi otak yang terganggu karena mengonsumsi obat-obatan terlarang tersebut tentu mampu membuat kinerja perusahaan menurun drastis. 

Bisa dibayangkan jika di tengah jam kerja, ada karyawan yang sedang berada di bawah pengaruh narkoba. Tak hanya mengganggu pekerjaan, rekan kerja yang lain juga akan terganggu kinerjanya. 

Bahkan, risiko terjadinya tindak kriminal atau kecelakaan kerja yang berakibat fatal akibat narkoba bisa saja terjadi.  Oleh karena itu, kepemilikan Surat Keterangan Bebas Narkoba dan pembuktiannya secara resmi oleh kebanyakan perusahaan saat ini dianggap penting untuk dimiliki oleh para pelamar kerja.

Baca Juga: Lakukan Ini Biar Email Lamaran Kerja Langsung Dilirik HRD Perusahaan Incaran

Cara Mengurus SKBN

1. Di Rumah Sakit

Salah satu tempat yang paling umum dipilih untuk membuat SKBN adalah rumah sakit. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua rumah sakit memiliki akses pengurusan surat keterangan tersebut. Rumah sakit yang dijamin memiliki izin untuk mengeluarkan Surat Keterangan Bebas Narkoba adalah rumah sakit pemerintah. 

Masyarakat yang ingin memiliki surat keterangan ini dapat secara langsung mengunjungi RSUD, klinik, puskesmas, ataupun laboratorium terdekat. Berikut syarat Surat Keterangan Bebas Narkoba yang harus Anda penuhi:

  • Pas foto ukuran 4 x 6 cm sebanyak dua lembar (background disesuaikan dengan tahun kelahiran).
  • Dengan biaya tes sebesar 100 ribu hingga 500 ribu Rupiah. Umumnya, rumah sakit milik pemerintah membanderol harga tes yang lebih terjangkau.

Di area lobby, pemohon Surat Keterangan Bebas Narkoba bisa langsung menyampaikan tujuan kedatangan pada petugas rumah sakit. Kemudian, pihak rumah sakit akan memberikan formulir yang wajib diisi lengkap oleh pihak pemohon. Setelah formulir terisi dan diberikan kepada petugas yang bersangkutan, pemohon akan diberikan Urine Screen Plus sebagai alat pengetesan.

Saat sampel urin didapatkan, pihak rumah sakit akan melakukan pengetesan di laboratorium. Tak butuh waktu lebih dari 30 menit, hasil tes urin akan diketahui dan pemohon dapat terindikasi menggunakan narkoba atau tidak. 

2. Di Kantor Polisi

Selain melalui rumah sakit, SKBN juga bisa didapatkan dengan mengajukan permohonan di kantor polisi tingkat Polres. Prosesnya pun tidak jauh beda dengan saat mengurusnya di rumah sakit.

Di kantor polisi biasanya terdapat divisi reserse narkoba yang bisa mengeluarkan SKBN bagi masyarakat umum. Hal yang diminta juga cukup sederhana, yakni:

  • 2 Lembar Salinan KTP.
  • Foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar.
  • Biaya pendaftaran sebesar 150 ribu Rupiah.  

Setelah berkas persyaratan tersebut telah siap, pemohon dapat langsung mengunjungi polres terdekat dan melakukan pendaftaran SKBN. Pemohon kemudian akan diminta untuk melakukan sampel urin yang kemudian akan diuji di laboratorium selama kurang lebih 30 menit. Hasil pun akan keluar dan SKBN akan dicetak serta dilegalisir. 

3. Di Kantor BNN

Berbeda dengan dua instansi sebelumnya, mengurus SKBN di kantor BNN umumnya tidak dipungut biaya apapun. Namun, pemohon surat keterangan tersebut harus membawa sendiri alat untuk tes urin beserta salinan KTP dan pas foto sebanyak dua lembar. Alat tes urin sendiri bisa dibeli dengan harga mulai dari 60 ribu hingga 200 ribu di toko alat kesehatan.

Masih sama dengan di rumah sakit atau kantor polisi, pemohon akan diberi formulir pendaftaran. Pihak BNN biasanya juga akan meminta surat permohonan serta tujuan pengajuan surat keterangan tersebut oleh pihak pemohon. Setelah menunggu antrian dan melakukan tes urin, hasil SKBN akan dicetak dan siap untuk digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan.

Saat mengajukan permohonan SKBN di kantor BNN, ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi oleh pemohon. Hal-hal tersebut adalah harus membawa alat tes urin sendiri dan surat permohonan mengeluarkan SKBN. Buka hanya dari pukul 8 pagi hingga 12 siang, pemohon diharapkan datang ke kantor BNN dengan memenuhi segala kebutuhan untuk mengajukan surat keterangan ini. 

Baca Juga: Lagi Melamar Kerja? Yuk, Siapkan Surat Rekomendasi Kerja

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba

1. Contoh Surat dari Kepolisian

loader

Sumber: pak.pandani.web.id

2. Contoh Surat dari Rumah Sakit/Dinas Kesehatan

loader

 

Sumber: scribd.com

loader

Sumber: scribd.com

3. Contoh Surat dari BNN

loader

Sumber: alphapay.id

Surat Keterangan Bebas Narkoba Membantu Perusahaan Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat

Mulai banyaknya perusahaan serta instansi negara yang mewajibkan pelamar kerja memiliki SKBN adalah satu langkah positif untuk mewujudkan lingkungan kerja bebas narkoba. Jika seluruh perusahaan mencanangkan syarat tersebut dalam proses penerimaan karyawan baru, bukan tidak mungkin Indonesia akan lebih kuat melawan peredaran barang haram tersebut. 

Dilain pihak, segerakan melakukan pengajuan surat keterangan ini agar proses lamaran kerja dapat berjalan dengan lancar.