Penasaran Seperti Apa Hidup Tanpa Kartu Kredit? Cari Tahu di Sini

Penggunaan kartu kredit yang tidak terkendali dapat memicu terjadinya keuangan tak sehat. Inilah yang jadi alasan kenapa sebagian orang ragu-ragu untuk apply kartu kredit di bank, terutama kalau gajinya kecil.

Hal ini sangat disayangkan, apalagi kartu kredit hadir dengan sejuta penawaran menarik yang tidak hanya membuat aktivitas belanjamu jadi mudah dan menyenangkan, tapi juga hemat apabila penawaran itu digunakan secara maksimal.

Bagi yang belum punya kartu kredit, kamu bisa mempertimbangkan pembuatan kartu kredit secepatnya, apalagi di era yang semakin modern seperti sekarang. Jika kamu bersikeras tidak ingin membuat kartu kredit, maka ini dampak yang akan dirasakan seperti dikutip dari Cermati.com.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tak Bisa Mendapatkan Banyak Diskon

loader

Penawaran menarik berupa diskon atau promo sebenarnya masih bisa kamu dapatkan meski tidak punya kartu kredit, tapi dalam jumlah yang terbatas. Kamu hanya bisa menikmati diskon yang berlaku untuk umum.

Tentu saja, diskon terbanyak selama ini adalah fasilitas dari kartu kredit. Coba bayangkan apabila semua diskon bersyarat, maka kesempatanmu untuk menikmati diskon sama sekali tidak ada.

Sangat disayangkan, bukan? Padahal dengan diskon, kamu bisa membeli barang harga lebih murah sehingga pengeluaran bisa dihemat.

2. Hilangnya Kesempatan Menikmati Cicilan 0% 

Dampak lainnya adalah kamu tidak bisa menikmati fasilitas cicilan 0% yang ditawarkan oleh bank. Padahal dengan fasilitas ini, kamu bisa membeli barang apapun tanpa harus membayar biaya bunga per bulan.

Jika diakumulasikan, maka cicilan yang kamu bayarkan selama jangka waktu yang dipilih setara dengan harga barang yang dibeli beberapa waktu lalu. Cicilan 0% bisa dinikmati dalam kurun waktu tertentu, tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Tapi biasanya, cicilan 0% berlaku hingga 12 bulan setelah transaksi dilakukan.

Baca Juga: Mengenal dan Memanfaatkan Kredit Cicilan 0%

3. Tidak Bisa Klaim Bonus ‘Point Reward’

loader

Setiap transaksi yang dibayarkan dengan kartu kredit akan mendapat hadiah berupa poin reward. Poin ini bisa dikumpulkan sebanyak-banyaknya, lalu ditukarkan dengan reward yang disediakan oleh pihak bank.

Ada reward berupa promo, cashback belanja, liburan gratis, dan lain sebagainya. Yang pasti, reward yang diberikan selalu menarik dan tidak pernah mengecewakan.

Tapi sayang, kesempatan mengumpulkan poin dan mendapatkan reward tampaknya tidak bisa terwujud bila kamu tidak mempunyai satu kartu kredit pun.

4. Gagal Memperbarui Reputasi Kredit

Sadar atau tidak, pemakaian kartu kredit akan dinilai langsung oleh bank. Penilaian ini berguna sebagai arsip untuk memperbarui reputasi kreditmu selama ini.

Reputasi yang baik tentu saja akan memudahkanmu untuk mengajukan pinjaman di kemudian hari, baik dalam jumlah besar maupun kecil. Sedangkan reputasi yang buruk akan menyulitkanmu untuk mengajukan pinjaman dalam jumlah berapapun.

Tak heran bila pengguna kartu kredit selalu disarankan untuk melakukan pembayaran secara tertib guna mempertahankan reputasi kreditnya. Reputasi ini berlaku hampir untuk semua bank.

Jadi, tidak hanya untuk bank tempat kartu kredit diterbitkan saja. Jika kamu mempunyai kartu kredit, kamu bisa merasakan keuntungan dari reputasi ini. Tapi jika tidak, kamu tidak bisa merasakannya.

5. Kesulitan Transaksi ‘Online’ di Situs Luar Negeri

loader

Tak perlu jauh-jauh liburan ke luar negeri untuk membeli barang-barang bermerek. Sekarang kamu bisa membeli barang tersebut melalui situs-situs online.

Sayangnya, kebanyakan situs online barang branded berbasis internasional yang meminta customer untuk membayar menggunakan kartu kredit. Tanpa kartu kredit, kamu tidak akan bisa membeli barang tersebut meski kamu mampu membayar barangnya secara tunai sekalipun.

Bagi kamu yang suka berbelanja online, alangkah baiknya untuk memiliki kartu kredit. Pilih kartu kredit yang memiliki logo Visa atau MasterCard karena dua logo ini berlaku di semua situs belanja online internasional.

Baca Juga: Cara Mencegah Kartu Kredit dan Debit Dibajak Orang

6. Kesulitan Membayar Pengeluaran Darurat

Untuk mengantisipasi biaya-biaya tak terduga, kamu pasti sudah menyiapkan dana darurat sejak awal. Tapi coba bayangkan apabila jumlahnya tidak cukup, kemana kamu akan mencari bantuan dana?

Untungnya kartu kredit sudah memperbolehkan pengguna untuk melakukan penarikan tunai sesuai kebutuhan, asalkan jumlahnya tidak melebihi limit yang ditetapkan. Tapi, hal di atas hanya berlaku bagi pengguna kartu kredit.

Jadi bisa dibayangkan apa dampak kalau kamu tidak mempunyai kartu kredit. Kamu akan kesulitan untuk mencari dana darurat untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran darurat. Kondisi yang sangat disayangkan.

7. Wajib Sabar saat Ingin Sesuatu

loader

Mau beli baju, tas, sepatu, atau aksesoris baru? Sabar dulu ya karena kamu harus menabung dulu untuk mendapatkan barang-barang tersebut.

Setelah uangnya terkumpul, barulah kamu bisa membeli. Itu juga kalau barangnya masih available atau tersedia di toko. 

Kondisi semacam ini tidak akan kamu rasakan kalau kamu mempunyai kartu kredit. Jika kamu menginginkan suatu barang, kamu bisa mendapatkannya di saat itu juga dan membayarnya pada hari selanjutnya.

Kunci Utama adalah Bijak!

Banyak hal-hal menarik yang terpaksa kamu lewatkan karena tidak mempunyai kartu kredit. Silakan apply kalau kamu tertarik untuk memaksimalkan keuntungan yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit. Tapi ingat, selalu gunakan kartu kredit secara bijak kalau kartu kreditnya sudah ada di tangan sehingga kondisi finansialmu tetap terarah sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Kartu Kredit untuk Modal Bisnis? Simak Risiko Dan Keuntungannya