15 Rekomendasi Anime Detektif Terbaik dan Seru

Anime detektif terbaik seringkali menjadi incaran para penikmat anime yang senang dengan misteri dan tantangan. Genre yang satu ini biasanya dikemas dengan unik dan mengundang rasa penasaran, sehingga tidak akan pernah membosankan untuk terus mengikutinya. 

Bukan hanya anime detective Conan saja, ada banyak judul anime detektif lainnya yang kalah menarik. Berbagai judul ini biasanya telah hadir di sejumlah platform legal yang akan memudahkan kita untuk menonton, bahkan dalam bahasa Indonesia sekalipun. 

Baca Juga: 15 Rekomendasi Anime Studio Ghibli yang Wajib Ditonton

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Temukan Anime Detektif Terbaik dengan Mudah 

Jika beberapa dekade lalu anime detective Conan menjadi yang paling populer di antara yang lainnya, maka saat ini sudah berbeda. Sejumlah judul baru telah hadir untuk meramaikan genre anime detektif, sehingga para penikmat genre yang satu ini bisa memiliki banyak pilihan sebagai pertimbangan. 

Berikut ini adalah beberapa anime detektif terbaik yang bisa ditemukan melalui platform online: 

  1. Psycho-Pass

    loader

    Anime yang satu ini mengusung konsep tentang yang baik dan jahat, termasuk alasan di balik kedua perilaku tersebut. Psycho-Pass bercerita tentang Akane Tsunemori yang menjadi tokoh utamanya dan juga temannya Shinya Kogami. Serial yang satu ini memiliki sebuah sistem yang biasa disebut Sistem Syibyl, ini merupakan sebuah sistem yang dapat digunakan untuk menakar biometrik jiwa manusia. Sistem unik tersebut akan membuat anime detektif yang tayang di Netflix ini menjadi lebih menarik. 

  2. Gosick

    loader

    Meski tidak sepopuler anime detective Conan, anime yang tayang di Youtube ini juga sangat menarik untuk diikuti. Gosick menceritakan Victorique de Blois, seorang gadis jenius yang bisa memecahkan berbagai misteri rumit sekalipun.  Rekannya Kazuya Kujo merupakan pemuda Jepang yang sedang melanjutkan pendidikan di  St Marguerite. Anime ini akan menceritakan perjalanan keduanya dalam mengungkap berbagai misteri, termasuk kisah cinta yang tumbuh tanpa rencana di antara mereka. 

  3. Ghost Hunt

    loader

    Anime detektif terbaik berikutnya adalah Ghost Hunt. Ini menceritakan tentang Mai Taniyama, seorang siswa yang tanpa sengaja membuat  kamera milik Shibuya Psychic Research Club (SPR) rusak. Hal tersebut membuat Mai harus bergabung dengan klub tersebut secara terpaksa. SPR sendiri merupakan klub yang banyak mengungkap berbagai misteri di lingkungan mereka, baik di dalam sekolah maupun di luarnya. Klub tersebut bahkan kerap bertemu dengan aktivitas paranormal dalam anime yang tayang di Crunchyroll ini.

  4. The Millionaire Detective Balance: Unlimited

    loader

    Anime detektif yang satu ini bercerita tentang Daisuke Kambe, seorang polisi kaya yang kerap memanfaatkan kekayaannya untuk melakukan hal-hal yang dia inginkan dengan seenaknya. Di lain sisi, seorang detektif lainnya yang bernama Haru Katou kerap merasa jengah dengan sikap Daisuke, sebab pria ini justru lebih senang membereskan masalah tanpa mengeluarkan uang sama sekali. Perbedaan keduanya menjadi hal yang menarik ketika mereka harus menyelesaikan sebuah kasus. Anime yang seru ini bisa dinikmati di iQIYI. 

  5. B: The Beginning

    loader

    Anime yang satu ini terbilang unik dan berbeda dengan anime detective Conan yang populer ini. Ada dua cerita yang berjalan di dalam B: the Beginning dan membuat anime yang tayang di Netflix ini menjadi menarik. Cerita pertama tentang detektif yang mendapatkan panggilan untuk kembali bekerja dan harus menangkap seorang pembunuh. Sedangkan cerita keduanya tentang seorang manusia super yang memiliki kekuatan gaib. Anime yang tayang di Netflix ini akan menyajikan cerita yang tidak biasa. 

  6. Hyouka

    loader

    Hyouka menceritakan tentang Oreki dan Chitanda, anak SMA yang seringkali penasaran dengan berbagai hal. Keduanya bersahabat baik dan kerap menyelesaikan berbagai kasus misteri yang terjadi di sekolah mereka, termasuk kasus yang terjadi di klub mereka Classic Clubs. Karakter yang ada dalam anime ini digambarkan dengan sangat baik, sehingga terlihat “hidup” dan membuat keseluruhan anime yang tayang di Youtube ini menjadi lebih menarik. 

  7. Terror in Resonance

    loader

    Anime yang satu ini menceritakan tentang dua orang pemuda bernama Twelve dan Nine. Keduanya menjalankan aksi teroris hanya untuk mencari perhatian dari orang-orang dan juga pihak kepolisian setempat. Ada banyak aksi kucing-kucingan yang dilakukan keduanya dengan para polisi, termasuk detektif Shibazaki  yang menjadi musuh bebuyutannya. Namun di pertengahan cerita yang tayang di Crunchyroll ini, alasan di balik semua itu mulai terungkap secara perlahan. 

  8. Shinrei Tantei Yakumo

    loader

    Anime ini bercerita tentang Yakumo, seorang pemuda yang memiliki mata merah karena mendapatkan kutukan. Mata unik ini justru membuat Yakumo mampu berkomunikasi dengan orang-orang yang telah meninggal, sehingga dia memanfaatkannya untuk membantu mereka menyeberang ke dunia lain.  Meski visualnya terbilang biasa saja, namun cerita anime yang tayang di Chruncyroll ini dikemas dengan sangat baik dan menarik. 

  9. Black Butler

    loader

    Anime detective ini bercerita tentang Ciel, anak muda yang telah membuat janji untuk menyerahkan jiwanya pada iblis untuk menjadi balasan atas penemuan dan hukuman yang telah diberikan kepada para pembunuh keluarganya di masa silam. Proses untuk menguak misteri pembunuhan ini tentu saja menjadi hal yang sangat menarik, meskipun di lakukan oleh kaum iblis. Ada banyak kejutan dan cerita menarik yang bisa dinikmati dalam anime yang tayang di iQIYI ini. 

  10. Boku Dake Ga Inai Machi

    loader

    Boku Dake Ga Inai Machi menceritakan tentang Satoru Fujinuma, seorang pengantar pizza yang memiliki kemampuan revival tanpa sepengetahuan orang lain. Kemampuan tersebut memungkinkan pria ini untuk kembali kepada lima menit di masa lalu. Namun kemampuan unik ini hanya bisa aktif ketika dirinya dalam bahaya saja, di mana dia justru tidak bisa mengontrol kemampuan tersebut sama sekali. Hal ini menyebabkan dia kembali ke masa 11 tahun yang lalu dan masuk ke dalam tubuh seorang anak. Ada banyak hal yang ditemuinya pada masa tersebut dalam anime yang tayang di Youtube ini. 

  11. Death Note

    loader

    Anime detective yang satu ini bercerita tentang detektif Light serta teman-temannya. Cerita ini dibumbui dengan permainan dan teka-teki yang seru, sehingga sayang untuk dilewatkan. Ada banyak upaya yang dilakukan polisi untuk mengungkap dan menangkap pelaku kejahatan yang telah mengacaukan kota dengan cara-cara yang sulit ditebak. Anime seru ini tayang di Yuotube dan akan memanjakan para pecinta cerita detektif. 

  12. Detective Conan

    loader

    Anime detective Conan tentu menjadi yang paling populer di antara yang lainnya. Anime ini menceritakan Shinichi Kudo, siswa SMA yang mendadak jadi anak 7 tahun setelah dicekoki minuman beracun misterius. Shinichi yang merahasiakan identitas aslinya ini tetap melakukan penyelidikan pada sejumlah kasus yang terjadi di kotanya. Usianya yang masih bocah tentu tidak mencuri perhatian banyak orang, termasuk para polisi. Kisah  yang sangat populer ini bisa disaksikan di Youtube. 

  13. UN-GO

    loader

    Anime detektif terbaik ini menceritakan Shinjuurou Yuuki, detektif yang selalu sinis dan memiliki sifat pesimis. Yuuki memiliki seorang asisten bernama Inga yang terbilang aneh dan memiliki kemampuan magis. Keduanya fokus untuk menyelesaikan berbagai masalah kriminal yang terjadi selama masa pemulihan Jepang pasca perang. Ada banyak aksi menarik dari keduanya yang bisa disaksikan di anime yang tayang di Youtube ini. 

  14. Tantei Gakuen Q

    loader

    Anime ini bercerita tentang Kyuu, siswa yang baru saja masuk ke Dan Detective School, ini adalah sekolah ternama yang banyak melahirkan detektif hebat. Ada banyak kasus menarik yang bisa diselesaikan dalam serial yang satu ini, beberapa bahkan kasus yang sangat rumit. Bukan hanya menantang, anime yang tayang di Youtube ini juga menyajikan sejumlah adegan lucu ini. 

  15. Bungo Stray Dogs

    loader

    Ini termasuk salah satu cerita anime terbaik yang bisa disaksikan di iQIYI. Bungo Stray Dog menceritakan Atsushi Nakajima, seorang anak muda yang memiliki kemampuan unik Beast Beneath the Moonlight. Bukan hanya itu saja, Nakajima juga dapat berubah menjadi seekor harimau. Anime ini juga akan banyak menceritakan tentang Armed Detective Agency yang banyak menyelesaikan kasus seru.  Anime yang seru ini bisa disaksikan di iQIYI.

Tonton Anime Detective Terbaik di Platform Legal 

Anime detective masih menjadi genre yang sangat banyak disukai hingga saat ini. Selain ceritanya yang menantang, berbagai anime ini juga biasanya diwakili oleh karakter-karakter yang unik di dalamnya. Pilih dan tonton anime detektif pada platform yang legal, agar momen menonton menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: 15 Anime dengan Produksi Termahal di Dunia, Tembus Triliunan!