5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Teman Flightmu

Pergi ke suatu tempat yang jauh dengan pesawat terbang umumnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi jika perjalanan tersebut adalah international flight. Sudah dapat dipastikan bahwa kamu akan menghabiskan waktu yang panjang, terutama jika harus transit terlebih dahulu.

Mulai dari menunggu flight hingga tiba di tujuan mungkin kamu akan merasa bosan karena tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Apalagi, di pesawat penggunaan gadget sangat terbatas. Di dalam pesawat pun hal yang bisa dilakukan antara lain hanya makan, menonton film, mendengarkan musik, dan tidur saja. 

Nah, kira-kira apa lagi yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu saat terbang? Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat flight agar tidak bosan yaitu membaca buku, baik yang bentuknya fisik, e-book, atau melalui gadget khusus untuk bacaan seperti kindle.

Membaca novel tentu tentu bisa membuat terhibur selama perjalanan. Selain fiksi seperti novel atau komik, buku non-fiksi seperti pengembangan diri atau self improvement juga dapat menjadi pilihan bacaan yang menarik. 

Selain untuk menghabiskan waktu, membaca buku pengembangan diri juga dapat memberikan insight atau pandangan baru yang dapat membantu untuk meningkatkan kualitas diri. Nah, jika masih bingung mencari bacaan self improvement yang menarik, berikut adalah 5 rekomendasinya!

Baca Juga: Rekomendasi Film Keluarga Terbaik 2023

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

  1. James Clear: Atomic Habits

    loader

    Siapa yang tidak ingin memiliki kehidupan yang nyaman? Tentu semua orang menginginkannya, bukan? Ketika memiliki pasangan dan keluarga yang selalu memberikan support, pekerjaan yang gajinya lebih dari cukup, serta bebas dari lingkungan yang toxic, sangat wajar jika kamu tidak perlu memikirkan atau mengkhawatirkan hal yang lain.

    Akan tetapi, ternyata zona nyaman memiliki potensi menjebak agar seseorang stuck di situ saja dan tidak melakukan pengembangan diri, loh. Nah, supaya bisa mengembangkan diri tanpa harus mengorbankan zona nyaman, kamu bisa baca “Atomic Habits” karena buku tersebut membahas berbagai hal kecil yang dapat memberikan pengaruh positif pada kehidupan. 

  2. Henry Manampiring: Filosofi Teras

    loader

    Sebelumnya, Henry Manampiring adalah seorang selebtwit alias selebriti Twitter yang seringkali membuat tweet nyeleneh namun relate dengan keadaan kebanyakan orang. Nah, di tahun 2018, Henry merilis karya dengan judul “Filosofi Teras”.

    Henry harus bergelut melawan penyakit major depressive disorder yang membuatnya selalu diselimuti pikiran negatif.  Di situasi tersebut, selain mengonsumsi obat, Henry pun mencoba menyampaikan pikirannya dalam bentuk tulisan setelah ia membaca “How ti Be Stoic”, karya penulis Massimo Pigliucci.

    Saat ini, “Filosofi Teras” yang merupakan buku tentang stoisisme namun dibahas dalam bahasa yang ringan tersebut menjadi satu dari sekian buku self improvement populer.  Mengapa diberi judul “Filosofi Teras”? Yuk, baca bukunya agar penasaranmu terjawab!

    Baca Juga: Mengenal Wattpad dan Tips Menggunakannya dengan Maksimal

  3. Alvi Syahrin: Insecurity is My Middle Name

    loader

    Rekomendasi selanjutnya yaitu “Insecurity is My Middle Name” yang merupakan buah pikiran dari Alvi Syahrin. Pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah insecure atau rasa tidak aman dan juga rendah diri, bukan? 

    Menariknya, membaca buku ini seolah berbicara pada diri sendiri. Buku self improvement tersebut banyak memuat quote atau kutipan pendek yang mengena. Saat membacanya, kamu mungkin akan menemukan bagian yang membuatmu merasa sedih, menarik nafas dalam-dalam, hingga merasa bersemangat kembali untuk meneruskan hari-harimu. 

  4. Richard Carlson, Ph.D.: Jangan Membuat Masalah Kecil di Tempat Kerja Jadi Masalah Besar

    loader

    Apakah kamu pernah mendapatkan masalah kecil di tempat kerja yang berujung menjadi asalah besar? Apabila pernah merasakan posisi tersebut, buku “Jangan Membuat Masalah Kecil di Tempat Kerja Menjadi Masalah Besar” karya Richard carlson, Ph.D. ini adalah bacaan yang tepat untukmu.

    Berjudul asli “Don’t Sweat to Small Stuff”, buku ini mengajak pembacanya untuk memandang suatu masalah dengan sudut pandang yang berbeda. Pasalnya, kadang masalah tersebut hanyalah prasangka atau perasaan saja. Buku ini juga memberikan tips-tips mudah untuk membuat masalah yang muncul menjadi lebih sederhana.  Worth to read!

  5. Fumitake Koga: Berani Tidak Disukai

    loader

    Pernahkah kamu mendengar frasa “do what you love and love what you do” alias “lakukan apa yang kamu sukai dan sukai apa yang kamu lakukan”? Nah, buku pengembangan diri karya Fumikake Koga ini membahas tentang bagaimana untuk merasakan kebahagiaan walaupun apa yang membuat bahagia tersebut kadang adalah hal yang tidak disukai oleh orang lain.

    Tentunya, hal yang tidak disukai tersebut bukanlah hal yang melanggar norma agama, norma sosial, maupun hukum.  Artinya, selama hal yang menjadi kebahagiaan tersebut bukanlah hal yang negatif, tentu tidak ada yang salah.

    Selain membahas tentang makna kebahagiaan, “Berani Tidak Disukai” juga mencantumkan beberapa teori yang dikemukakan oleh psikolog kondang untuk memberikan wawasan lebih. Walaupun terkesan teoretis, buku ini dinarasikan dengan kalimat-kalimat ringan yang mudah dipahami. Melalui buku ini, kamu akan mendapatkan tips cinta pada diri sendiri untuk mendapatkan kebahagiaan.

Nikmati Perjalanan Sambil Upgrade Diri

Itulah 5 daftar buku self improvement yang dapat kamu jadikan rekomendasi untuk menemani selama penerbangan. Nah, dengan membaca buku pengembangan diri, waktu pun dapat termanfaatkan dengan baik karena kamu bisa mendapatkan berbagai ilmu maupun insight yang dapat membuat hidupmu lebih positif. Jadi, jangan lupa masukkan judul-judul tersebut ke reading list kamu, ya!

Baca Juga: 15 Rekomendasi Serial dan Film Animasi Kartun Terbaik, Jadi Favorit Anak-anak!