Sering Merasa Pusing Saat Bangun Pagi? Ini Alasannya

Apa kamu pernah merasa pusing saat bangun pagi? Tenang, hal ini tidak hanya terjadi padamu karena hampir semua orang merasakan hal yang sama.

Ya, merasa pusing saat bangun pagi adalah hal yang wajar, tapi menjadi tidak wajar kalau terus-menerus terjadi. Pasti ada penyebabnya. Nah, berikut alasan kenapa kamu sering merasa pusing saat bangun pagi.

7 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Pusing Saat Bangun Pagi

loader

Pusing

1. Dehidrasi

Jika tubuhmu kekurangan air sebelum tidur, besar kemungkinan kamu akan merasa pusing saat bangun tidur keesokan harinya. Jika kamu merasa haus, bibirmu kering, pandangan kabur, dan agak pusing, itu tandanya kamu benar-benar dehidrasi. Maka dari itu, minumlah air yang cukup sebelum kamu meletakkan badan di kasur.

Minum air sebelum tidur memang riskan untuk buang air kecil tengah malam, tapi kamu bisa minum air putih secukupnya untuk menghindari hal ini. Yang terpenting tubuhmu mendapat air yang cukup, sehingga keesokan pagi bisa bangun dengan bugar dan siap beraktivitas.

2. Tekanan Darah Rendah

Jangan salah, tekanan darah rendah juga bisa menimbulkan efek pusing saat bangun pagi. Tanda-tanda tekanan darah rendah adalah merasa lemas, sering pusing, pandangannya kabur, dan sering ingin terjatuh.

Selain itu, dilansir dari Medical News Today, berganti posisi dari duduk menjadi berdiri secara tiba-tiba, misalnya, dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Dan berganti posisi inilah yang sering kamu lakukan saat beranjak dari tempat tidur.

3. Gula Darah Rendah

Selain tekanan darah rendah, gula darah rendah juga dapat menyebabkan pusing di pagi hari. Rasa pusing ini sering dialami oleh seseorang yang menderita diabetes, suntik insulin, maupun sedang menjalani pengobatan. Jika tubuh tidak mendapat asupan makan yang cukup pada malam harinya, maka wajar jika merasa pusing saat bangun tidur.

Maka dari itu, pastikan kamu makan yang cukup di malam hari. Sementara untuk kamu yang gula darahnya normal, tapi sering merasa pusing di pagi hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter pribadimu agar segera mendapat penanganan lebih lanjut.

4. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah kondisi di mana pola pernapasanmu saat tidur di malam hari tidak beraturan. Kamu bernapas, tapi dalam beberapa detik berhenti, lalu lanjut lagi. Rendahnya oksigen yang masuk ke saluran pernapasan bisa menjadi penyebab kenapa kamu sering merasa pusing saat bangun pagi.

Selain pusing, sleep apnea membuat kualitas tidur berkurang. Ketika tubuhmu kurang istirahat, maka tubuhmu cenderung merasa lemah, merasa gemetaran, dan kehilangan keseimbangan. Makanya jaga pola tidurmu dengan tidur lebih awal, kalau memang sulit tidur ya dipaksa atau putar lagu slow agar tubuhmu terbawa suasana dan akhirnya tidur.

5. Vertigo

Bagi yang menderita vertigo, maka ada kemungkinan kalau kamu akan lebih sering merasa pusing di pagi hari setelah bangun tidur. Bahkan vertigo membuatmu merasa mual dan muntah juga seperti yang dilansir dari Webmd.

Sebenarnya bukan kondisi yang serius karena bisa hilang seiring berjalannya waktu, tapi bukan berarti dibiarkan karena takutnya vertigo bisa bertambah parah. Pergilah ke dokter untuk konsultasi, sehingga kamu tahu bagaimana cara tepat untuk menanganinya.

6. Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat mengganggu fungsi neurotransmitter, yaitu senyawa kimia dalam tubuh yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari satu sel saraf ke saraf yang lain. Dan saraf itu terhubung ke jaringan otak yang bisa menyebabkan sakit kepala. Efek sakit yang dirasakan tentu semakin parah jika kamu mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Di sisi lain, konsumsi alkohol sebelum tidur membuat tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi dan memicu buang air kecil di malam hari. Maka dari itu, kurangilah konsumsi alkohol dan pilih alkohol jenis mana yang bisa ditolerir oleh tubuh.

7. Proses Penyembuhan

Proses penyembuhan dari penyakit tertentu dipercaya dapat menyebabkan rasa pusing saat bangun pagi. Healthline menyatakan hal ini tidak terlepas karena pengaruh konsumsi antibiotik selama proses penyembuhan berlangsung. 

Jika kamu sering merasa pusing pasca bangun tidur, sebaiknya tanyakan kepada dokter tempatmu berobat apakah pusing ini karena efek samping penyembuhan tersebut atau tidak. Jika memang ya, mintalah saran atau solusi dokter untuk mengatasinya agar kamu tidak perlu merasa pusing-pusing lagi saat bangun tidur.

Pusing Memang Biasa, Tapi Jangan Anggap Sepele

Pusing saat bangun tidur adalah hal biasa, tapi jangan pernah anggap sepele. Jika rasa pusingnya sering terjadi atau mungkin memicu rasa sakit pada bagian tubuh yang lain, bisa jadi ada penyakit serius yang sedang menggerogoti tubuhmu. Sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sebelum sakitnya bertambah serius.

Dan jangan lupa untuk miliki asuransi kesehatan agar dompet dan hidup makin tenang.