Sempat Ingin Jadi Polisi, Park Jimin Malah Sukses Mendunia Bersama BTS

Bagi para pecinta K-Pop khususnya para ARMY, sosok Park Jimin yang kerap disebut sebagai Bangtan’s Angel itu memang selalu menarik perhatian. Park Jimin menjadi leader vocal, main dancer dan penulis lagu dalam Bangtan Sonyeondan (BTS).

Di bawah naungan agensi Big Hit Entertainment, Jimin bersama BTS telah mencetak prestasi yang luar biasa fantastis, dengan ketenaran yang spektakuler. Boy band yang beranggotakan tujuh orang member ini telah meraih begitu banyak penghargaan bergengsi dan mengukir catatan sejarah baru.

Bersama RM, Jungkook, Jin, J-Hope, Suga, dan V, Jimin dan BTS berhasil meraih artis Korea yang pertama yang menyabet penghargaan Billboard Music Awards sebanyak tiga kali, menjadi cover Majalah Time dan pembicara saat sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dengan ketenaran masif dan mendunia, kini Jimin BTS berhasil mengantongi total kekayaan mencapai 20 juta Dollar AS (kisaran Rp280 miliar) dari kariernya sebagai idol dan entertainer.

Baca Juga: Kisah Sukses RM BTS, Pernah Gagal Audisi Hingga Jadi Leader

Fakta Jimin BTS

View this post on Instagram

A post shared by JIMIN (@btsjimin)

Tak banyak yang menyangka jika pria kelahiran 13 Oktober 1995 ini tak pernah ingin menjadi seorang idol. Sebaliknya, ia dulu bercita-cita ingin menjadi polisi. Selain itu, kegemarannya terhadap dunia masak memasak sempat menumbuhkan minatnya yang besar untuk menjadi chef. 

Namun tujuannya lantas berubah setelah ia terinspirasi oleh Rain. Seperti diketahui, Rain tak hanya dikenal sukses di dunia musik. Melihat penampilan Rain yang super cool, Jimin pun kemudian bertekad untuk meniti karier secara profesional sebagai penyanyi dan dancer.

Berjiwa Pemimpin di Sekolah

Jiwa pemimpin Jimin BTS telah terlihat sejak kecil. Di masa sekolah contohnya, ia selalu dipilih menjadi ketua kelas berturut-turut selama sembilan tahun. Menyelesaikan pendidikan SMA di Busan Arts High School serta Korean Arts High School, Jimin mengambil Modern Dance serta Contemporary Ballet. 

Ia tak hanya dikenal sebagai Top Student, nilainya yang selalu tinggi pun mengesankan para staf pengajar. Selain itu, bakatnya menari kerap menarik perhatian banyak orang. Hingga salah seorang gurunya menganjurkannya untuk mengikuti audisi idola K-Pop.

Kendati sempat mendapat pertentangan dari sang ayah, namun akhirnya Jimin berhasil mendapat bantuan sponsor dari gurunya dan mengikuti audisi. Adapun sang ayah awalnya tak memberi izin lantaran lebih setuju jika anaknya bekerja sebagai staf pegawai negeri saja.

Hampir Tak Berhasil Lakukan Debut

View this post on Instagram

A post shared by JIMIN (@btsjimin)

Berhasil lulus audisi, perjalanan karier Jimin tak berjalan begitu mulus. Walaupun telah berlatih lebih keras dari trainer yang lain, namun nyatanya Jimin malah paling sering melakukan kesalahan. 

Adakalanya ia terus berlatih keras dengan giat dan hanya punya waktu tidur selama tiga jam saja. Dan malangnya lagi, ia bahkan sempat hampir tereliminasi serta di ambang kegagalan menjadi bagian dari debut.

Saat itu, ia hampir tersingkir lantaran beberapa pihak menilai dance style Jimin tak sesuai dengan konsep Hip Hop yang diusung BTS. Namun akhirnya ia berhasil menjadi bagian dari debut BTS sebagai member paling akhir. 

Baca Juga: Keren! Dari Anak Petani Sederhana Sampai Bisa Jadi Idola, Begini Perjuangan V BTS Meraih Sukses

Torehkan Sejarah Sukses yang Fenomenal

Kerja keras Jimin dan Bangtan Boys akhirnya berbuah manis. Mereka tak hanya berhasil merajai berbagai chart lagu di Korea dan dunia. Ketenaran mereka pun terbilang sangat fenomenal dengan penggemar fanatik yang tergabung dalam ARMY (Adorable Representative MC for Youth), komunitas fans setia BTS.

BTS tercatat menjadi artist dari Asia yang pertama menampilkan lagu terbaru mereka di Billboard Music Awards. Saat itu mereka menampilkan lagu andalan yang segera menjadi hits dunia, Fake Love.

Bangtan Boys juga menerima undangan perform di AMAs 2017, selain menjadi artis Negeri Ginseng pertama yang dinominasikan dalam AMAs 2018. Mereka bahkan menjadi artis Korea pertama merajai posisi puncak chart Artist 100 Billboard.

Tak hanya dipercaya untuk perform dalam acara populer America’s Got Talent. Bahkan busana yang dikenakan BTS sewaktu Grammy Awards 2019 belakangan dipamerkan di display Museum Grammy di LA, Amerika Serikat.

Raih Rekor dan Prestasi Tinggi

View this post on Instagram

A post shared by JIMIN (@btsjimin)

BTS juga berhasil menjadi musisi Asia dari Korea Selatan yang tampil di sejumlah acara musik prestisius Amerika. Selain tampil dalam American Music Awards, BTS juga hadir dalam Grammy Awards, MTV Video Music Awards, serta Billboard Music Awards.

Hebatnya lagi, BTS menyabet empat penghargaan di MTV VMAs tahun 2020 ini. Mereka memenangkan penghargaan dalam kategori Best Pop, Best Group, Best K-Pop, dan tentunya Best Choreography. 

Selain berbagai prestasi tinggi yang telah teraih, BTS lewat video musik Dynamite juga memecahkan rekor. Single tersebut berhasil menyedot penonton paling banyak hanya dalam kurun waktu 24 jam pertama. 

Dynamite telah meledak sebagai hits dalam artian yang sesungguhnya. Single tersebut menjadi lagu debut global yang paling besar di Spotify. Di hari pertama saja, lagu itu telah meraih angka streaming mencapai 7,78 juta. 

BTS juga berhasil menduduki puncak pertama dalam chart Billboard Top Social 50 selama tiga tahun berturut-turut. Selain menjadi satu-satunya boyband Asia yang debutnya nomor satu di Billboard Hot 100, keempat album mereka juga menjadi debut nomor satu yang menduduki chart Billboard 200.

Belum lagi, mereka juga menjadi satu-satunya pemusik dari Negeri Ginseng yang memuncaki posisi pertama chart Hot 100, Artist 100, dan Billboard 200.

Mendapat Julukan Bangtan’s Angel

Bukan tanpa alasan Jimin BTS yang tampan kerap disebut sebagai Angel. Tak hanya visual dan bakatnya saja yang menawan dan menakjubkan. Sikap dan kebaikan hatinya pun telah sukses menyentuh hati para penggemar.

Dikenal lembut, peduli dan baik hati, Jimin sering berkunjung ke berbagai panti asuhan di tengah padatnya kesibukan sebagai entertainer. Ia kerap menghibur anak-anak penghuni panti asuhan dengan menggelar pertunjukan spesial bagi mereka.

Meskipun terkadang usil, namun sikapnya juga terbilang matang dan penuh perhatian kepada para personil BTS lainnya. Seringkali, Jimin kerap memberi support moral kepada J-Hope dan V

Pria yang mengenyam perkuliahan di Global Cyber University ini juga kerap menaruh respek dan menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya pada para fans yang telah setia menemani perjalanan karier BTS. Berkat kebaikan hati dan ketulusannya itu, predikat Angel pun melekat pada Jimin.

Bersedia Lebih Giat dan Kerja Keras

View this post on Instagram

A post shared by JIMIN (@btsjimin)

Banyak orang yang akan menyerah ketika dihadapkan pada tantangan dan berbagai ujian. Terutamanya ketika kemampuan kita masih dirasa belum mumpuni untuk menghasilkan kesuksesan yang besar. Namun dari perjalanan karier BTS Jimin, terbukti bahwa kerja keras dan berlatih lebih giat daripada yang lain dapat memberikan kesuksesan yang diimpikan.

Seperti BTS Jimin yang tak kenal lelah dalam memperjuangkan impian dan cita-citanya, kamu juga bisa meniru semangatnya yang tiada habisnya. Dengan terus membakar semangat untuk menjemput kemenangan, niscaya cita-citamu pun pasti akan tercapai, cepat atau lambat. 

Baca Juga: Sempat Ditentang Keluarga, Begini Lika-Liku Perjalanan Karir Suga BTS yang Bikin Haru