15 Rekomendasi Buku Motivasi Terbaik untuk Raih Sukses, Coba Dibaca Yuk!

Buku tidak hanya mempunyai fungsi sebagai jendela dunia yang mana kita dapat mendapatkan ilmu pengetahuan apa saja dari membacanya. Selain itu, buku juga bisa memberikan sebuah motivasi seseorang dalam segala macam hal yang tengah dihadapinya, salah satunya adalah terkait kehidupan.

Motivasi memang diperlukan oleh setiap orang, apalagi ketika dihadapkan dengan sebuah masalah maupun sesuatu yang ingin dicapai atau diraih. Sehingga, dengan membaca sebuah buku motivasi yang tepat, bacaan tersebut bisa saja memberikan sebuah kekuatan dan inspirasi untuk terus melakukan yang terbaik dalam hidupnya.

Hingga saat ini sudah terbit banyak sekali buku-buku yang berisikan tulisan motivasi-motivasi kepada para pembacanya. Namun, berikut ini adalah rekomendasi buku motivasi terbaik yang bisa membuat orang lain sukses.

Baca Juga: Rekomendasi Judul Novel untuk Remaja yang Wajib Dibaca di Wattpad

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

  1. Think and Grow Rich

    loader

    Buku karya Napoleon Hill ini dirilis pada 1937 yang masuk ke dalam genre klasik mengenai pengembangan pribadi dan sangat berpengaruh dalam bentuk cara berpikir seseorang tentang cara meraih kesuksesan dan kekayaan. Buku yang memberikan motivasi untuk sukses itu pun ditulis dalam Bahasa Inggris dengan berisikan sebanyak 238 halaman.

    Dalam bukunya, Napoleon Hill mengungkapkan sejumlah langkah yang harus dilakukan seseorang untuk meraih kesuksesan dan kekayaan. Diantaranya adalah keinginan, keyakinan, autosugesti, pengetahuan khusus, imajinasi, perencanaan, keputusan, dan lain sebagainya.

    Karya Napoleon Hill ini bisa menjadi salah satu rekomendasi buku yang wajib dibaca jika memerlukan motivasi untuk sukses. Pasalnya, Think and Grow Rich tersebut merupakan buku bisnis terlaris, masuk ke dalam Daftar Buku A Lifetime ‘Harus Dibaca’, dan sudah terjual hingga 20 juta eksemplar selama 50 tahun.

  2. The 7 Habits of Highly Effective People

    loader

    Buku motivasi untuk meraih kesuksesan lainnya adalah karya dari Stephen R Covey yang membahas mengenai kebiasan-kebiasaan yang kerap dilakukan orang banyak orang. Kebiasaan yang dilakukan secara terus-menerus tersebut rupanya memiliki pengaruh besar ketika seseorang ingin menggapai kesuksesan atau suatu keinginan.

    Dalam bukunya, Covey pun mengungkapkan 7 kebiasaan yang seharusnya dapat dilakukan dengan baik guna mengejar kesuksesan. 7 kebiasaan tersebut ialah jadilah proaktif, mulai dengan tujuan akhir, dahulukan yang utama, berpikir menang, berusaha untuk mengerti terlebih dahulu, bersinergi, dan mengasah kemampuan.

  3. The Power of Positive Thinking

    loader

    Buku motivasi selanjutnya datang dari pendeta asal Amerika Serikat bernama Norman Vincent Peale yang menulis karyanya berjudul The Power of Positive Thinking. Seperti yang tertera pada judulnya, buku ini mengajarkan bagaimana seseorang bisa berpikiran positif dan tetap optimis untuk membuat para pembacanya lebih puas akan kualitas hidupnya.

    Terdapat sejumlah hal-hal positif yang perlu ditanamkan dalam pikiran dan lakukan jika ingin mendapatkan kualitas hidup yang baik dengan damai, dan batin yang jernih. Diantaranya adalah bayangkan diri anda berhasil, berpikiran positif, meminimalisir hambatan, jangan mencoba meniru orang lain, kembangkan harga diri yang kuat hingga percaya bahwa anda menerima kekuatan dari Tuhan.

  4. Young on Top

    loader

    Buku karya dari Billy Boen ini merupakan salah satu bacaan yang bisa memotivasi kalian, apalagi masih berusia muda. Sesuai dengan judulnya, Young on Top memberikan kiat-kiat bagaimana anak muda bisa menggapai mimpi-mimpinya tanpa harus menunggu usia 50 tahun ke atas.

    Melalui bahasa yang ringan dan mudah dimengerti, Billy memberikan cara-cara praktis yang bisa dilakukan untuk mencapai kesuksesan pada masa muda. Ia memadukannya berdasarkan pengalaman pribadi, dan juga kisah-kisah orang sukses lainnya.

  5. The Power of Doing Less

    loader

    Karya yang ditulis oleh Fergus O’Connel ini memberikan motivasi kepada kalian bagaimana melakukan lebih sedikit hal namun tetap mendapatkan hasil yang maksimal. Buku ini mengajarkan bagaimana berusaha menyelesaikan satu persatu pekerjaan, sehingga kamu dapat mengatur keseimbangan dalam hidup.

    Jika mendapatkan keseimbangan tersebut, pekerjaan yang dikerjakan secara sedikit demi sedikit atau satu persatu itu akan membuat kalian yang mengerjakannya lebih kreatif, mendapatkan ide-ide baru, hingga lebih maksimal dalam melakukannya. Jadi, buku motivasi ini memberikan saran utnuk berhenti melakukan banyak hal, dan lebih baik fokus serta maksimal dalam melakukan satu hal.

  6. The Power of Habit

    loader

    Jika membaca tulisan karya Charles Duhigg ini, berarti kalian akan mendapatkan penjelasan mengenai kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan seseorang setiap harinya. Dalam buku tersebut, dipaparkan bagaimana kamu bisa menjalani kebiasaan-kebiasaan yang baik dan mengubah kebiasaan yang buruk.

    Lewat karyanya ini, Charles Duhigg ingin siapapun dapat meningkatkan kemampuan dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk demi meraih kesuksesan. Buku motivasi tersebut pun mengantarkan Charles Duhigg meraih banyak penghargaan, seperti National Academies of Sciences dan juga National Journalism.

    Baca Juga: Bikin Baper, Ini 5 Rekomendasi Novel Romantis di Wattpad

  7. How to Win Friends and Influence People

    loader

    Buku motivasi selanjutnya adalah karya dari Dale Carnegie yang berisikan saran-saran atau kiat praktis dalam menangani orang, dan bagaimana untuk menyukai cara berpikir kita. Selain itu, buku ini juga terdapat sejumlah cara untuk mengubah orang tanpa menyinggung dan menimbulkan kebencian.

    Dalam bukunya, enam cara membuat orang menyukai kita adalah dengan menjadi tertarik terlebih dahulu dengan orang itu, senyum, mengingat nama, menjadi pendengar yang baik. Kemudian, membahas mengenai minat orang lain, dan membuat orang lain itu merasa penting dengan tulus.

  8. The One Thing

    loader

    The One Thing merupakan karya dari Gary Keller dan Jay Papasan yang berisikan mengenai bagaimana mengajarkan seseorang agar fokus untuk menyelesaikan sesuatu pekerjaan. Buku ini bisa menjadi motivasi para pembacanya, apalagi jika mereka kerap menunda pekerjaan hingga menumpuk dan tak terselesaikan.

    Buku ini memotivasi kalian untuk mengatur produktivitas dengan efektif dan juga efisien guna mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal. Selain menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk, buku itu juga memberikan solusi untuk meredakan stress, mengatasi kewalahan, dan tetap mengejar prioritas.

  9. The Alchemist

    loader

    Buku karya Paulo Coelho ini menceritakan tentang seorang gembala muda benama Santiago yang melakukan perjalanan ke Piramida di Mesir karena berulang kali bermimpi akan menemukan harta karun di sana. Perjalanannya yang penuh rintangan dan masalah itu justru mengantarkannya bertemu dengan seorang alkemis bijak dan membuat dirinya menemukan jati diri yang sebenarnya.

  10. The Four Agreements

    loader

    The Four Agreements ini merupakan karya dari Don Miguel Ruiz yang sangat laris manis karena berisikan motivasi mengenai bagaimana meraih kebebasan kebahagiaan sejati dan juga cinta. Untuk mendapatkan hal tersebut semuanya, maka seseorang harus memberanikan diri untuk melepaskan kesepakatan dalam diri yang didasarkan pada ketakutan guna menemukan kekuatan dalam pribadi anda.

  11. Grit

    loader

    Rekomendasi buku motivasi untuk sukses lainnya adalah karya dari seorang psikolog bernama Angela Duckworth yang ingin memberikan bagaimana menggapai sebuah pencapaian. Dalam bukunya, ia mengatakan kalau untuk meraih kesuksesan tersebut bukanlah soal bakat alami saja, melainkan bagaimana memadukannya dengan passion, dan kegigihan.

  12. Choose Yourself! Be Happy, Make Millions, Live the Dream

    loader

    Buku yang ditulis oleh James Altucher ini di dalamnya mengisahkan mengenai perjalanan hidupnya yang penuh dengan rintangan dan memilukan, namun juga bisa menjadi motivasi serta inspirasi terhadap para pembacanya. Bagaimana tidak, karya ini mengajarkan kalian untuk meraih kesuksesan dengan membangun kebiasaan baik, menciptakan karir dan membuat keputusan dari diri sendiri.

  13. Awaken The Giant Within

    loader

    Satu lagi buku motivasi yang ditulis oleh seorang psikologi, ia adalah Anthony Robbin yang ingin menyampaikan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan seseoang jika ingin menemukan penguasaan terhadap diri sendiri serta menggapai tujuan. Di dalamnya juga tertera mengenai cara-cara untuk menguasai diri, yakni mulai dari emosi, keuangan, hubungan, hingga segala sisi dalam hidup anda.

  14. Man's Search for Meaning 

    loader

    Pengalaman dari seorang psikiater bernama Viktor Frankl ketika tinggal di sebuah kamp kematian Nazi memberikannya pelajaran mengenai spiritual hidup. Hal tersebut pun dituangkannya dalam sebuah buku yang bisa menjadi motivasi para pembaca dengan judul Man's Search for Meaning.

    Dalam bukunya, Viktor Frankl mengatakan bahwa dalam tidaklah realistis jikalau kita ingin menghindari sebuah penderitaan. Lantaran, menurutnya, penderitaan tersebut haruslah diatasi dengan mempertahankan kemampuan dan bergerak maju ke depan untuk menggapai tujuan yang ingin dicapai.

  15. Becoming

    loader

    Buku berjudul Becoming ini merupakan meomar yang ditulis oleh mantan ibu negara Amerika Serikat, yakni Michelle Obama dengan sangat berani. Pasalnya, dalam karyanya tersebut, istri dari Barack Obama tersebut terbuka mengenai kehidupan keluarga hingga pribadinya yang pernah mengalami keguguran dan menjalani proses bayi tabung untuk mendapatkan kedua putrinya.

Dapat Inspirasi dan Motivasi Sukses Bisa dari Buku

Mendapatkan motivasi dan inspirasi untuk menjadi sukses bisa didapatkan darimana saja, serta media apa saja, tak terkecuali dari sebuah buku. Kini banyak sekali bacaan-bacaan yang bisa menginspirasi dan memotivasi, namun dalam ulasan buku tadi dapat disimpulkan kalau motivasi terbesar tersebut sebenarnya harus datang terlebih dahulu dari dalam diri sendiri.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Teman Flightmu