Daftar Aplikasi Reksadana OJK, Pelajari Mekanisme, Regulasi, hingga Risikonya

Reksadana adalah salah satu produk investasi yang banyak digemari oleh hampir semua kalangan investor. Bayangkan saja, instrumen investasi tersebut menawarkan berbagai kemudahan, layanan, dan fitur yang mampu memanjakan para penggunanya. Beberapa contohnya adalah pengelolaan portofolio dilakukan oleh Manajer Investasi berpengalaman dan kredibel, bisa dimulai dengan modal terjangkau, hingga pemberian imbal hasil yang tak kalah menariknya. 

Walaupun begitu, ketika memutuskan untuk berinvestasi reksadana, pahami jika tetap ada risiko yang harus ditanggung oleh investor. Oleh karena itu, para investor dan pemilik modal yang berinvestasi di instrumen tersebut tetap harus mempelajari segala hal penting seputar reksadana guna mengatasi risiko dan mampu mengoptimalkan keuntungannya.

Sebagai lembaga yang bertugas untuk mengawasi aktivitas jasa keuangan di Indonesia, tak terkecuali reksadana, OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sebenarnya telah menjelaskan segala hal penting terkait instrumen investasi tersebut. Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut seputar Reksadana OJK dan penjelasan lengkap tentang layanan tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Reksadana Shopee, Layanan Investasi Praktis dengan Beragam Keunggulan

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian Reksadana Menurut OJK

loader

OJK Reksadana

Ada banyak pengertian tentang reksadana yang dipaparkan oleh sejumlah pihak, salah satunya OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Menurut OJK sesuai penjelasan yang tertuang pada POJK Nomor 23/POJK.04/2016, reksadana diartikan sebagai kontrak investasi kolektif yang mana merupakan kontrak antara bank kustodian dan manajer investasi yang mengikat pemilik unit penyertaan. Dalam aktivitas kontrak tersebut, manajer investasi mendapat mandat untuk mengelola modal investasi dalam portofolio investasi yang sifatnya kolektif, dan bank kustodian bertugas untuk melakukan penitipan kolektif tersebut. 

Selain itu, ada pula pengertian reksadana yang dijelaskan oleh UU Nomor 8 Thn. 1995 mengenai Pasar Modal, yaitu sebagai wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari pihak masyarakat pemodal. Setelah dana tersebut telah terhimpun, manajer investasi akan melakukan alokasi ke sejumlah instrumen investasi tertentu dan dimasukkan pada portofolio efek.

Mekanisme Transaksi dan Risiko Reksadana Menurut OJK

  • Mekanisme Transaksi Reksadana 

    Pada dasarnya, mekanisme transaksi reksadana amat mudah dan simpel. Investor hanya perlu mencari dan memilih produk reksadana sesuai kebutuhan dan keinginannya. Setelah itu, pelajari rekam jejak manajer investasi, termasuk membaca prospektus agar bisa mengetahui kualitas produknya. 

    Jika dirasa sudah sesuai, lakukan pembelian atau subscription dan transfer dana ke alamat rekening yang dituju sesuai nominal yang telah ditentukan. Pembelian tersebut juga bisa dilakukan secara langsung via MI atau Manajer Investasi, maupun melalui agen bank. 

    Namun, sebelum melakukan transaksi reksadana, pastikan kamu telah terdaftar di salah satu layanan investasi tersebut. Jika belum memiliki akun layanan investasi reksadana, kamu diharuskan untuk melakukan pendaftaran sesuai ketentuan, memenuhi segala persyaratan, dan proses yang diminta. Tidak butuh waktu lama pengajuan akun tersebut akan diselesaikan dan siap digunakan untuk berinvestasi reksadana. 

    Ketika telah melakukan pembelian suatu produk reksadana, kamu akan mendapatkan bukti kepemilikan atas unit tersebut berupa sertifikat reksadana sesuai dengan jumlah unit yang dibeli. Terdapat 2 jenis unit penyertaan, yaitu reksadana terbuka atau open end yang dapat dijual kembali pada manajer investasi, dan reksadana tertutup atau closed end yang hanya dapat dijual pada investor lain via pasar sekunder. 

    Dalam bertransaksi reksadana, Manajer Investasi atau MI adalah elemen penting yang bertugas untuk mengelola dana investor atau klien. MI memiliki tujuan untuk mengoptimalkan aktivitas investasi para investornya agar mampu memaksimalkan peluang keuntungan dan meminimalkan risiko kerugian. Jadi, setelah investor menanamkan modal pada suatu produk reksadana, pihak MI inilah yang nantinya mengelola dana tersebut dan melakukan transaksi pembelian atau penjualan saham pada bursa.

  • Risiko Investasi Reksadana

    Walaupun menawarkan cara berinvestasi yang lebih praktis dan simpel, tapi reksadana juga memiliki sejumlah risiko yang penting dipahami para investornya. 

    1. Sama halnya dengan instrumen lainnya, keuntungan investasi reksadana tidak terjamin. Tingkat risikonya pun berkaitan erat dengan peluang keuntungan yang dijanjikan. 
    2. Investasi reksadana juga tak terlepas dari beragam risiko umum dari pasar modal. Maksudnya, aktivitas investasi tersebut juga rentan terhadap potensi perubahan pada kondisi pasar yang dapat terjadi karena faktor global, regional, perkembangan ekonomi nasional, dan sebagainya.
    3. Risiko efek, seperti default dari perusahaan penerbit saat pembayaran kupon maupun pokok obligasi. 
    4. Downgrade pada implikasi peringkat kredit suatu perusahaan.
    5. Likuiditas yang berkaitan dengan kemampuan suatu efek untuk bisa dijual dengan mudah sesuai nilai wajarnya. 
    6. Risiko inflasi yang berpotensi memberi kerugian terhadap daya beli investasi akibat rerata harga konsumsi mengalami kenaikan.
    7. Risiko pembiayaan pinjaman yang bisa terjadi saat pembelian unitnya dilakukan dari dana pinjaman. Karena tak selalu bisa memberi peluang keuntungan sesuai keinginan, bahkan bisa merugi, dana pinjaman tersebut berisiko tak bisa dikembalikan. 
    8. Risiko reksadana juga bisa muncul dari pihak manajer investasi yang mangkat dari kewajibannya, atau kemampuan yang tak mumpuni sehingga berdampak buruk terhadap kinerja produknya. 
    9. Risiko yang terakhir adalah terkait ketidakpatuhan yang mengacu pada reksadana serta keuntungan investor muncul dari aktivitas yang menyalahi hukum, etika, aturan, maupun prosedur oleh manajer investasi.

Baca Juga: Segala Hal tentang Layanan Reksadana IndoPremier yang Penting Dipahami Investor

Regulasi OJK Terkait Pengelolaan Reksadana

Terdapat 5 regulasi dari OJK mengenai pengelolaan reksadana, antara lain:

  1. Nilai Pasar Wajar Efek pada Portofolio Reksadana

    Mengacu dari regulasi ini, nilai pasar wajar efek pada portofolio reksadana harus dihitung serta disampaikan oleh manajer investasi pada bank kustodian selambatnya jam 17.00 di tiap hari bursa sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. 

  2. Pedoman Pengumuman Harian NAB Reksadana Terbuka

    Melalui regulasi ini dijelaskan jika reksadana dengan pernyataan pendaftaran yang efektif wajib menghitung NAB atau Nilai Aktiva Bersih sesuai nilai pasar wajar yang didapatkan berdasarkan tata cara sesuai aturan yang berlaku. Pihak bank kustodian wajib melakukan perhitungan di hari bursa mengenai NAB reksadana tiap saham atau unit penyertaan, hasil investasi dalam 30 hari terakhir, 1 tahun terakhir, serta hasil investasi yang riil dalam periode setahun terakhir. 

    Perhitungan tersebut wajib disampaikan pada LK dan Bapepam selambatnya jam 10.00 WIB di hari bursa selanjutnya. Selain itu, perhitungan ini juga wajib disampaikan pada masyarakat melalui surat kabar harian Bahasa Indonesia paling lambat di hari bursa selanjutnya. 

  3. Pedoman Pengelolaan Reksadana Terproteksi, Terjamin, dan Indeks

    Ketentuan terkait regulasi ini adalah reksadana jenis ini, meski belum menanam modal di efek derivatif, tetap bisa berinvestasi di efek tertentu tanpa perlu mengganti kontrak investasi atau prospektusnya. Selain itu, ada pula ketentuan mengenai masa penawaran, jumlah saham, maupun tawaran unit penyertaan pada masing-masing jenis reksadana tersebut. 

  4. Iklan Reksadana

    Iklan reksadana mengacu pada informasi yang berisi tawaran atau pemberitahuan pembelian saham maupun reksadana pada media massa berbasis elektronik. Hal tersebut dilarang untuk dilakukan apabila reksadana belum mendapatkan pernyataan efektif oleh Bapepam. Pembuatan iklan juga wajib mengikuti ketentuan yang berlaku dan terkait kebenaran informasi yang diiklankan sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari manajer investasi. 

  5. Profil Pemodal Reksadana

    Terakhir, setiap agen penjual atau manajer investasi mewajibkan pihak pemodal untuk mengisi formulir pendaftaran dan menuliskan profilnya secara lengkap. Selain data diri, pemodal juga diharuskan menulis profil risiko sebelum membeli saham maupun unit reksadana. Beberapa informasi yang wajib tercantum adalah jangka waktu investasi, tujuan investasi, tingkat atau profil risiko, kondisi finansial pemodal, serta tingkat pengetahuannya seputar reksadana. 

Tugas OJK dalam Menjamin Keamanan dan Kenyamanan Investasi

Secara umum, tugas dari OJK adalah mewujudkan sistem pengawasan dan pengaturan terintegrasi pada keseluruhan aktivitas di sektor jasa keuangan. Namun, dalam menjamin keamanan dan kenyamanan investasi, tugas OJK adalah mengawasi aktivitas jasa keuangan pada sektor pasar modal. Dalam menjalankan tugasnya tersebut, OJK memiliki beragam kewenangan, yaitu melakukan pengawasan serta pengaturan terhadap lembaga jasa keuangan bank maupun non bank.

Daftar Aplikasi Reksadana OJK

Berikut adalah daftar aplikasi reksadana OJK yang wajib kamu ketahui.

No

Nama Sistem

Alamat URL

Nama Perusahaan Pemilik

1

Ajaib

www.ajaib.co.id

PT Takjub Teknologi Indonesia

2

Ajaib Sekuritas

https://play.google.com/store/apps/details?id=ajaib.co.id

PT Ajaib Sekuritas Asia - PT Takjub Teknologi Indonesia

3

Aplikasi Belanja Reksa Dana Valbury Online (BRAVO)

https://bravo.valbury.co.id/

PT Valbury Capital Management

4

Aplikasi Blibli

www.blibli.com

PT Global Digital Niaga - PT Bibit Tumbuh Bersama

5

Aplikasi Bmoney

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bmoney.android

PT Buka Investasi Bersama

6

Aplikasi Digibank

https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/reksadana/digibank-mutual-fund

PT Bank DBS Indonesia

7

Aplikasi iReksadana

https://btnprioritas.btn.co.id/page/detail/kebijakan-privasi-dan-pengamanan-btn-prioritas-dan-ireksadana-btn

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

8

Aplikasi Jenius

https://www.jenius.com/everyyay/details/investasi-2

PT Bank BTPN Tbk

9

Aplikasi Livin'

www.bankmandiri.co.id

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

10

Aplikasi MNC Trade

https://www.mncsekuritas.id/download-area

PT MNC Sekuritas

11

Aplikasi Octo Mobile dan CIMB Clicks

https://www.cimbniaga.co.id/id/personal/reksadana

PT Bank CIMB Niaga Tbk

12

Aplikasi Payuung.com

https://payuung.com/benefit-karyawan/investment/investasi-reksa-dana

PT Benefide Sejahtera Berkarya - PT Star Mercato Capitale

13

Aplikasi PINVA

https://www.invesnow.id/

PT Invesnow Finansial Teknologi - PT Invesnow Principal Optima

14

Aplikasi Pluang

https://pluang.com/

PT Bumi Santosa Cemerlang - PT Sarana Santosa Sejati

15

Aplikasi Pluang-Grow

www.pluang-grow.com

PT Sarana Santosa Sejati

16

Aplikasi PNM Digi PT Mitra Tekno Madani

http://www.pnmdigi.id

PT Mitra Tekno Madani - PT Star Mercato Capitale

17

Aplikasi SayaKaya

www.sayakaya.id

PT Sayakaya Lahir Batin

18

Aplikasi Seluler Maybank2U

https://www.maybank.co.id/premierwealth/aset-enhancer/ReksaDana?utm_source=offline&utm_medium=billboard&utm_content=markurl&utm_campaign=wm-200929-ReksaDana

PT Bank Maybank Indonesia Tbk

19

Aplikasi Seluler InvestASIK

https://play.google.com/store/apps/developer?id=PT+Danareksa+Investment+Management&hl=en

PT Danareksa Investment Management

20

Aplikasi Seluler Raiz Invest

http://raizinvest.id/

PT Raiz Invest Indonesia

21

Aplikasi Seluler WELMA

https://www.bca.co.id/id/Individu/layanan/e-banking/Welma

PT Bank Central Asia Tbk

22

Aplikasi SIMINVEST

https://www.siminvest.id/

PT Sinarmas Sekuritas

23

Aplikasi Simobi+

https://www.banksinarmas.com/id/layanan/simobi-plus

PT Bank Sinarmas Tbk

24

Aplikasi telepon seluler (Android dan Iphone) Kelola Investasi

http://kelolaapp.com

PT Kelola Mitra Investama - PT Aldiracita Sekuritas Indonesia

25

Aplikasi Telepon Seluler Bibitnomic

http://bibit.id

PT Bibit Tumbuh Bersama

26

Bareksa.com

www.bareksa.com

PT Bareksa Portal Investasi

27

Bukalapak

https://www.bukalapak.com/bukareksa/home

PT Bukalapak.com - PT Buka Investasi Bersama

28

Bukalapak Tanamduit

www.bukalapak.com

PT Bukalapak.com - PT Star Mercato Capitale

29

BukaReksa

www.Bukalapak.com/bukareksa

PT Bukalapak.com - PT Bareksa Portal Investasi

30

CROS

https://corfina.id/

PT Corfina Capital

31

Digital Kiosk

https://elebox.id

PT Kresna Asset Management

32

DOKU

www.doku.com/id/konsumen/investasi

PT Nusa Satu Inti Artha - PT Bareksa Portal Investasi

33

finansialku

www.finansialku.com

PT Solusi Finansialku Indonesia - PT Star Mercato Capitale

34

fitur Reksa Dana - akseleran.co.id

www.akseleran.co.id

PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia - PT Star Mercato Capitale

35

Fund ZaisanBNIS

http://fund.zaisanbnis.com

PT BNI Sekuritas

36

Fundtastic (PT Chandharwealth Mandiri Indonesia)

https://fundtastic.co.id/

PT Chandharwealth Mandiri Indonesia - PT Nusantara Sejahtera Investama

37

Fundtastic+

https://fundtasticplus.co.id/

PT Nusantara Sejahtera Investama

38

Gerai Investasi Muamalat

www.bankmuamalat.co.id/geraimuamalat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk - PT Nusantara Sejahtera Investama

39

Go-Investasi Go-Jek

www.gojek.com

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa - PT Sarana Santosa Sejati

40

Halofina

https://Halofina.id

PT Akselerasi Edukasi Internasional - PT Star Mercato Capitale

41

HPAM

www.hpam.co.id

PT Henan Putihrai Asset Management

42

Internet & Mobile Banking Bank OCBC NISP

www.ocbcnisp.com/personal-banking/wealth-management.aspx

PT Bank OCBC NISP, Tbk

43

Internet & Mobile Banking Commbank ID

www.commbank.co.id/upublic/mod_home/default_content.aspx?code=iv_mf

PT Commonwealth Bank

44

Internet Banking Bank HSBC Indonesia

www.hsbc.co.id/1/2/id/personal/wealth-management/investasi/mutual-funds

PT Bank HSBC Indonesia

45

Internet Banking Standard Chartered Bank

www.sc.com/id/invest/mutual-funds.html

Standard Chartered Bank

46

Invesnow

www.invesnow.id

PT Invesnow Principal Optima

47

Investree

www.investree.id

PT Investree Radhika Jaya - PT Star Mercato Capitale

48

IPOTFUND

www.indopremier.com/ipotfund

PT Indopremier Securities

49

IPOTGO

www.indopremier.com/ipotgo/reksadana.php?page=list

PT Indo Premier Investment Management

50

ITRAM

www.itram.co.id

PT Trimegah Asset Management

51

Klik Mami

www.klikmami.com

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

52

Koinworks

https://koinworks.com/

PT Lunaria Annua Teknologi - PT Mandiri Manajemen Investasi

53

Koperasi KOPOJEKA (akses internal Institusi)

http://kopojeka.tanamduit.com/

Koperasi Pegawai OJK - PT Star Mercato Capitale

54

LinkAja - Investasi Reksa Dana

https://www.linkaja.id/promo/linkaja-investasi-di-menu-investasi-reksadana-aplikasi-linkaja-dapat-cashback-s-d-10rb

PT Fintek Karya Nusantara - PT Bibit Tumbuh Bersama

55

Makmur

https://www.makmur.id/

PT Inovasi Finansial Teknologi

56

Max

https://max.miraeasset.co.id/id/home

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia

57

Moduit

www.moduit.id

PT Moduit Digital Indonesia

58

Moinves

www.moinves.co.id

PT Mandiri Manajemen Investasi

59

MOST

www.most.co.id/Portal/Content/10/transaksi-reksa-dana

PT Mandiri Sekuritas

60

Motion Funds

www.motionfunds.id

PT MNC Asset Management

61

NOIS

http://nois.id

PT Narada Aset Manajemen

62

OVO

www.ovo.co.id

PT Visionet Internasional - PT Ciptadana Asset Management

63

OVO Invest

www.ovo.id

PT Visionet Internasional - PT Bareksa Portal Investasi

64

Panin AM

www.panin-am.co.id

PT Panin Asset Management

65

PayOr

http://payor.paytren-am.co.id

PT Paytren Aset Manajemen

66

Paypro

https://paypro.id

PT Solusi Pasti Indonesia - PT BNP Paribas Investment Partners

67

permatanet

www.permatabank.com/reksadanapermatanet

PT Bank Permata Tbk

68

PG Online

www.pgonline.co.id

PT PG Asset Management

69

PINA

https://pina.id/

PT Trust Sekuritas

70

Postdana

www.postdana.id/mutual-fund

PT Panin Sekuritas Tbk

71

Profunds

www.poems.co.id/Profunds

PT Philips Securities Indonesia

72

Reksa Dana SAM

www.reksadanasam.co.id

PT Samuel Aset Manajemen

73

rol.sinarmas-am.co.id

http://rol.sinarmas-am.co.id

PT Sinarmas Asset Management

74

Si Jago

https://sijago.pnmim.com

PT PNM Investment Management

75

Sinar Bahana

www.sinar.bahanatcw.com

PT Bahana TCW Investment Management

76

SPOR

http://spor.sucorinvestam.com

PT Sucorinvest Asset Management

77

SRI Online

www.supermarketreksadana.com

PT Supermarket Reksadana Indonesia

78

Tanam Duit

www.tanamduit.com

PT Star Mercato Capitale

79

Tokopedia

http://www.tokopedia.com/reksa-dana/

PT Tokopedia - PT Bareksa Portal Investasi

80

Trima Trimegah

http://trima.trimegah.com/produk-layanan/reksa-dana/

PT Trimegah Securities

81

Website PT Artha Investa Teknologi

www.arthainvestasiteknologi.co.id

PT Artha Investa Teknologi

82

Xdana (Xsaver, Xdana Pro, dan Xdana Syariah)

http://xdana.com

PT Xdana Investa Indonesia

83

YO! Inves

https://www.syailendracapital.com/investasi-sekarang

PT Syailendra Capital

Portal Transaksi Online Reksadana Terdaftar OJK (Sumber: reksadana.ojk.go.id)

Pahami tentang Reksadana OJK agar Mampu Berinvestasi secara Optimal

Itulah penjelasan tentang Reksadana OJK/OJK Reksadana yang penting untuk diketahui. Dengan mengetahui segala hal terkait reksadana, kamu tentu jadi lebih pahami tentang instrumen investasi tersebut dan mampu menanam modal dengan lebih optimal.

Baca Juga: Reksadana OVO: Layanan, Jenis Produk, Keunggulan, Serta Cara Belinya