Profil Angga Yunanda, Bintang Muda Berbakat yang Kariernya Sedang Bersinar

Angga Aldi Yunanda dikenal lewat aktingnya yang menawan dalam sinetron Malu-Malu Kucing (2015) dan Mermaid in Love (2016). Namun tak hanya berkutat di ranah akting saja, pemuda kelahiran Lombok, 16 Mei 2000 ini juga sukses berkarier sebagai model dan penyanyi.

Suara merdunya bisa dinikmati dari sejumlah single seperti Kejar (OST. Sunyi) yang rilis di tahun 2019 lalu. Selain itu, pemeran Ares dalam Antares ini juga membintangi berbagai judul web series keren lainnya.

Menyoal prestasi, Angga sudah berhasil mengantongi sejumlah penghargaan bergengsi. Di tahun 2020, ia menyabet predikat Pemeran Utama Pria Terfavorit dari Indonesian Movie Actors Awards. Selain itu, ia juga telah meraih Pemeran Pria Terpuji Serial Web dalam Festival Film Bandung 2021.

Baca Juga: Menilik Karier Shenina Cinnamon, Pacar Angga Yunanda

Melakoni Sejumlah Sinetron dan FTV

Sinetron perdana yang dilakoni Angga berjudul Malu-Malu Kucing di tahun 2015. Berperan sebagai Baim, ia berkesempatan beradu akting dengan aktris cantik Amanda Manopo.

Selanjutnya, ia bermain dalam Mermaid in Love (2016) dan Mermaid in Love 2 Dunia (2016-2017). Aktingnya yang ciamik berhasil memukau para pemirsa layar kaca. 

Memasuki tahun 2017, ia kemudian memerankan Nathan dalam sinetron Nathan & Nadia serta Pura-Pura Haji. Hingga kemudian ia pun berakting sebagai Luki dalam Dilema Cinta produksi Starvision Plus di tahun 2018. 

Selain eksis di film layar lebar dan sinetron, putra dari Muhammad Nasir dan Yuliati Mahsun ini juga telah membintangi sejumlah film televisi, seperti Lope Mermaid in Love (2016) dan Ramadhan I Miss You (2017).

Angga lantas berperan sebagai Adit dalam Hari Bubur Nasional serta Cegukan Bikin Kasmaran di tahun 2018. Selain itu, ia pun berakting dengan apik dalam Milyarder Kece dengan Kearifan Lokal, Sambal Cinta Level 29: Nendang Pedasnya!, dan Digombalin Miss Kecambah, Auto Baper (2019).

Film Angga Yunanda

Terjun ke layar lebar, film perdana yang dibintangi Angga ialah Sajen (2018). Dalam film horror tersebut, ia berakting sebagai Riza Alif Ramadhan.

Di tahun 2019, karier Angga Yunanda kian bersinar. Ia sukses melakoni sejumlah judul film. Di antaranya ialah Melodylan, Tabu: Mengusik Gerbang Iblis, Sunyi, Habibie & Ainun 3, serta Dua Garis Biru.

Meraih sukses, film Dua Garis Biru berhasil meraup lebih dari dua juta penonton. Selain itu, film tersebut juga berhasil menyabet 11 penghargaan dalam Piala Citra 2019, termasuk Film Cerita Panjang Terbaik.

Selanjutnya, ia bermain dalam Mariposa dan Di Bawah Umur (2020). Memasuki 2021, Angga kembali melakoni Devil on Top dan The Watcher hingga kemudian ia bermain dalam Cinta Pertama, Kedua & Ketiga di tahun 2022.

Adapun film berikutnya yang akan dilakoni Angga ialah Mencuri Raden Saleh serta 12 Cerita Glen Anggara.

Jadi Rajanya Serial Web

Kerap didapuk menjadi pemeran utama dalam beragam judul serial web membuat Angga Yunanda kerap dijuluki sebagai Raja Web Series. Pasalnya, web series yang dibintanginya selalu jadi trending dan dicintai masyarakat, terutama oleh generasi muda.

Kilas balik ke tahun 2019, Angga membintangi web series berjudul Pergi Pagi Pulang Untung yang tayang di YouTube. Selain itu, Angga juga muncul sebagai Ega dalam Jangan Minta Jatuh Cinta. Serial web yang diproduksi Maxstream Original tersebut diketahui tayang di Maxstream.

Hingga ketika memasuki tahun 2021, Angga lantas membintangi Kisah Untuk Geri serta Antares yang sama-sama meraup kesuksesan. 

Kini, Angga pun sukses bersinar sebagai bintang muda berbakat. Dengan karier aktingnya yang kian cemerlang, rencananya Angga dijadwalkan akan segera melakoni Kisah Untuk Dinda yang merupakan kelanjutan dari Kisah Untuk Geri.

Baca Juga: Biodata Syifa Hadju, Aktris Cantik yang Juga Andal Menyanyi

Sukses Berkarier di Dunia Tarik Suara

Tak hanya sukses di dunia akting, Angga pun ikut ambil bagian di belantika musik Indonesia. Di tahun 2017, ia merilis sebuah single garapan Wawan Datu dengan judul Di Sini Untuk Kamu. Dalam single tersebut, suara Angga tak hanya terdengar merdu, tapi juga syahdu berpadu dengan aransemen lagunya yang akustik.

Sementara itu, single keduanya yang berjudul Kau Bisa lantas ikut menyusul di tahun yang sama. Lagu tersebut pun disambut dengan baik oleh publik.

Memasuki tahun 2019, Angga Yunanda kembali mengeluarkan single berjudul Kejar. Lagu yang diproduksi di bawah naungan MD Music ini juga menjadi original sound track film Sunyi yang dibintanginya. Karakter vokal Angga terdengar sangat cocok melantunkan lagu yang aransemennya terdengar megah sekaligus mistikus ini.

Selain itu, ia juga merilis Di Kesepian Ini (2020) serta Cinta Hebat (2021). Dalam lagu Cinta Hebat, Angga menggandeng Syifa Hadju untuk berduet dengannya dan laris manis di pasaran. Pasalnya, lagu tersebut juga menjadi soundtrack dari Kisah Untuk Geri The Series. 

Terlebih, Angga Yunanda dan Syifa Hadju sebelumnya pernah menjalin kasih lantaran terlibat cinta lokasi. Dulu, mereka pernah berpacaran selama lebih dari satu tahun sehingga momen ini pun sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar.

Sarat Prestasi dengan Beragam Penghargaan

Tak hanya dicintai publik, Angga pun berhasil menorehkan sejumlah prestasi yang membanggakan. Beragam penghargaan dari berbagai ajang telah diraihnya selama berkarier sejak tahun 2015. 

Selain itu, model video musik Armada dalam lagu Awas Jatuh Cinta (2020) ini juga telah menjadi nominator di berbagai ajang penghargaan. Berkat aktingnya yang menawan dalam Mermaid in Love (2015), ia pun dinominasikan dalam kategori Aktor Terfavorit Panasonic Gobel Awards dan Aktor Utama Paling Ngetop SCTV Awards 2016. Hingga kemudian ia berhasil memenangkan predikat Pendatang Baru Paling Ngetop dari SCTV Awards 2016

Di tahun 2017, ia juga berhasil menyabet Selebritas Pendatang Baru Paling Memikat Infotainment Awards. Sementara itu, dari Insert Fashion Awards 2017, ia dianugerahi penghargaan Fashionable Young Celebrity Male. 

Beralih ke tahun 2019, nama Angga Yunanda masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik dari ajang Festival Film Indonesia. Ia juga menjadi nominator dari Aktor Pilihan Tempo versi Festival Film Tempo.

Selanjutnya nama Angga kembali menjadi nominator Aktor Utama Terpilih dalam ajang Piala Maya 2019 serta Pemeran Utama Pria Unggulan Genre Drama dari Parfi Awards 2020. Sementara itu, ajang Indonesian Box Office Movie Awards 2020 pun memasukkan namanya ke dalam nominasi Aktor Terpopuler

Adapun dari Indonesian Movie Actors Awards 2020, Angga masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik dan juga Pemeran Pasangan Terbaik (dengan Adhisty Zara). Dalam ajang tersebut, ia berhasil meraih Pemeran Utama Pria Terfavorit dan Pemeran Pasangan Terfavorit dengan Adhisty Zara.

Selanjutnya, nama Angga kembali masuk nominasi Aktor Utama Terpilih versi dalam Piala Maya 2020, serta Most Charming Male Celebrity dari Infotainment Awards 2021. Terbaru, Angga berhasil membawa pulang piala dari Festival Film Bandung 2021. Berkat aktingnya dalam Kisah untuk Geri, ia pun memenangkan penghargaan untuk kategori Pemeran Pria Terpuji Serial Web dari ajang bergengsi tersebut.

Remaja Pemalu yang Sudah Punya Rumah Sendiri

Sukses di usia yang masih muda, Angga Yunanda telah menikmati hasil jerih payahnya. Setelah beberapa tahun menempati rumah sewa, kini ia sudah bisa membeli rumah idamannya di wilayah Selatan ibukota. Menariknya lagi, pencapaian ini berhasil diraihnya sewaktu ia berumur 18 tahun. 

Terlepas dari kesuksesannya sebagai aktor muda, ternyata Angga juga memiliki pergumulannya sendiri. Mengaku seorang Introvert yang pemalu, Angga bercerita dirinya belajar banyak dari dunia akting. 

Jika dulunya kerap menerima perundungan, namun kini ia telah bertumbuh menjadi pribadi yang lebih berani. Dengan mendalami seni peran, ia pun berhasil mengentaskan rasa minder dan ketakutannya dalam lingkup pergaulan sosial.

Melalui media massa, Angga Yunanda berpesan kepada generasi muda agar tidak mudah menyerah dalam upaya mewujudkan passion yang didambakan. Ia pun mengatakan bahwa keberhasilannya saat ini baru sebuah awal. Ke depannya, ia akan terus belajar untuk menambah skill dan wawasan sebagai bekal untuk meraih kesuksesan selanjutnya.

Baca Juga: Masih 23 Tahun, Rizky Nazar Sudah Sukses dan Jadi Idola Kaum Hawa. Bikin Iri Deh!