Reksa Dana Shopee, Layanan Investasi Praktis dengan Beragam Keunggulan

Seiring berjalannya waktu, masyarakat dimanjakan dengan berbagai kemajuan teknologi yang semakin canggih dan praktis. Salah satu contohnya adalah aktivitas investasi yang saat ini mampu dijangkau oleh hampir semua kalangan semenjak kemunculan dari instrumen bernama reksa dana.

Pada dasarnya, reksa dana merupakan instrumen investasi yang memiliki cara kerja unik jika dibandingkan dengan instrumen lainnya. Bisa dimulai dengan modal yang terjangkau, reksa dana adalah instrumen investasi yang pengelolaannya dijalankan oleh Manajer Investasi atau biasa disingkat MI. Dengan cara kerjanya tersebut, reksa dana kerap dijadikan sebagai pilihan oleh investor pemula yang masih awam dengan dunia investasi.

Selain itu, instrumen investasi ini bisa juga dipilih oleh investor yang merasa tak memiliki waktu dan tenaga untuk melakukan analisis instrumen. Jadi, agar lebih praktis, reksa dana dijadikan sebagai pilihan investasi karena kemudahan, kepraktisan, dan beragam keunggulan lain yang dimilikinya. 

Melihat kepopuleran dari instrumen tersebut, tidak sedikit penyedia layanan investasi reksa dana bermunculan dengan segala daya tariknya. Salah satunya adalah Reksa Dana Shopee yang diluncurkan oleh e-commerce ternama di Indonesia, Shopee.

Walaupun begitu, sebelum memutuskan untuk menanam modal dan berinvestasi reksa dana di platform tersebut, alangkah baiknya jika kamu mempelajari dulu bagaimana layanannya. Nah, tanpa panjang lebar lagi, simak ulasan tentang apa itu Reksa Dana Shopee, ragam produk yang ditawarkannya, keunggulan yang dimiliki, sampai cara melakukan pembelian berikut ini.

Baca Juga: Segala Hal tentang Layanan Reksadana IndoPremier yang Penting Dipahami Investor

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Apa Itu Reksa Dana Shopee?

loader

Shopee Reksa Dana

Secara umum, yang dimaksud dengan Reksa Dana Shopee adalah fasilitas atau layanan reksa dana yang disediakan oleh e-commerce Shopee agar bisa digunakan oleh para penggunanya. Tak jauh berbeda dengan layanan investasi reksa dana lain, reksa dana di Shopee memudahkan para penggunanya untuk bisa berinvestasi secara nyaman dan aman pada sejumlah produk reksa dana yang tersedia di dalamnya.

Karena tersemat pada aplikasi Shopee, layanan reksa dana ini bisa dengan mudah diakses oleh pemilik akun di platform tersebut. Untuk pembelian reksa dananya pun bisa segera dilakukan pasca pengguna melakukan proses registrasi dan verifikasi akun. 

Terkait layanannya, para investor bisa memilih salah satu dari 2 jenis layanan investasi, yaitu Reksa Dana dan Investasi Pintar. Untuk layanan Reksa Dana ditujukan pada investor yang telah berpengalaman dan akrab dengan beragam jenis produk investasi. Selain itu, layanan ini juga menawarkan hingga 11 pasar dana yang bisa dipilih oleh investor, mulai dari tingkat risiko rendah, sedang, hingga tinggi. 

Sementara untuk layanan Investasi Pintar ideal dipilih oleh investor yang masih awam dan baru terjun ke dunia investasi. Dengan memilih layanan ini, pengguna akan disuguhkan beragam pilihan produk investasi yang relatif stabil. Jadi, jika mencari layanan investasi yang cenderung minim risiko dan dapat dijadikan sebagai sarana belajar investasi jangka panjang, Investasi Pintar ini cocok dijadikan sebagai pilihan. 

Ragam Produk yang Tersedia di Reksa Dana Shopee

Pada Reksa Dana Shopee, terdapat 3 jenis produk yang bisa dipilih oleh investor, yaitu reksa dana pasar uang, obligasi, dan saham, baik yang berbasis syariah ataupun konvensional. Berikut adalah penjelasan dari ragam produk investasi reksa dana yang terdapat di Shopee tersebut. 

  1. Reksa Dana Pasar Uang

    Reksa dana pasar uang merupakan jenis produk investasi yang tersedia di Shopee Reksa Dana. Sama halnya dengan layanan lainnya, jenis produk ini menempatkan seluruh atau mayoritas modal investasi milik nasabah ke instrumen pasar uang. Beberapa contoh instrumen tersebut adalah obligasi yang memiliki durasi jatuh tempo kurang dari 1 tahun, Sertifikat Bank Indonesia atau SBI, serta deposito

    Ketika akan memilih jenis reksa dana ini, nasabah dapat melihat informasi terkait rekam jejak fluktuasi nilainya, serta menghitung potensi keuntungan menggunakan fitur kalkulator imbal hasil. Selain itu, di setiap produk investasi reksa dana pasar uang yang terdapat pada layanan ini juga terlihat informasi seputar tujuan investasi produk, bank kustodian, serta manajer investasinya. Prospektus dan fund fact sheet produk reksa dana juga dapat diketahui dan dipelajari oleh calon investor. 

  2. Reksa Dana Obligasi

    Untuk jenis yang kedua, reksa dana obligasi mengalokasikan sebagian besar dana yang terkumpul dari investor pada instrumen obligasi, baik itu obligasi pemerintah ataupun obligasi korporasi. Dengan tingkat risiko menengah dan fluktuasi yang relatif lebih stabil, jenis reksa dana ini ideal dipilih oleh investor dengan profil risiko moderat dan investasi untuk tujuan jangka menengah. 

    Jika dibandingkan dengan reksa dana pasar uang, tingkat risiko dari jenis reksa dana ini memang lebih tinggi. Tapi, peluang keuntungan yang diberikannya bisa lebih tinggi sehingga dalam kondisi tertentu lebih cocok dipilih oleh investor.

  3. Reksa Dana Saham

    Sementara untuk reksa dana saham termasuk sebagai produk yang memiliki tingkat risiko tinggi, walaupun peluang keuntungan yang dijanjikan juga tak kalah menggiurkannya. Pada jenis produk ini, mayoritas modal yang terhimpun, atau sekitar 80 persen, akan dialokasikan pada produk saham. Lalu, sisanya akan ditempatkan pada instrumen lain yang memiliki tingkat risiko lebih rendah sebagai langkah diversifikasi

    Dengan risiko yang cukup tinggi, jenis reksa dana ini ideal dipilih oleh investor yang memiliki profil risiko agresif dan memiliki tujuan investasi jangka panjang. Walaupun begitu, dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya, reksa dana saham menjanjikan peluang keuntungan yang paling tinggi, sekitar 15 hingga 20 persen tiap tahunnya.

Baca Juga: Reksadana IPOT: Layanan, Ragam Produk, Keunggulan, dan Cara Belinya

Keunggulan yang Dimiliki Reksa Dana Shopee

Sebagai layanan investasi reksa dana yang ditawarkan oleh salah satu e-commerce terbesar dan ternama di Indonesia, tentu ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Reksa Dana Shopee. Berikut beberapa di antaranya.

  • Investor bisa menentukan sendiri produk atau jenis reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan tujuan investasinya. Pilihan produk yang tersedia pun bisa disesuaikan dengan profil risiko investor, seperti reksa dana pasar uang untuk investor konservatif, reksa dana obligasi untuk investor moderat, dan reksa dana saham untuk investor agresif. 
  • Shopee Reksa Dana juga menawarkan produk yang berbasis syariah untuk dipilih oleh investor dengan preferensi tersebut. 
  • Nominal minimal investasi reksa dana di layanan ini pun sangat terjangkau, mulai dari 10 ribu Rupiah saja. 
  • Transaksi penjualan ataupun pembelian reksa dana pada platform ini pun bebas dari beban biaya komisi.
  • Legalitas dan kredibilitas layanan investasi reksa dana ini juga sudah pasti terjamin karena telah terdaftar serta diawasi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Cara Membeli Reksa Dana Shopee

Pembelian reksa dana di Shopee bisa dilakukan setelah melakukan proses registrasi dan akun telah diverifikasi. Untuk pembelian produknya, ada 3 pilihan cara yang tersedia, antara lain:

  1. Via Banner Produk Pilihan

    Jika dibeli melalui banner produknya, kamu bisa memilih opsi “Beli Sekarang” di bagian “Produk Pilihan”, lalu pilih “Beli”. Isi nominal pembelian investasi yang diinginkan, dan pilih cara atau metode pembayarannya. Centang persetujuan persyaratan dan ketentuan pembelian, dan selesaikan pembelian dengan melakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih. 

  2. Via Bagian Produk Favorit

    Sementara jika membeli reksa dana via bagian produk favorit, kamu perlu memilih salah satu dari beragam produk reksa dana di bagian “Produk Populer”, lalu klik “Beli”. Tuliskan nominal pembelian reksa dana yang diinginkan, dan pilih cara atau metode pembayaran. Setujui persyaratan dan ketentuan pembelian, dan selesaikan pembelian reksa dana dengan melakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih. 

  3. Via List Produk Reksa Dana

    Cara membeli reksa dana yang terakhir di Shopee adalah melalui daftar dari produk reksa dananya. Pertama-tama, pilih opsi “Produk” di halaman utama, lalu pilih satu di antara beragam produk reksa dana yang tersedia. Pilih “Beli” dan masukkan nominal pembelian investasi, tentukan metode pembayaran, kemudian lakukan pembayaran setelah menyetujui syarat dan ketentuannya. 

Jangan Salah Pilih Platform Investasi Reksa Dana agar Mampu Meraih Manfaatnya yang Terbaik

Itulah ulasan tentang Reksa Dana Shopee yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berinvestasi instrumen tersebut. Sebagai platform yang telah banyak dikenal oleh masyarakat dan kredibilitasnya terjamin, berinvestasi reksa dana di Shopee sudah pasti aman dan nyaman. Jadi, peluang untuk meraih manfaat investasi reksa dana menjadi lebih maksimal karena telah memilih platform yang terbaik dan terpercaya.

Baca Juga: Reksadana OVO: Layanan, Jenis Produk, Keunggulan, Serta Cara Belinya