Selain BSD City, Berikut 5 Kawasan di Pinggiran Jakarta yang Tawarkan Konsep Kota Mandiri

Berbicara tentang ibu kota Jakarta, memang tak pernah ada habisnya. Ada saja hal menarik yang siap untuk diulik. Mulai dari pembangunannya, kemajuan teknologinya, hingga kebiasaan masyarakatnya yang sangat beragam. 

Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah tentang kota mandiri yang terletak di sekitar Jakarta. Apa sih kota mandiri itu? Ya, kota mandiri sejatinya merupakan suatu kawasan yang di dalamnya terdapat pemukiman, perkantoran, serta bisnis yang terintegrasi.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dari konsep kota mandiri ini. Mulai dari fasilitasnya yang lengkap, teknologi yang maju, infrastruktur yang memadai, pun lokasinya yang strategis dan mudah diakses. Inilah yang menjadi alasan kota mandiri ini selalu banyak peminatnya. 

Tak heran jika untuk tinggal di kawasan kota mandiri ini, biaya yang perlu disiapkan pun tidaklah sedikit. Nilainya memang terbilang cukup mahal, tapi bisa dipastikan akan sebanding dengan fasilitas pun kenyamanan yang didapatkan. 

Jika kamu tertarik, berikut 5 kawasan di area Jakarta yang menawarkan konsep kota mandiri yang menarik dan modern. Simak baik-baik, ya!

Baca Juga: Tips Beli Rumah Tanpa Harus KPR, Yakin Nolak?

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

5 Kawasan di Pinggiran Jakarta yang Tawarkan Konsep Kota Mandiri

loader

Ilustrasi Kota Mandiri

Memiliki hunian di kawasan kota mandiri dengan fasilitas yang lengkap dan modern adalah hal yang diinginkan banyak orang. Meskipun dibanderol dengan harga fantastis, hunian tersebut tetap saja laris diburu peminatnya. Baik untuk tempat tinggal pribadi ataupun aset investasi, kawasan kota mandiri ini selalu memiliki daya tarik tersendiri. 

Kira-kira di mana saja sih pemukiman berkonsep kota mandiri itu? Berikut ulasannya. 

  1. BSD City

    Mendengar namanya saja mungkin sudah sangat familiar. Pasalnya, kota mandiri BSD City ini telah da sejak tahun 1984 dan hingga saat ini pembangunan dan pembaharuan fasilitasnya masih terus berlanjut. Cukup lama, bukan?

    BSD City berlokasi di daerah Kabupaten Tangerang, yang mana sangat dekat dengan ibu kota Jakarta. Apalagi sekarang terdapat jalan tol yang menghubungkan kedua wilayah ini, sehingga akses yang ditempuh pun menjadi lebih mudah dan cepat. 

    Mengenai fasilitas, BSD City tentu tak perlu diragukan lagi. Penghuni kawasan ini dimanjakan dengan kelengkapan fasilitas, mulai dari sektor perkantoran, bisnis, pendidikan, kesehatan, bahkan hiburan dan tempat wisata. Kesemuanya itu berada di dalam satu area yang bisa ditempuh dalam hitungan menit saja, sehingga akan sangat memudahkan. 

    Tak hanya itu, karena memiliki area yang begitu luas, BSD City juga memiliki daya tarik berupa ruang terbuka hijau yang cukup luas. Hal ini tentu berdampak pada kualitas udara di area pemukiman serta pemandangan yang asri serta sejuk. Sehingga, penghuninya pun dibuat nyaman dan betah untuk tinggal di area tersebut. 

  2. Sentul City

    Selanjutnya ada kawasan Sentul City yang menjadi primadona untuk hunian modern di area kota mandiri. Lokasinya terletak di kawasan Bogor, sehingga identik dengan pegunungan dan udaranya yang sejuk. Tak heran salah satu daya tarik dari wilayah ini adalah pemandangan sekitar serta lingkungannya yang asri dan rapi. 

    Dikembangkan sejak tahun 1994 di atas lahan seluas 3000 hektar, Sentul City kini memiliki cukup banyak unit perumahan yang siap dihuni. Tak hanya itu, fasilitas yang ditawarkan di dalam kawasan ini pun cukup lengkap, seperti perkantoran, bisnis, pendidikan, hingga wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu yang paling banyak digemari. 

  3. Citra Raya

    Kawasan kota mandiri selanjutnya adalah Citra Raya yang berada di bawah pengelolaan Ciputra Group. Lokasinya terletak di daerah Tangerang dan menjadi salah satu kawasan elite yang dilirik banyak orang. Kawasan ini mulai dibangun sejak tahun 1994 dengan total luas wilayahnya mencapai 2.760 hektar. 

    Menjadi salah satu pusat bisnis terbesar di Tangerang, membuat Citra Raya terus melakukan pembaharuan dan pembangunan yang menyeluruh. Ini dilakukan agar membuat nyaman penghuni dan semakin menarik minat investor untuk datang. Ke depannya, kawasan Citra Raya ini akan dikembangkan agar menjadi pusat bisnis dan investasi terbesar di Tangerang. 

  4. Alam Sutera

    Tak bergeser jauh dari Tangerang, tepatnya di kawasan Serpong, terdapat satu kota mandiri yang pembangunannya cukup menarik perhatian. Ya, Alam Sutera merupakan pemukiman elite yang modern dan terintegrasi yang dibangun sejak tahun 1993 di atas lahan seluas 800 hektar.

    Kawasan Alam Sutera ini menawarkan begitu banyak keunggulan bagi para penghuninya. Selain lokasinya yang asri, akses yang ditempuh pun cukup mudah dan strategis. Untuk fasilitas, kawasan ini bisa dikatakan cukup lengkap, mulai dari apartemen, perumahan, bisnis, hingga hiburan pun tempat wisata sudah lengkap tersedia, 

  5. Lippo Cikarang

    Kawasan kota mandiri lain yang bisa dikatakan masih ‘baru’ adalah Lippo Cikarang. Lokasinya cukup dekat dengan Jakarta, tepatnya di daerah Bekasi. Jadi, akan sangat cocok dijadikan pilihan karena aksesnya yang cukup strategis. 

    Meskipun belum lama berdiri, Lippo Cikarang telah memiliki berbagai fasilitas terbaik yang terintegrasi dalam satu kawasan. Mulai dari bisnis, ritel, pendidikan, hiburan, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Jadi, penghuninya akan tetap merasa nyaman dan dimudahkan. 

    Sampai saat ini, pembangunan kawasan ini masih terus dilakukan. Ke depannya, Lippo Cikarang diharapkan menjadi salah satu wilayah yang komprehensif dengan fasilitas yang lengkap serta nyaman dihuni. Sehingga, akan menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi kota Bekasi.

  6. Baca Juga: Begini Ciri-Ciri dan Cara Cek Developer Perumahan Terbaik

Pilih Kawasan yang Paling Sesuai untuk Hunian yang Lebih Nyaman

Itulah sedikit ulasan mengenai kawasan di pinggiran Jakarta yang menawarkan konsep kota mandiri. Meskipun menarik, tetap berhati-hati ketika hendak memilih kawasan mana yang paling sesuai, ya. Pastikan mempertimbangkan banyak hal, mulai dari fasilitas, lokasi, hingga harganya. Jadi, menurut kamu kawasan mana yang paling menarik?

Baca Juga: Liburan di Palembang? Kunjungi 7 Destinasi Menarik Ini