Beri Cuan Barokah, Yuk Cari Tahu Saham Syariah Terbaik dan Performanya

Memiliki cara kerja yang telah disesuaikan dengan aturan syariah, tidak mengherankan jika instrumen investasi syariah berbasis syariah banyak digemari oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim. Hal ini berlaku pula pada saham syariah yang dikenal sebagai instrumen investasi dengan peluang imbal hasil menjanjikan dalam jangka panjang.

Pada dasarnya, ada banyak rekomendasi saham syariah yang bisa dipilih oleh investor untuk mendapatkan peluang imbal hasil barokah dan bebas riba. Tidak sedikit diantaranya merupakan saham dari emiten ritel sampai consumer goods. Selain itu, ada pula potensi kinerja menjanjikan yang ditunjukkan oleh saham syariah dari sektor semen yang tidak jarang menduduki posisi paling atas ada indeks saham syariah, seperti pada JII atau Jakarta Islamic Index. 

Meski begitu, apa saja sih deretan saham syariah terbaik di Indonesia dan performa yang ditunjukkannya? Selain itu, apa saja kriteria untuk tergolong sebagai saham syariah di Indonesia? Nah, jika kamu ingin memahami lebih lanjut tentang apa itu saham syariah, kriteria, serta deretan saham syariah terbaik dan ulasannya, simak penjelasan berikut ini.

Investasi halal dan nyaman dengan Reksadana Syariah hanya di Cermati!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Apa Itu Saham Syariah?

loader

Sesuai namanya, saham syariah adalah efek dengan bentuk saham di mana aktivitas bisnis dan cara kerjanya tak bertentangan dengan ketentuan syariah pada Pasar Modal. Pengertian saham pada konteks instrumen investasi syariah mengacu pada definisi saham secara umum yang diatur pada Undang-Undang ataupun Peraturan Otoritas Jasa Keuangan atau POJK lainnya.

Untuk di Indonesia sendiri, terdapat 2 jenis produk saham syariah di mana keberadaannya diakui pada pasar modal Tanah Air. Berikut adalah penjelasan dari kedua jenis saham syariah resmi dan berlaku di Indonesia. 

  • Saham yang tercatat sebagai jenis syariah dan ditentukan oleh perusahaan atau emiten publik syariah sesuai dengan ketentuan pada Peraturan OJK N.17/POJK.4/Thn.2015 mengenai Penerbitan & Persyaratan Efek Syariah dengan bentuk Saham oleh Perusahaan Publik Syariah atau Emiten Syariah.
  • Saham yang telah dinyatakan memenuhi kriteria seleksi terkait saham syariah yang dilakukan dengan dasar Peraturan OJK No.35/POJK.4/Thn.2017 mengenai Kriteria & Penerbitan Daftar Efek Syariah atau DES. 

Perlu diketahui jika seluruh saham berbasis syariah yang ada pada pasar modal syariah dalam negeri, entah yang tercatat pada BEI ataupun tidak, pasti dimasukkan pada DES atau Daftar Efek Syariah. DES sendiri adalah daftar saham yang diterbitkan OJK dan diperbaharui secara berkala. Pembaharuan daftar saham syariah pada DES tersebut dilakukan di bulan Mei & bulan November secara rutin. 

Baca Juga: Investasi Saham Syariah: Pengetahuan Umum dan Cara Investasinya

Kriteria Saham Syariah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seluruh saham syariah di Indonesia pasti dimasukkan dan tercatat pada DES dan diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Daftar saham dalam DES tersebut diperbarui secara berkala di bulan Mei & bulan November dengan dasar kriteria seleksi khusus. Kriteria seleksi dari saham syariah yang dilakukan oleh OJK tersebut didasarkan dari aktivitas bisnis yang dijalankan emiten dan syarat memenuhi rasio keuangan. 

Deretan kriteria seleksi terkait emiten dalam aspek aktivitas bisnis yang tidak boleh dilakukannya adalah sebagai berikut.

  • Perjudian & permainan yang termasuk kategori judi
  • Perdagangan atau transaksi yang dilarang oleh aturan syariah, seperti perdagangan yang tak disertai penyerahan jasa atau barang, dan perdagangan yang meliputi permintaan atau penawaran palsu.
  • Jasa keuangan yang mengandung unsur riba atau ribawi, yakni, bank yang memiliki basis bunga dan perusahaan pembiayaan dengan basis bunga. 
  • Penjualan dan pembelian risiko yang memiliki unsur ketidakpastian atau gharar, serta judi atau maisir. Contohnya adalah layanan asuransi konvensional.
  • Melakukan kegiatan produksi, distribusi, perdagangan, maupun penyediaan pada produk dengan jenis sebagai berikut: 
    1. Jasa atau barang yang zatnya haram atau haram li-dzatihi
    2. Jasa atau barang haram yang bukan karena kandungan zatnya atau haram lighairihi sesuai ketetapan dari DSN MUI atau Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia.
    3. Jasa atau barang yang merusak moral maupun memiliki sifat mudharat.
  • Melakukan proses transaksi dengan unsur suap atau risywah. 

Sementara itu, berikut adalah kriteria seleksi emiten terkait rasio keuangan agar bisa termasuk sebagai saham syariah.

  • Jumlah utang yang memiliki basis bunga dibanding dengan jumlah aset tal melebihi rasio 45 persen.
  • Jumlah pendapatan bunga serta pendapatan tak halal lain dibanding dengan jumlah pendapatan usaha atau revenue serta pendapatan lain tak melebihi rasio 10 persen. 

Baca Juga: Kepincut Investasi Saham Syariah? Baca Ini Dulu Biar Paham

Deretan Saham Syariah Terbaik 

loader

Pada dasarnya, ada banyak saham syariah yang tercatat di Indonesia dan memiliki performa yang menjanjikan dan membuatnya layak untuk dijadikan oleh investor yang ingin menanam modal. Meski begitu, tentu di antara sederet saham syariah tersebut, ada beberapa yang tergolong memiliki kinerja terbaik dan ideal untuk dijadikan pilihan. 

Mengacu dari daftar indeks JII atau Jakarta Islamic Index sepanjang tahun 2023, berikut adalah beberapa ulasan saham syariah terbaik yang bisa menjadi rekomendasimu untuk menanam modal. 

1. Ace Hardware Indonesia Tbk. (ACES)

Dari beragam saham syariah yang memiliki kinerja menjanjikan, ACES atau Ace Hardware Indonesia menjadi salah satu yang terbaik. Pada indeks JII, ACES adalah saham top gainer dengan lonjakan performa mencapai 45.16 persen year to date atau YtD. 

Per Juli 2023, nilai dari saham ACES telah meroket ke angka 720 rupiah per lembar. Bahkan, data 19 Oktober 2023, nilai dari saham Ace Hardware Indonesia kembali meningkat ke angka 790 rupiah per lembarnya. 

Kenaikan harga saham ACES ini merupakan fase pembalikan trend atau reversal pasca menyentuh bottom di pertengahan bulan April lalu. Modal investor asing yang terus mengalir pada saham ini merupakan salah satu penyebab utama melonjaknya harga saham ACES. Bahkan angka pembelian bersih atau net buy dari saham ini pada pasar reguler mencapai lebih dari 226 miliar rupiah. 

2. Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS)

Selain Ace Hardware Indonesia, saham syariah lain yang juga mencatatkan kinerja mencolok adalah Bank Syariah Indonesia dengan kode saham BRIS. Sebagai emiten perbankan syariah, BRIS tampil moncer karena berhasil melonjakkan harga sahamnya hingga 28,29 persen YtD. Untuk saat ini, per 19 Oktober 2023, harga saham BRIS berada di angka 1.510 rupiah per lembar. 

Sama halnya dengan ACES, saham BRIS meningkat berkat penumpukan pembelian bersih dari investor asing. Pembelian saham ini pun mencapai angka lebih dari 348 miliar rupiah dan dilakukan sejak awal tahun 2023. 

Di samping itu, kinerja saham BRIS yang positif juga disebabkan oleh laporan keuangannya yang terbilang bagus. Di kuartal pertama tahun 2023, perusahaan ini berhasil membukukan keuntungan bersih mencapai 1,46 triliun rupiah, di mana angka tersebut meningkat hampir 48 persen ketimbang kuartal yang sama di tahun sebelumnya. 

3. Astra International Tbk. (ASII)

Saham syariah terbaik selanjutnya yang patut untuk kamu jadikan pilihan investasi adalah Astra International atau ASII. Saham emiten di sektor otomotif serta konglomerat ini juga menunjukkan pertumbuhan yang positif, di mana kenaikannya mencapai lebih dari 20 persen YtD. Per 19 Oktober 2023, nilai saham ASII berada di kisaran 5.725 rupiah per lembar. 

Bagi yang belum tahu, saham ASII baru dimasukkan pada indeks JII pada evaluasi mayor bulan Mei lalu. Meski begitu, saham ini langsung berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai saham dengan potensi perkembangan menjanjikan dan menarik untuk dijadikan pilihan oleh investor. 

Mengacu dari laporan keuangannya, laba bersih dari Astra International menurun sekitar 4 persen year on year di angka 17 triliun di semester 1 tahun 2023. Kendati demikian, perusahaan ini nyatanya membukukan peningkatan pendapatan sebesar 13 persen atau sekitar 162 triliun rupiah. 

Asal Tepat Memilih, Kinerja Saham Syariah Bisa Lampaui Saham Konvensional

Itulah penjelasan tentang saham syariah di Indonesia dan beberapa ulasan saham yang memiliki kinerja terbaik di tahun 2023 ini. Kenyataannya, walaupun harus memenuhi beberapa ketentuan khusus agar sesuai dengan prinsip syariah, saham syariah memiliki kinerja yang tak kalah menggiurkannya dengan saham konvensional. Jadi, jenis saham ini tetap bisa menjadi pilihan utama investor ketika menanam modal, khususnya yang ingin menghindari riba dan patuh terhadap aturan syariah agama Islam. 

Baca Juga: Pilihan Investasi Syariah untuk Persiapan Biaya Haji dan Umrah