Penasaran Seperti Apa Hidup Tanpa Kartu Kredit? Cari Tahu di Sini

Penggunaan kartu kredit yang tidak terkendali dapat memicu terjadinya keuangan tak sehat. Inilah yang jadi alasan kenapa sebagian orang ragu-ragu untuk apply kartu kredit di bank, terutama kalau gajinya kecil.

Hal ini sangat disayangkan, apalagi kartu kredit hadir dengan sejuta penawaran menarik yang tidak hanya membuat aktivitas belanja Anda menjadi mudah dan menyenangkan, tapi juga hemat apabila penawaran itu digunakan secara maksimal.

Bagi yang belum punya kartu kredit, Anda bisa mempertimbangkan pembuatan kartu kredit secepatnya, apalagi di era yang semakin modern seperti sekarang. Jika Anda bersikeras tidak ingin membuat kartu kredit, maka ini dampak yang akan dirasakan seperti dikutip dari Cermati.com.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tak Bisa Mendapatkan Banyak Diskon

diskon kartu kredit

Penawaran menarik berupa diskon atau promo sebenarnya masih bisa Anda dapatkan meski tidak punya kartu kredit, tapi dalam jumlah yang terbatas. Anda hanya bisa menikmati diskon yang berlaku untuk umum.

Tentu saja, diskon terbanyak selama ini adalah fasilitas dari kartu kredit. Coba bayangkan apabila semua diskon bersyarat, maka kesempatan Anda untuk menikmati diskon sama sekali tidak ada.

Sangat disayangkan, bukan? Padahal dengan diskon, Anda bisa membeli barang harga lebih murah sehingga pengeluaran bisa dihemat.

2. Hilangnya Kesempatan Menikmati Cicilan 0% 

Dampak lainnya adalah Anda tidak bisa menikmati fasilitas cicilan 0% yang ditawarkan oleh bank. Padahal dengan fasilitas ini, Anda bisa membeli barang apapun tanpa harus membayar biaya bunga per bulan.

Jika diakumulasikan, maka cicilan yang Anda bayarkan selama jangka waktu yang dipilih setara dengan harga barang yang dibeli beberapa waktu lalu. Cicilan 0% bisa dinikmati dalam kurun waktu tertentu, tergantung dari kebijakan masing-masing bank.

Tapi biasanya, cicilan 0% berlaku hingga 12 bulan setelah transaksi dilakukan. Jika Anda tidak mau membayar bunga, Anda bisa memilih termin pembayaran kurang dari 12 bulan. 

Baca Juga: Cek Ini Dulu saat Memilih Kartu Kredit Cicilan 0% Biar Untung Maksimal

3. Tidak Bisa Klaim Bonus ‘Point Reward’

point reward

Setiap transaksi yang dibayarkan dengan kartu kredit akan mendapat hadiah berupa poin reward. Poin ini bisa dikumpulkan sebanyak-banyaknya, lalu ditukarkan dengan reward yang disediakan oleh pihak bank.

Ada reward berupa promo, cashback belanja, liburan gratis, dan lain sebagainya. Yang pasti, reward yang diberikan pasti selalu menarik dan tidak pernah mengecewakan Anda selama terdaftar sebagai pengguna kartu kredit dari suatu bank.

Tapi sayang, kesempatan mengumpulkan poin dan mendapatkan reward tampaknya tidak bisa terwujud bila Anda tidak mempunyai satu kartu kredit pun.

4. Gagal Memperbarui Reputasi Kredit

Sadar atau tidak, pemakaian kartu kredit akan dinilai langsung oleh bank. Penilaian ini berguna sebagai arsip untuk memperbarui reputasi kredit Anda selama ini.

Reputasi yang baik tentu saja akan memudahkan Anda untuk mengajukan pinjaman di kemudian hari, baik dalam jumlah besar maupun kecil. Sedangkan reputasi yang buruk akan menyulitkan Anda untuk mengajukan pinjaman dalam jumlah berapapun.

Tak heran bila pengguna kartu kredit selalu disarankan untuk melakukan pembayaran secara tertib guna mempertahankan reputasi kreditnya. Reputasi ini berlaku hampir untuk semua bank.

Jadi, tidak hanya untuk bank tempat kartu kredit diterbitkan saja. Jika Anda mempunyai kartu kredit, Anda bisa merasakan keuntungan dari reputasi ini. Tapi jika tidak, Anda tidak bisa merasakannya.   

5. Kesulitan Transaksi ‘Online’ di Situs Luar Negeri

transaksi online

Tak perlu jauh-jauh liburan ke luar negeri untuk membeli barang-barang bermerek. Sekarang Anda bisa membeli barang tersebut melalui situs-situs online.

Sayangnya, kebanyakan situs online barang branded berbasis internasional yang meminta customer untuk membayar menggunakan kartu kredit. Tanpa kartu kredit, Anda tidak akan bisa membeli barang tersebut meski Anda mampu membayar barangnya secara tunai sekalipun.

Bagi Anda yang suka berbelanja online, alangkah baiknya untuk memiliki kartu kredit. Pilih kartu kredit yang memiliki logo Visa atau MasterCard karena dua logo ini berlaku di semua situs belanja online internasional.

Baca Juga: 8 Tips Manfaatkan Layanan Kartu Kredit agar Keuangan Tetap Terjaga

6. Kesulitan Membayar Pengeluaran Darurat

Untuk mengantisipasi biaya-biaya tak terduga, Anda pasti sudah menyiapkan dana darurat sejak awal. Tapi coba bayangkan apabila jumlahnya tidak cukup, kemana Anda akan mencari bantuan dana?

Untungnya kartu kredit sudah memperbolehkan pengguna untuk melakukan penarikan tunai sesuai kebutuhan, asalkan jumlahnya tidak melebihi limit yang ditetapkan. Tapi, hal di atas hanya berlaku bagi pengguna kartu kredit.

Jadi bisa dibayangkan apa dampak kalau Anda tidak mempunyai kartu kredit. Anda akan kesulitan untuk mencari dana darurat untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran darurat. Kondisi yang sangat disayangkan.

7. Wajib Sabar saat Ingin Sesuatu

belanja dengan kartu kredit

Mau beli baju, tas, sepatu, atau aksesoris baru? Sabar dulu ya karena Anda harus menabung dulu untuk mendapatkan barang-barang tersebut.

Setelah uangnya terkumpul, barulah Anda bisa membeli. Itu juga kalau barangnya masih available atau tersedia di toko. 

Kondisi semacam ini tidak akan Anda rasakan kalau Anda mempunyai kartu kredit. Jika Anda menginginkan suatu barang, Anda bisa mendapatkannya di saat itu juga dan membayarnya pada hari selanjutnya.

Kunci Utama adalah Bijak!

Banyak hal-hal menarik yang terpaksa Anda lewatkan karena tidak mempunyai kartu kredit. Silahkan apply kalau Anda tertarik untuk memaksimalkan keuntungan yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit. Tapi ingat, selalu gunakan kartu kredit secara bijak kalau kartu kreditnya sudah ada di tangan sehingga kondisi finansial Anda tetap terarah sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Gak Selamanya Ngenes, Ini 8 Keuntungan Finansial Buat Para Jomblo