Pertimbangkan 5 Hal Berikut Sebelum Mengajukan Kartu Kredit Cash Back  

Salah satu keuntungan bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit adalah banyaknya tawaran potongan harga dari beberapa penerbit kartu. Tapi biasanya, potongan harga ini tidak berlaku setiap saat, yang paling sering adalah saat promo produk tertentu, penawaran merchant baru, atau juga menjelang perayaan hari besar. Jadi, tidak setiap kali bertransaksi dengan kartu kredit lantas kita bisa mendapatkan cash back atau potongan harga.

Jika Anda ingin senantiasa dapat cash back, ada khabar bagus. Saat ini, beberapa bank penerbit kartu kredit punya fasilitas kartu kredit cash back. Apa sih kartu kredit cash back itu? Apa saja keuntungannya? Dan apa yang harus dipertimbangkan bila ingin mengajukan kartu kredit cash back ini? Ulasan lengkap dibawah ini bisa menjawab pertanyaan Anda di atas.

Baca Juga : Kartu Debit vs Kartu Kredit, Mana Pilihan Anda?

5 Hal Mendasar yang Harus jadi Pertimbangan sebelum Mengajukan Kartu Kredit Cash back

punya kartu kredit
Kartu Kredit Cash Back via Shutterstock.com

Karena keuntungannya yang besar dan bisa memberikan cash back untuk setiap pembelian, produk kartu kredit yang satu ini jadi semakin diburu oleh banyak orang. Namun sebaiknya jangan terburu dulu mengajukan kartu kredit cash back. Karena meski ada banyak keuntungan, ada 5 hal mendasar yang harus dimengerti secara mendalam seperti ulasan berikut ini.

1. Syarat dan Ketentuan Mendapat Cash back

Sebelum mengajukan kartu kredit cash back, sebaiknya ketahui dulu syarat dan ketentuannya. Secara garis besar syarat dan ketentuan untuk mengajukan kartu kredit yang harus dipahami adalah, besaran bunga bank, kelengkapan dokumen pendukung apa saja yang harus disiapkan, minimum penghasilan bagi calon pemegang kartu kredit cash back, serta iuran tahunanya. Dengan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku maka kita akan lebih hemat waktu dan tenaga saat mengajukan aplikasi kartu kredit cash back.

2. Persentase Jumlah Cash back setiap Pemakaian

Tiap kartu kredit punya jumlah cash back dari pemakaian yang berbeda-beda. Pilih saja yang persentasenya paling besar. Persentase ini berpengaruh pada jumlah uang yang bisa dihemat setiap kali bertransaksi. Beberapa kartu kredit tertentu ada yang menyediakan fasilitas cashback hingga 25%, ini bisa menjadi salah satu jalan untuk berhemat.

3. Batas Minimum Transaksi untuk Pemberian Cash back

Yang harus dikenali berikutnya adalah jumlah batas transaksi minimum yang mungkin dikenakan. Tiap-tiap bank penerbit punya ketentuan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, ada yang memberikan fasilitas casback 25% tanpa ada limit minimum transaksi. Tetapi di satu sisi tidak ada potongan harga.

Sementara itu, ada juga ketentuan limitasi transaksi, misalnya 6 juta pertransaksi untuk cashback 3%, tetapi memberikan potongan harga puluhan persen untuk bertaransaksi di merchant tertentu. adanya potongan harga ini adalah satu hal yang sangat membantu berhemat juga. Tetapi perlu diingat bahwa manfaat kartu kredit cash back yang utama adalah adanya syarat cashback untuk setiap transaksi kapan saja dan dimana saja.

4. Ada Tidaknya Keuntungan Lain

Setiap jenis kartu kredit cash back memberikan keuntungan tambahan yang berbeda-beda. Masing-masing bisa jadi alternatif pilihan bergantung dari tujuan pengelolaan dan pemilikannya. Pastinya ini akan berhubungan dengan syarat aplikasi yang makin bertambah.

5. Di mana Saja Manfaat Kartu Kredit Cash back Bisa Digunakan

Untuk yang terakhir ini sebenarnya adalah hal yang paling penting. Karena apa artinya kita punya kartu kredit cashback tetapi tidak bisa digunakan di banyak tempat. Kalaupun mempunyai manfaat besar dari segi persentasenya, tapi harus tetap diketahui bahwa beberapa kartu kredit cashback juga punya batasan dari segi limitasi pemakaiannya, terkadang ada juga yang tidak diterima oleh merchant-merchant tertentu.

Mengenali kelima hal dasar sebelum mengajukan kartu kredit cashback adalah hal yang penting. Karena dengan demikian kita akan punya bekal yang cukup sebelum mengajukan kartu kredit cashback.

Meskipun Membawa Manfaat, Kartu Kredit Cashback Tetap Harus Digunakan dengan Bijak, Ini Dia Kiatnya:

kartu kredit
Menggunakan Kartu Kredit Cash Back via shutterstock.com

Dari segi manfaat, kartu kredit cashback memang membawa banyak manfaat. Terutama karena adanya persentase jumlah uang yang bisa dihemat tiap pemakaian. Tetapi meski demikian, sama saja dengan kartu kredit lainnya, harus paham betul kiat memakainya agar tak membuat kantong bengkak kala membayar tagihan bulanan.

Baca Juga : 6 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

  • Selalu Sesuaikan Budget Di bawah Limit Kartu Kredit

Setiap kartu kredit apakah jenisnya cashback atau biasa tentu punya limit penggunaannya masing-masing. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam penggunaan kartu kredit yang bijak adalah jangan menggunakannya melebihi limit yang ada. Sebagai contoh, bila kartu kredit kita limitnya 4 juta, maka usahakan untuk memakainya kurang dari itu, ini untuk menjaga kesehatan keuangan pribadi agar tidak nombok saat masa pembayaran tagihan.

  • Berbelanjalah dengan Bijak

Awas, saat ini bahkan ada istilah “kecanduan kartu kredit”, maksudnya karena orang terus menerus memakai kartu kreditnya karena merasa senang untuk bisa berbelanja dan bukan karena kebutuhan. Hal yang demikian bukanlah sebuah sikap yang bijak dalam menjaga kesehatan keuangan pribadi.

  • Batasi Jumlah Kepemilikan Kartu Kredit

Biasanya setelah pengajuan kartu kredit yang pertama berhasil, maka orang cenderung ingin melakukan aplikasi kartu kredit baru. Meski selanjutnya jadi mudah dengan adanya kepemilikan kartu kredit pertama, tapi sebaiknya batasi kepemilikan kartu kredit kita. Sangat dianjurkan hanya punya 2 kartu kredit saja, agar tak kesulitan membayar biaya tagihan serta bisa jadi membawa bencana keuangan yang lebih besar.

  • Atur Limit Masing-Masing Kartu Kredit

Untuk pemilikan sangat dianjurkan hanya 2 kartu kredit saja. Sebenarnya bila mampu mengelola dengan baik, memiliki 2 kartu kredit sudah bisa membawa manfaat untuk memenuhi kebutuhan secara menyeluruh. Agar tidak sampai menjadi bencana keuangan, atur limit masing-masing kartu kredit.

Sebaiknya, yang satu lebih kecil dari yang lainnya. Ini dimaksudkan agar membawa sikap disiplin dalam pemakaian, kartu kredit dengan limit yang lebih kecil bisa dipergunakan untuk membayar tagihan kebutuhan secara umum, sementara satunya yang lebih besar hanya untuk berjaga-jaga bila dalam kondisi terdesak saja.

Bijak dan Tidak Sembarangan dalam Pemakaiannya

Mempunyai kartu kredit cashback bisa jadi banyak memberikan manfaat lebih dan membawa banyak kemudahan. Tapi harus disadari bahwa pemakaiannya tak boleh sembarangan dan tetap harus bijak sesuai dengan kebutuhan bukan kesenangan semata. Perlu diketahui, fungsi utama dari kartu kredit adalah memudahkan transaksi bukan membuat Anda menjadi boros dan membebani finansial.

Baca Juga : Kenali Modus Penipuan ATM dan Kartu Kredit