Manfaatkan Kartu Kredit Anda di Momen Great Sale

Bagi masyarakat yang sering berbelanja di mall, pasti tidak akan melewatkan begitu saja momen gelaran diskon besar-besaran yang sering diadakan di pusat perbelanjaan tersebut. Sebab akan muncul berbagai tawaran belanja dengan harga yang fantastis saat momen tersebut hadir, misalnya saja Festival Jakarta Great Sale yang diadakan pada pertengahan tahun maupun ketika menjelang lebaran tiba. Sebaiknya pandai-pandailah dalam menyiasati tawaran belanja tersebut agar tidak terlalu boros dalam membelanjakan uang dan meninggalkan mall dalam keadaan kantong kosong kehabisan uang.

Untuk menyiasati agar tidak terlalu boros, salah satu solusinya adalah memaksimalkan manfaat yang diperoleh dari kartu kredit. Karena selain dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah, kartu kredit juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Bahkan biasanya dalam momen great sale atau diskon besar-besaran seperti ini, pemilik kartu kredit dapat lebih puas dalam berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini disebabkan karena besar kemungkinan pemilik kartu kredit akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dan diskon ekstra. Berikut ini adalah berbagai keuntungan yang akan didapatkan dari pemakaian kartu kredit untuk berbelanja pada momen great sale tersebut.

Mendapat Cash Back

Dapatkan Cash Back Ketika Bertransaksi

Dapatkan Cash Back Ketika Bertransaksi via businessinsider.com

 

Cash back merupakan keuntungan yang berupa potongan harga jual maupun pengembalian uang sebesar nilai tertentu setiap kali membayar transaksi menggunakan kartu kredit untuk berbagai transaksi. Potongan harga tersebut dapat dilakukan secara langsung dengan cara mengurangi nilai transaksi maupun dengan mengurangi kategori kredit pada tiga tagihan di bulan berikutnya. Misal: cash back sebesar 1,5% dari total transaksi pembelian atau cash back berupa uang tunai yang berguna untuk pembelanjaan jumlah tertentu.

Baca Juga: Mengenal dan Memanfaatkan Kredit Cicilan 0%

Menambah Point Reward

Biasanya, ada beberapa kartu yang memberikan fitur pengumpulan poin dalam sejumlah transaksi pembelian yang dilakukan berdasarkan kebijakan dari masing-masing bank penerbit. Jumlah poin reward yang berhasil dikumpulkan oleh pemilik kartu kredit dapat ditukarkan dengan hadiah yang lain (Redeem Point). Untuk jenis hadiah yang ditawarkan oleh masing-masing kartu kredit maupun bank penerbit memang bermacam-macam tergantung kebijakan dari masing-masing bank. Namun secara umum, hadiah yang disediakan oleh bank penerbit tersebut berupa potongan harga pembelian secara langsung untuk transaksi pembelian barang atau produk tertentu.

Momen tersebut bisa dimanfaatkan oleh pemilik kartu kredit untuk menambah atau menukar  poin-poin yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Biasanya prosesnya lebih mudah dan menarik karena pemilik point bisa menukar dengan belanjaan tertentu yang sedang masuk dalam daftar promosi dalam momen great sale.

Jadi, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada kasir mall tersebut, apakah poin yang terdapat dalam kartu kredit bisa digunakan untuk membayar barang belanjaan milik Anda. Jika ada poin yang dapat digunakan tentu akan sangat membantu mengurangi pembayaran belanja, sekaligus berguna untuk memanfaatkan poin kartu kredit yang mungkin sudah menggunung karena tidak pernah digunakan.

Mendapat Diskon Ekstra

Dapatkan Diskon Ekstra dengan Menggunakan Kartu Kredit

Dapatkan Diskon Ekstra dengan Menggunakan Kartu Kredit via sequoiasigns.com

 

Fasilitas discount atau potongan harga jual merupakan fasilitas yang paling banyak ditawarkan dalam bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini karena diskon sudah menjadi fasilitas standar dari kartu kredit. Penawaran potongan harga tersebut merupakan fasilitas yang paling sering digunakan untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan kartu kredit. Sekarang ini, banyak terdapat merchant yang sudah bekerja sama dengan pihak penerbit kartu kredit yang ikut serta menawarkan promo kartu kredit dalam berbagai macam variasi potongan harga.

Berbelanja ketika momen great sale merupakan waktu yang paling tepat bagi pemilik kartu kredit untuk memanfaatkan diskon tersebut untuk mendapatkan barang-barang yang diinginkan. Dalam momen great sale, umumnya diskon dari kartu kredit ini akan membantu pemilik kartu untuk mengontrol pengeluaran dan tentunya terbebas dari kantong kering yang disebabkan nafsu untuk memburu barang-barang yang sedang diskon secara besar-besaran. Tetapi sebaiknya pemilik kartu kredit tetap harus memperhatikan kebutuhan barang yang akan dibeli apakah benar-benar diperlukan atau tidak, supaya reward, diskon maupun fasilitas lainnya dari kartu kredit tersebut tidak langsung habis dalam seketika.

Bagi anda yang hobi travelling, selain tiga fasilitas di atas, kartu kredit tertentu juga menawarkan fitur bonus lainnya yang berupa poin mileage atau frequent flyer. Poin tersebut dapat ditukarkan dengan tiket gratis maupun layanan fasilitas lainnya ketika menggunakan maskapai penerbangan tertentu. Salah satunya adalah bonus airport lounge gratis. Keuntungan tersebut dapat menjadi pilihan bagi pemilik kartu kredit yang akan mudik lebaran menggunakan pesawat terbang. Bahkan mungkin semakin banyak transaksi belanja, maka akan semakin memperbanyak poin yang nanti dapat ditukarkan untuk kenyamanan mudik.

Baca Juga: Dapat Penawaran Eksklusif? Awas, Bisa Jadi itu 6 Jebakan Ini

Tips Belanja Cermat

Cermat dalam Berbelanja

Cermat dalam Berbelanja via elainesworld.ca

 

Semua fasilitas tersebut bukan berarti pemilik kartu dapat berbelanja sesuka hati. Sebaiknya jadilah smart shopper yang pandai mengatur strategi belanja, untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan dan di luar kebutuhan. Berikut tips yang dapat membantu pemilik kartu kredit menjadi smart shopper.

  • Belilah barang yang sudah pasti terpakai, jauh sebelum waktu pakainya. Contohnya: busana muslim atau perlengkapan sholat baru untuk Lebaran. Sebaiknya belilah produk ini jauh-jauh hari, sebab biasanya saat memasuki bulan puasa dan menjelang Lebaran harga barang-barang tersebut akan melonjak naik.
  • Cermati dengan seksama setiap diskon dan promo yang ditawarkan. Misalnya: Buy 1 Get 1 Free, atau Discount 50% Off on Second Purchase, dan sebagainya. Sebaiknya hitunglah lagi dengan seksama, apakah sudah dapat berhemat atau harga yang ditawarkan masih sama.
  • Lakukan survei harga dari mall yang 1 dengan mall yang lain. Terkadang masing-masing mall menawarkan barang yang sama dengan diskon yang berbeda. Survei harga tersebut sangat bermanfaat untuk menekan pengeluaran dalam mendapatkan barang idaman.
  • Cari tahu informasi promo kartu kredit dan jangan lupa perhatikan detail promonya. Karena biasanya bank penerbit kartu kredit akan bekerjasama dengan pusat-pusat perbelanjaan untuk memberikan diskon ekstra dan penawaran menarik lainnya, seperti: kupon undian ekstra, dan sebagainya.

Manfaatkan Secara Maksimal

Demikian ulasan mengenai berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan dari pemakaian kartu kredit untuk berbelanja pada momen great sale. Jika ada momen great sale dan ada barang yang diinginkan segera manfaatkan kartu kredit Anda untuk berbelanja barang tersebut. Dengan demikian semua barang kebutuhan atau barang yang diinginkan dapat dipenuhi tanpa harus menguras kantong. Selamat memanfaatkan kartu kredit untuk berbelanja barang kebutuhan.

Baca Juga: 10 Tips Belanja Hemat Saat Diskon