4 Manfaat Bayar Cicilan Tepat Waktu dan Tips Melakukannya

Memiliki cicilan tentu sudah menjadi hal yang biasa dan bukan lagi sesuatu yang baru untuk kebanyakan orang. Cicilan seperti ini bisa saja timbul karena kamu membeli sebuah aset atau bahkan karena mengajukan sejumlah pinjaman ke bank maupun lembaga pembiayaan lainnya. Makin besar nilai utang yang dimiliki, maka nilai cicilan ini tentu akan makin besar juga. Jumlah cicilan ini juga tentu akan dipengaruhi oleh tenor yang dipilih sejak awal.

Namun, berapapun jumlah cicilan sepatutnya kamu membayarnya dengan tepat waktu setiap bulannya. Hal ini penting dan akan memberi banyak manfaat bagi pemilik utang.Di lain sisi. Pihak bank maupun lembaga pembiayaan yang digunakan juga akan sangat terbantu.

Berikut ini adalah beberapa manfaat membayar cicilan tepat waktu beserta tips melakukannya.

Baca juga: Ingin Melunasi Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal? Ini Manfaatnya!

Bingung cari pinjaman yang tepat? Cermati solusinya!

Bandingkan Pinjaman Kilat Terbaik Sekarang!  

Manfaat Membayar Cicilan Tepat Waktu

loader

Bayar Cicilan Tepat Waktu

  1. Menjaga Riwayat Kredit Tetap Baik

    Saat kamu selalu membayar cicilan tepat waktu, maka secara otomatis kamu juga akan menjaga riwayat kredit tetap baik. Bank akan mencatat pembayaran sebagai pembayaran yang lancar dan tanpa masalah setiap bulannya. Hal ini juga akan membuat skor kredit selalu bagus di mata perbankan. Di saat bersamaan, kamu juga akan terhindar dari risiko blacklist yang dapat menghalangi akses berbagai layanan perbankan dan kredit lainnya di masa yang akan datang.

  2. Bebas dari Kejaran Debt Collector

    Berurusan dengan debt collector merupakan hal yang biasa terjadi ketika seseorang telat membayar cicilan atau bahkan melakukan penunggakan cicilan selama beberapa bulan. Hal seperti ini bukan perkara yang mudah dan akan mengganggu aktivitas serta ketenangan. Bukan hanya itu saja, urusan dengan debt collector seperti ini tentu akan membuat privasi menjadi terganggu, bahkan bisa saja menjadi perbincangan di lingkungan.

    Namun, jika selalu membayar cicilan dengan tepat waktu, semua kondisi di atas tentu tidak perlu terjadi. Kamu tidak harus berurusan dengan debt collector, apalagi sampai dikejar-kejar oleh mereka. Jika selalu membayar cicilan dengan tepat waktu, sudah tentu bebas dari tim yang satu ini.

  3. Bebas Biaya Denda

    Setiap keterlambatan pembayaran akan diganjar dengan sejumlah denda keterlambatan oleh pihak bank maupun lembaga pembiayaan. Jumlah denda ini bahkan akan makin besar, jika ternyata melakukan penunggakan selama beberapa bulan.

    Namun, jika selalu membayar cicilan secara tepat waktu, tidak perlu berurusan dengan denda seperti ini. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan yang pada dasarnya tidak perlu dibayarkan sama sekali saat bayar cicilan tepat waktu.

  4. Mudah Mengakses Kredit Lainnya

    Bagi yang selalu disiplin dan membayar cicilan dengan tepat waktu, maka skor kredit akan selalu terjaga. Pihak bank maupun lembaga pembiayaan akan menandai kamu sebagai nasabah dengan risiko kemacetan rendah. Hal ini akan memberi keuntungan tersendiri. Kamu akan lebih mudah untuk mengakses layanan pinjaman atau kredit lainnya.

Baca juga: Mengenal dan Memanfaatkan Kredit Cicilan 0%

Tips Membayar Cicilan dengan Tepat Waktu

Melakukan pembayaran cicilan tepat waktu tentu tidak masalah bagi yang selalu disiplin. Namun, jika ternyata kamu termasuk orang yang kurang disiplin, pastikan kamu memiliki cara yang tepat untuk mengatasi hal ini. Bukan hanya untuk menghindari biaya denda semata, pembayaran yang tepat waktu juga akan membuat riwayat kredit tetap terjaga dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk membayar cicilan dengan tepat waktu setiap bulannya.

  • Catat semua pinjaman atau kredit yang dimiliki, termasuk jumlah total utang dan nilai cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.
  • Aktifkan alarm atau pengingat pada ponsel untuk masing-masing cicilan tersebut. Pastikan kamu mengaktifkan pengingat ini dua atau tiga hari sebelum tanggal jatuh tempo, agar memiliki cukup waktu untuk melakukan pembayaran.
  • Lakukan pembayaran 2 atau 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo tiba, agar pembayaran bisa diterima dan dibukukan sebelum tanggal jatuh tempo.
  • Jika memungkinkan, aktifkan layanan auto debit untuk membayar setiap cicilan tersebut. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya, tanpa terlambat.

Baca juga: Anda Sakit Parah, Bagaimana Nasib Cicilan KPR?

Biasakan Disiplin dan Membayar Cicilan Secara Tepat Waktu

Bagi yang memiliki kredit maupun pinjaman, kamu tentu akan memiliki kewajiban untuk membayar cicilan setiap bulannya. Pastikan tidak mengabaikan urusan yang satu ini, sebab hal ini bisa merugikan diri sendiri. Hindari keterlambatan pembayaran dan pastikan selalu disiplin membayar cicilan setiap bulannya, agar riwayat tetap terjaga dengan baik.