Asuransi Anak: Siapkan Asuransi Pendidikan dan Kesehatan Sejak Dini

Memang belum semua, tapi sebagian besar pasangan yang sudah memiliki anak pastinya akan menata kehidupan rumah tangganya dengan baik gar berjalan sesuai harapan, termasuk dalam hal finansial. Pengelolaan finansial yang baik juga mendukung keluarga jadi lebih sejahterah.

Selain kebutuhan rumah, makan, transportasi, atau kendaraan, tentunya kebutuhan anak juga menjadi prioritas orangtua. Namun, menyiapkan kebutuhan anak dalam bentuk tabungan saja rasanya belum cukup untuk mengcover semuanya.

Apalagi, biaya pendidikan anak dan kesehatan semkain mahal setiap tahunnya. Adapun estimasi kenaikan dari kedua biaya tersebut, yaitu sebesar 10% – 15% per tahun.

Sebagai orangtua tentunya perlu mengambil tindakan cerdas, yaitu dengan memiliki asuransi untuk anak sejak dini. Dengan asuransi anak, tentunya biaya sekolah mulai dari pendidikan dasar hingga tinggi dan biaya kesehatan ketika sakit sudah tercover dengan baik. Alhasil, asuransi anak ini bisa membuat keuangan keluarga menjadi lebih aman.

Lantas, apa saja pilihan asuransi pendidikan anak dan kesehatan yang terbaik di Indonesia?

Berikut pilihan dan penjelasan dari masing-masing asuransi pendidikan dan kesehatan mulai dari pengertian, pilihan produk hingga tips memilihnya agar kamu bisa memberikan asuransi untuk anak yang tepat.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Asuransi Pendidikan Anak

loader
Asuransi Anak

Pendidikan sangat penting untuk anak sebab ilmu yang didapatkan akan menjadi bekal bagi masa depan anak. Agar anak bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik, tentunya orangtua juga perlu menyiapkan dana pendidikan mulai dari taman anak-anak, Sekolah Dasar (SD) hingga duduk dibangku perkuliahan.

Perlu kamu ketahui, dikutip dari situs media republika, per Juli 2021 saja biaya pendidikan di sekolah swasta dengan segmentasi menengah ke atas yang sekolahnya bukan taraf internasional, mulai dari PAUD sampai kuliah saat ini mencapai Rp187,5 juta dan belum termasuk biaya lain seperti bayar SPP, praktik sekolah dan sebagainya.

Berikut rincian biaya pendidikan di 2021 dan estimasi kenaikan 15% di 2022:

Tingkat Pendidikan

2021

2022 (naik 15%)

TK

Rp10 juta

Rp11.500.000

SD

Rp30 juta

Rp34.500.000

SMP

Rp35 juta

Rp40,250.000

SMA

Rp40 juta

Rp46.000.000

Kuliah

Rp50 juta

Rp57.500.000

Maka dari itu, orangtua perlu menyiapkan asuransi pendidikan anak, sehingga kamu tak perlu khawatir untuk beli buku, seragam, uang pangkal dan lainnya sebab ada uang pertanggungan dari asuransi pendidikan yang telah kamu bayar preminya setiap bulan.

Pengertian Asuransi Pendidikan Anak

Berbeda dengan tabungan, asuransi pendidikan adalah salah satu jenis asuransi yang perusahaannya memberikan layanan proteksi pendidikan anak yang juga disertai investasi. Asuransi pendidikan anak ini tentunya memberikan manfaat, yaitu:

  1. Terhindari dari inflasi biaya pendidikan
  2. Terjadinya risiko pada orangtua seperti kondisi keuangan yang memburuk, kesehatan orangtua yang membuat tidak bisa lagi mencari nafkah dan lainnya.

Cara Kerja Asuransi Pendidikan Anak

Sebagai gambarannya, berikut ini cara kerja asuransi pendidikan anak, antara lain:

  • Nasabah membayarkan premi kepada perusahaan asuransi
  • Manajer investasi di perusahaan asuransi melanjutkan premi yang disetorkan nasabah ke instrumen investasi, misalnya Reksa Dana atau Surat Hutang
  • Return dari hasil investasi tersebut dan melaporkannya ke nasabah di akhir tahun
  • Saat anak akan masuk ke jenjang sekolah, nasabah bisa mengajukan klaim atas hasil investasi tersebut dan mendapatkan uang pertanggungan.

Rekomendasi Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia

Berikut beberapa pilihan produk asuransi pendidikan terbaik di Indonesia, antara lain:

  1. Asuransi pendidikan anak Axa Mandiri – Mandiri Sejahtera Cerdas
  2. Asuransi pendidikan anak Manulife Education Protector
  3. Asuransi pendidikan anak BCA Proteksi Edukasi Maksima
  4. Asuransi pendidikan anak Prudential PRULink Edu Protection
  5. Asuransi pendidikan anak Allianz Indonesia
  6. Asuransi pendidikan anak BNI Life Solusi Pintar
  7. Asuransi pendidikan anak BRI Life BRINGIN Danasiswa Syariah
  8. Asuransi pendidikan anak Bumiputera

Baca Juga: Asuransi Keluarga: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

Asuransi Kesehatan Anak

loader
Asuransi Anak

Setiap orangtua pastinya menjaga kesehatan anak dengan baik. Selain, memberikan asupan yang bergizi, orangtua juga mengajarkan anak olahraga teratur dan jam istirahat yang teratur. Banyak juga orangtua yang memberikan suplemen tambahan untuk anak.

Meski begitu, orangtua perlu memberikan perlindungan ekstra, mengingat sekarang ini banyak virus penyakit yang mudah menyerang tubuh anak-anak. Perlindungan ini dengan asuransi kesehatan anak.

Dengan asuransi kesehatan ini juga memberikan kamu perlindungan finansial dari kenaikan biaya kesehatan yang naik setiap tahunnya. Jadi, ketika anak sakit atau butuh perawatan di rumah sakit, asuransi anak akan mengcover biayanya.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Anak Terbaik di Indonesia

Setiap anak Indonesia yang baru saja lahir, orangtua wajib mendaftarkan anaknya sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Akan tetapi, itu saja tidak cukup karena tak semua fasilitas kesehatan bisa menggunakan BPJS Kesehatan. Untuk itu, orangtua bisa melengkapi perlindungan anak dengan asuransi kesehatan. Umumnya, asuransi kesehatan anak ini digabungkan dengan asuransi kesehatan keluarga.

Berikut beberapa pilihan produk asuransi kesehatan untuk anak terbaik di Indonesia, antara lain:

  1. Asuransi kesehatan anak Axa Mandiri
  2. Asuransi kesehatan anak Cigna
  3. Asuransi kesehatan anak BRI Life
  4. Asuransi kesehatan anak PFI Mega Life
  5. Asuransi kesehatan anak Lippo
  6. Asuransi kesehatan anak BNI Life
  7. Asuransi kesehatan anak Prudential
  8. Asuransi kesehatan anak Manulife
  9. Asuransi kesehatan anak Allianz
  10. Asuransi kesehatan anak AIA

Baca Juga: 12 Asuransi Jiwa Terbaik, Pahami Jenis dan Tips Memilih Asuransi

Tips Memilih Asuransi yang Tepat dari OJK

Sekarang ini banyak oknum penipuan yang mengatasnamakan asuransi resmi untuk melakukan tindak kejahatan.  Agar terhindar dari pihak abal dan bisa mendapatkan asuransi pendidikan anak dan kesehatan yang tepat, berikut tipsnya dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bisa kamu terapkan, antara lain:

1. Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Jangan asal memilih perusahaan asuransi anak tercinta. Sebaiknya kamu lakukan perbandingan dari setiap perusahaan asuransi. Cek perusahaan asuransi pendidikan dan kesehatan untuk anak tersebut memiliki kredibilitas yang bagus atau tidak dan sudah terdaftar di OJK atau belum.

2. Pilih Produk yang Manfaat dan Fasilitasnya Sesuai Kebutuhan

Dari masing-masing asuransi pendidikan dan kesehatan untuk anak juga memiliki paket dengan manfaat dan fasilitas yang berbeda-beda. Agar tak salah pilih, kamu perlu membaca dengan baik setiap paket yang ditawarkan pihak asuransi.

Bandingkan, paket asuransi pendidikan atau kesehatan manakah yang sesuai dengan kebutuhan anak kamu. Minta kepada pihak asuransi pendidikan dan kesehatan untuk membuat perhitungan premi setiap bulannya. Jangan sampai, produk yang kamu pilih justru memiliki premi yang mahal sehingga memberatkan finansialmu.

3. Isi Data Polis dengan Lengkap

Setelah kamu memilih produk asuransi untuk anak, baik pendidikan, kesehatan yang tepat dan sesuai kebutuhan anak, pastinya kamu akan diminta pihak asuransi untuk mengisi polis. Kamu wajib isi data tersebut dengan lengkap dan benar.

Perhatikan angka dan huruf agar tidak ada yang salah. Sebab, data polis yang benar ini sangat penting jika kamu ingin mengajukan klaim asuransi pendidikan dan kesehatan.

4. Pastikan Polis Sesuai dengan Paket yang Dipilih

Kamu juga wajib membaca isi polis dengan cermat. Pastikan polis tersebut sesuai dengan paket asuransi pendidikan atau kesehatan yang dipilih. Jika ada hal yang kurang dipahami dalam polis, tak ada salahnya minta kepada pihak atau agen asuransi untuk menjelaskannya secara detail

5. Rutin Bayar Premi

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan sebagai orangtua adalah membayar premi asuransi pendidikan dan kesehatan anak secara rutin setiap bulannya. Jangan sampai, premi asuransi telat atau tak dibayarkan. Hal ini tentunya akan membuat kamu sulit ketika ingin klaim di suatu hari mendatang.

Siapkan Asuransi untuk Anak Sejak Dini

Mengingat kondisi perekonomian keluarga tidak bisa ditebak, kadang naik, stabil dan turun, sebaiknya kamu harus menyiapkan asuransi untuk anak sejak dini. Pilihlah asuransi yang dibutuhkan anak saat ini dan juga di masa mendatang. Dengan membayar premi setiap bulannya, biaya pendidikan, kesehatan dan lainnya akan tercover pihak asuransi. Ini tentunya akan menyelamatkan keuanganmu disaat sedang tidak stabil dikemudian hari, tapi kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan anak dengan baik berkat asuransi.

Baca Juga: Nasib Asuransi Pendidikan Seandainya Anak Meninggal